Sponsors Link

Manfaat Daun Afrika Untuk Pengobatan Kanker

ads

Kanker merupakan penyakit yang berbahaya karena dapat menyebabkan kematian. Banyak orang yang kesulitan menyembuhkan kanker secara total. Hal ini dikarenakan terlambatnya melakukan penanganan terhadap penyakit serius ini. Di negara-negara berkembang, penyakit ini menjadi penyebab utama kematian. (Baca juga: Gejala Kanker Lambung Stadium Awal ).

Kanker adalah suatu penyakit yang disebabkan karena sel-sel tubuh yang tidak normal dan tidak terkontrol sehingga menyerang organ tubuh di sekitarnya dan menyebabkan penyakit kanker. Gejala yang dirasakan akibat penyakit kanker berbeda-beda, tergantung pada jenis kanker yang dialami. Hampir penelitian menyebutkan bahwa penyakit kanker disebabkan oleh faktor keturunan atau genetik. Seseorang bisa saja secara positif terkena kanker jika pada salah satu anggota keluarganya pernah mengalami penyakit ini. Selain itu, faktor keturunan menimbulkan risiko terkena penyakit kanker lebih besar. (Baca juga: Tanda Kanker Pita Suara – Ciri Kanker Usus 12 jari)

Penanganan atau pengobatan yang digunakan untuk mengatasi penyakit kanker dapat dilakukan secara medis ataupun secara herbal. Penanganan secara medis merupakan penanganan yang menggunakan peralatan kedokteran. Contoh dari penanganan medis untuk kanker di antaranya operasi atau pembedahan, kemoterapi, ataupun terapi radiasi.Penanganan medis yang banyak dilakukan untuk menangani kanker karena dinilai paling ampuh adalah metode kemoterapi. Kemoterapi merupakan suatu metode pengobatan yang melibatkan obat – obatan yang disuntikan pada pembuluh darah pasien. Obat – obatan yang digunakan tentunya berasal dari bahan kimia khusus untuk menangani kanker.

(Baca juga: Efek Kemoterapi Kanker Getah Bening – Kemoterapi Kanker )

Pengobatan Herbal untuk Kanker

Selain pengobatan secara medis, kanker dapat pula ditangani dengan pengobatan herbal. Pengobatan secara herbal dinilai paling efektif dan efisien dalam mengobati segala jenis penyakit khususnya kanker. Pengobatan herbal sangat cocok bagi orang – orang yang memang lebih tertarik pada pengobatan alami dibanding pengobatan secara medis. Akan tetapi, pengobatan herbal pun perlu dikonsultasikan pada dokter. Karena bisa saja tubuh sulit menerima pengaruh dari kandungan yang ada dalam tanaman herbal tersebut.

(Baca juga: Pengobatan Kanker Prostat – Pengobatan Kanker Serviks )

Banyak sekali tanaman herbal yang dapat digunakan untuk menangani penyakit kanker. Salah satunya adalah daun afrika. Tidak banyak orang yang mengetahui keberadaan tanaman ini. Selain itu, belum diketahui secara jelas dari mana tanaman ini berasal. Salah satu negara yang mengembangkan penelitian terhadap tanaman ini adalah negara China. Menurut penelitian mereka, daun afrika sangat bermanfaat bagi kesehatan dan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, khususnya penyakit kanker. (Baca juga: Daftar Tanaman Obat Kanker)

Daun afrika merupakan tanaman yang tumbuh dari pohon berbatang dan dapat tumbuh dengan subur. Cara penanamannya pun cukup mudah, yaitu dilakukan dengan metode stek batang, sehingga masyarakat dapat membudidayakan tanaman ini. Tanaman ini banyak tumbuh di berbagai wilayah dengan iklim tropis dan subtropis. Bagian yang dimanfaatkan untuk pengobatan yaitu daunnya, tetapi ada pula negara yang menggunakan bunga daun afrika untuk pengobatan. Berikut ini merupakan pemaparan mengenai manfaat dari daun afrika untuk berbagai penyakit kanker. (Baca juga: Manfaat Daun Pepaya Untuk Kanker ).

  1. Menurunkan risiko terkena penyakit kanker hati

Di dalam daun afrika, terdapat kandungan yang mampu mendetoksifikasi racun yang ada di dalam tubuh. Oleh sebab itu, daun afrika dapat menurunkan risiko seseorang terkena penyakit kanker hati. Dengan diketahuinya manfaat ini, maka banyak yang menggunakan daun afrika ini untuk pengobatan herbal dalam mengatasi penyakit kanker hati. (Baca juga: Gejala Kanker Hati Pada Anak ).

Sponsors Link

  1. Mencegah berbagai penyakit kanker lainnya

Daun afrika dipercaya dapat mencegah berbagai penyakit kanker. Hal ini dikarenakan dalam tanaman ini terdapat zat antioksidan. Dimana zat antioksidan ini dapat mencegah atau menangkal radikal bebas. Seperti yang telah kita ketahui, salah satu penyebab penyakit kanker adalah terlalu membiasakan pola hidup yang tidak sehat, mengkonsumsi makanan yang menimbulkan kanker, dan masuknya zat polutan ke dalam jaringan tubuh. Jika hal tersebut terus dibiarkan, maka akan meningkatkan pertumbuhan sel-sel kanker yang ada dalam tubuh. Pertumbuhan ini sulit untuk dideteksi, karena gejala awal yang dirasakan tidak menimbulkan rasa sakit. Oleh sebab itu, gunakan daun afrika tersebut untuk pengobatan herbal sebagai upaya pencegahan berbagai penyakit kanker. (Baca juga: Tanda Tanda Kanker Mata ).

  1. Mencegah berbagai penyakit lainnya yang menimbulkan kanker

Terdapat banyak manfaat yang dimiliki oleh dau afrika. Rasa pahit yang dimiliki oleh tanaman ini ternyata mengandung berbagai khasiat bagi kesehatan organ tubuh. Berbagai macam penyakit yang dapat diatasi dengan tanaman ini adalah sebagai berikut.

  • Mencegah penyakit jantung. Daun afrika dinilai ampuh dalam mengobati penyakit jantung, karena tanaman ini mengandung senyawa yang mampu meluruhkan plak dalam pembuluh darah ke jantung.
  • Menurunkan kandungan kolesterol dalam tubuh. Adanya kolesterol berlebih dalam tubuh dapat membahayakan kesehatan. Oleh sebab itu, orang yang memiliki kolesterol tinggi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi daun afrika.
  • Mengurangi risiko terkena stroke. Daun afrika memiliki kandungan senyawa khusus yang dapat mencegah penyakit stroke dengan membantu sistem metabolisme tubuh untuk menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan menurunkan kadar lemak dalam tubuh.
  • Mampu mengatur sistem tekanan darah. Daun afrika diketahui memiliki sifat yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Sehingga daun afrika mampu mengatur tekanan darah menjadi lebih stabil.
  • Membantu proses detoksifikasi. Proses detoksifikasi merupakan hal yang penting bagi tubuh. Karena proses ini dapat membantu mengeluarkan segala jenis racun yang ada dalam tubuh. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi daun afrika ini karena daun afrika mampu mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh.

Efek Samping Konsumsi Daun Afrika

Setelah menyimak pemaparan tersebut di atas, kita lebih banyak mengetahui manfaat daun afrika bagi kesehatan khususnya untuk penyakit kanker. Daun afrika dipercaya sangat ampuh untuk mencegah berbagai penyakit yang cukup membahayakan kehidupan. Akan tetapi, agar manfaat yang terkandung di dalamnya dapat dirasakan oleh kita, sangat dianjurkan untuk berhati-hati dalam mengolahnya. Karena pengolahan daun afrika yang tidak tepat akan membahayakan kondisi tubuh terutama jika kita belum terbiasa mengkonsumsi obat herbal tersebut. Efek samping yang ditimbulkan di antaranya adalah sebagai berikut :

(Baca juga: Kopi Bagi Penderita Kanker  – Manfaat Madu Untuk Penderita Kanker )

Sponsors Link

  • Adanya rasa pahit yang terdapat dalam daun afrika. Bagi orang – orang yang belum terbiasa mengkonsumsi daun afrika, tentu akan kesulitan menahan rasa pahit yang terkandung di dalamnya. Jika kita lebih sering mengkonsumsinya untuk pengobatan herbal, kita akan terbiasa mengatasi rasa pahit tersebut. Di samping rasa pahit yang ditimbulkan, terdapat manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.
  • Akan merasa mual kemudian muntah. Orang yang baru pertama kali mengkonsumsi daun afrika sebagai obat herbal cenderung akan merasa mual kemudian muntah. Hal ini disebabkan karena rasa daun afrika yang sangat pahit. Akan tetapi, hal ini biasa dialami oleh orang yang menggunakan tanaman ini sebagai pengobatan.
  • Terjadi pembengkakan pada bagian tubuh. Jika pada saat mengkonsumsi tanaman ini terjadi pembengkakan pada bagian tubuh, tidak perlu panik, karena pembengkakan ini bersifat sementara dan secara perlahan akan menghilang. Biasanya pembengkakan terjadi pada tubuh bagian tangan atau kaki.
  • Timbul rasa gatal pada tubuh. Efek lainnya yang timbul karena mengkonsumsi tanaman ini yaitu akan timbul rasa gatal pada tubuh. Tentu hal ini dapat mengganggu aktifitas sehari – hari kita, tapi tak perlu khawatir karena rasa gatal ini pun bersifat sementara. Efek gatal yang dirasakan sama halnya ketika kita merasakan gatal karena adanya alergi pada suatu hal.
  • Dapat membahayakan kondisi janin dalam kandungan. Daun afrika ternyata dapat berpengaruh pada kondisi janin yang ada dalam kandungan. Alangkah baiknya jika tanaman ini tidak dikonsumsi oleh ibu hamil karena rasa pahit yang ditimbulkan dari daun afrika tersebut. Meskipun belum ada penelitian pasti yang membuktikan efek samping ini, tapi sebaiknya kita melakukan tindakan preventif untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan pada ibu hamil.
  • Tubuh menjadi menggigil. Efek samping lainnya yang ditimbulkan dari mengkonsumsi tanaman ini adalah tubuh menjadi menggigil. Kita pun tak perlu khawatir dengan efek samping ini karena, kondisi tubuh menggigil tersebut bersifat sementara dan tidak membahayakan.

(Baca juga: Manfaat Apel Untuk Kanker )

Itulah pemaparan mengenai manfaat dari daun afrika untuk mengatasi penyakit kanker berikut dengan efek samping yang ditimbulkannya. Sebelum melakukan pengobatan secara herbal, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter ahli mengenai pengobatan yang tepat untuk berbagai penyakit yang dialami. Semoga bermanfaat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 20th, October 2016 / 08:07 Oleh :
Kategori : Pengobatan