Sponsors Link

Manfaat Cabe Untuk Mencegah Kanker

Sponsors Link

Cabe merupakan golongan dalam sayur-sayuran yang terkenal dengan rasa pedasnya. Ternyata, Cabe memiliki banyak sekali manfaat. Meskipun pada konsumsi yang berlebihan dapat memberikan kerugian bagi tubuh, seperti diare, memicu terjadinya wasir, dan dapat menyebabkan usus buntu. Maka dari itu, jika Anda merupakan penggemar cabe dalam makanan Anda, konsumsilah secara cukup, jangan terlalu banyak dan terlalu sering. Beberapa penelitian telah dilakukan oleh klinikal investigation menunjukkan bahwa rasa pedas pada cabe dapat membunuh sel tumor dan sel kanker, sehingga dapat memperpanjang usia orang yang mengkonsumsinya.

Sponsors Link

Kandungan Cabe

Cabe memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup banyak. Vitamin yang terdapat pada cabe adalah vitamin C dan betakaroten, terutama pada cabe hijau yang memiliki kandungan vitamin C lebih banyak. Selain itu, kandungan mineral kalsium dan fosfor pada cabai juga dapat diperhitungkan manfaatnya bagi tubuh. Cabe terkenal dengan rasa pedasnya. Tahukan Anda zat apa yang dapat memberikan rasa pedas? Ya betul, zat itu bernama capsaicin yang dapat digunakan sebagai penambah nafsu makan. Tidak heran jika Anda sedang menjalani program diet, maka pantangan bagi Anda untuk mengkonsumsi makanan pedas, dikarenakan nafsu makan Anda dapat meningkat, dan diet pun gagal.

Ada beberapa manfaat cabe yang dapat Anda rasakan selama dalam konsumsi seimbang, yaitu sebagai berikut:

  1. Menambah nafsu makan

Kandungan capsaicin pada cabe berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan. Kandungan capsaicin dapat mempengaruhi hormon endophrin sehingga sistem saraf merangsang sistem pencernaan untuk meningkatkan nafsu makan. Selain itu, kandungan ini juga berfungsi untuk membunuh sel kanker. Ada beberapa jenis kanker yang menunjukkan perubahan signifikan saat diberikan capsaicin, yaitu kanker paru-paru, kanker usus, kanker prostat, dan kanker pankreas. Percobaan yang dilakukan terhadap tikus, terbukti bahwa capsaicin mampu membasmi senyawa protein yang digunakan untuk mengembangkan sel kanker prostat.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Cabe dapat menghilangkan lemak jahat yang ada pada darah, oleh karena itulah kesehatan jantung dapat terjaga, dan terhindar dari serangan jantung koroner. Seperti yang telah kita ketahui bahwa serangan jantung terjadi akibat pembuluh darah arteri tersumbat oleh lemak jahat, sehingga tekanan yang ada di dalam jantung tidak sepadan dengan cairan darah yang dikeluarkan.

  1. Mencegah serangan stroke

Serangan stroke terjadi pada bagian tubuh tertentu akibat sumbatan pada pembuluh darah. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan pembuluh darah tersumbat, salah satunya adalah dikarenakan cairan darah mengandung banyak sekali lemak jahat, sehingga organ tubuh lain harus bekerja ekstra untuk menjinakkan lemak tersebut. Namun demikian, jika sudah terlalu banyak, maka darah akan tetap membawa hingga akan terjadi penumpukan lemak pada pembuluh darah. Maka dari itulah, jika Anda melihat orang sedang makan gorengan, mereka biasanya juga menambahkan cabe pada setiap gigitannya.

Sponsors Link

  1. Sebagai anti aging

Kandungan vitamin C pada cabe yang cukup banyak mampu memberikan nutrisi tambahan pada lapisan kulit, sehingga dapat membantu regenerasi sel kulit mati. Oleh karena itulah kulit akan terlihat cerah berseri.

  1. Mengurangi nyeri sendi

Kandungan kalsium dan fosfor yang ada di dalam cabe dinilai cukup besar, bahkan hampir menyamai kandungan yang ada pada ikan. Kalsium dan fosfor ini berfungsi untuk pembentukan tulang. Selain itu, dengan terpenuhinya kebutuhan kalsium dan fosfor di dalam tubuh maka mampu mengurangi nyeri sendi akibat kelelahan atau aktivitas yang berlebih.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C dan betakaroten pada cabe termasuk dalam senyawa antioksidan yang mampu memberikan perlindungan pada tubuh dari berbagai macam serangan senyawa radikal bebas. Oleh karena itu, sangat penting untuk memenuhi kelengkapan kebutuhan vitamin di dalam tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Baca artikel : 8 Manfaat Antioksidan Untuk Pencegahan Kanker

  1. Mencegah terjadinya kanker

Telah diketahui pada poin sebelumnya, konsumsi cabe yang tidak melebihi batas dapat memberikan manfaat besar bagi tubuh. Salah satunya adalah untuk mencegah kanker. Manfaat senyawa oksidan yang ada di dalam cabe tentu tidak kalah dengan buah dan sayur lainnya. Melindungi tubuh sekaligus menghambat perkembangan sel tumor dan sel kanker.

Baca artikel: 10 Daftar Makanan Sehari-hari Pencegah Kanker

Sponsors Link

Cabe dan Kanker

Cabe dan kanker ternyata memiliki keterkaitan erat sebagai pencegah berbagai jenis kanker. Selain senyawa antikanker pada kandungan capsaicin berfungsi untuk membunuh sel kanker. Pedas dan panas pada cabe dapat secara efektif membunuh sel kanker tanpa merusak sel lain yang ada disekitar sel kanker tumbuh. Meskipun jika mengkonsumsi cabe secara berlebihan dapat menyebabkan sistem pencernaan terganggu, namun dalam konsumsi seimbang kandungan di dalam cabe justru dapat mencegah terjadinya kanker usus. Hal ini dikarenakan senyawa pada cabe dapat memperbaiki bagian usus yang luka akibat gesekan selama proses pencernaan.

Baca artikel terkait:

Bagaimana agar cabe dapat berfungsi efektif?

Konsumsi cabe dapat berfungsi efektif selama tubuh dalam kondisi sehat. Hal ini dikarenakan meskipun cabe memberikan manfaat, namun pada saat tubuh mengalami gangguan, cabe dapat semakin memperparah. Sebagai contoh, jika Anda memiliki penyakit bawaan maag. Tentu saja Anda harus berhati-hati dengan mengukur kadar pedas cabe. Hal ini dikarenakan pada awalnya kandungan capsaicin akan merangsan bakteri Helicobacter pylori sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri pada lambung dan ulu hati. Sehingga seringkali orang yang mengalami serangan maag akan merasa mual dan kembung sehingga menimbulkan rasa ingin muntah. Maka dari itulah ketika seseorang mengkonsumsi makanan pedas akan cenderung merasakan perut yang melilit dan juga diare serta sering buang air besar.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Sunday 01st, May 2016 / 10:21 Oleh :
Kategori : Pencegahan