Sponsors Link

4 Manfaat Daun Pepaya Untuk Pengobatan Kanker

ads

Daun pepaya merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan manfaat. Rasa daun pepaya sangat pahit, namun dibalik itu semua ada banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Daun pepaya dapat Anda peroleh dengan mudah. Di supermarket maupun pasar tradisional sudah banyak yang menyediakan daun pepaya. Selain itu, harganya cukup terjangkau sehingga jika Anda membutuhkan, Anda tidak perlu bingung untuk mencari. Daun pepaya sudah dikenal manfaatnya untuk mengatasi penyakit malaria. Namun ternyata, ada sangat banyak manfaat lain bagi kesehatan tubuh.

Daun pepaya dan kanker

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa daun pepaya memiliki kandungan anti kanker, sehingga dapat menghambat perkembangan sel kanker. Adapun beberapa jenis kanker yang dapat diobati dengan konsumsi daun pepaya secara rutin adalah kanker serviks, kanker prostat, kanker payudara, kanker hati, dan kanker pankreas. Daun pepaya sangat direkomendasikan dalam proses kemoterapi kanker yang dinilai aman, dikarenakan tidak merusak sel sehat yang berada di sekitar tempat berkembangnya sel kanker.

Pada penelitian yang telah dilakukan ilmuwan di universitas Florida membuktikan bahwa pada daun pepaya mengandung zat antikanker yang dapat menghancurkan protein yang digunakan oleh sel kanker untuk berkembang. Selain itu, pada daun pepaya juga mengandung zat yang dapat meningkatkan ketahanan tubuh penderita sehingga dapat meminimalisir efek kemoterapi kanker yang dilakukan.

Proses pengobatan kanker dengan menggunakan daun pepaya dapat dideskripsikan pada poin-poin berikut ini:

  1. Daun pepaya yang kaya akan enzim papain memecahkan molekul protein yang berbahaya bagi tubuh
  2. Pada fase no. 1 penderita kanker dianjurkan untuk mengkonsumsi nutrisi tambahan lainnya yang dapat menunjang proses penyembuhan seperti konsumsi jus sirsak
  3. Protein yang sudah lemah menyebabkan sel kanker kesulitan memperoleh asupan untuk berkembang sehingga berangsur-angsur sel kanker akan melemah dan rusak
  4. Sel-sel sehat mulai berkembang dan kondisi tubuh akan semakin membaik

Dengan adanya proses tersebut, maka penderita kanker akan mulai mengalami perubahan kondisi sebagai berikut:

  1. Luka area sel kanker berkembang mulai mengering

Pengeringan kulit pada area sel kanker berkembang sebagai efek dari proses regenerasi sel sudah mulai terjadi. Sel sehat mulai lebih mendominasi akibat dari kandungan enzim papain, fosfor, dan zat besi yang meningkatkan pembentukan zat fibrin sehingga area luka lebih cepat mengering.

  1. Bau kurang sedap di area sel kanker berkembang mulai berkurang

Tidak jarang luka pada area sel kanker berkembang menimbulkan bau sebagai akibat luka yang sulit mengering sehingga menimbulkan bau kurang sedap. Enzim papain mampu memecah protein yang berlebih pada tubuh penderita kanker, sehingga seiring dengan mengeringnya luka, bau kurang sedap pun juga akan menghilang.

  1. Tubuh terasa lebih segar, dikarenakan daya tahan tubuh mulai meningkat

Daya tahan tubuh mulai meningkat sebagai efek dari sel sehat yang mendominasi tubuh dan organ tubuh mulai berfungsi secara normal. Selain itu dukungan dari vitamin yang terkandung dalam daun pepaya juga membentuk sistem pertahanan dari serangan penyakit secara alami.

sponsored links
  1. Sistem metabolisme tubuh mulai berlangsung normal (ditandai dengan buang air besar lebih lancar)

Daun pepaya yang kaya akan serat membantu sistem metabolisme berlangsung secara optimal. Sehingga tubuh dapat secara maksimal membuang zat-zat yang tidak dibutuhkan keluar dari tubuh. Pada penderita kanker, untuk mempercepat kesembuhannya harus konsisten untuk menjaga pola makan dan menghindari dari senyawa yang dapat membahayakan tubuh.

Tips Pengobatan Kanker Secara Alami

Pengobatan kanker secara alami dengan menggunakan daun pepaya hanya merupakan salah satu alternatif. Oleh karena itu diperlukan langkah yang dapat mendukung proses kesembuhan, antara lain:

  1. Mengurangi rokok dan minuman alkohol. Karena kedua aktivitas tersebut hanya akan memperberat kerja hati untuk menetralkan racun yang masuk ke dalam tubuh
  2. Mengkonsumsi makanan yang bebas dari bahan pengawet, matang, dan tidak mengandung banyak lemak
  3. Mengurang konsumsi makanan yang terlalu manis. Hal ini dikarenakan terlalu banyak gula justru akan memperlambat pengeringan luka, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat diabetes
  4. Memperbanyak konsumsi buah sumber senyawa antioksidan alami seperti jeruk, sirsak, apel, dan sebagainya
  5. Sempatkan untuk melakukan olahraga ringan jika tubuh Anda mulai terasa lebih baik. Hal ini bertujuan untuk membantu memperlancar peredaran darah
  6. Gunakan masker jika Anda berpergian karena senyawa radikal bebas dapat masuk melalui saluran pernapasan Anda seperti melalui polusi udara.

Cara mengolah daun pepaya

Daun pepaya terkenal dengan rasanya yang pahit. Bagi Anda yang kurang bisa menerima rasa pahit, Anda dapat mencampurkan daun pepaya dengan sayuran lain yang juga kaya akan manfaat seperti daun luntas dan daun singkong. Gunakan panci presto untuk mengolah daun pepaya agar dapat diperoleh tekstur yang lunak sehingga mudah dikunyah oleh gigi. Sebelum dimasukkan ke dalam panci presto, campurkan daun pepaya, daun luntas, dan daun singkong dan remas-remas hingga tekstur daun berwarna hijau tua. Kemudian tambahkan sedikit garam agar lebih cepat lunak dan memberikan rasa gurih. Untuk menghidangkannya, peras terlebih dahulu campuran daun tersebut untuk mengurangi kandungan air hasil rebusan, kemudian potong kecil-kecil. Anda dapat mengkonsumsi dengan menggunakan parutan kelapa, bumbu pecel, atau secara langsung.

Kandungan gizi daun pepaya

Daun pepaya yang kaya akan manfaat merupakan pengaruh dari kandungan gizi yang ada di dalamnya. Untuk lebih memperjelas dan memastikan manfaat daun pepaya, maka berikut ini merupakan kandungan kimia daun pepaya yang bermanfaat bagi tubuh:

  1. Vitamin A, B, C, D, dan E

Kandungan vitamin A, B, C, D dan E termasuk dalam senyawa antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, vitamin-vitamin tersebut dapat memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan mata, membantu pembentukan tulang, memberikan kekebalan tubuh dari serangan penyakit, untuk menjaga kesehatan kulit, dan berbagai macam manfaat lainnya. Vitamin yang terkandung pada daun pepaya dinilai cukup lengkap meskipun tidak sebanyak yang terdapat pada buah-buahan.

Baca artikel: 8 Manfaat Antioksidan Untuk Mencegah Kanker

  1. Kalsium

Kalsium memberikan manfaat bagi tubuh untuk meningkatkan kesehatan tulang. Selain itu, kalsium juga dapat mengontrol tekanan darah sehingga tubuh dapat terhindar dari serangan stroke.

  1. Enzim papain

Enzim papain merupakan enzim yang terdapat pada daun pepaya, tepatnya pada bagian getah yang berwarna putih seperti susu yang biasa kita sebut dengan getah. Pada daun pepaya yang masih mudah, akan banyak ditemukan getah. Fungsi utama enzim papain adalah untuk memecahkan molekul protein. Enzim papain tidak hanya bermanfaat bagi tubuh namun juga memberikan manfaat di bidang industri, seperti pelunak daging, menjaga kualitas bir, pelembut kulit, dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Zat antibakteri

Didalam daun pepaya, terdapat kandungan zat antibakteri seperti alkaloid kapaiana, pseudo-kapaiana, glikosid, karposid, saponin, sakarosa, dekstrosa, dan levulosa, dimana dalam proses tertentu senyawa kimia tersebut mampu memberantas bakteri dan kuman ynag dapat membahayakan kesehatan tubuh.

  1. Fosfor

Fosfor pada daun pepaya memegang peran untun membantu proses metabolisme dalam tubuh. Oleh karena itulah daun pepaya juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan pencernaan tubuh kita.

  1. Protein

Protein pada daun pepaya memberikan manfaat bagi sel tubuh. Protein ini akan digunakan oleh sel tubuh sebagai energy untuk melakukan regenerasi sel yang telah rusak. Hal tersebut tentu saja harus diimbangi dengan konsumsi makanan sehat lainnya dan asupan gizi yang seimbang.

  1. Zat besi

Zat besi berguna untuk membantu hati membentuk sel darah merah. Oleh karena itulah pada penderita malaria dan demam berdarah, konsumsi daun pepaya sangat dianjurkan. Hal ini bertujuan agar kondisi penderita lebih stabil dan dapat mencapai kesembuhan yang diharapkan.

Sponsors Link

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehata

Berdasarkan kandugnan gizi dan senyawa kimia yang terdapat pada daun pepaya, maka dapat dijabarkan berbagai manfaat daun pepaya sebagai berikut:

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daun pepaya yang kaya akan senyawa antioksidan mampu melindungi tubuh dari serangan senyawa radikal bebas. Selain itu, kandungan antibakteri yang ada dalam daun pepaya dapat berfungsi sebagai antibiotik alami sehingga tubuh dapat terlindungi dari bakteri dan kuman penyebab penyakit. Oleh karena itulah dengan konsumsi daun pepaya secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Meningkatkan trombosit dalam darah

Kandungan zat besi yang ada di dalam daun pepaya cukup tinggi sehingga mampu meningkatkan trombosit di dalam darah. Selain itu, kandungan lain pada daun pepaya ini juga mampu membantu regenerasi sel sehingga sel tubuh yang sudah mencapai waktu untuk regenerasi dapat melewati proses dengan tepat waktu.

  1. Mengatasi gangguan pencernaan

Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi kondisi pencernaan manusia. Salah satunya adalah pola makan. TIdak jarang kita mengkonsumsi makanan yang mengandung protein yang cukup tinggi sehingga sulit dicerna oleh enzim-enzim yang ada di dalam lambung. Kandungan enzim papain membantu memecah protein sehingga tugas system pencernaan dapat bekerja lebih ringan. Hal inilah yang menyebabkan daun pepaya juga dapat mencegah terjadinya kanker lambung.

  1. Mengurangi nyeri haid

Dengan mengkonsumsi sari daun pepaya, maka komposisi zat-zat seperti enzim papain, vitamin, dan mineral mampu memperlancar haid. Sehingga bagi wanita yang sedang mengalami masa menstruasi dapat terhindar dari nyeri haid. Konsumsi sari daun pepaya pada saat awal-awal masa menstruasi agar dapat secara efektif mengurangi nyeri haid.

  1. Membakar lemak

Daun pepaya, meskipun dapat menambah nafsu makan, namun rasa pahit yang dikandung dapat bermanfaat untuk membakar lemak tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan enzim papain mampu memecah protein dan lemak berlebih sehingga dapat larut saat proses metabolisme.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Peran yang cukup penting untuk menjaga kesehatan kulit. Pada penjelasan sebelumnya telah dijelaskan bahwa kandungan di dalam daun pepaya mampu memecah protein dan vitamin-vitaminnya mampu memberikan ketahanan tubuh. Selain itu juga terdapat zat antibiotik yang juga melindungi tubuh dari bakteri dan kuman sehingga tidak menimbulkan jerawat pada wajah. Salah satu masalah kulit yang sering muncul adalah jerawat. Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab jerawat, salah satunya adalah konsumsi protein dan lemak berlebih. Oleh karena itulah usahakan untuk mengkonsumsi daun pepaya secara rutin.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 25th, May 2016 / 07:45 Oleh :
Kategori : Pengobatan