Sponsors Link

Manfaat Ginseng Untuk Pencegahan Kanker

Sponsors Link

Hingga saat ini penyakit kanker sudah menjadi masalah baru yang muncul di kalangan masyarakat modern. Peningkatan jumlah penderita kanker setiap tahunnya semakin bertambah. Banyak orang yang lebih memilih untuk menjalani hidup praktis namun kurang memperhatikan kesehatan. Sehingga, tanpa disadari banyak orang yang mulai mengalami gejala kanker, bahkan hingga mengetahui tubuhnya terserang kanker ketika sudah mencapai stadium kanker yang paling berbahaya. Jika sudah terjadi demikian, segala daya upaya dilakukan untuk mengobati dan mempertahankan hidup. Banyak upaya yang dilakukan mulai dari kemoterapi kanker, operasi, mengkonsumsi makanan pencegah penyakit kanker, hingga konsumsi tanaman obat salah satunya ginseng.

Sponsors Link

Jenis Ginseng

Tanaman ginseng terbagi menjadi 3 jenis, yaitu ginseng Korea, ginseng Siberia, dan ginseng Amerika. Masing-masing tanaman tersebut memiliki ciri dan manfaat tersendiri. Ginseng Amerika dan Korea memiliki manfaat yang hampir sama yaitu sebagai pengobatan berbagai macam penyakit. Sedangkan ginseng Siberia lebih sering digunakan untuk membentuk sistem kekebalan tubuh. Sehingga tidak heran jika orang yang mengkonsumsi ginseng Siberia sesuai dosis tidak mudah terserang penyakit.

Telah banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui manfaat tanaman ginseng bagi penderita kanker. Salah satu penelitian dengan subjek penderita kanker payudara menunjukkan hasil bahwa pasien yang mengkonsumsi tanaman ginseng menunjukkan peningkatan kondisi yang lebih baik terutama pada segi peningkatan daya tahan tubuh. Selain pada penderita, penelitian juga dilakukan pada perempuan yang menunjukkan ciri-ciri kanker payudara. Hasilnya adalah perempuan dengan gejala kanker payudara yang mengkonsumsi ginseng sesuai dosis, merasakan lebih segar dan tidak mengalami perasaan minder dengan lingkungan sosialnya.

Tanaman ginseng memiliki senyawa glikosida atau biasa dikenal dengan ginsenosida. Ginsenosida memiliki kandungan minyak atsiri sehingga tidak salah lagi jika tanaman ginseng dikenal kaya akan manfaat. Manfaat paling tampak adalah khasiatnya dalam pencegahan sekaligus pengobatan penyakit kanker. Konsumsi ginseng pada dosis cukup dapat cara mencegah kanker payudara.

Zat Ginsenosida termasuk dalam senyawa antioksidan. Kandungan minyak atsiri di dalamnya membantu tubuh melawan radikal bebas. Selain itu kemampuannya dalam mendukung regenerasi sel tubuh memberikan manfaat meningkatkan daya tahan tubuh. Kemampuannya tersebut membantu tubuh untuk memperbaiki sel darah putih yang rusak, sehingga pada penderita kanker payudara sel-sel kanker dapat diserang oleh sel darah putih.

Sponsors Link

Selain bermanfaat bagi penderita kanker payudara, tanaman ginseng juga dapat digunakan untuk pencegahan penyakit yang jika berkelanjutan dapat menyebabkan penderita terserang kanker hati. Konsumsi ginseng secara teratur juga dapat mengobati penyakit sirosis hepatis. Sirosis hepatis adalah kerusakan jaringan hati akibat virus hepatitis B dan C. Gejala yang ditunjukkan serupa dengan gejala kanker hati. Sehingga Anda perlu mewaspadai dan segera lakukan konsultasi dengan dokter terkait dengan apa yang Anda rasakan dengan kondisi tubuh Anda.

Kandungan Manfaat pada Ginseng

Jika kita melihat lebih jauh lagi kandungan nutrisi yang ada di dalam ginseng, hampir menyerupai tanaman obat kanker lainnya. Ginseng memiliki kandungan sebagai berikut:

  • Vitamin B1, B2, B3, B5 dan C

Vitamin B1, B2, B3, B5 dan C yang mana vitamin tersebut adalah vitamin yang termasuk dalam zat antioksidan. Vitamin yang ada di dalam ginseng kaya akan manfaat, selain sebagai penangkal radikal bebas, juga baik untuk nutrisi kulit dan juga membantu regenerasi sel-sel tubuh yang rusak.

  • Mineral

Kandungan lainnya adalah mineral seperti kalsium, folat, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, potasium, silikon, dan zinc yang berfungsi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Kandungan mineral yang ada di dalam ginseng ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan kebutuhan mineral tubuh. Jangan sampai tubuh kekurangan maupun kelebihan mineral karena akan memberikan dampak terhadap kesehatan tubuh.

Sponsors Link

Pada tanaman ginseng, selain panax ginseng yang kaya akan manfaat, daun ginseng juga dinilai memberikan manfaat khususnya pada ginseng Jawa. Pada penderita kanker, daun ginseng memiliki kandungan Flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan sekaligus untuk mengurangi pembengkakan jaringan. Selain flavonoid, daung ginseng juga memiliki kandungan steroid yang bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, sehingga dengan mengkonsumsi daun ginseng diharapkan nantinya efek kemoterapi penderita kanker dapat berkurang.

Efek Samping Konsumsi Ginseng

Konsumsi ginseng saat ini dapat diolah ke dalam berbagai macam bentuk. Mulai dair rebusan langsung dari akar ginseng, diolah menjadi sup ginseng atau teh ginseng, hingga ginseng dalam bentuk instan yang rasanya lebih nikmat untuk dikonsumsi. Teknologi canggih semakin mempermudah Anda untuk dapat mengkonsumsi tanaman berkhasiat ini.

Namun terlepas dari segala kemudahan tersebut lakukan konsumsi dengan bijak. Tidak disarankan untuk mengkonsumsi ginseng jika Anda dalam kondisi hamil dan menyusui. Konsultasikan dengan dokter yang paham mengenai pengobatan herbal terkait dengan dosis yang diperbolehkan jika Anda memiliki darah tinggi atau permasalahan kesehatan lainnya yang memungkinkan munculnya dampak negatif dari konsumsi ginseng berlebih.

Jika Anda ingin melakukan kombinasi dalam mengkonsumsi ginseng, konsultasikan dulu dengan ahli obat maupun dokter. Jangan sampai tanaman obat yang bermanfaat akhirnya malah membawa petaka.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , ,
Post Date: Monday 04th, April 2016 / 21:43 Oleh :
Kategori : Pencegahan