Sponsors Link
     Sponsors Link

9 Manfaat Lemon Untuk Kanker yang Penting Diketahui

ads

Kanker merupakan salah satu penyakit yang memiliki banyak sekali pengobatan atau penanganan. Pengobatan yang dilakukan dapat berupa pengobatan medis ataupun pengobatan tradisional melalui tanaman-tanaman herbal. Diperlukan pertimbangan yang matang bagi seorang pasien yang mengidap penyakit kanker untuk memilih jenis pengobatan yang akan dilakukan. Keputusan pasien dalam mengambil langkah pengobatan akan dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik secara internal maupun eksternal. (Baca juga: Tanda-tanda Kanker Otak , Pengobatan Kanker Otak )

Masyarakat yang hidup di zaman dulu lebih sering menggunakan pengobatan tradisional dengan memanfaatkan tanaman herbal untuk mengobati penyakitnya. Seiring berjalannya waktu, penggunaan teknologi medis atau kedokteran yang dinilai lebih akurat dalam penyembuhan penyakit semakin digemari dalam pengobatan. Meskipun demikian, kebiasaan masyarakat memanfaatkan tanaman herbal sebagai pengobatan masih terus dilestarikan. (Baca juga: Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening di Leher , Kopi Bagi Penderita Kanker )

Sama halnya dengan penyakit kanker, terdapat berbagai macam tanaman herbal yang dapat digunakan untuk mengobati atau menangani penyakit kanker. Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit kanker, yaitu lemon. Dalam keseharian, lemon biasanya digunakan sebagai bahan masakan atau dikonsumsi langsung dengan cara-cara tertentu.

Pada beberapa tahun terakhir, terdapat sejumlah studi yang melakukan penelitian terhadap lemon untuk mengetahui manfaatnya bagi penyakit kanker. Dari studi tersebut ditemukan bahwa lemon dapat digunakan untuk mencegah berbagai penyakit kanker, seperti kanker serviks, kanker payudarakanker hatikanker usus, dan kanker lainnya. Manfaat lemon untuk kanker akan dipaparkan sebagai berikut. (Baca juga: Ciri-ciri Awal Kanker Otak , Manfaat Daun Pepaya Untuk Kanker)

1. Kemampuan lemon sebagai anti kanker

Warna kuning yang terdapat pada lemon, aroma, dan buahnya merupakan obat yang paling berharga. Selain kandungan minyak di dalamnya yang kaya akan karbohidrat, gula, dan serat terdapat kandungan zat bermanfaat lainnya. Zat tersebut di antaranya vitamin C, riboflavin, asam folat, kalsium, fosfor, zat besi dan vitamin B1, vitamin B2, niasin, limonoid, flavonoid, karotenoid, dan zat lainnya. Zat-zat tersebut memiliki kemampuan sebagai zat anti kanker yang akan mencegah timbulnya penyakit kanker pada tubuh. (Baca Juga: Manfaat Singkong Untuk Penderita Kanker)

sponsored links

2. Kemampuan lemon untuk menghambat pertumbuhan sel kanker

Di dalam lemon, terdapat zat yang disebut dengan limonin. Zat ini memiliki kemampuan sebagai anti tumor, anti virus, analgesik, anti inflamasi, efek hipnotis yang baik untuk sel-sel kanker sehingga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker tersebut. (Baca juga: Manfaat Nanas Untuk Kanker , Manfaat Daun Sirsak Untuk Pengobatan Kanker Otak)

3. Lemon mampu menurunkan proporsi orang yang terkena kanker

Pada penelitian yang dilakukan oleh ilmuan Jepang, diketahui bahwa dengan mengkonsumsi buah lemon dapat menurunkan jumlah orang yang memiliki kemungkinan terkena penyakit kanker. Penelitian tersebut dilakukan pada responden yang menderita penyakit kanker dan responden yang berada dalam kondisi normal. Hasilnya adalah sekitar 40.000 orang dewasa Jepang setelah mengkonsumsi lemon terhindar dari risiko penyakit kanker. (Baca Juga: Manfaat Glucogen Untuk Kanker , Khasiat Asparagus untuk Kanker)

4. Lemon mampu melindungi sel-sel normal dan mencegah kanker

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli, kandungan flavonoid yang terdapat dalam lemon dapat memperbaiki fungsi DNA. Selain itu, zat tersebut akan meminimalisir kerusakan sel-sel DNA yang menjadi penyebab umum dari penyakit kanker. Sehingga lemon dapat digunakan untuk melindungi sel-sel normal dan mencegah timbulnya penyakit kanker. (Baca Juga: Penyebab Kanker Kulit , Penyebab Kanker Prostat)

5. Lemon mampu membunuh sel kanker

Para peneliti menemukan kandungan asam folat yang ada dalam lemon dapat melindungi sel-sel normal sekaligus pencegahan kanker. Dalam studi yang dilakukan pada beberapa tahun terakhir, ditemukan bahwa asam folat sebagai anti kanker diibaratkan sebagi “pedang bermata dua” karena dapat mengurangi kondisi perkembangan sel kanker dan membunuh sel-sel penyebab kanker. (Baca Juga:  Makanan Pencegah Kanker Rahim , Makanan Pencegah Kanker Serviks)

6. Lemon mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker

Lemon diyakini 10.000 kali lebih kuat untuk membunuh sel kanker dibandingkan dengan pengobatan kemoterapi dan 10.000 kali lebih baik daripada adriamycin yang merupakan obat terapi. Adriamycin biasa digunakan untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker. Sedangkan, kandungan yang terdapat dalam lemon dapat membunuh sel – sel kanker dan tidak akan merusak sel – sel yang masih dalam keadaan normal. (Baca Juga: Manfaat Akupresur Untuk Kanker)

7. Lemon mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan zat yang terdapat dalam lemon dapat dimanfaatkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Manfaat lainnya yang didapatkan, di antaranya menghancurkan racun yang ada dalam tubuh, mengontrol tekanan darah, mencegah pilek dan flu, mencegah penuaan dini, meningkatkan ketenangan, serta dapat dimanfaatkan untuk perawatan kulit. (Baca juga: Manfaat Jahe Untuk Kanker )

8. Lemon dapat mencegah parasit lebih efektif

Lemon sangat efektif terhadap pencegahan parasit internal dan cacing. Selain itu, lemon mampu mengatur tekanan darah, anti – depresi, mengurangi stres, dan saraf kritis. Hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan sebanyak 20 kali tes laboratorium sejak tahun 1970. (Baca Juga: Bahaya Kanker Kelenjar Getah Bening)

9. Lemon mampu menghancurkan sel – sel karsinogenik

Buah lemon dipercaya dapat menghancurkan sel – sel karsinogenik yang terdapat pada 12 jenis kanker. Buah lemon dipercaya dapat mencegah penyakit kanker lebih ampuh dibandingkan dengan berbagai jenis pengobatan kanker yang lainnya. (Baca juga: Ciri-ciri Awal Kanker Rahim )

Setelah mengetahui manfaat yang terkandung dalam buah lemon, bagi Anda yang tertarik untuk mengkonsumsi buah lemon khususnya untuk mencegah penyakit kanker, dapat dilakukan melalui berbagai cara. Untuk mengolah buah lemon haruslah dilakukan dengan baik, terutama untuk mengatasi penyakit kanker. Pada umumnya, lemon dikonsumsi dengan cara mengambil air perasannya, kemudian dicampur dengan air hangat. Adapun cara lain yang dapat dilakukan untuk mengolah buah lemon, salah satunya adalah dengan cara dibekukan. Berikut ini adalah langkah – langkahnya. (Baca juga: Ciri-ciri Kanker Tenggorokan )

Sponsors Link

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih buah lemon. Disarankan untuk memilih lemon dari hasil penanaman yang dilakukan secara organik, karena lebih terjada keaslian dan kealamiannya.
  • Kemudian cuci buah lemon tersebut dengan menggunakan air bersih yang mengalir dan bisa pula menggunakan cairan khusus untuk membersihkan buah.
  • Masukkan buah lemon yang telah selesai dicuci bersih ke dalam kulkas atau freezer. Sesuaikan waktu yang dibutuhkan untuk membekukan buah lemon dengan memanfaatkan kekuatan kulkas.
  • Jika freezer atau kulkas cepat dalam proses pembekuan, maka segera keluarkan buah lemon yang sudah berada dalam kondisi beku.
  • Parutlah buah lemon yang sudah beku tersebut tanpa mengupas kulitnya. Perlu diingat bahwa di dalam kulit lemon terdapat kandungan banyak zat anti – kanker. Proses pembekuan buah lemon ini bertujuan untuk memudahkan dalam memarut lemon sehingga kulitnya pun tidak terbuang.
  • Kita dapat mengkonsumsi buah lemon yang telah dibekukan tersebut dengan cara menaburkannya pada makanan lain, seperti sup, mie, sereal, atau salad. Disarankan untuk makanan yang akan diberi taburan atau ekstrak buah lemon beku merupakan makanan organik yang terbebas dari zat – zat kimia berbahaya.

Bagi orang yang pertama kali mengkonsumsi lemon mungkin akan tidak terbiasa, tetapi secara perlahan dapat meningkatkan nafsu makan. mengkonsumsi lemon juga baik untuk sistem pencernaan, akan tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan efek samping. Salah satu dampaknya adalah lemon akan merusak email gigi. Menambahkan asam lemon pada air bisa meningkatkan risiko pengikisan email gigi. Hal tersebut akan menyebabkan masalah, dikarenakan email gigi tidak dapat digantikan. Untuk mengurangi risiko tersebut, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, di antaranya: (Baca juga: Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1 )

  • Bila ingin mengkonsumsi air lemon hangat di pagi hari, sebaiknya tunggu beberapa saat sampai air tersebut sedikit lebih dingin. Selain itu disarankan menggunakan sedotan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu mendorong cairan gigi keluar.
  • Sebaiknya, meminum air lemon dilakukan sebelum menggosok gigi, sehingga kandungan asam yang ada pada lemon tidak akan merusak email gigi secara langsung.
  • Sebaiknya, jangan meminum air lemon begitu saja. Minumlah sebagai bagian dari makanan. Tujuannya adalah untuk membantu dalam merangsang produksi air liur dalam mulut.

Itulah pemaparan mengenai manfaat buah lemon untuk kanker beserta beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengkonsumsi buah lemon. Semoga bermanfaat. (Baca Juga: Manfaat Akupuntur Untuk Pengobatan Kanker)

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 06th, November 2016 / 23:29 Oleh :
Kategori : Pencegahan