Sponsors Link

Kanker Usus Besar Stadium 4 – Ciri-ciri, Pencegahan dan Pengobatan

ads

Usus besar jelas merupakan salah satu organ tervital di dalam setiap tubuh manusia yang digambarkan sebagai sebuah saluran berkelok-kelok dengan otot panjang. Adanya kanker usus besar tentunya diawali dengan eksistensi tumor atau sel tubuh abnormal pada dinding bagian dalam usus. Tumor jinak dinamakan polip dan ada satu lagi jenis kanker ini, yakni kanker usus ganas yang siap menyebar ke seluruh rgan tubuh lainnya.

Saat tumor masih bersifat jinak, pembedahan adalah cara terbaik untuk menghilangkannya tanpa menyebabkan ancaman penyebaran sel kanker ke organ lainnya. Sementara itu, tumor ganas adalah jenis yang paling berbahaya dan mengancam karena mampu menyebar ke seluruh jaringan yang ada di sekitar usus besar.

(Baca juga: gejala kanker usus)

Ciri-ciri Kanker Usus Besar Stadium 4

Jenis kanker ganas tentu adalah yang kita sebut dengan tahapan kanker usus besar stadium 4. Pada tingkat ini, kemungkinan untuk kesembuhan total pun hampir tidak ada. Bahkan dapat dikatakan dan diperkirakan bahwa sampai 5 tahun saja kelangsungan hidup penderitanya. Berikut ini Anda bisa melihat ciri-ciri atau gejala kanker usus besar stadium 4:

  1. Perdarahan Rektum

Perdarahan pada rektum merupakan salah satu kondisi paling parah yang wajib untuk Anda waspadai karena bisa jadi ini sudah membawa Anda pada stadium 4 akan kanker usus besar. Munculnya perdarahan ini tepatnya ada di saluran pencernaan bagian bawah. Gejala ini dapat menandakan bahwa kondisi Anda sudah berada di tahap lanjut, atau bisa juga mengartikan bahwa Anda mengidap kanker anus.

(Baca juga: stadium kanker usus 0-4)

  1. Sering Pingsan

Pingsan yang terlalu sering bukanlah hal yang baik tentunya, dan bukan hanya sekadar tanda bahwa seseorang mengalami anemia. Sering kehilangan kesadaran juga bisa dikaitkan dengan gejala awal kanker otak, namun juga bisa menjadi tanda stadium akhir dari kanker usus besar. Perdarahan di bagian saluran pencernaan dapat menjadi sebab-musababnya dan ketika sudah sampai pada gejala ini, penderita pun diharapkan untuk segera memperoleh perawatan medis.

  1. Muntah Berlebihan

Muntah berlebihan apalagi bila disertai dengan adanya darah bukanlah hal yang patut disepelekan, bisa jadi ini merupakan gejala stadium akhir kanker usus besar. Ini masih ada kaitannya dengan perdarahan di bagian rektum sehingga akhirnya perut tak hanya terasa sakit dan mual tapi memuntahkan segala isi dan bahkan cairan darah. Sebaiknya Anda sudah mendapatkan pertolongan medis sebelum mencapai tahap ini.

(Baca juga: gejala kanker usus halus)

sponsored links
  1. Penyebaran Kanker ke Hati dan Paru-paru

Sel kanker pada stadium 4 jelas-jelas sudah pasti menyebar lebih luas dan dua organ yang terkena adalah hati serta paru-paru. Pada tingkat akhir, kanker menyebar cepat dan tak lagi hanya bagian organ paru-paru dan hati saja yang terserang. Organ lain dalam tubuh Anda teracam terkena penyebaran sel kanker juga dan hanya akan ada 10 persen dari tingkat ketahanan hidup kanker usus besar.

  1. Penurunan Berat Badan Sangat Drastis

Sama seperti jenis kanker umum lainnya, penurunan berat badan dapat terjadi secara drastis. Pada stadium 4, Anda akan menemukan bahwa berat badan turun begitu banyak karena tubuh mulai sangat tirus, kurus, dan kuyu. Tentu ini juga tak lepas dari efek sel kanker yang sudah menyebar sampai ke mana-mana. Belum lagi perdarahan rektum yang menyebabkan saluran pencernaan sudah terbilang rusak sehingga makanan yang masuk pun tak akan tercerna secara sempurna seperti normalnya.

(Baca juga: tanda-tanda kanker usus)

Pencegahan Kanker Usus Besar Stadium 4

Daripada mengobati, mencegah adalah selalu menjadi tindakan yang paling bijak, termasuk juga pada kondisi kanker usus besar. Sebelum berkembang menjadi pencabut nyawa, Anda perlu melakukan beberapa upaya penting dalam memperlambat terjadinya gejala, apalagi kalau sudah berada di tahap stadium 1, 2 dan 3.

  1. Memilih Makanan Sehat

Makanan yang dianggap sehat untuk usus besar adalah makanan yang kandungan akan asam folat serta kalsiumnya tinggi. Bila memilih makanan sehat, ini juga artinya meliputi makanan berkalori tinggi, berprotein tinggi, dan kaya akan lemak. Bahkan penderita kanker usus besar juga dianjurkan untuk mengambil suplemen kalsium setelah polipektomi adenoma.

Memilih makanan sehat artinya juga menghindari makanan berbahan kimia berbahaya, berpengawet dan juga berpewarna makanan. Bahkan untuk makanan yang terasa pedas dan bersantan pun perlu Anda jauhi. Dan lagi, buah serta sayuran segar pun juga bisa dijadikan menu setiap hari karena seratnya begitu tinggi sehingga mampu memenuhi kebutuhan gizi seimbang. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan yang kandungan vitamin E dan D-nya tinggi serta tinggi sifat antioksidannya.

(Baca juga: manfaat glucogen untuk kanker)

  1. Tidak Melakukan Diet Ketat

Mengapa di kala sakit justru tidak boleh berdiet? Bukankah kebanyakan pasien dengan penyakit kronis dan sudah mengalami gejala kanker umum harus mulai memerhatikan asupan makanan? Memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh tidak sama dengan berdiet dengan cara mengurangi asupan nutrisi.

Diet ketat biasanya dilakukan dengan membatasi sejumlah nutrisi tertentu yang padahal sebaiknya tidak perlu. Asalkan tidak berlebihan, maka tak ada efek atau akibat yang harus ditanggung oleh tubuh. Anda juga perlu tahu bahwa diet ketat mampu membuat daya tahan tubuh menurun.

  1. Melakukan Olahraga

Kegiatan fisik tentunya diperlukan oleh setiap orang, apalagi yang sudah tahu akan kondisi kanker stadium awal. Demi mencegah hingga mencapai stadium akhir, selain makanan sehat, berolahraga adalah pilihan kegiatan yang tepat untuk dilakukan. Tujuan dari olahraga rutin tentunya adalah untuk menjaga kebugaran tubuh dan memperlambat pertumbuhan serta perkembangan sel kanker.

Ingat bahwa olahraga pun memiliki peran dalam meningkatkan sistem imun tubuh yang tentunya sedikit banyak akan memengaruhi kecepatan pemulihan seseorang. Melakukan olahraga yang ringan-ringan saja selama seminggu 2-3 kali akan sangat menolong. Pada masing-masing waktu olahraga, lakukanlah selama kurang lebih setengah jam untuk lebih terasa maksimal.

(Baca juga: manfaat antioksidan untuk kanker)

  1. Tidak Merokok

Merokok adalah hal yang tak hanya akan memicu kondisi kanker paru-paru, tapi merokok pun menjadi kebiasaan yang mampu memperparah kondisi usus besar yang sudah bertumor atau bahkan berkanker stadium lanjut. Risiko terlalu besar dan mengancam jiwa bila Anda sudah tahu mengidap kanker dan masih merokok.

Sponsors Link

  1. Tidak Mengonsumsi Alkohol

Salah satu faktor penyebab kanker usus besar adalah minuman beralkohol, apalagi ketika konsumsinya tak dibatasi. Konsumsi alkohol tak hanya akan memengaruhi bagian usus besar saja, tapi juga seluruh tubuh. Menurut World Cancer Research Fund, potensi terjadinya kanker usus lebih bisa meningkat karena konsumsi alkohol serta makanan yang kadar gulanya tinggi.

(Baca juga: jenis kanker paling mematikan di dunia)

Pengobatan Kanker Usus Besar Stadium 4

Ada sejumlah pilihan pengobatan yang dokter akan berikan dan pasien pada stadium lanjut akan kanker usus besar dapat menempuh beberapa jalan perawatan di bawah ini.

  1. Kolostomi – Jenis penanganan kanker usus besar satu ini adalah prosedur setelah laparoskopi. Metode penanganan ini perlu ditempuh ketika penyebaran kanker sudah sampai melewati dinding-dinding usus. Pada operasi satu ini, area pada usus besar yang sel kanker sudah gerogoti bakal diangkat, begitu pula kelenjar getah bening yang sudah terkena.
  2. Kemoterapi Kanker dan Radioterapi – Kombinasi keduanya adalah metode yang akan menyelamatkan pasien dan bisa menaikkan peluang kehidupan penderita kanker usus besar. Walau sudah berada pada stadium lanjut, gejala tetap masih bisa diperlambat atau diringankan dengan kombinasi kedua metode pengobatan tersebut. Penyebaran kanker yang semakin memburuk biasanya bakal dokter atasi dengan langkah ini, dan memang diyakini mampu memperpanjang peluang hidup si pasien secara efektif meski tak mampu mengobati secara total.
  3. Sari Keladi Tikus – Pengobatan menggunakan sari keladi tikus bisa ikut menyertai pengobatan medis kombinasi kemoterapi dan radioterapi. Ini karena keladi tikus diyakini memiliki kemampuan menjadi solusi penurun efek samping kemoterapi. Penderita kanker usus besar mulai dari stadiun 1 sampai 4 dapat mengonsumsi obat ini untuk menjaga kondisi kesehatannya. Kandungan di dalamnya berupa zat kurkumin, antioksidan alami dan ribosome inacting protein adalah yang membantu perawatan pasien.

(Baca juga: manfaat konsumsi ginseng untuk kanker)

Demikianlah info kanker usus besar stadium 4 yang meliputi ciri atau gejala, pencegahan yang perlu dilakukan, serta pengobatan medis dan alami yang kemungkinan besar bakal Anda butuhkan. Stadium 4 adalah tahap di mana kanker sudah mulai mengancam jiwa, maka sudah sangat sulit juga apabila ingin membasmi sel kanker secara keseluruhan.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 20th, August 2016 / 02:23 Oleh :
Kategori : Kanker Usus