Sponsors Link

12 Penyebab Kanker Usus Besar

Sponsors Link

Penyebab kanker usus ada banyak sekali, umumnya anda harus menghindari makanan yang mengandung zat berbahaya. Kanker usus biasa di kenal dengan kanker usus besar, karena terdapat pada lapisan dalam usus besar yang berbentuk gumpalan sel prakanker(polip).  Jamur merupakan penyebab sel prakanker muncul, dan tersembunyi di dinding usus besar.

Sponsors Link

Menurut Centers for Disease Control, kanker usus lebih sering terkena pada laki-laki di bandingkan wanita((livescience.com,Colon Cancer: Causes, Symptoms and Treatments, di akses 08 November 2014))..  Berikut 12 penyebab kanker besar yang sering terjangkit pada manusia((about.com,Fifteen Causes of Colon Cancer, di akses 08 November 2014)). :

1.  Umur

Umur merupakan faktor nomor satu resiko terjangkitnya kanker usus besar.  Pada manusia usia 50 tahun sangat riskan mengidap prakanker, dan mudah sekali berkembang menjadi  kanker usus besar.   Tapi, tidak secara langsung umur menjadi patokan bahwa mereka terjangkit.

2.  Alkohol

Menurut penelitian, alkohol yang memiliki kadar tinggi dapat menyebabkan resiko terjangkitnya kanker usus.  Contohnya saja seperti rum, gin, vodka, dan wiski.  Terlalu sering minum alkohol akan membuat usus menjadi rusak dan bisa menyebabkan kanker usus.

3.  Diabetes tipe 2 (mellitus)

Menurut penelitian, kemungkinan besar penderita diabetes bisa terkena kanker usus besar.  Diabetes mellitus tipe 2 memiliki resiko 40% lebih tinggi terkena kanker usus.

Ini dikarenakan, peningkatan kadar insulin dalam tubuh mengingkat dan berkembang biak dalam sel-sel usus dan merubah kelangsungan hidup sel. Sehingga menyebabkan kanker usus((ncbi.nlm.nih.gov,Type 2 diabetes mellitus as risk factor for colorectal cancer, di akses 08 November 2014)).

 4.  Mengkonsumsi daging merah

Mengkonsumsi daging merah yang mengandung lemak hewani atau daging olahan yang sudah tercampur dengan bahan pengawet dapat meningkatkan peradangan pada usus.  Tingginya kandungan lemak hewani yang terkandung di dalam daging merah, dan kandungan bahan pengawet di dalam daging olahan dapat merusak dan menghambat DNA dalam sel yang melapisi usus.  Dengan kerusakan DNA yang ada di dalam usus, adalah penyebab utama terjadinya kanker usus.

Sponsors Link

5.  Lingkungan

Menurut penelitian, lingkungan merupakan faktor yang sangat penting dalam memerankan perkembangan tumbuhnya kanker usus. Contohnya saja seperti lingkungan yang tercemar bahan kimia tertentu melalui penggunaan herbisa, asap tembakau, kontaminasi makanan, polusi udara, pencemaran air, atau polusi tanah((cancer.org.au,Environmental causes, di akses 07 November 2014)).

6.  Genetik

Gen merupakan faktor genetik keturunan yang dengan dapat terjangkitnya penyakit.  Jika di antara kedua orangtua pernah menderita suatu penyakit, seperti kanker usus kemungkinan besar bisa terjadi pada keturunannya.

Jika anda memiliki riwayat keluarga dengan kanker usus, segera periksa diri anda ke dokter, untuk mengetahui apakah anda mengidap penyakit kanker usus.  Tanyakan kepada orangtua atau saudara anda umur berapa mereka mengidapnya.

7.  Radang usus

Radang usus yang di tandai dengan kondisi usus yang sudah terluka atau sudah menjadi borok, merupakan resiko besar terjangkitnya kanker usus.

Radang borok pada usus besar adalah suatu penyakit yang sangat kronis, atau mrupakan penyakit jangka panjang.  Penyakit ini disebabkan karena peradangan atau iritasi menjadi bengkak dan luka yang di sebut dengan borok.  Borok ini terdapat pada lapisan dalam usus besar.

8.  Obesitas/ gemukan

Obesitas atau kegemukan memiliki resiko tingkat kematian yang sangat besar karena terjangkitnya kanker usus besar.  Di wajibkan bagi anda yang memiliki kelebihan berat badan untuk dapat mempertahankan berat badan yang sehat dan ideal.  Ini sangatlah penting guna pencegahan kanker pada penderita kanker usus besar.

9.  Riwayat kesehatan

Jika anda memiliki riwayat kesehatan bisa berdampak besar terjangkitnya kanker usus.  Riwayat kesehatan seperti terjangkitnya penyakit polip dan peradangan usus dapat lebih muda beresiko terkena kanker usus.

Sponsors Link

10.  Polip

Polip merupakan bagian perkembangan kanker usus dari polip adenomatosa pada usus besar.  Tiga jenis polip yang paling umum yang terdapat pada usus besar dan rektum adalah :

  • Hiperplastik.  Jenis polip ini beresiko berkembang menjadi kanker.   Terletak dan berkembang di sisi kanan dari usus besar. Butuh pengobatan dan harus diobati.
  • Adenoma atau adenomatosa.  Jenis polip ini di anggap sebagai pra-kanker.
  • Polip inflamasi.  Dapat menjadi kanker setelah terjadinya peradangan pada usus besar (kolitis).

Dari ketiga jenis polip ini jika di biarkan saja akan berkembang menjadi kanker usus yang sangat berbahaya.

11.  Merokok

Merokok dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan terjangkitnya kanker usus.  Ini di sebabkan karena pertama, terhirupnya atau tertelannya asap tembakau yang akhirnya akan masuk ke dalam usus besar.

Kedua,  penggunaan tembakau yang trlalu sering bisa meningkatkan ukuran polip yang awalnya merupakan jenis polip adenoma (pra kanker) menjadi polip jenis hiperplastik yang berubah menjadi kanker usus.

12.  Alkohol

Minum alkohol dalam jumlah yang banyak bisa menyebabkan resiko kanker usus.  Selain itu, alkohol juga bisa sebagai penyebab kanker payudara pada wanita. Alkohol dapat merusak jaringan tubuh terutama pada mulut dan tenggrokan. Perubahan DNA pada sel-sel yang rusak dapat menjadi awal terkena kanker. Dalam usus besar dan rektum, bakteri dapat mengubah alkohol dalam jumlah yang sangat besar seperti asetaldehida, yang merupakan zat kimia yang telah terbukti dapat menyebabkan kanker.

Penyebab kanker usus masih belum benar-benar bisa dipahami. Kadang-kadang gen yang mengontrol dan beraktivitas ke dalam sel dan bermutasi serta mulai memberikan petunjuk yang mengarah pada pertumbuhan jaringan.

Dari banyaknya jenis kanker yang ada, kanker usus besar yang merupakan kanker terbesar yang di derita oleh manusia, karena faktor genetik atau keturuna dan faktor lingkungan yang merupakan penyebab terbesar terjadinya kanker usus besar.  Tetapi,  ada sedikit kemungkinan bagi mereka yang tidak memiliki riwayat penyakit bisa juga terjangkit kanker usus.

Pola hidup sehat dan dengan makan- makanan yang bergizi, dapat menurunkan resiko terjangkitnya kanker usus. Usus merupakan tempat pembuangan berbagai macam jenis makanan yang kita makan, dan berakhir ke usus besar.

Di sini lah sisa makanan berakhir, dimana sampah makanan yang tidak bisa terbuang dan larut akan menjadi busuk. Yang mengakibatkan peradangan usus dan mengakibatkan kanker usus.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Sunday 09th, November 2014 / 13:46 Oleh :
Kategori : Kanker Usus