Sponsors Link

6 Manfaat Akupuntur Untuk Pengobatan Kanker

ads

Terapi akupuntur adalah salah satu pengobatan alternatif yang dapat dilakukan selain pengobatan herbal dengan tanaman obat. Akupuntur merupakan metode pengobatan yang sudah dikenal sejak jaman dahulu kala. Istilah akupuntur berasal dari bahasa Yunani yaitu acus yang berarti jarum dan punctura yang berarti menusuk. Sehingga jika diartikan lebih lanjut, akupuntur adalah metode pengobatan yang dilakukan dengan cara menusukkan jarum pada titik saraf tertentu sehingga pasien mengalami perubahan kondisi kesehatan yang lebih baik. Teknik Akupuntur sudah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu. Meskipun kata akupuntur menggunakan bahasa Yunani, namun metode ini cukup berkembang dan banyak dikenal di negara Cina. Media yang digunakan dalam pengobatan akupuntur adalah jarum. Jarum ini adalah jarum khusus yang tentu saja berbeda dengan jarum jahit. Dengan jarum tersebut, metode akupuntur menggunakan prinsip menekan titik-titik tertentu sehingga aliran darah dan energi positif dapat mengalir ke seluruh tubuh. Banyak penyakit yang dapat disembuhkan melalui metode akupuntur, salah satunya adalah untuk penyakit kanker. Banyak orang yang telah tertolong dengan menggunakan metode akupuntur. Pada penyakit kanker, metode akupuntur secara umum memberikan manfaat:

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh penderita

Penderita kanker seringkali mengalami penurunan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan banyaknya sel-sel tubuh yang dirusak oleh sel kanker. Selain itu, penurunan nafsu makan juga membuat tubuh kekurangan asupan nutrisi sehingga kekebalan tubuh semakin menurun.

  1. Mempercepat proses penyembuhan

Pada metode pengobatan akupuntur, memegang prinsip keseimbangan. Berpegangan pada 365 titik yang terdiri atas 8 titik pusat yang mengendalikan 66 titik utama, dan 66 titik utama yang mengendalikan 12 meredian akupuntur. Meridian merupakan jaringan penghubung antara jaringan luar tubuh dengan organ dalam tubuh. Hal inilah mengapa ketika jarum ditusukkan secara tepat dari lapisan luar kulit akan memberikan pengaruh kepada kondisi organ dalam manusia dan bahkan dapat membantu proses penyembuhan penyakit. 

  1. Meredakan rasa sakit

Metode pengobatan akupuntur menggunakan prinsip keseimbangan. Dengan dua teori, yaitu Yin-Yang dan Wu-Xing. Teori Yin-Yang adalah teori pengobatan dengan dasar keseimbangan, sedangkan teori Wu-Xing merupakan teori pengobatan yang berpatokan kepada 5 elemen dasar. Dalam proses meredakan rasa sakit, pengobatan metode akupuntur ini akan mencari sumber sakit dan memmberikan tusukan pada titik tertentu yang berhubungan. Sehingga rasa sakit dapat segera mereda. Sebagai contoh seseorang yang terkena kanker payudara. Maka titik yang dicari adalah titik yang memiliki hubungan dengan daerah payudara. Sehingga diperlukan pemahaman terkait dengan penangan penyakit dengan menggunakan metode akupuntur.

Sponsors Link

  1. Mengurangi pembengkakan di area sel kanker berkembang

Sel kanker yang berkembang dapat dipastikan akan merusak sel-sel sehat di sekitarnya. Akibat proses inilah maka tubuh akan merasakan sensasi sakit yang luar biasa. Pengobatan dengan metode akupuntur adalah dengan menuju langsung pada titik sakit. Menguraikan mulai dari sumber dan aktivitas bagian tubuh yang sakit. Dengan cara kerjanya tersebutlah metode akupuntur ini dapat mengurangi pembengkakan di area sel kanker. Berbeda dengan pasien yang melakukan kemoterapi kanker. Pada proses kemoterapi, sinar radiasi tidak hanya mengenai sel kanker saja, namun juga akan merusak sel sehat yang terkena pancarannya radiasinya. Ada banyak efek kemoterapi yang dapat muncul, seperti mual, pusing, selera makan menurun, dan masih banyak efek lainnya.

  1. Menguatkan sistem organ dalam tubuh pasien

Ketika seseorang terkena penyakit kanker, tentu akan ada penyakit lain yang menyertai. Hal ini dikarenakan kekebalan tubuh yang menurun, sel kanker yang telah menyebar, dan beberapa sel tubuh yang sehat terkena pancaran radiasi dari kemoterapi yang dilakukan pasien. Dengan dilakukannya metode akupuntur secara rutin, maka sel kanker akan berkurang, dan pada titik tertentu akan tetap memperoleh suplai oksigen melalui darah secara cukup sehingga organ dalam tubuh pasien menjadi semakin kuat. 

Sponsors Link

  1. Memperlancar sistem metabolisme tubuh

Ketika ada sel asing yang berkembang di dalam tubuh seseorang, maka pada saat itulah metabolisme tubuh menjadi terganggu. Hal ini dikarenakan sel asing tersebut akan menyerap nutrisi yang ada di dalam tubuh agar dapat berkembang. Dengan diterapkan metode akupuntur, maka metabolisme tubuh setidaknya dapat berada pada kondisi seimbang dan juga dapat menghambat pertumbuhan sel asing yang ada di dalam tubuh. Metode akupuntur yang telah dijalani banyak orang, ternyata memang dinilai cukup efektif. Dengan adanya manfaat akupuntur untuk kanker, maka bermunculan banyak klinik akupuntur di Indonesia. Biasanya metode akupuntur untuk penyembuhan penyakit kanker, seperti kanker darah, kanker payudara, kanker hati akan disertai dengan pemberian obat herbal untuk memaksimalkan pengobatan. Waktu penyembuhan penyakit kanker dengan menggunakan metode akupuntur sangat tergantung dengan tingkat penyebaran sel kanker. Jika pada pengobatan penyakit kanker telah diketahui saat gejala kanker awal muncul maka pengobatan dapat dalam waktu yang lebih cepat dibandingkan ketika stadium kanker sudah berada pada kategori yang tinggi. Maka diperlukan waktu pengobatan yang lebih lama. Oleh karena itu, kita harus selalu mewaspadai atas segala macam perubahan pada tubuh kita seperti saat mengalami keputihan yang merupakan tanda gejala kanker rahim atau gejala kanker serviks. Bagi Anda yang menyukai pengobatan secara alami, metode akupuntur merupakan pilihan yang tepat. Dengan melakukan kombinasi menggunakan pengobatan herbal, tubuh yang mengalami penurunan dapat segera disembuhkan. Berbeda dengan efek pada tubuh yang menderita kanker, penggunaan metode akupuntur justru akan memberikan efek positif kepada tubuh sekitarnya, sedangkan kemoterapi meskipun membunuh sel kanker, ia juga membunuh sel sehat lainnya yang terkena pancaran radiasi. Baca juga tentang :

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Saturday 23rd, April 2016 / 19:36 Oleh :
Kategori : Pengobatan