Sponsors Link

Tanda Umum

Ciri ciri kanker umumnya tidak dapat dideteksi pada awal kemunculannya, tidak ada rasa sakit, tidak ada keluhan, tidak ada gejala berarti yang dapat kita rasakan. Inilah yang membuatnya sangat mematikan ketika diketahui timbul pada stadium lanjut sehingga pengobatannya sangat sulit dan cenderung berdampak fatal. Namun secara garis besar kita dapat mengetahui ciri-ciri kanker melalui gejala umum yang di dapat.

1. Penurunan Berat Badan

Penurunan berat badan tanpa ada faktor diet atau usaha yang dilakukan diri sendiri pasti menandakan sesuatu penyakit, yang paling umum adalah penyakit diabetes. Dibalik itu semua penurunan berat badan juga menjadi ciri ciri penyakit kanker yang sangat berbahaya. Ada banyak jenis kanker yang memiliki ciri penurunan berat badan seperti kanker serviks, payudara, dan otak.

2. Perubahan Bentuk Tubuh

Terdapat banyak jenis kanker yang dapat mempengaruhi bentuk tubuh yang terserang seperti kanker payudara, mulut, kulit, serviks, mata, dan banyak lagi. Jika anda mengalami perubahan bentuk bagian tubuh tertentu ada baiknya anda melakukan pemeriksaan karena bisa jadi hal tersebut adalah kanker.

3. Pendarahan yang tidak biasa

Pendarahan dapat menjadi salah satu ciri kanker pada stadium awal dan lanjut, batuk berdarah merupakan salah satu bentuk ciri kanker paru-paru. Darah dalam tinja sangat identik dengan kanker usus besar. Pendarahan melalui vagina menandakan kanker serviks, darah dalam urin menandakan kanker kandung kemih dan ginjal. Pendarahan pada puting payudara menandakan kanker payudara. Jadi apapun bentuk pendarahan tanpa sebab tertentu, harus anda waspadai.

4. Perubahan pita suara

Sangat identik dengan ciri kanker kerongkongan, tiroid, atau kanker paru-paru. Segera periksa di dokter terkait jika terjadi perubahan pada pita suara anda.

5. Demam yang tidak wajar

Jika anda mengalami demam yang tidak wajar dan sering berkeringat pada malam hari bisa jadi menjadi salah satu tanda kanker.

6. Batuk Terus Menerus

Batuk tidak kunjung sembuh dapat menjadi salah satu ciri kanker yang paling umum, terutama kanker paru-paru.

7. Kelelahan

Kelelahan yang dirasakan sangat ekstrim yang tidak berpengaruh walaupun telah istirahat panjang dapat menjadi gejala tumbuhnya kanker. Jenis kanker yang cirinya adalah kelelahan adalah leukemia, kanker kolon atau lambung dapat menyebabkan kehilangan darah yang tidak jelas hingga menyebabkan kelelahan yang tidak dapat berhenti.

8. Rasa Sakit dan Nyeri

Kanker tulang dan testis adalah salah satu jenis kanker yang menimbulkan rasa sakit. Sakit di bagian kepala yang tidak kunjung hilang yang tidak dapat diobati bisa jadi menjadi ciri tumor otak paling umum. Nyeri dan rasa sakit pada punggung merupakan ciri dari kanker usus besar, rektum, atau ovarium. Rasa nyeri disebabkan karena kanker telah menyebar pada daerah tubuh yang diserang.

Ciri Kanker Berdasarkan Jenisnya

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!