Sponsors Link

10 Tanda Kanker Tulang – Pengobatan dan Pencegahan

ads

Kanker tulang merupakan salah satu jenis kanker yang terjadi karena adanya kerusakan pada tulang, sehingga mengakibatkan timbulnya kehancuran tulang normal. Kanker ini tidak hanya menyerang orang dewasa saja, anak-anak ataupun remaja dapat terkena penyakit ini.

Ada dua jenis kanker tulang, yaitu kanker tulang primer dan kanker tulang sekunder. Kanker tulang primer adalah kanker yang langsung menyerang pada tulang. Sedangkan, kanker tulang sekunder adalah kanker yang berasal dari anggota tubuh lain kemudian menyerang pada tulang. Kanker tulang dapat menyerang pada setiap anggota tubuh. Tetapi yang paling sering terjangkit adalah tulang kaki dan lengan. (Baca juga: Gejala Kanker Tulang )

Meskipun kanker ini secara umum jarang terjadi khususnya di Indonesia, tapi ada baiknya jika kita mengenali tanda tanda kanker tulang sejak dini. Berikut ini adalah pemaparannya :

  1. Adanya rasa nyeri pada tulang
    Nyeri ini akan terasa pada area yang diserang. Perlu diwaspadai jika nyeri ini terasa terus-menerus. Hal tersebut bisa saja mengindikasikan bahwa Anda mengidap penyakit kanker tulang.
  2. Otot-otot terasa lemah
    Seseorang yang di diagnosa memiliki penyakit kanker tulang, maka ia akan merasakan bahwa otot-ototnya sudah lemah. Hal ini menyebabkan seseorang kehilangan tenaga untuk melakukan aktivitas.
  3. Saat jatuh, tulang bisa retak dengan mudah
    Seseorang yang terkena kanker tulang menyebabkan tulang tersebut mudah sekali retak. Apalagi jika orang tersebut cidera atau jatuh, tulangnya akan sangat mudah retak atau bahkan sampai menjadi rusak.
  4. Kesulitan menggerakkan anggota tubuh
    Jika kanker tulang mulai menyerang, maka anggota tubuh yang terkena kanker tulang akan terasa sulit untuk digerakkan. Hal ini disebabkan karena tulang yang terkena kanker sudah mulai rusak.
  5. Kesemutan
    Tanda ini mungkin terlihat biasa dan setiap orang pasti pernah merasakan kesemutan. Tetapi lain halnya jika kesemutan itu sangat sering dialami dan berlangsung cukup lama. Anda perlu mencurigainya sebagai tanda dari adanya penyakit kanker tulang.
  6. Sering mengalami mati rasa
    Tanda lainnya yang timbul akibat terkena penyakit kanker tulang adalah mati rasa. Mati rasa ini juga dialami pada saat kesemutan. Jika kesemutan tidak berhenti maka akan timbul mati rasa. Segera melakukan pemeriksaan pada dokter ahli.
  7. Penurunan berat badan
    Jika kanker tulang mulai menyerang, maka berat badan seseorang akan tiba-tiba menurun drastis tanpa alasan yang jelas.
  8. Terjadinya kelumpuhan
    Tanda ini merupakan tanda yang paling bahaya. Hal ini disebabkan karena kanker sudah mencapai titik saraf pusat sampai terputus sehingga menyebabkan kelumpuhan.
  9. Adanya pembengkakan pada tulang
    Pembengkakan pada tulang mungkin sulit untuk disadari. Tetapi tanda ini perlu diwaspadai, karena pembengkakan tersebut disebabkan oleh sel-sel kanker yang semakin berkembang biak.
  10. Sering berkeringat, terutama saat malam hari
    Pada saat tidur atau malam hari, seseorang yang terkena kanker tulang akan lebih sering mengeluarkan keringat dan kesulitan untuk tidur.
Sponsors Link

Pencegahan Kanker Tulang

Kasus kanker tulang ini memang jarang terjadi dan memang sulit untuk dikenali gejala-gejalanya. Tetapi kanker ini dapat menyerang semua kalangan dan bisa saja menimbulkan kematian. Meskipun gejalanya sulit untuk dikenali, ada baiknya jika kita melakukan pencegahan agar penyakit tersebut tidak semakin menyebar ke anggota tubuh lainnya. Adapun pencegahan yang bisa dilakukan untuk mencegah atau menghindari penyakit kanker tulang ini, yang akan dipaparkan sebagai berikut.

  • Olahraga teratur. Olahraga menjadi hal yang penting untuk mencegah berbagai macam penyakit, khususnya kanker tulang. Dengan berolahraga secara teratur, tulang akan menjadi lebih kuat dan padat. Lari atau senam merupakan olahraga yang direkomendasikan untuk mencegah kerusakan pada tulang.
  • Menanam vitamin D. Vitamin D sangat baik untuk kesehatan tulang. Kita harus menanam vitamin ini di dalam tulang kita agar kekuatan tulang dapat terjaga. Vitamin D secara alami dapat kita dapatkan dari paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet. Kita dapat berjemur di bawah paparan sinar matahari langsung pada pukul 10 pagi.
  • Biasakan pola hidup sehat. Pola hidup yang sehat merupakan kebutuhan setiap orang untuk memiliki tubuh yang sehat dan tentunya terhindar dari berbagai penyakit yang mungkin mematikan. Pola hidup sehat ini dapat kita lakukan dengan mengkonsumsi makanan empat sehat lima sempurna dalam porsi yang wajar.
  • Hindari makanan yang menyebabkan kanker. Ternyata tidak semua makanan dapat kita makan. Ada beberapa makanan yang harus dihindari untuk mencegah timbulnya kanker, seperti makanan yang mengandung karsiogenik.
  • Hindari rokok dan alkohol. Rokok dan alkohol merupakan hal yang dapat menyebabkan kanker apabila dikonsumsi dalam jumlah yang besar. Segera kurangi atau bahkan hindari kebiasaan tersebut untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Banyak masyarakat yang tidak menyadari adanya penyakit kanker tulang pada dirinya. Sehingga sulit dan bahkan terlambat untuk melakukan pencegahan. Bagi pengidap kanker tulang stadium awal mungkin dapat teratasi dan terselamatkan. Akan tetapi, bagi pengidap kanker tulang stadium akhir ini akan menjadi hal yang sangat sulit dicegah sehingga menimbulkan kematian. Jika kanker sudah terlanjur menyerang, ada hal-hal yang bisa dilakukan dalam pengobatan.

Sponsors Link

Pengobatan Kanker Tulang

Pengobatan kanker tulang dapat dilakukan secara medis ataupun secara herbal. Pengobatan secara medis dapat dilakukan melalui operasi atau pembedahan, terapi radiasi, dan kemoterapi. Sedangkan, pengobatan secara herbal dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan yang didapatkan secara alami untuk mencegah penyakit kanker. Untuk lebih jelasnya dapat disimak pemaparan di bawah ini.

(Baca juga: Kanker Tulang pengobatan dan pencegaannya)

  1. Operasi pengangkatan tulang. Operasi ini dilakukan jika kanker belum menyebar ke anggota tubuh lainnya. Tulang yang terkena kanker akan diangkat kemudian digantikan dengan tulang buatan.
  2. Amputasi. Lain halnya jika kanker tulang sudah menyebar ke anggota tubuh lainnya dan tidak dapat dilakukan dengan pengangkatan tulang saja. Tetapi harus dilakukan amputasi untuk menghindari penyebaran kanker pada anggota tubuh lainnya yang belum terserang.
  3. Kemoterapi. Kemoterapi merupakan metode pengobatan yang melibatkan pemberian sejumlah obat-obatan yang diinfuskan pada pembuluh darah. Pada kasus kanker tulang, kemoterapi dilakukan saat sebelum operasi agar tidak menyerang organ lain dan saat setelah dilakukan operasi agar kanker tidak muncul kembali. (Baca juga : Kemoterapi Kanker )
  4. Radioterapi. Radioterapi merupakan metode pengobatan dengan melakukan pemancaran radiasi untuk menghancurkan sel-sel penyebab kanker tulang. Metode ini dapat dilakukan pada saat sebelum atau sesudah operasi untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Itulah pemaparan dari tanda-tanda adanya kanker tulang berikut cara pencegahan dan pengobatannya. Segera lakukan pemeriksaan pada dokter ahli atau spesialis kanker secara berkala. Alangkah baiknya jika kita melakukan pencegahan daripada pengobatan. Selain itu, kenali sejak dini gejala atau tanda-tanda dari setiap penyakit. Semoga bermanfaat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 03rd, October 2016 / 04:55 Oleh :
Kategori : Kanker Tulang