Sponsors Link
     Sponsors Link

2 Metode Pengobatan Kanker dengan Stem Cell

ads

Seiring berjalannya waktu, wawasan manusia dalam dunia pengobatan semakin berkembang. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menemukan solusi pengobatan dari sebuah penyakit yang cepat dan terbukti efektif. Adapun beberapa metode pengobatan yang telah berkembang sejak ribuan tahun yang lalu adalah metode pengobatan akupuntur yang sudah dikenal memiliki manfaat metode akupuntur untuk kanker dan dengan mengimbangi berbagai macam tanaman obat kanker yang dapat mempercepat proses penyembuhan. Namun demikian, seiring berjalannya waktu tidak semua ilmu pengobatan tersebut dapat dikuasai oleh dokter-dokter yang ada di dunia. Penelitian pun terus dilakukan untuk menemukan pengobatan dengan bahan kimia yang dapat menekan angka resiko dari efek samping yang ditimbulkan. Metode yang telah berhasil dikembangkan adalah stem cell.

Apa Itu Pengobatan Stem Cell ?

Stem cell merupakan salah satu metode pengobatan baru yang menggunakan sel induk untuk membentuk sel baru yang mengalami kerusakan. Saat ini metode teknologi kedokteran modern mulai mengembangkan metode pengobatan melalui stem cell. Namun demikian, jarang sekali pasien yang membuat kesepakatan untuk menjalani metode ini meskipun metode ini sudah terbukti mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit sangat parah. Hal ini dikarenakan pasien akan membutuhkan biaya yang sangat mahal. Salah satu bukti dari keberhasilan metode ini adalah pasien yang sudah memasuki kanker stadium tinggi dapat sembuh total dengan metode stem cell.

Metode stem cell terbagi menjadi 2 macam, yaitu adult stem cell dan embryonic stem cell. Pada artikel ini, kita akan membahas perbedaan kedua metode tersebut baik dari segi kelebihan dan kekurangannya.

  1. Adult Stem Cell

Metode adult stem cell adalah metode pengobatan dengan pembelahan sel tubuh menggunakan sel dewasa. Artinya, sel yang digunakan adalah sel yang sudah memiliki fungsi secara spesifik. Sehingga, jika digambarkan lebih detail sel dewasa merupakan sel yang terdapat pada bagian-bagian tubuh yang terdefinisikan dengan jelas. Sebagai contohnya adalah pada bagian otot jantung, hanya tersusun oleh sel pembentuk otot jantung berupa sel yang memiliki 1 atau 2 inti penyusun pada tiap serabut selnya. Hal ini tentu saja berbeda fungsi jika kita membandingkan dengan otot yang berkaitan erat dengan rangka. Pada otot rangka ini tersusun atas otot lurik yang memiliki inti sel pada setiap pinggirannya. Cara kerjanya pun berbeda dengan otot jantung.

Sponsors Link

Dengan demikian, penggunaan metode adult stem cell harus mengambil sel sehat pada area tubuh yang sakit, dan memiliki penyusun yang serupa. Sebagai contoh, jika seorang dokter ingin menyembuhkan pasien yang terkena kanker kulit. Maka metode yang digunakan adalah memperbaiki sel kulit yang dirusak oleh sel kanker dengan memberikan rangsangan kepada sel dewasa agar lebih aktif membentuk sel baru sehingga sel kanker dapat tergantikan oleh sel sehat.

  1. Embryonic Stem Cell

Embryonic stem cell tentu saja berbeda dengan metode adult stem cell. Pada metode embryonic stem cell ini, pengobatan dilakukan dengan menggunakan sel induk atau biasa dikenal dengan sel punca. Sel induk merupakan sel awal yang menjadi asal mula terbentuknya seluruh bagian tubuh manusia. Bagian yang tersebut ada pada plasenta masing-masing manusia saat dilahirkan. Oleh karena itulah mengapa banyak orang yang menyimpan plasenta mereka dan anak-anak mereka. Bahkan, di Singapura sudah memiliki bank of plasenta yang dapat Anda manfaatkan untuk menyimpan plasenta anak yang baru lahir. Hingga saat ini, pengobatan yang dilakukan dengan menggunakan metode ini dinilai memiliki tingkat keberhasilan 100%.

Metode pengobatan boleh berkembang pesat dan semakin canggih. Namun ada baiknya bagi kita untuk lebih memilih tindakan pencegahan dari pada mengobati. Meskipun berbagai macam jenis kanker dapat diatasi dengan menggunakan metode stem cell, bukan berarti kita dapat bernafas lega bahwa segala jenis penyakit memiliki obat. Mulai memperbaiki gaya hidup seperti mengatur pola makan, memilih jenis makanan sehat, dan memberikan nutrisi alami pada tubuh agar tubuh dapat membentuk sistem kekebalan secara alami.

Sponsors Link

Penyakit kanker seringkali tidak menunjukkan tanda-tanda yang drastis. Sehingga banyak pasien yang dihadapkan pada kenyataan bahwa mengetahui dirinya terkena kanker ketika berada pada stadium menengah, bahkan stadium paling tinggi. Hal ini yang patut diwaspadai oleh masing-masing orang. Beberapa alternatif pencegahan yang dapat dilakukan adalah menambah pengetahuan mengenai buah dan sayur yang ada disekitar kita sehingga sel-sel dalam tubuh dapat melakukan regenerasi atau pembentukan secara mandiri untuk mengganti sel yang telah rusak. Anda dapat mengenal mengenai manfaat buah anggur untuk kanker, makanan pencegah kanker payudara, manfaat tomat untuk kanker payudara, dan masih banyak hal lain yang perlu Anda ketahui seputar kanker.

Dengan adanya edukasi terkait dengan pencegahan kanker, maka diharapkan nantinya dapat menyelamatkan banyak nyawa manusia. Pemberian edukasi tidak harus dilakukan oleh sebuah lembaga sosial atau lembaga kanker, namun dimulai dari diri sendiri dan secara rutin melakukan konsultasi dengan dokter pribadi. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pemberian edukasi dengan membaca banyak referensi mengenai penyakit kanker melalui berbagai macam artikel dan jurnal seperti di bawah ini:

Mari kita tingkatkan kesadaran mengenai penyakit kanker kepada orang-orang terdekat dan teman-teman kita, sehingga mereka semua terhindar dari penyakit mematikan ini. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Dengan pencegahan yang Anda lakukan, Anda dapat memiliki banyak waktu untuk menikmati kebersamaan bersama orang-orang yang Anda cintai.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Sunday 01st, May 2016 / 09:44 Oleh :
Kategori : Pengobatan