Sponsors Link

4 Khasiat Petai Untuk Kanker Paling Ampuh

Sponsors Link

Penyakit kanker termasuk salah satu penyakit yang paling sering menghilangkan nyawa. Tidak hanya di Indonesia, bahkan di seluruh dunia penyakit kanker menjadi penyakit yang sangat menakutkan. Seringkali pasien kanker sulit disembuhkan karena tidak mengetahui pertanda awal gejala penyakit kanker. Selain itu pada tahap awal biasanya gejala tidak begitu dapat dirasa, dan setelah memasuki tahap lanjut barulah diketahui terdapat penyakit kanker di dalam tubuhnya. Sayangnya saat ketahuan justru sel kanker telah menyebar sehingga harapan untuk sembuh menjadi lebih kecil.

Sponsors Link

Penyebab Kanker

Penyebab penyakit kanker yaitu adanya pembelahan dan pertumbuhan sel yang diluar kendali tubuh, sehingga dapat menekan sel sehat dan merusak fungsi organ tubuh yang diserangnya. Aktivitas sel yang abnormal ini pada umumnya disebabkan oleh radiasi dan paparan senyawa radikal bebas. Untuk mengatasi penyakit kanker, pihak medis telah memiliki metode pengobatan tersendiri, namun banyak dari masyarakat yang ingin menggunakan obat-obatan herbal yang biayanya lebih terjangkau dan jauh dari efek samping berbahaya. Salah satu bahan alami yang dipercaya dapat melawan sel kanker adalah petai.

Anda pasti heran dan tidak menyangka, kalau ternyata petai yang memiliki bau menyengat dapat memiliki khasiat yang luar biasa. Petai diambil dari pohon yang cukup tinggi, yaitu sekitar 20 meter. Karena itu agak sedikit sulit untuk memanen petai. Bagian yang dimanfaatkan dari petai adalah bijinya yang berwarna hijau muda. Biasanya petai dimanfaatkan sebagai menu pendamping makanan utama atau dijadikan sebagai lalapan. Manfaat petai untuk kanker ini diketahui setelah salah satu produsen obat terbesar di dunia menginformasikan telah dilakukan serangkaian tes laboratorium sejak 1970 yang menyatakan petai dapat mengatasi setidaknya 12 jenis kanker. Penemuan ini menjadi hal yang mencengangkan bagi banyak pihak khususnya bagi orang awam.

Berikut ini khasiat petai untuk kanker :

1. Petai Mengandung Senyawa Antioksidan yang Cukup Tinggi

Petai mengandung beberapa senyawa antioksidan yang berkhasiat untuk menyerap senyawa radikal bebas yang mengendap di dalam tubuh. Salah satu antioksidan yang diketahui adalah vitamin C, yang jumlahnya sebesar 46 miligram dalam setiap 100 gram petai. Vitamin C membantu meningkatkan daya tahan tubuh, membantu melawan berbagai penyakit dan mencegah terjadinya infeksi. Dengan kemampuannya tersebut, vitamin C dan senyawa antioksidan lainnya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker tanpa mengganggu sel sehat yang ada di dalam tubuh.

2. Kekuatan Petai Melawan Sel Kanker Hingga 10.000 Kali Lebih Kuat Dari Kemoterapi

Hal mengejutkan yang ditemukan oleh sebuah produsen obat terbesar di dunia yang melakukan hingga 20 tes laboratorium, bahwa kemampuan petai dalam melawan sel kanker hingga 10.000 kali lipat lebih kuat daripada kemoterapi kanker . Memang pihak medis belum menyatakan dengan pasti kebenaran akan hal tersebut, namun penemuan tersebut mengundang banyak peneliti untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Petai dianggap sebagai anti mikroba yang meliputin infeksi bakteri dan jamur, bahkan sangat efektif dalam menghadapi parasit di dalam tubuh, termasuk cacing perut.

3. Petai Dapat Mengatasi Banyak Jenis Kanker

Dikutip dari penelitian yang telah dilakukan, petai tidak hanya dapat mengatasi satu atau dua jenis kanker saja, melainkan beberapa jenis kanker. Petai dapat menghancurkan sel kanker bahkan termasuk kanker ganas setidaknya pada 12 jenis kanker. Beberapa di antaranya adalah kanker prostat, kanker payudara, kanker usus, kanker paru-paru dan kanker pankreas. Kemampuannya dalam melawan sel kanker lebih baik dari adriamycin, sebuah cairan obat kemoterapi yang sering digunakan pihak medis di dunia untuk mengobati pasien penderita penyakit kanker.

Sponsors Link

4. Khasiat Lainnya Dari petai

Sebelum dikenal sebagai alternatif untuk membunuh sel kanker, petai telah diketahui sejak lama dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh. Beberapa manfaat lainnya dari petai yaitu:

  • Mengatasi gejala anemia – Anemia merupakan penyakit yang disebabkan kurangnya produksi sel darah merah, sehingga pasokan oksigen ke seluruh tubuh juga ikut berkurang. Penyakit ini ditandai dengan gejala tubuh lebih cepat lelah, merasa pusing dan wajah terlihat pucat. Untuk mengatasi penyakit anemia kita harus mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi, salah satunya adalah petai.
  • Menghilangkan stres dan depresi – Petai ternyata dapat memperbaiki mood seseorang dan mengatasi depresi secara alami. Manfaat tersebut disebabkan karena adanya kandungan tryptophan pada petai. Senyawa tryptophan yang masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi serotonin yang membuat tubuh lebih rileks dan menenangkan pikiran.
  • Mengatasi tekanan darah tinggi dan mencegah stroke – Petai juga dapat menormalkan tekanan darah, dikarenakan kandungan kalium pada petai mampu melancarkan peredaran darah. Selain itu petai juga dapat mencegah dan menurunkan resiko terkena penyakit stroke hingga 40%.
  • Menyehatkan organ pencernaan – Serat pada petai cukup halus sehingga dapat meringankan kerja lambung dan mencegah terjadinya iritasi lambung. Serat juga dapat membantu melancarkan pencernaan sekaligus mengikat lemak yang mengendap di dinding usus. 
    Sponsors Link

Kandungan Nutrisi Pada petai

  • Berbagai khasiat yang diperoleh dari petai tidak terlepas dari kandungan senyawa dan nutrisi di dalamnya. Petai diketahui mengandung nutrisi berupa karbohidrat, protein lemak dan serat. petai juga mengandung beberapa macam mineral seperti kalium, zat besi, posfor, potasium, mangan, magnesium dan tembaga. Selain itu beberapa jenis vitamin seperti vitamin B1 dan vitamin C juga dapat diperoleh dari petai.
  • Petai juga mengandung berbagai senyawa kimia seperti alkaloid, tannin, terpenoid, flavonoid, polisulfida siklik, djenkolic acid dan thiazolidine-4-carboxylic acid yang merupakan turunan dari senyawa tioproline. Senyawa flavonoid berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas sehingga tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit. Sementara polisulfida siklik bertindak sebagai anti mikroba yang mampu mengahambat pertumbuhan berbagai jenis bakteri gram negatif.
  • Beberapa senyawa turunan dari terpenoid memiliki khasiat sebagai anti inflamasi untuk mengatasi peradangan dan antihiperglikemia yang dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Selain itu senyawa lupeol yang masih merupakan bagian dari terpenoid merupakan senyawa yang berperan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker. Lupeol dan thiazolidine-4-carboxylic acid menjadi senyawa terpenting dalam petai untuk mengatasi penyakit kanker di dalam tubuh.

Wah, ternyata petai memiliki banyak sekali manfaat yang tidak terduga. Dibalik aromanya yang kurang sedap terkandung berbagai nutrisi dan senyawa penting untuk memelihara kesehatan. Jadi mulai sekarang cobalah untuk menyukai petai yang berfungsi sebagai makanan pencegah kanker.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 30th, May 2017 / 06:47 Oleh :
Kategori : Pengobatan