Sponsors Link

5 Manfaat Chia Seed Untuk Pengobatan Kanker

ads

Chia Seed atau biasa dikenal dengan biji chia masih terdengar asing dikalangan masyarakat Indonesia. Padahal jenis biji ini memiliki manfaat yang dapat dikatakan cukup besar bagi dunia kesehatan, khususnya penyakit kanker. Ya, kanker yang kita kenal adalah penyakit mematikan dan dapat menyerang siapa saja. Sejauh ini pengobatan kanker masih menggunakan kemoterapi dan beberapa langkah medis semacamnya. Namun, tidak ada salahnya bagi penderita kanker untuk mencoba berbagai bahan tradisional yang ternyata mudah didapat disekeliling kita. Mulai dari rempah, konsumsi buah dan sayur tertentu sebagai antioksidan, dan kini ditemukan kembali antioksidan untuk melawan kanker yang terkandung dalam biji chia.

Biji Chia adalah tanaman bijian yang berasal dari wilayah Mexico, Guatemala tepatnya. Biji Chia adalah biji dari tanaman mint bunga biru yang bernama Salvia hispanica dalam bahasa Latin. Biji Chia memiliki banyak kandungan yang bermanfaat diantaranya asam lemak Omega 3 dan serat sekitar 35 gram/100 gram biji. Terdapat dua jenis biji Chia yang dikenal yaitu Chia putih dan Chia hitam. Menurut penelitian Chia hitam lebih banyak mengandung antioksidan lebih tinggi dibandingkan Chia putih.

(baca juga : Manfaat Daun Dewa untuk Kanker, Manfaat Tomat untuk Kanker)

Kandungan nutrisi lain yang terdapat pada biji Chia diantaranya adalah :

  • Karbohidrat, sebagai sumber energi
  • Vitamin A, B-12, C untuk memelihara daya tahan tubuh
  • Fosfor, untuk pembentukan tulang dan metabolisme tubuh
  • Protein, untuk kesehatan fungsi jaringan otak
  • Zat besi, meningkatkan kualitas sel darah merah
  • Zinc, natrium yang berfungsi mendukung fungsi otak dan kesehatan kulit
  • Kalium dan Mangan yang bermanfaat pada proses pencernaan dan metabolisme
  • Kalsium, untuk kesehatan tulang dan gigi
  • Triptofan, memeperbaiki pencernaan dan meningkatkan nafsu makan
  • Alpha Linolenic Acid, menyehatkan organ vital
    Nutrisi yang terkandung dalam biji Chia tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama bagi masa pertumbuhan dan penyembuhan. Untuk penderita kanker terutama kanker serviks dan kanker payudara disarankan untuk mengonsumsi biji Chia secara teratur dan sesuai takaran serta saran penyajian.

Baca Juga :

Peran biji Chia dalam pencegahan dan pengobatan penyakit kanker diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Sebagai Antikoagulan
Biji Chia dengan kandungan nutrisinya mampu menjadi antikoagulan bagi tubuh, yaitu berfungsi menghambat pembekuan darah. Pada penyakit kanker terjadi penyumbatan metabolisme yang berakibat pada bekunya darah. Hal demikian dapat diantisipasi dengan konsumsi biji Chia yang mengandung protein serta zat besi yang membantu mengurangi risiko pembekuan darah dan membentuk sel darah merah.

2. Sebagai Antioksidan
Seperti yang kita ketahui bersama efek radikal bebas adalah pemicu utama penyakit kanker. Radikal bebas berasal dari pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, kebiasaan mengonsumsi alkohol dan konsumsi makanan cepat saji yang notabene mengandung banyak zat pengawet. Zat kimia yang dikonsumsi tubuh mulai dari rokok, alkohol, serta sajian fast food memberikan dampak negatif bagi sistem imun tubuh. Konsumsi buah dan sayur dengan teratur akan mengurangi dampak radikal bebas tersebut yang merusak sel- sel tubuh.

Sponsors Link

3. Sebagai Antivirus
Kanker memang bukan disebabkan oleh virus khusus, melainkan rusaknya sel- sel tubuh akibat serangan radikal bebas. Namun, dengan berkembangnya virus dalam tubuh akan meningkatkan risiko sel kanker menjalar ke bagian tubuh lainnya. Hal tersebut dikarenakan efek menyebarnya virus akan menimbulkan daya tahan tubuh berkurang dan mengganggu sistem metabolisme tubuh. Disinilah sel kanker mulai menyerang dengan leluasa, sehingga dengan konsumsi antivirus seperti biji Chia secara tepat dapat meminimalkan efek pengrusakan sel tubuh.

4. Sebagai Anti inflamasi
Biji Chia mengandung lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk menekan peradangan. Lemak tersebut juga membantu menjaga keseimbangan antara omega 6 dan asam lemak omega 3 dalam tubuh.

5. Sumber Nutrisi Terbaik
Chia seed mengandung beberapa vitamin dan mineral terbaik yang bermanfaat sebagai perlindungan sel-sel tubuh. Diketahui sekitar 85 gram manfaat chia seed untuk kanker, mengandung setidaknya Kalsium yang setara 2 gelas susu dan terdapat kandungan Zinc yang hampir sama dengan 4 cangkir sayur bayam.

Beberapa efek yang dapat ditimbulkan akibat mengonsumsi Chia seed secara tidak tepat baik dari segi jumlah dan penyajiannya akan berakibat munculnya gangguan pada kesehatan tubuh antara lain :

  • Dapat menyebabkan sakit pada tenggorokan, maka mengonsumsi Chia seed harus benar-benar lembut pada saat akan menelan.
  • Menyebabkan sakit pada ulu hati apabila dimakan secara berlebihan dan tidak meminum air yang banyak setelah mengunyah. Hal tersebut dikarenakan terjadinya penumpukan dilambung.
  • Dapat menyebabkan perut kembung, oleh karena itu makanan Chia seed harus dicampur dengan makanan lain yang mengandung banyak air.
  • Tidak dianjurkan bagi orang yang berbadan kurus, karena Chia seed mengandung protein tinggi yang menekan rasa lapar, sehingga lebih cocok dimakan saat program diet.
  • Alergi kulit, bagi yang alergi lemak tak jenuh akan muncul ruam kemerahan pada kulit.
Sponsors Link

Mengatasi masalah tersebut maka biji Chia harus diolah menurut saran penyajian yang tepat dan cara makan yang tepat. Biji Chia mempunyai rasa khas yaitu sedikit hambar serta tidak bercita rasa asin, pahit, manis atau asam. Olahan biji Chia biasanya dikonsumsi bersamaan dengan bahan makanan lainnya yang juga mengandung nutrisi tinggi seperti yoghurt, salad, gandum atau susu. Dengan mencampur jenis makanan tersebut bersama biji Chia maka rasa hambar biji Chia akan hilang tanpa mengubah kalori dan kandungan biji Chia.

(baca juga :Makanan Pemicu Kanker Payudara, Makanan Pemicu Kanker Serviks)

Selain bermanfaat besar bagi penyakit kanker untuk menangkal efek radikal bebas, biji Chia juga memiliki manfaat lainnya karena kandungan nutrisisnya yang beragam. Beberapa manfaat lain dari biji Chia antara lain adalah sebagai berikut :

  • Mengontrol kadar gula dalam darah
  • Mengandung dietary fiber yang membantu memperbaiki pencernaan
  • Kandungan Omega3 membantu menjaga kesehatan jantung
  • Menurunkan kadar kolesterol buruk
  • Membantu proses istirahat lebih berkualitas

Baca juga :

Keragaman nutrisi berupa vitamin dan mineral yang banyak dikandung Chia seed sangat berpengaruh besar bagi metabolisme tubuh. Penderita kanker dianjurkan mengonsumsi Chia seed 3 kali seminggu untuk membantu memperbaiki sel rusak dan menghambat pertumbuhan sel kanker serta tetap dalam kondisi daya tahan tubuh yang stabil.
Demikian artikel mengenai manfaat kandungan nutrisi biji Chia (chia seed) untuk membantu pengobatan kanker. Semoga bermanfaat !

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 12th, January 2017 / 05:57 Oleh :
Kategori : Pengobatan