Sponsors Link
     Sponsors Link

3 Manfaat Vitamin E Untuk Pengobatan Kanker

ads

Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang termasuk dalam senyawa antioksidan. Artinya, vitamin E dapat menyatu dengan oksigen dan mampu menghancurkan radikal bebas. Selain itu, vitamin E juga berfungsi melindungi membran sel yang ada di dalam tubuh saat berada dalam kondisi ekstrem. Oleh karena itulah mencukupi kebutuhan vitamin E dalam tubuh juga berfungsi sebagai langkah awal mencegah penyakit kanker.

Vitamin E banyak terdapat di susu, buah-buahan seperti pepaya, sayur-sayuran seperti paprika, tomat, cabai, dan brokoli. Selain itu Anda juga dapat menjumpai dalam bentuk mentega dan kacang-kacangan, serta vitamin E dalam bentuk instan yang sudah banyak dijual di pasaran. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh manusia dapat mudah terserang kanker dikarenakan konsumsi vitamin E yang rendah. Umumnya mereka yang kurang mengkonsumsi vitamin E memiliki kekebalan tubuh yang rendah, sehingga rentan untuk terserang penyakit. Pada perokok akan sangat mudah terserang kanker paru-paru dan kanker mulut. Sehingga konsumsi vitamin E harus lebih ditingkatkan.

Penelitian akhir-akhir ini menemukan dua bentuk vitamin E, yaitu gamma dan delta-tocopherol yang ditemukan pada kacang kedelai, minyak jagung, dan kacang-kacangan ternyata mampu mencegah penyakit kanker usus besar, kanker paru-paru, dan kanker prostat. Meskipun demikian masih perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui dampak dari konsumsi vitamin E jika melebihi batas, apakah masih dapat mencegah kanker atau malah memicu kanker.

  1. Vitamin E mengurangi efek samping dari kemoterapi kanker

Bagi penderita kanker, vitamin E dapat mengurangi efek kemoterapi kanker akibat sinar radiasi yang diarahkan ke bagian tubuh yang sakit. Saat melakukan kemoterapi, akan ada dampak dari sel tubuh yang berdekatan dengan bagian yang disinari. Hal ini membuat sel tubuh tersebut rusak. Oleh karena itu vitamin E membantu untuk pemulihan regenerasi sel lebih cepat. Kondisi tubuh penderita kanker yang cenderung lemah dan daya tahan tubuh semakin berkurang menunjukkan efek dari sel kanker yang semakin menyebar sekaligus pengobatan kemoterapi yang dilakukan.

Sponsors Link

  1. Vitamin E berfungsi untuk meningkatkan ketahanan tubuh penderita kanker

Pemberian vitamin E pada penderita kanker juga bermanfaat untuk meningkatkan ketahanan tubuh dan energi. Kemampuan vitamin E untuk mendukung regenerasi sel-sel tubuh mampu memberikan dampak positif terhadap perkembangan si pasien. Senyawa antioksidan yang dimiliki oleh vitamin E mampu melindungi tubuh dari radikal bebas sehingga ketahanan tubuh dapat tetap terjaga. Sehingga sangat disarankan bagi penderita kanker untuk banyak mengkonsumsi kacang-kacangan dan sayuran lain sebagai sumber vitamin E agar kondisi tubuh mengalami pemulihan yang signifikan.

  1. Vitamin E membantu distribusi oksigen di dalam tubuh

Vitamin E yang menyatu dengan oksigen di dalam darah membantu hemoglobin dalam pendistribusian oksigen ke organ-organ vital dalam tubuh. Selain itu, dengan oksigen yang dibawanya, vitamin E mampu membantu regenerasi sel tubuh yang rusak dengan segera.

Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Vitamin E

Besarnya manfaat vitamin E bagi manusia tidak seiring dengan kepedulian akan pemenuhannya. Masih banyak orang yang ternyata mengalami kekurangan vitamin E. Lalu bagaimana cara mengetahui tanda-tanda bahwa tubuh kekurangan vitamin E?

  • Penyembuhan luka yang lama

Pada kulit yang terkena luka, tentu saja pada proses penyembuhannya selain melalui benang fibrin yang ada pada darah juga membutuhkan peran vitamin E. Vitamin E memegang peranan penting dalam pembentukan sel-sel baru. Sehingga dengan tercukupinya kebutuhan vitamin E luka yang muncul dapat segera sembuh dan bekas luka juga akan menghilang nantinya. Namun Anda perlu mewaspadai jika luka yang Anda derita tidak kunjung kering dan masih terasa perih melebihi 3 hari. Jika hal ini terjadi, konsumsilah kacang-kacangan dan sayur-sayuran sumber vitamin E.

Sponsors Link

  • Tubuh mudah memar

Memar adalah salah satu ciri adanya pembuluh darah kecil di bawah lapisan kulit yang mengalami kerusakan. Biasanya memar muncul akibat suatu benturan. Namun jika Anda merasa tidak mengalami benturan, namun tiba-tiba ada memar di lapisan kulit Anda, perlu diwaspadai. Selain efek kelelahan, juga bisa merupakan dampak sel darah merah pada bagian tersebut mengalami kerusakan sehingga masuk ke dalam pembuluh kecil di bawah kulit. Oleh karena itu, cobalah untuk memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin E dan istirahat yang cukup

  • Tubuh sering merasakan nyeri

Vitamin E memiliki fungsi melindungi sel-sel tubuh sekaligus untuk regenerasi sel. Pada otot, vitamin E memiliki kaitan erat dengan darah. Proses metabolisme yang tidak maksimal di otot membuat timbulnya nyeri dikarenakan kurangnya vitamin E.

  • Mengalami nyeri haid

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa vitamin E merupakan salah satu vitamin yang dapat meningkatkan kesuburan. Pada sebagian besar wanita ketika haid akan mengalami nyeri. Tentu saja hal tersebut dapat dipengaruhi oleh berbagai macam hal, namun tidak ada salahnya jika Anda mengkonsumsi makanan sehat yang banyak mengandung nutrisi khususnya vitamin E agar mengurangi nyeri haid. Selain sebagai tanda kekurangan vitamin E, Anda juga perlu mewaspadai sebagai ciri-ciri munculnya kanker serviks.

Jadi selalu waspada dengan perubahan kondisi tubuh Anda, jangan sampai terlena membiarkan tubuh kekurangan vitamin E. Mengambil langkah pencegahan penyakit daripada mengobati adalah tindakan tepat. Selalu konsumsi makanan pencegah kanker, dan jangan biarkan tubuh menjadi lemah akibat kanker.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Friday 01st, April 2016 / 06:42 Oleh :
Kategori : Pengobatan