Sponsors Link

10 Khasiat Bawang Dayak Untuk Kanker Paling Ampuh

Sponsors Link

Bawang dayak yang disebut juga bawang berlian atau bawang sabrang merupakan tanaman obat herbal yang sering dimanfaatkan sebagai obat oleh suku Dayak di Kalimantan. Banyak penyakit yang dapat disembuhkan dengan menggunakan bawang dayak, termasuk penyakit kanker yang mematikan. Bawang dayak digadang-gadang mampu mengatasi berbagai penyakit kanker, dan sangat efektif dalam mengobati kanker payudara dan kanker usus. Penggunaan bawang dayak sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit kanker tentu menjadi sebuah alternatif baru bagi penderita kanker untuk mencoba pengobatan secara tradisional.

Sponsors Link

Seperti yang kita tahu, penyakit kanker sangat sulit untuk disembuhkan. Meski ada pengobatan secara medis seperti kemoterapi, namun tetap saja banyak yang tidak dapat diselamatkan nyawanya. Karena itu pengembangan obat-obatan tetap dilakukan demi mendapatkan metode yang lebih ampuh dalam mengatasi penyakit kanker. Selain itu banyak yang merasa tidak sanggup menjalani pengobatan secara medis karena biaya yang terlalu mahal dan resiko dari efek samping yang cukup menyiksa. Bahkan ada yang memilih menjalani pengobatan dengan obat herbal dapat sembuh total dari penyakit tersebut. Termasuk bawang dayak yang terbukti dapat menyembuhkan penderita kanker. (Baca juga: Tanda Awal Kanker Gusi)

Kandungan Senyawa Bawang Dayak

Berbagai manfaat yang diperoleh dari bawang dayak berasal dari senyawa aktif yang dikandungnya. Bawang dayak mengandung beberapa zat atau senyawa seperti berikut ini.

  • Alkaloid. Senyawa alkaloid bersifat basa dan mengandung banyak atom nitrogen dengan bentuk siklik, sehingga dipercaya sebagai sumber nitrogen bagi tumbuhan.
  • Saponin. Senyawa saponin tersedia dalam bentuk glikosida dan memiliki rasa yang sangat pahit. Senyawa ini juga dapat menyebabkan alergi dan bersin-bersin.
  • Glikosida. Bawang dayak juga mengandung gula yang disebut glikosida.
  • Tanin. Berfungsi sebagai antioksidan dan menghambat proses lipoksigenase serta menstabilkan fraksi lipid.
  • Fenolik. Merupakan senyawa antioksidan dan mampu menyerap logam serta senyawa radikal bebas. Terdiri dari asam fenolic dan lignin.
  • Flavonoid. Senyawa yang dapat menangkal radikal bebas, anti virus, anti bakteri dan anti kanker.
  • Triterpenoid/steroid. Senyawa dalam bentuk kristal yang dapat mengikat racun dan menangkal senyawa radikal bebas. (Baca juga: Manfaat Chia Seed Untuk Kanker)

Bawang dayak memang belum begitu populer di kalangan masyarakat, namun khasiatnya tidak diragukan lagi. Berikut ini adalah khasiat bawang dayak untuk kanker. (Baca juga: Manfaat Daun Dewa Untuk Kanker)

1. Manfaat Bawang Dayak Untuk Kanker Payudara

Bawang dayak memiliki kandungan fraksi etanol yang dapat menurunkan tingkat ekspresi adanya sel kanker pada payudara. Berbagai senyawa seperti steroid, flavonoid, dan asam fenolic berperan dalam melawan senyawa radikal bebas penyebab kanker payudara. Selain itu senyawa naphtoquinones berfungsi sebagai antikanker dan menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi bawang dayak sebanyak 3 kali sehari secara rutin, maka penderita kanker payudara akan merasakan perubahan yang lebih baik pada payudaranya.

2. Manfaat Bawang Dayak Untuk Kanker Kolon

Salah satu penelitian yang dilakukan mahasiswa kedokteran Universitas Sebelas Maret menunjukkan bahwa kandungan senyawa dalam bawang dayak dapat menekan resiko kanker kolon atau kanker usus besar. Selain menghambat pertumbuhan sel kanker tersebut, bawang dayak juga dapat membunuh sel kanker sehingga penyakit tersebut dapat disembuhkan tanpa melalui proses operasi. Bawang dayak juga mengandung senyawa antosianin, yaitu pigmen yang memberikan warna merah pada bawang. Antosianin berfungsi sebagai antioksidan dan mampu melawan sel kanker akibat senyawa radikal bebas. (Baca juga: Gejala Awal Kanker Rahim)

Sponsors Link

3. Manfaat Bawang Dayak Untuk Kanker Serviks

Kanker serviks yang sangat ditakuti oleh kaum wanita dan sering merenggut nyawa juga dapat disembuhkan dengan memanfaatkan bawang dayak. Pada penelitian yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara, diketahui ekstrak bawang dayak dapat menurunkan tingkat ekspresi cyclin-E sel kanker pada serviks uteri manusia. Menurunnya aktivitas cyclin-E dapat memicu terjadinya kematian sel kanker atau disebut juga apoptosis. Senyawa aktif pada bawang dayak telah terbukti dalam melawan sel kanker serviks dan menghambat pertumbuhannya. (Baca juga: Ciri-ciri Kanker Serviks, Tanda dan Gejala Lengkap)

4. Manfaat Bawang Dayak Untuk Kanker Darah

Bawang dayak mengandung senyawa fenolik sederhana, tanin, antosianin dan quinines yang dapat memberikan perlawanan terhadap penyakit kanker. Khasiat dari senyawa tersebut bahkan sama dengan pengobatan menggunakan bahan kimia. Bawang dayak yang kaya senyawa aktif memiliki kemampuan dalam melawan dan menghambat perkembangan sel kanker darah.

ads

5. Bawang Dayak Dapat Mengatasi Tumor, Kista dan Miom

Penduduk Kalimantan menggunakan bawang dayak dalam mengobati berbagai penyakit. Khasiat bawang dayak sangat ampuh dalam menghambat dan mengatasi penyakit yang disebabkan pertumbuhan sel yang tidak normal, seperti tumor, kista dan miom. Jelaslah bahwa bawang dayak memang sangat efektif dalam mengobati berbagai jenis kanker pada tubuh manusia. (Baca juga: Manfaat jahe Untuk Penderita Kanker)

6. Manfaat Bawang Dayak Lainnya Untuk Kesehatan

Keampuhan bawang dayak dalam mengatasi berbagai penyakit sudah terbukti dan sangat dipercaya oleh masyarakat khususnya di Kalimantan. Bahkan banyak penyakit yang tidak dapat ditangani oleh pihak medis dapat sembuh berkat bawang dayak. Berikut ini beberapa manfaat lainnya dari bawang dayak yang mampu mengatasi berbagai gangguan kesehatan. (Baca juga: Khasiat Singkong Rebus Untuk Kanker)

  • Sebagai anti inflamasi. Bawang dayak dapat mengatasi peradangan baik di luar maupun di dalam tubuh.
  • Diuretik alami. Bawang dayak dapat menstabilkan kondisi cairan tubuh dan mengeluarkan cairan berlebih sehingga kondisi tubuh tetap seimbang.
  • Meningkatkan imunitas tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat dapat menangkal berbagai penyakit, dan untuk meningkatkannya kita membutuhkan asupan antioksidan yang bisa kita peroleh dari bawang dayak.
  • Menghambat serangan virus, bakteri dan jamur. Khasiat bawang dayak sebagai anti fungal, antiviral dan anti bakteri menjadikan tubuh terbebas dari berbagai penyakit.
  • Menjaga kesehatan jantung. Terlindunginya tubuh dari senyawa radikal bebas membuat kesehatan jantung tetap terjaga dan terhindar dari kerusakan sel.
  • Mengatasi diabetes. Bawang dayak juga dipercaya dapat mengatasi penyakit diabetes dengan menurunkan kadar gula dalam darah.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat yang telah disebutkan di atas, kita bisa menggunakan bawang dayak dengan berbagai cara. Umumnya memang bawang dayak digunakan dalam bentuk rebusan, tetapi ada berbagai bentuk dari bawang dayak dalam hal pemanfaatannya. Bawang dayak bisa dikonsumsi dalam bentuk segar, sediaan kering dalam bentuk cincang, atau dalam bentuk bubuk bawang dayak. Semua bentuk tersebut dapat memberikan kasiat yang sama, tinggal sesuaikan saja dengan kesesuaian kita dalam mengolahnya. (Baca juga: Khasiat petai Untuk Kanker)

Itulah khasiat bawang dayak yang luar biasa dalam mengobati penyakit kanker. Telah banyak penelitian yang menerangkan tentang khasiat tersebut, dan jika dilakukan penelitian lebih lanjut bisa jadi kita akan menemukan fakta baru mengenai manfaatnya yang cukup ampuh mengatasi berbagai penyakit. (Baca juga: Manfaat Jengkol Untuk Kanker)

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 08th, June 2017 / 04:52 Oleh :
Kategori : Pengobatan