Sponsors Link

10 Gejala Kanker Tulang Kaki dan Pencegahannya

ads

Tulang merupakan salah satu organ tubuh yang dapat menggerakkan tubuh. Fungsi tulang pada manusia adalah sebagai kerangka penunjang untuk tempat penempelan otot-otot yang dimiliki manusia. Tulang menjadi organ tubuh yang paling kuat bagi manusia, dan setiap bagian tubuh memiliki tulangnya sendiri. Jika tulang mengalami gangguan, maka tubuh manusia akan menjadi rapuh. Ada berbagai penyakit yang dapat menyerang jaringan tulang, salah satunya adalah kanker tulang. (Baca juga: Gejala Awal Kanker Tulang , Ciri ciri Awal Penderita Kanker Otak)

Penyakit kanker dapat menyerang anggota tubuh manapun, bahkan dapat menyerang hingga ke jaringan tulang. Kanker tulang bisa terdapat pada bagian tulang manapun yang ada pada tubuh, tetapi lebih sering terjadi pada tulang lengan dan tulang kaki. Kanker tulang secara umum disebabkan oleh adanya virus atau sel-sel kanker yang menyerang jaringan tulang yang ada pada tubuh. Apabila penyakit kanker menyerang tulang, maka segala pergerakan tubuh akan terganggu. Karena seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tulang memiliki peranan penting dalam menunjang pergerakan tubuh manusia. (Baca juga: Tanda Kanker Tulang  , Tanda tanda Kanker Otak )

Salah satu bagian tulang yang dapat terserang penyakit kanker adalah tulang kaki. Kanker tulang kaki terjadi dimana virus atau sel – sel kanker mulai menggerogoti tulang kaki. Penyakit ini menyebabkan pergerakan pada kaki menjadi sulit karena jaringan pada tulang kaki terganggu dan tulang menjadi lemah. Penyakit kanker tulang kaki ini jelas dapat mengganggu aktivitas sehari – hari, sehingga untuk mencegah hal tersebut terjadi diperlukan perawatan. Perawatan tersebut dilakukan untuk mengendalikan sel – sel agar dapat berkembang secara normal. (Baca Juga: Manfaat Lemon Untuk Kanker , Manfaat Bayam untuk Kanker)

Banyak masyarakat yang mengabaikan gejala yang terjadi akibat penyakit kanker tulang kaki. Sehingga mereka tidak menyadari bahwa penyakit kanker ini sedang mengancam hidupnya, karena penyakit kanker tulang kaki dapat menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani. Oleh sebab itu, kita perlu mengetahui gejala – gejala yang timbul akibat adanya penyakit kanker tulang kaki. Hal ini menjadikan kita untuk lebih menjaga kesehatan tulang kaki dan segera melakukan penanganan. Berikut ini adalah pemaparannya. (Baca juga: Penyebab Kanker Tulang , Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening di Leher)

Gejala Kanker Tulang Kaki

1. Sering terasa nyeri pada tulang kaki

Biasanya nyeri pada tulang khususnya tulang kaki terjadi karena kelelahan akibat banyak melakukan aktivitas. Saat kondisi ini terjadi, seseorang akan melakukan pemijatan pada bagian tulang yang terasa sakit. Bagi orang yang normal atau sehat, rasa nyeri ini dapat mudah hilang terutama setelah melakukan pemijatan. Tetapi lain halnya dengan orang yang terserang penyakit kanker pada tulang kakinya, rasa sakitnya akan sulit hilang meskipun sudah dilakukan pemijatan berkali – kali pada bagian tulang yang sakit. Meskipun rasa sakitnya hilang, ada kemungkinan rasa sakit tersebut muncul kembali tanpa penyebab yang jelas. Jika hal tersebut terjadi, maka perlu diwaspadai adanya penyakit kanker pada tulang kaki. (Baca Juga: Ciri Ciri Kanker Payudara , Gejala Kanker Kulit)

sponsored links

2. Adanya benjolan pada bagian tulang kaki

Adanya benjolan pada bagian tulang kaki akibat adanya penyakit kanker disebabkan karena terjadi perkembangan sel – sel kanker yang menyerang jaringan tulang kaki. Benjolan tersebut akan terasa keras dan sakit apabila ditekan. Bila Anda menyadari hal tersebut maka tidak boleh dibiarkan begitu saja. Karena benjolan ini dapat menyebar ke jaringan tulang yang lainnya. Untuk memastikannya agar lebih akurat, diperlukan pemeriksaan secara medis oleh dokter. (Baca juga: Bahaya Kanker Tulang Belakang , Ciri Benjolan Kanker Payudara dan Cara Pemeriksaannya)

3. Kondisi tubuh menjadi melemah

Melemahnya tulang kaki yang terserang penyakit kanker, akan berdampak pula pada kondisi tubuh. Orang yang terserang penyakit kanker tulang kaki secara perlahan akan melemahkan tubuhnya. Kondisi ini bisa dilihat ketika orang tersebut tidak melakukan aktivitas yang berat tetapi sudah mengalami kelelahan. Hal tersebut menyebabkan menurunnya pergerakan pada tubuh. Kondisi tubuh yang melemah juga disebabkan oleh semakin menyebarnya virus kanker pada jaringan tubuh yang lainnya. Bahkan akan terasa seolah – olah terjadi kelumpuhan pada kaki. Segera lakukan pemeriksaan medis untuk mendeteksi adanya penyakit kanker pada tulang kaki. (Baca Juga: Gejala Kanker Usus Besar , Ciri-ciri Kanker Rahim)

Penurunan berat badan

Gejala ini sangat umum terjadi pada orang yang mengidap penyakit kanker. Penurunan berat badan secara drastis dan tanpa sebab yang jelas dapat terjadi pada orang yang di diagnosa mengidap penyakit kanker tulang kaki. Kondisi ini bisa disebabkan karena sel – sel kanker yang ada pada tulang kaki mulai menggerogoti nutrisi yang ada dalam tubuh. Sehingga akan menyebabkan penurunan berat badan secara drastis.

Baca juga:

5. Terjadi pembengkakan atau peradangan pada kaki

Selain adanya benjolan pada kaki, pembengkakan pada kaki juga dapat terjadi pada orang yang terindikasi mengidap penyakit kanker tulang kaki. Belum diketahui secara jelas penyebab dari adanya pembengkakan ini. Namun, secara umum kondisi tersebut terjadi karena sel – sel kanker semakin menyerang jaringan tulang kaki sehingga terjadi peradangan atau pembengkakan. Pembengkakan pada kaki ini mungkin akan sulit disadari, karena pembengkakan tersebut timbul secara tiba – tiba tanpa alasan yang jelas. (Baca Juga: Gejala Umum Kanker Empedu , Ciri Ciri Kanker Lambung)

6. Mengalami demam dan tubuh menjadi menggigil

Demam menjadi gejala yang juga sangat umum terjadi pada orang yang terkena penyakit kanker. Selain itu, penyebabnya dapat timbul dari berbagai faktor. Sama halnya dengan orang yang mengidap penyakit kanker tulang kaki, ia akan mulai merasakan demam dan tubuhnya menjadi menggigil. Hal ini disebabkan karena daya tahan tubuh semakin melemah akibat sel – sel kanker tersebut. (Baca juga: Ciri-ciri Kanker Tulang Wajib Diketahui )

7. Sering berkeringat di malam hari

Kondisi ini pun merupakan gejala umum yang dialami oleh orang yang mengidap penyakit kanker. Keluarnya keringat secara berlebih pada malam hari mengindikasikan adanya penyakit kanker pada tubuh, termasuk penyakit kanker tulang kaki. Bila hal ini sering terjadi, maka harus segera melakukan pemeriksaan oleh dokter untuk mendapatkan penanganan berupa pencegahan atau pengobatan.

8. Rawan terjadi patah tulang pada kaki

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika penyakit kanker tidak segera ditangani maka akan membuat kondisi tulang semakin lemah. Apabila struktur tulang pada kaki menjadi lemah, maka akan rawan terjadi patah tulang pada berbagai kondisi. Hal tersebut dikarenakan sel – sel kanker secara terus menerus menyerang jaringan tulang kaki tanpa adanya penanganan lebih lanjut. (Baca Juga: Gejala Kanker Tulang Sesuai Jenisnya)

9. Terlihat pincang pada saat berjalan

Dampak dari melemahnya tulang kaki akibat adanya penyakit kanker dapat terlihat pada saat berjalan. Orang yang terkena penyakit kanker pada tulang kaki ketika berjalan akan terlibat pincang dan terlihat tidak seimbang. Meskipun demikian, gejala ini tidak hanya disebabkan oleh penyakit kanker. Terdapat penyebab lain yang bisa menimbulkan kondisi ini. Untuk mengetahuinya secara jelas, hal yang harus dilakukan adalah pemeriksaan melalui metode kedokteran atau medis. (Baca juga: Penyebab Kanker Tulang Berdasarkan Jenisnya )

10. Penurunan nafsu makan

Menurunnya nafsu makan juga dapat timbul akibat adanya penyakit kanker pada tulang kaki. Hal ini terjadi karena kondisi tubuh yang semakin sulit menerima asupan nutrisi yang ada pada makanan, sehingga nafsu makan menjadi menurun. Tetapi hal ini tidak selamanya menjadi indikator adanya penyakit kanker pada tulang kaki. (Baca juga: Gejala Kanker Tulang Berdasarkan Jenisnya )

Adanya penyakit kanker pada tulang, khususnya tulang kaki bisa saja disebabkan karena kurangnya perhatian kita terhadap kesehatan tulang. Banyak orang yang mengabaikan kesehatan tulang sehingga tanpa mereka sadari sel – sel kanker tersebut muncul dan mulai menggerogoti jaringan tulang. Terkadang gejala – gejala kanker tulang tersebut di atas tidak disadari langsung oleh setiap orang. Sehingga penyakit kanker menjadi semakin parah. Selain mengetahui gejala yang mungkin terjadi tersebut, dapat juga dilakukan pemeriksaan menggunakan peralatan medis yang dilakukan oleh dokter. Tetapi bila kita sudah mengetahui berbagai gejala tersebut, ada baiknya jika kita melakukan pencegahan sejak dini, dengan menjaga kesehatan tulang Berikut ini adalah pemaparannya. (Baca juga: Manfaat Singkong Untuk Kanker )

Sponsors Link

Cara Mencegah Kanker Tulang Kaki

  1. Tidak mengkonsumsi minuman yang mengandung soda.

Hal ini dikarenakan minuman bersoda dapat merusak struktur jaringan yang ada pada tulang. Sebaiknya, kurangi dan bahkan hindari minuman tersebut.

  1. Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin D.

Vitamin D pada makanan terkandung dalam berbagai macam olahan susu dan sayuran berwarna hijau. (Baca Juga: Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Kanker)

  1. Hindari rokok dan minuman beralkohol.

Seperti yang telah kita ketahui, rokok dan minuman yang mengandung alkohol dapat mengganggu kondisi kesehatan organ tubuh kita. Oleh sebab itu, hindari dua hal tersebut agar kita tidak terserang berbagai macam penyakit berbahaya. (Baca Juga: Pengaruh Rokok Terhadap Kanker Serviks)

  1. Berolahraga dengan teratur.

Olahraga sangat jelas dapat menjaga kesehatan struktur tulang. Selain itu, dengan melakukan olahraga secara teratur dapat menyehatkan organ tubuh yang lainnya. (Baca Juga: Manfaat Jahe Untuk Penderita Kanker)

  1. Sering berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari.

Paparan sinar mentari mengandung vitamin D yang alami yang baik untuk kesehatan tulang. Lakukan hal tersebut mulai jam 7 pagi sampai dengan jam 10 pagi, karena pada jam tersebut adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan vitamin D dari sinar matahari.

Itulah pemaparan mengenai gejala dari penyakit kanker tulang kaki beserta cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit kanker tulang, khususnya pada tulang kaki. Semoga bermanfaat. (Baca juga: Ciri-ciri Kanker Lambung Stadium Awal )

 

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Sunday 13th, November 2016 / 02:19 Oleh :
Kategori : Kanker Tulang