Sponsors Link
     Sponsors Link

Manfaat Jahe Untuk Penderita Kanker dan Jenisnya

ads

Kanker adalah salah satu penyakit ganas yang menjadi momok menakutkan bagi manusia. Hampir tidak ada resiko minimal yang ditimbulkan oleh penyakit kanker, sebaliknya, kanker memiliki resiko bahaya yang tinggi yang dapat menyebabkan kematian bila terlambat ditangani. (Baca juga: Penyebab kanker berdasar jenisnya , Manfaat Lemon Untuk Kanker)

Pada situasi tertentu, penyakit kanker masih dapat disembuhkan bahkan dicegah sejak dini. Pencegahan adalah upaya yang sangat penting yang harus dilakukan agar sel-sel kanker tidak menjangkiti tubuh. Pencegahan agar sel kanker tidak makin menyebar dan bertambah parah juga dapat dilakukan bila penyakit kanker terlanjut menerpa tubuh. (Baca juga: Manfaat temulawak untuk kanker hati , Manfaat Akupresur Untuk Kanker)

Selain pencegahan, upaya lain yang dapat dilakukan untuk menanggulangi kanker adalah dengan pengobatan. Jenis pengobatan bisa beragam baik dari segi pengobatan medis maupun pengobatan alternatif. Tindakan pengobatan medis adalah jenis pengobatan dengan teknologi dan ilmu kedokteran, sedangkan pengobatan alternatif adalah jenis pengobatan dengan memanfatkan alternatif cara terapi, obat-obatan herbal, maupun teknik non-medis lainnya. (Baca juga: Pengobatan kanker otak medis dan tradisional , Manfaat Daun Pepaya Untuk Pengobatan Kanker)

Salah satu yang banyak dilakukan masyarakat untuk mengobati penyakit kanker dengan pengobatan alternatif adalah dengan menggunakan tanaman herbal. Jenis rempah yang paling banyak digunakah dalam terapi pengobatan penyakit kanker adalah jahe. Jahe ternyata memiliki kandungan zat yang bermanfaat luar biasa untuk membantu mengobati kanker. Penelitian dari British Journal of Nutrition menyebutkan bahwa jahe dapat digunakan untuk terapi pengobatan kanker ovarium, kanker kolorektal, dan kanker prostat dengan efektif. (Baca Juga: Bahaya Kanker Kulit Melanoma)

Jahe dari hasil penelitian diketahui memiliki efek yang lebih kuat untuk mengobati kanker ketimbang kemoterapi. Penelitian yang diterbitkan oleh BMC Complementary and Alternative Medicine membuktikan bahwa jahe mengandung sifat anti-angiogenik yang berfungsi secara efektif untuk menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker. Ilmuwan dari University of Michigan juga menemukan bahwa jahe secra efektif dapat membunuh sel-sel kanker dengan efek samping minimal dan menurunkan resiko resistensi obat. Penelitian yang lebih lanjut sedang terus dikembangkan dalam dunia penelitian agar kedepan manfaat jahe untuk mengobati penyakit kanker dapat berjalan lebih optimal. (Baca Juga: Tanda tanda Kanker Otak , Ciri ciri Awal Kanker Rahim)

Sponsors Link

Jahe diketahui berkhasiat untuk mematikan sel-sel kanker pada darah manusia (apoptosis). Uniknya lagi, sel-sel kanker itu akan terbunuh tanpa mempengaruhi sel atau jaringan lain yang masih sehat. Inilah titik penting yang membedakan jahe sebagai obat kanker yang efektif dan aman karena semua proses pengobatan medis untuk kanker seperti kemoterapi atau radioterapi cenderung mematikan sel kanker namun juga merusak sel-sel yang masih sehat. (Baca juga:Pengobatan kanker paru-paru secara alami , Tanda tanda Kanker Paru paru)

Jenis Kanker yang Terbukti Dapat Diobati dengan Jahe

  1. Jahe untuk Kanker Rahim

Beberapa ilmuwan telah berhasil meneliti efek kimia yang ada dalam jahe untuk mengobati penyakit kanker rahim. Berdasarkan penelitian tersebut, jahe dapat membunuh sel-sel dalam kanker rahim dengan dua cara, yaitu apoptosis dan autophagy. Apoptosis dilakukan dengan mematikan sel-sel kanker pada jaringan tubuh atau sering disebut proses “bunuh diri” terprogram yang dilakukan oleh sel kanker itu sendiri, sedangkan autofagi adalah proses penghancuran komponen sel oleh organel dalam sel yang disebut lisosom. Jahe akan mengaktifkan produksi lisosom lebih banyak. (Baca Juga: Penyebab Kanker Rahim , Makanan Pencegah Kanker Rahim)

  1. Jahe untuk Kanker Prostat

Peneliti telah melakukan suatu percobaan ilmiah untuk mengetahui manfaat jahe bagi kanker prostat, yaitu dengan menggunakan ekstrak dosis harian jahe seberat 100 mg/kg berat badan. Hasilnya jahe bisa memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker penyebab kanker prostat hingga prosentasi 56%. Efek samping yang ditimbulkan oleh konsumsi jahe sebagai terapi pengobatan kanker juga tidak terdeteksi. (Baca juga:  Gejala Kanker Prostat , Pengobatan Kanker Prostat)

  1. Jahe untuk Kanker Ovarium

Selain dua jenis kanker di atas, jahe juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kanker ovarium. Sel-sel kanker pemicu kanker ovarium akan mengalami apoptosis sebagai akibat suatu zat yang dimiliki jahe yang berfungsi dalam membunuh sel-sel kanker. (Baca juga: Manfaat singkong untuk kanker , Gejala Kanker Ovarium)

Setelah menyimak penjelasan akan khasiat jahe dari pemaparan di atas, berikut ini akan dijelaskan kandungan atau zat yang ada di dalam jahe yang dapat memberikan efek positif bagi orang yang mengidap penyakit kanker. Untuk lebih memahami kandungan dalam jahe, berikut akan dipaparkan lebih lanjut apa saja kandungannya. (Baca juga: Manfaat madu untuk penderita kanker , Manfaat Jahe Untuk Penderita Kanker)

Sponsors Link

  • Kurkumen, adalah suatu zat aktif dalam jahe yang mampu menurunkan angka kolesterol dan lemak jahat (trigliserida) dalam tubuh yang dapat memicu sel kanker berkembang biak.
  • Bisabolena, adalah kandungan kimia dalam jahe yang berbentuk minyak. Fungsi dari zar ini adalah menimbulkan aroma wangi dan juga bermanfaat bagi pemeliharan jaringan kulit.
  • Zigiberol, adalah suatu senyawa kimia dalam jahe yang menimbulkan aroma khas dan berfungsi proses regenerasi sel tubuh bila telah diekstrak.
  • Zingirona, adalah zat kimia dalam jahe yang juga berbentuk minyak dan berfungsi untuk membantu menyehatkan kulit dan memperlancar aliran darah dalam tubuh.

Beberapa zat tersebut masih dapat dikembangkan lagi setelah mengalami proses pengekstrakan yang dilakukan oleh ahli untuk menjadikan efek pengobatan bagi penderita kanker lebih maksimal. Namun, yang patut diingat adalah meski manfaat jahe sudah banyak dibuktikan untuk pengobatan penyakit kanker, namun belum ada hasil yang 100% menunjukan kesembuhan penderita hanya dengan pengobatan jahe saja. Dukungan terapi dan pengobatan medis tetap diperlukan dalam upaya memerangi penyakit kanker agar tidak bertumbuh dan menyebar semakin parah ke sel-sel tubuh. (Baca juga: Ciri Kanker Usus 12 , Mencegah kanker usus dengan alami)

Satu hal lagi yang paling penting dilakukan untuk mencegah maupun mengobati penyakit kanker adalah dengan senantiasa menjaga pola hidup sehat. Di era modern ini, ritme kehidupan dituntut untuk berjalan cepat dan dinamis sehingga banyak orang kerap melupakan perilaku hidup sehat. Kanker dapat dicegah dan ditanggulangi sejak dini bila kita benar-benar menerapkan pola hidup sehat yang senantiasa menjaga kesehatan organ tubuh kita. Pola hidup sehat memang tampaknya sulit untuk dijalani, tapi itu semua hanyalah masalah kebiasaan. Manusia modern sekarang terlalu terbiasa untuk hidup serba instan dan cepat sehingga melalaikan hak tubuh untuk memperoleh asupan gizi dan istirahat yang baik. Bila pola hidup sehat rutin dijalani, penyakit jenis apapun termasuk kanker akan enggan mampir.(Baca juga: Manfaat brokoli untuk kanker , Gejala Kanker Nasofaring)

Demikianlah penjelasan tentang manfaat jahe untuk kanker dan juga pencerahan bagi orang yang masih sehat agar terus menjaga kesehatannya dengan menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari segala penyakit. Semoga bermanfaat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Friday 11th, November 2016 / 09:22 Oleh :
Kategori : Pengobatan