Sponsors Link

6 Ciri Kanker Usus 12 dan Penangananya

ads

Usus 12 jari merupakan salah satu organ yang terdapat dalam sistem pencernaan manusia. Jika usus 12 jari mengalami kondisi yang tidak baik, maka akan terjadi gangguan pada sistem pencernaan. Salah satu penyakit yang dapat menyerang usus 12 jari yaitu penyakit kanker usus 12 jari. (Baca juga: Stadium Kanker Usus (0-4) ).

Kanker usus 12 jari merupakan penyakit yang berasal dari tumor ganas yang berada disekitarnya kemudian langsung menyerang jaringan usus 12 jari. Kasus dari penyakit kanker 12 jari ini sebenarnya jarang ditemui dan memang jarang terjadi. Penyakit ini biasanya menyerang orang dewasa yang berusia di atas 50 tahun dan lebih banyak dialami oleh pria. (Baca juga: Gejala Kanker Usus).

Penyebab dari kanker ini belum diketahui secara pasti. Faktor keturunan menjadi salah satu penyebab utama seseorang mengidap penyakit kanker usus 12 jari. Jika salah satu anggota pada suatu keluarga memiliki riwayat penyakit ini, maka ada kemungkinan anggota lainnya akan terkena pula. (Baca juga: Tanda tanda Kanker Usus – Gejala Kanker Usus Halus)

Penyakit kanker usus 12 jari memiliki gejala atau ciri – ciri yang mungkin akan dialami oleh penderitanya. Ciri – ciri tersebut cukup sulit dikenali, akan tetapi kita perlu mengetahuinya secara umum untuk segera melakukan penanganan lebih lanjut. Berikut ini merupakan ciri ciri kanker usus 12 jari yang dialami :

  1. Sering merasakan nyeri di perut
    Bagi orang yang terkena penyakit kanker usus 12 jari, ia akan merasakan nyeri di perut. Rasa nyeri ini cukup lama dan sering menyerang penderitanya. Selain itu, rasa nyeri di perut tersebut sulit untuk dihilangkan meskipun sudah makan. Biasanya nyeri tersebut akan menyerang ke daerah punggung dan mengakibatkan otot – otot menjadi terasa pegal.
  2. Sering merasa mual dan muntah
    Gejala ini biasa disebut dengan anoreksia, dimana organ tubuh menjadi sulit menerima makanan yang masuk sehingga makanan tersebut dimuntahkan kembali. Anoreksia terjadi karena sel kanker atau tumor sudah mulai menyebar ke organ tubuh lainnya. Jika tidak segera ditangani, maka tumor tersebut akan secara bertahap menyerang seluruh bagian atau organ yang ada dalam tubuh.
  3. Sering mengalami anemia
    Anemia merupakan suatu kondisi dimana sel darah merah yang ada dalam tubuh menjadi berkurang. Pada kasus kanker usus 12 jari, anemia terjadi karena pendarahan yang kronis atau terus menerus pada tinja. Hal ini mengakibatkan warna tinja menjadi berwarna gelap pekat. Selain itu, gejala ini akan menyebabkan pengidap kanker usus 12 jari mengalami penurunan berat badan yang drastis.
  4. Timbulnya komplikasi dengan penyakit lain
    Dampak dari adanya penyakit kanker usus 12 jari yaitu akan timbul komplikasi dengan penyakit lain, salah satunya adalah penyakit kuning. Hal ini disebabkan oleh tumor yang menghambat jaringan ampula. Tumor yang menyebabkan penyakit kuning tersebut dikarenakan kondisi tumor tidak stabil dan tidak terkontrol sehingga tumor tersebut lepas dan menghambat jaringan lainnya. Dari adanya komplikasi ini perut menjadi sering merasa sakit.
  5. Penurunan berat badan secara drastis
    Gejala ini merupakan hal yang paling umum dialami ketika mengidap suatu penyakit, terutama penyakit kanker. Gejala ini disebabkan karena organ – organ yang ada dalam tubuh mulai sulit menerima asupan makanan. Sehingga hal ini menyebabkan menurunnya nafsu makan dan secara otomatis berat badan pun akan turun drastis.
  6. Adanya benjolan di perut
    Ketika seseorang mengidap penyakit kanker usus 12 jari, pada perutnya akan terdapat benjolan. Benjolan ini muncul karena tumor penyebab kanker mulai tumbuh dan menyebar ke daerah lainnya di sekitar usus 12 jari. Benjolan ini biasanya berada di perut bagian kanan atas. Untuk mengetahui ada atau tidaknya benjolan tersebut, kita perlu memeriksakan kondisi tubuh kita ke dokter ahli. Jika memang terdapat benjolan, segera lakukan penanganan lebih lanjut untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.
Sponsors Link

(Baca juga: Kanker Usus Besar – Penyebab Kanker Usus Besar )

Ciri-ciri tersebut di atas memang cukup sulit untuk diamati dan dibedakan apakah hal tersebut disebabkan karena adanya penyakit kanker usus 12 jari atau bukan. Oleh sebab itu, lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin ke dokter ahli untuk mengetahui riwayat penyakit yang dimiliki, terutama jika terdapat salah satu anggota keluarga yang pernah mengidap penyakit tersebut. (Baca juga: Kanker Usus Besar Stadium 4)

Langkah Pencegahan dan Penanganan Kanker 12 Jari

Agar kita tidak terserang penyakit kanker usus 12 jari, kita perlu merawat kesehatan organ-organ tubuh. Perawatan tersebut dapat dilakukan sejak dini, karena kita tidak pernah tahu kapan suatu penyakit akan menyerang tubuh kita. Perawatan atau penanganan yang dapat dilakukan di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Berhenti merokok dan tidak mengkonsumsi makanan atau minuman penyebab kanker

Kebiasaan merokok menjadi penyebab timbulnya berbagai macam penyakit yang berbahaya bagi organ tubuh dan dapat menimbulkan kematian. Oleh sebab itu, jika Anda termasuk perokok aktif maupun pasif, segera kurangi dan bahkan hilangkan kebiasaan merokok tersebut. Selain itu, hindari pula mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat menyebabkan kanker, terutama kanker usus 12 jari. Jenis minuman yang dapat menyebabkan kanker tersebut, di antaranya minuman beralkohol, teh yang terlalu kental, dan juga kopi. Minuman beralkohol sudah sangat jelas berbahaya bagi kesehatan tubuh, oleh sebab itu harus dihindari. Untuk teh dan kopi memang boleh saja dikonsumsi, akan tetapi tidak boleh berlebihan. Karena jika dikonsumsi secara berlebihan akan berbahaya bagi tubuh dan menyebabkan penyakit kanker.

(Baca juga: Cara Mencegah Kanker Usus Secara Alami )

sponsored links
  • Hindari makanan yang memiliki rasa pedas dan bertekstur kasar

Jenis makanan tersebut jika dikonsumsi secara berlebihan akan membahayakan organ – organ yang ada dalam tubuh. Hal ini dikarenakan makanan pedas dan kasar dapat melukai usus dan menimbulkan penyakit kanker usus 12 jari.

  • Kurangi mengkonsumsi obat

obatan yang dapat menimbulkan iritasi pada organ tubuh. Untuk mengkonsumsi obat – obatan kita perlu mempertimbangkan dan mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter. Karena tidak semua obat baik untuk organ tubuh kita. Jika salah mengkonsumsi obat, maka akibatnya akan fatal, bukan menyembuhkan penyakit tapi malah membuat penyakit semakin parah. Oleh sebab itu, kita patut berhati – hati untuk memilih jenis obat yang akan dikonsumsi.

  • Perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan serat yang sangat baik untuk tubuh. Oleh sebab itu, untuk menghindari tubuh dari berbagai penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh, kita harus banyak mengkonsumsi sayur dan buah. Akan tetapi, ada baiknya kita mengkonsultasikannya pada dokter ahli terlebih dahulu sayur dan buah apakah yang baik untuk tubuh kita.

  • Harus mengatur pola makan

Pola makan yang teratur sangat dianjurkan untuk menjaga organ – organ yang ada dalam tubuh kita, terutama pada sistem saluran pencernaan. Dengan mengatur pola makan, pencernaan tidak akan mudah rusak dan terganggu. Sehingga kesehatan organ tubuh kita menjadi terjaga dan terkendali.

  • Menghindari berbagai makanan yang terkontaminasi

Pada era modern ini, cukup sulit menemukan makanan yang benar – benar sehat. Biasanya makanan tersebut sudah terkontaminasi dengan zat – zat berbahaya seperti zat kimia yang dapat merusak organ tubuh. Ada baiknya jika makanan yang dikonsumsi tersebut merupakan hasil olahan sendiri, sehingga kita lebih mengetahui kondisi dari kandungan makanan tersebut.

Itulah pemaparan mengenai ciri – ciri dari kanker usus 12 jari berikut dengan cara menangani usus 12 jari. . Selalu diingatkan bahwa lebih baik melakukan pencegahan sejak dini daripada melakukan pengobatan. Semoga bermanfaat. (Baca juga: Gejala Kanker Usus Besar )

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 11th, October 2016 / 08:49 Oleh :
Kategori : Kanker Usus