Sponsors Link

9 Manfaat Alpukat Untuk Kanker – Pengobatan dan Pencegahan

ads

Buah alpukat merupakan buah yang memiliki banyak penggemar. Rasanya yang enak, dan dapat diolah dalam berbagai macam bentuk. Dan ternyata, di balik kenikmatan tersebut, buah ini juga memiliki manfaat besar untuk pencegahan sekaligus penyembuhan penyakit kanker. Berikut ini beberapa ulasan mengenai manfaat alpukat untuk kanker.

  • Kanker Mulut

Kanker mulut merupakan jenis kanker yang terjadi di daerah mulut. Tidak hanya di bagian luar mulut saja, namun juga pada bagian dalam rongga mulut. Diketahui penyebab kanker mulut dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satunya adalah terjadinya infeksi berkepanjangan di area mulut sehingga menimbulkan sel kanker berkembang. Selain itu untuk mencegah penyakit kanker mulut, disarankan untu menghindari konsumsi makanan penyebab kanker mulut.

  • Kanker Prostat

Kanker prostat yang diderita oleh pria. Penyebab kanker prostat adalah setiap pria memiliki sel kanker yang tidak aktif di dalam masing-masing prostat. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan sel kanker tersebut dapat berkembang seiring bertambahnya usia dan gaya hidup tidak sehat yang menyertai. Kandungan beta carotene di dalam buah alpukat inilah yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kanker prostat.

Baca artikel terkait: 7 Ciri-ciri Kanker Prostat pada Pria

  • Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan penyakit kanker yang telah memakan banyak korban. Ciri-ciri kanker payudara salah satunya adalah ditandai dengan munculnya benjolan pada bagian payudara. Kanker ini termasuk dalam jenis kanker paling mematikan di dunia. Ada berbagai macam penyebab kanker payudara sehingga kita harus mewaspadai segala macam hal yang dapat menjadi pemicu. Alpukat kaya akan asam oleat yang dapat berfungsi untuk mencegah terjadinya kanker payudara.

Baca artikel terkait: Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini – Makanan Pencegah Kanker Payudara

  • Kanker Mata

Penyebab kanker mata adalah radiasi sinar UV yang mengakibatkan sel pada mata rusak dan mengalami perubahan. Dikarenakan organ mata sangat rentan sekali terkena radiasi, maka disarankan untuk menjaga kesehatan mata. Selain mengkonsumsi vitamin A, Anda juga dapat mengkonsumsi buah alpukat. Pada alpukat memiliki kandungan lutein karotenoid yang dapat mencegah terjadinya kanker mata dan katarak. Perlu Anda ketahui bahwa seseorang yang telah memiliki riwayat terkena katarak memiliki resiko lebih besar terkena kanker mata.

Pengobatan

  1. Memberikan perlindungan dari senyawa radikal bebas

Buah alpukat memiliki manfaat antioksidan untuk kanker sehingga dengan adanya senyawa tersebut kandungan senyawa antioksidan di dalam buah alpukat dapat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari senyawa radikal bebas sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit terutama kanker.

Sponsors Link

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh penderita

Ketika terkena serangan sel kanker, kondisi tubuh akan cenderung menurun drastis sehingga tubuh penderita sangat rentan terserang berbagai macam penyakit. Kalori dalam buah alpukat cukup tinggi, selain itu juga dilengkapi dengan nutrisi yang lengkap seperti vitamin A, B, C, E, dan K sehingga buah alpukat dikenal dengan kaya akan manfaat.

  1. Menghambat perkembangan sel kanker

Sel kanker dapat berkembang dengan cepat. Namun demikian, apabila memperoleh penanganan yang tepat, perkembangan sel kanker dapat dihambat. Salah satu caranya adalah dengan mengurangi protein jahat di dalam tubuh. Ketika tubuh mulai menunjukkan gejala kanker, maka Anda perlu bersikap waspada dan mulai melakukan perubahan gaya hidup. Mengurangi makan gorengan dan memperbanyak konsumsi senyawa antioksidan seperti yang terdapat pada buah alpukat seperti beta carotene, neoxanthin dapat memecah protein jahat sehingga perkembangan sel kanker terhambat kemudian kondisi penderita semakin membaik.

  1. Membantu tubuh dalam melakukan regenerasi sel

Kandungan vitamin C dan E membantu tubuh untuk melakukan regenerasi sel. Manfaat vitamin E untuk kanker yang paling utama adalah untuk mengobati kanker. Hal ini dikarenakan vitamin E membantu distribusi oksigen ke seluruh tubuh sehingga setiap organ tubuh dapat melakukan metabolisme secara optimal dan vitamin C akan memberikan perlindungan terhadap sel tubuh agar tidak mudah rusak dan mempercepat regenerasi sel.

  1. Kaya akan serat

Buah alpukat kaya akan serat, sehingga dinilai menyehatkan. Selain itu dengan kecukupan serat pada tubuh dapat menyehatkan usus sehingga tubuh dapat terbebas dari zat-zat berbahaya. Karena serat dapat mengikat zat yang tidak dibutuhkan tubuh dan mengeluarkan dalam bentuk feses.

  1. Menjaga tekanan darah

Kandungan potasium pada buah alpukat memberikan manfaat untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Dengan adanya tekanan darah yang stabil, secara tidak langsung kondisi pembuluh darah dan jantung dapat terjaga kesehatannya.

Pencegahan

Meskipun buah alpukat kaya akan manfaat, namun untuk merasakan manfaatnya tersebut diperlukan cara pengolahan yang tepat. Banyak orang yang menambahkan susu dan gula dalam mengkonsumsi buah alpukat. Meskipun nikmat, namun ternyata penambahan tersebut dapat mengurangi manfaat dari buah alpukat itu sendiri. Beberapa fakta dan penjelasan berikut ini dapat membantu Anda untuk mengkonsumsi buah alpukat secara tepat.

Sponsors Link

  1. Kalori tinggi

Buah alpukat memiliki kalori dan protein sehat yang cukup tinggi. Sehingga pada dasarnya Anda tidak perlu menambahkan gula ataupun susu dalam mengkonsumsi. Cukup mengupas kulitnya, dan langsung memakan daging buah alpukat. Dalam 100 gram buah alpukat, Anda dapat memperoleh 200 kalori untuk tubuh. Oleh karena itu, jika Anda menambahkan campuran seperti gula dan susu, akan mengurangi manfaat buah alpukat, namun malah dapat menyebabkan obesitas.

  1. Memiliki lemak sehat

Kandungan HDL pada buah alpukat dapat menurunkan kadar LDL dalam darah, sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Banyak orang yang mengatakan bahwa konsumsi alpukat menyebabkan berat badan bertambah pesat. Tentu saja hal ini diakibatkan apabila Anda tidak bisa mengontrol kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Pada penderita kanker, merupakan hal wajib untuk mengontrol kalori yang masuk ke dalam tubuh. Minimal antara kalori yang masuk seimbang dengan yang dikeluarkan tidak kurang dan tidak lebih.

  1. Rendah akan gula

Buah alpukat aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun dengan syarat, konsumsi buah alpukat tanpa tambahan apapun baik gula maupun susu. Ada baiknya Anda melakukan takaran jumlah konsumsi buah alpukat yang baik. Ingat, segala sesuatu yang berlebihan dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi tubuh.

Pada paragraf sebelumnya telah dijelaskan bahwa untuk merasakan manfaat buah alpukat adalah dengan mengkonsumsi tanpa menambahkan gula dan susu. Maka dari itu, Anda dapat mengkonsumsi secara langsung dalam bentuk utuh atau dalam bentuk serut sehingga menyerupai bubur. Jika Anda ingin menambahkan variasi rasa namun tetap menyehatkan, Anda dapat menambahkan madu atau bubuk coklat murni. Mengapa demikian? Madu dan alpukat dapat meningkatkan kelembaban kulit sekaligus nutrsi yang terkandung dapat saling menunjang antara alpukat dan madu. Coklat pun dapat memberikan aroma khas sehingga Anda dapat terhindar dari perasaan mual. Selain itu, coklat memiliki fungsi yang menyerupai alpukat meskipun kandungan vitamin lebih banyak alpukat.

Baca artikel terkait:

Gaya Hidup Sehat Untuk Mencegah Kanker

Buah alpukat telah diketahui kaya akan senyawa antioksidan. Dengan konsumsi buah alpukat secara rutin sesuai dengan kebutuhan kalori tubuh, maka dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Selain itu, buah alpukat memiliki kandungan vitamin lengkap senyawa antioksidan yang dapat memberikan perlindungan pada tubuh dari serangan senyawa radikal bebas. Untuk langkah mencegah kanker, perlu dilakukan hal lain selain konsumsi buah alpukat, seperti:

  • Tidak merokok
  • Tidak mengkonsumsi terlalu banyak alkohol
  • Mengurangi konsumsi olahan daging setengah matang
  • Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak bahan pengawet
  • Melakukan olahraga secara teratur
  • Melakukan medical check up secara rutin
  • Tidak mengkonsumsi obat atau senyawa kimia sembarang seperti pemutih wajah
  • Memberikan perhatian lebih kepada perubahan pada bentuk tubuh. Misalkan, pada kanker payudara, mendeteksi benjolan yang mungkin muncul
ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 09th, June 2016 / 05:09 Oleh :
Kategori : Pencegahan