Sponsors Link

Stadium Kanker Usus (0-4)

ads

Stadium kanker usus dimulai dari stadium 0 sampai dengan stadium 4. Stadium 0 disebut juga dengan stadium dini atau awal sedangkan stadium 4 disebut dengan stadium akut. Banyak orang yang tidak tahu ciri apa saja yang dirasakan pada masing-masing stadium sehingga banyak yang berobat saat stadium sudah lanjut. Hal tersebut tidak terjadi di negara berkembang saja namun juga di negara maju seperti Amerika dan Eropa.

Masyarakat Amerika dan Eropa rentan terkena panyakit kanker usus besar dikarenakan kebiasaan mereka yang suka meminum alkohol. Masyarakat Eropa dan Amerika juga menyukai daging merah misalnya saja steak, hotdog, sosis dan masih banyak lagi lainnya. Daging merah merupakan pemicu timbulnya kanker usus besar.

Ciri dan gejala setiap stadium kanker usus akan berbeda-beda. Ciri dan juga gejala stadium 0 tentu berbeda dengan stadium 4. Yang harus diketahui oleh masyarakat adalah ciri dan gejala setiap stadium kanker usus sehingga ketika masyarakat ada yang meraskan gejala tersebut bisa langsung mendapatkan penanganan secara tepat dan cepat. Berikut adalah penjelasan setiap stadiumnya((Cancer.gov, colon cancer treatment, di akses 05-03-2015)).

Kanker Usus Stadium 0

kanker usus stadium 0

Stadium kanker usus dimulai dari angka 0, berbeda dengan kanker lainnya yang dimulai dengan tahap 1. Dalam tahap 0 dikenal juga dengan karsinoma. Penyakit kanker usus besar dalam stadium 0 sel kanker hanya berada di dalam lapisan usus besar atau di rektum saja.

Gejala Dan Ciri-Ciri Kanker Usus Di Stadium 0

  • Dalam tahap ini ciri dan gejala yang dihasilkan seperti penyakit lambung biasa.
  • Rasa mual dan muntah akan terjadi pada pasien.
  • Diare yang berlebihan.
  • Sembelit

Pengobatan Yang Dilakukan

Dalam stadium ini jika dideteksi lebih dini maka tingkat kesembuhannya mencapai 80 persen. Pengobatan kanker usus yang akan dilakukan adalah berikut ini :

  • Kolonoskopi digunakan untuk pemeriksaan usus besar mulai dari anus sampai dengan rectum, sigmoid sampai dengan ilium terminale. Istilah lainnya adalah dengan memeriksa usus besar dari ujung satu ke ujung lainnya. Tujuannya adalah untuk menilai keganasan dari polip kolorektal.
  • Polypectomy juga akan dilakukan untuk mengobati kanker usus besar stadium 0. Polypectomy adalah pengangkatan polip kecil yang ditemukan menempel pada usus besar.
  • Operasi pengangkatan kanker di bagian lapisan rektum.

Kanker Usus Stadium 1

kanker usus stadium 1

Dalam tahapan kanker usus stadium 1, sel kanker telah tumbuh di dinding usus namun belum menyebar ke lapisan luar dinding usus.

Gejala Dan Ciri-Ciri Kanker Usus Di Stadium 1

Gejala yang dirasakan pun sama dengan stadium 0 namun yang berbeda adalah penderita memiliki berat badan yang menurun secara drastis. Saat Anda mendapati berat badan Anda menurun drastis dan Anda terkena diare akut segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Sponsors Link

Pengobatan Yang Dilakukan

Pengobatan yang dilakukan kanker usus stadium 1 sesuai dengan standar umum Internasional.

  • Reseksi usus. Reseksi merupakan penghapusan organ di dalam tubuh juga mengambil sistem darah dan juga sistem getah bening.
  • Penghapusan bagian usus dan juga kelenjar getah bening yang sudah terserang sel kanker.
  • Tahap terakhir adalah dilakuka operasi. Operasi yang dilakukan adalah mengobati dan mengangkat kanker usus besar. Operasi yang dilakukan tergantung dengan lokasi tumbuhnya sel kanker dalam rektum atau usus besar.
  • Reseksi anterior rendah juga akan dilakukan. Reseksi itu dilakukan melalui proses laparotomi dibantu dengan alat stapler yang berguna untuk membuat sebuah anastomosis kolorektal dan juga membuat koloanal rendah.
  • Reseksi abdominoperineal juga dilakukan untuk menindaklanjuti reseksi anterior rendah. Reseksi tersebut dilakukan pada tumor sepertiga distal. Amputasi atau pemotongan rektum juga akan dilakukan saat reseksi tersebut.

Kanker Usus Stadium 2

kanker usus stadium 2A

Dalam tahap stadium 2 sel kanker telah menyebar ke lapisan luar dari otot dan juga dinding usus besar. Untuk tahap 2C sel kanker juga telah menyebar ke jaringan terdekat di usus besar. Sel tersebut belum menyebar ke kelenjar getah bening.

Gejala Dan Ciri-Ciri Kanker Usus Di Stadium 2

Dalam tahapan ini penderita akan merasakan sembelit, diare, mual dan muntah secara berkepanjangan. Jika diraba di usus besar akan tampak benjolan.  Tidak hanya itu saja, mulai dari tahap ini tinja akan bercampur dengan darah. Hal itu diakibatkan oleh jaringan tumor bisa mempengaruhi tinja.

Pengobatan Yang Dilakukan

  • Reseksi bedah merupakan satu-satunya pengobatan dalam stadium ini. Reseksi bedah adalah penghapusan organ tubuh yang terkena sel kanker dengan tindakan pembedahan atau operasi.
  • Kemoterapi juga ditambahkan dalam tahapan pengobatan kanker usus besar stadium 2. Kemoterapi merupakan penghancuran sel-sel kanker dengan menggunakan obat kemo yang dimasukkan melalui infus. Kemoterapi bisa dilakukan sesudah atau sebelum reseksi bedah. Bisa juga dilakukan kedua-duanya yaitu sesudah dan juga sebelum.
  • Radiasi juga bisa ditambahkan. Jika stadium memasuki tahapan 2C, biasanya radiasi akan ditambahkan.

Kanker Usus Stadium 3

kanker usus stadium 3A

kanker usus stadium 3Bkanker usus stadium 3C

Dalam stadium 3 ini penyakit kanker usus besar sudah memasuki tahap lanjut. Jika stadium 2C sel kanker telah menyebar ke jaringan terdekat usus besar dan juga rektum. Stadium 3 ini sel kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening.

Sponsors Link

Gejala Dan Ciri-Ciri Kanker Usus Di Stadium 3

Gejala yang akan dialami oleh pasien adalah perasaan mual dan muntah, berat badan berkurang secara drastis, sembelit dan juga tinja bercampur darah. Tidak hanya itu saja penderita juga merasakan perut terasa kembung dan nyeri di bagian perut bawah.

Pengobatan Yang Dilakukan

  • Langkah pertama yang dilakukan adalah tahap operasi.
  • Setelah operasi akan dilakukan kemoterapi.
  • Kemoterapi selesai akan dilakukan radiasi.

Kanker Usus Stadium 4

kanker usus stadium IV

Jika sudah memasuki stadium 4, penyakit kanker usus bisa disebut dengan tahap akut. Penyebarannya sudah sampai ke organ-organ vital di dalam  tubuh misalnya saja hati, paru-paru dan juga ovarium atau indung telur.

Gejala Dan Ciri-Ciri Kanker Usus Di Stadium 4

  • Berat badan menurun.
  • Pusing, mual dan muntah.
  • Feses berwarna hitam.
  • Darah keluar bersama tinja.
  • Perut bagian bawah terasa nyeri.
  • Perut terasa penuh.

Pengobatan Yang Dilakukan

Dalam tahap ini pengobatan hanya dilakukan agar sel kanker yang sudah meneyrang di berbagai organ vital tidak menimbulkan kerusakan atau komplikasi. Komplikasi yang sering terjadi misalnya kerusakan hati, kerusakan  paru-paru dan juga tumor di ovarium. Pengobatan yang dilakukan adalah sebagai berikut ini:

  • Sel kanker yang tumbuh di dalam hati dan menibulkan tumor hati bisa dilakukan tindakan radiofrequency ablation ( penghancuran tumor dengan reaksi panas ), cryotherapy ( penghancuran tumor dengan pembekuan ), kemoterapi intra-arteri.
  • Sel kanker tidak dapat diangkat dengan cara pembedahan, radiasi dan juga kemoterapi. Radiasi dan kemoterapi mungkin dilakukan untuk mencegah penyebaran sel kanker yang lebih luas. Sayangnya semua pengobatan hanya berguna untuk memperpanjang umur pasien bukan untuk menyembuhkan pasien. Hal itu dikarenakan sel kanker sudah sangat menyebar saat memasuki tahap 4 stadium kanker usus.

Ketahui penyebab kanker usus yang mematikan dan segera lakukan pencegahan untuk membasmi kanker usus yang mengintai anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 05th, March 2015 / 14:57 Oleh :
Kategori : Kanker Usus