Sponsors Link

9 Gejala Kanker Tulang – Jenis, Penyebab dan Diagnosis

ads

Kanker merupakan jenis penyakit yang mematikan. Kanker ini dapat menyerang bagian tubuh mana saja pada manusia. Salah satu bagian tubuh manusia yang dapat diserang oleh sel kanker adalah tulang. Sel kanker yang menyerang pada bagian tulang sering disebut dengan kanker tulang. Kanker tulang ini juga seringkali disebut dengan penyakit tumor tulang oleh sebagian orang. (Baca juga: Penyebab Kanker Tulang )

Jenis-Jenis Kanker Tulang

Penyakit kanker tulang ini terbagi menjadi dua jenis. Dua jenis kanker tulang ini akan dipecah lagi menjadi beberapa jenis. Namun, pada dasarnya kanker tulang dibagi menjadi dua jenis, yakni kanker tulang primer dan sekunder. (Baca juga: Kanker Tulang dan Pengobatannya Secara Umum ).

1. Kanker tulang primer

Kanker tulang disebut sebagai kanker tulang primer ketika kanker tersebut tumbuh/ muncul dan berkembang langsung di dalam tulang. Atau sel kanker yang menyebabkan penyakit kanker ini bersumber dari dalam tulang itu sendiri. (Baca juga: Gejala Awal Kanker Tulang , Ciri ciri Awal Penderita Kanker Otak)

Bila dilihat dari bagian tulang ynag diserang, maka kanker tulang primer ini dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:

  1. Chondrosarcoma, yaki kanker tulang yang menyerang pada bagian panggul, bahu, dan juga bagian atas pada kaki. Dan sel kanker ini berasal dari jaringan tulang rawan. (Baca juga: Tanda Kanker Tulang )
  2. Osteosarcoma, yakni kanker tulang ynag terjadi pada bagian lengan atas dan juga lutut. Dan sel kanker berasal dari jaringan osteoid yang dimiliki oleh tulang.
  3. Ewing sarcoma, yakni kanker tulang yang umumnya menyerang pada bagian tulang lengan dan juga tulang kaki, dan juga tulang panggul dan juga tulang punggung. Sel kanker jeis ini berasal dari jaringan syarafat primitif pada jaringan lunak (minsalnya jaringan fibrosa, pembuluh darah, lemak, dan jaringan otot). (Baca juga:Bahaya Kanker Tulang Belakang)

2. Kanker tulang sekunder

Kanker tulang disebut sebagai kanker tulang sekunder ketika kanker tersebut berasal dari bagian tubuh yang lain yang kemudian menjalar ke tulang. Atau bisa dikatakan kanker tulang sekunder adalah kanker yang sel- selnya bersumber dari bagian tubuh yang lain yang juga terkena kanker kemudian kanker tersebut menjalar ke tulang hingga akar- akarnya. (Baca Juga : Ciri Ciri Kanker Tulang)

Penyebab Kanker Tulang

Timbulnya penyakit kanker bisa disebabkan karena berbagai hal yang menyerang tubuh manusia. Termasuk juga kanker tulang ini. Meskipun penyebab secara pasti dari kanker tulang ini belum diketahui secara pasti, namun ada dugaan kanker tulang ini disebabkan oleh adanya perubahan- perubahan atau mutasi di struktur DNA yang dapat mengendalikan pertumbuhan sel sehingga akan menyebabkan sel- sel tersebut tumbuh hingga di luar kendali. Sel- sel yang tumbuh diluar kendali ini kemudian bertumpukan dan menjadi tumor yang pada akhirnya menyerang struktur tulang yang berada di dekatnya. Bahkan ketika kondisinya semakin parah, maka tumor ini akan menyebar ke bagian tubuh yang lainnya. (Baca juga: Ciri Benjolan Kanker Payudara dan Cara Pemeriksaannya , Tanda tanda Kanker Otak )

sponsored links

Kanker tulang dapat menyerang tubuh manusia karena disebabkan oleh beberapa hal atau faktor sebagai berikut:

  1. Adanya pertumbuhan tulang yang cepat pada pubertas.
  2. Seringkali menjalani terapi radiasi eksternal dalam dosis yang cukup besar atau pengobatan dengan suatu obat anti kanker tertentu.
  3. Beberapa orang pengidap kanker tulang disebabkan karena adanya keturunan dari orang tua atau leluhur yang pernah mengalami kanker tulang.
  4. Terlalu sering terkena paparan sinar radiasi. Sinar radiasi ini bisa diperoleh dari pengobatan tertentu. Misalnya sebelumnya penderita pernah menjalani radioterapi. (Baca Juga: Manfaat Lemon Untuk Kanker , Manfaat Bayam untuk Kanker)
  5. Mempunyai cacat keturunan dari tulang tertentu.
  6. Pernah mengidap riwayat suatu jenis kanker, yakni kanker mata yang biasa disebut dengan retinoblastoma ketika kecil atau masa kanak- kanak.
  7. Mempunyai penyakit hernia umbilitikus sejak lahir.
  8. Mengidap penyakit Paget, yakni suatu kondisi yang bisa menyebabkan tulang menjadi lemah.

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kanker tulang. Kanker tulang ini dapat terjadi karena salah satu penyebab atau beberapa penyebab tersebut. Selanjutnya terjadinya kanker tulang ini dapat diketahui melalui beberapa gejala tertentu. Beberapa gejala terjadinya kanker tulang ini akan ita bahas pada artikel ini. (Baca Juga: Ciri Ciri Kanker Payudara , Gejala Kanker Kulit)

Gejala Kanker Tulang

Pada umumnya, gejala kanker tukang yang sering mucul yang dirasakan oleh penderita adalah adanya rasa neyri pada tulang, adanya pembengkakan pada tulang, batuk- batuk, nyeri pada dada, dan juga berat badan menjadi turun. Pada kesempatan ini kita akan membahas lebih detail mengenai gejala- gejala kanker tulang, sehingga pembaca akan mengetahui apa saja yang akan menjadi tanda datangnya penyakit kanker tulang ini. (Baca juga: Gejala Kanker Tulang )

  1. Nyeri tulang

Gejala pertama yang menandai datangnya penyakit kanker tulang adalah adanya rasa nyeri yang kita rasakan pada tulang. Tidak semua bagian tulang akan terasa nyeri. Nyeri ini terjadi pada bagian tulang yang diserang saja. Meskipun demikian, nyeri yang melanda ini semakin lama akan semakin meningkat serta memburu. Nyeri ini akan semakin tersasa ketika tulang tersebut digerakkan atau ketika malam hari tiba. Gejala nyeri tulang ini ketika terjadi pada orang dewasa terkadang disalah artikan sebagai radang sendi oleh beberapa orang. Sedangkan nyeri tulang yang terjadi pada anak- anak atau usia remaja, terkadang disalahartikan sebagai efek samping dari pertumbuhan tulang. Alangkah lebih baik apabila kita segera memeriksakan diri ke dokter apabila kita atau anak- anka mengalami nyeri tulang ini secara terus menerus selama kurang lebih tiga hari atau lebih, agar diketahui dengan pasti apa sebenarnya penyebab tersebut. (Baca Juga: Gejala Kanker Usus Besar , Ciri-ciri Kanker Rahim)

  1. Pelemahan pada tulang

Gejala kedua yang menandari datangnya kanker tulang adalah terjadinya pelemahan tulang. Kanker tulang merupakan penyakit yang menyebabkan tulang menjadi rapuh atau lemah. Kanker tulang yang sudah para, bahkan akan menyebabkan tulang mudah sekali patah meskipun hanya karena cidera kecil saja. (Baca juga: Gejala Kanker Tulang Berdasarkan Jenisnya )

  1. Pembengkakan pada tulang

Gejala selanjutnya yang menandai datangnya kanker tulang akadalah terjadinya pembengkakan pada tulang. Daerah di sekitar tulang yang terkena kanker akan mengalami pembengkakan berwarna merah atau kemerahan. Pembengkakan yang terjadi di dekat sendi tulang maka akan menyebabkan sendi tersebut menjadi sulit untuk digerakkan. (Baca Juga: Gejala Umum Kanker Empedu , Ciri Ciri Kanker Lambung)

  1. Tubuh terasa cepat lelah

Gejala selanjutnya dari terjadinya kanker tulang adalah tubuh terasa cepat lelah. Bagaimanapun juga semua aktivitas harian manusia tidak lepas dari namanya tumpuan tulang. Ketika tulang sendiri sedang sakit maka akan kehilangan sebagian kekuatannya untuk dapat menunjang aktivitas harian manusia. Hal ini mengakibatkan tubuh manusia menjadi cepat lelah dan tidak seperti sehari- harinya.

  1. Berat badan menurun

Gejala kanker tulang salah satunya adalah penurunan berat badan. Kanker merupakan penyakit yang sangat berat dan berbahaya, sehingga kedatangan kanker pun akan membuat tubuh menjadi kehilangan sedikit demi sedikit berat badannya. Hal ini yang menyebabkan berat badan menjadi turun. Namun perlu diketahui bahwasannya turunnya berat badan ini bukanlan menjadi satu- satunya gejala dari terjadinya kanker tulang. Selain itu berbagai penyakit lain juga ditandai dengan turunnya berat badan. Maka dari itu alangkah lebih baik apabila kita juga melihat gejala- gejala lainnya yang terjadi.

Baca juga:

  1. Sering demam

Gejala yang selanjutnya dari kanker tulang adalah seringnya terjangkit demam pada penderita. Demam yang terjadi karena kedatangan kanker tulang ini terkadang bisa membuat pendeita sangat menggigil. Jika sesorang seringkali mengalami demam, maka sebaiknya memeriksakan kesehatan Anda pada dokter, mengingat demam yang terlalu sering ini merupakan pertanda yang tidak baik bagi kesehatan. Sehingga ketika seseorang seringkali mengalami demam, maka akan diketahui penyebab terjadinya demam yang terlalu sering tersebut. Mengingat demam bukanlah satu- satunya gejala yang menandai terjadinya penyakit kanker tulang. (Baca juga: Ciri-ciri Kanker Tulang Wajib Diketahui )

  1. Seringnya mengeluarkan keringat, terutama pada malam hari

Kanker tulang memiliki salah satu gejala yakni penderita seringkali mengalami berkeringat. Terutama keringat tersebut terjadi pada malam hari. Sehingga bagi Anda yang seringkali mengalami berkeringat banyak, terutama pada malam hari, maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Mengingat adanya keringat yang berlebihan ini juga bukan merupakan seseuatu yang baik untuk tubuh dan juga untuk kesehatan. Maka dengan memerikasakan diri ke dokter akan membuatnya menjadi lebih baik. (Baca Juga: Gejala Kanker Tulang Sesuai Jenisnya)

  1. Adanya benjolan pada tulang

Gejala yang selanjutnya dan merupakan gejala yang bisa dikatakan paling khusus dari terjadinya kanker tulang ini adalah adanya benjolan yang terdapat pada tulang. Penyakit kanker tulang ini juga biasa disebut dengan penyakit tumor tulang. Sehingga penyakit kanker tulang juga ditandai dengan adanya benjolan ynag terdapat pada tulang. (Baca juga: Penyebab Kanker Tulang Berdasarkan Jenisnya )

  1. Turunnya kepekaan

Gejala yang selanjutnya dari kanker tulang adalah turunnya kepekaan penderita kanker tulang, terutama pada indera peraba atau sentuhan. Pada saat datangnya kanker tulang ini maka sevara tidak sadar kita mengalami peradangan yang akan membuat syaraf pusat terganggu. Hal inilah yang akan membuat penderita mengalami penurunan kepekaan. Penurunan kepekaan yang dimaksud adalah mulai sulitnya merasakan suhu yang panas atau dingin saat penderita menyentuh sesuatu. (Baca juga: Manfaat Singkong Untuk Kanker )

Itulah beberapa gejala yang menandai terjadinya kanker tulang. Namun perlu kita ketahui bahwa kecurigaan terhadap timbulnya kanker tulang ini perlu dikeluarkan ketika tidak hanya satu gejala saja yang terjadi, namun beberapa gejala yang terjadi dan terjadi secara beriringan. Hal seperti inilah yang menuntut perlunya ada kecurigaan terhadap terjadinya kanker tulang. Dan untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya apakah seseorang benar mengidap kanker tulang, maka perlu untuk mengonsultasikan diri kepada dokter agar diketahui secara pasti apa penyebab dari terjadinya gejala- gejala tersebut. (Baca Juga: Kanker Payudara Stadium 3 , Kanker Serviks Stadium 3)

Sponsors Link

Diagnosis Kanker Tulang

Penyakit kanker tulang ini dapat diketahui keberadaannya di dalam tubuh manusia apabila seseorang melakukan diagnosis terhadap penyakit tersebut. Tempat yang paling tepat untuk menanyakan apakah seseorang menderita penyakit kanker tulang ini adalah dokter. Ketika pergi ke dokter, maka ceritakanlah mengenai gejala- gejala yang kita rasakan kepada dokter, kemudian dokter akan melakukan beberapa tes untuk menguji apakah orang tersebut benar terjangkit kanker tulang ataupun tidak. (Baca Juga: Gejala Kanker Paru-paru Stadium 4 , Kanker Usus Besar Stadium 4)

Beberapa tes yang akan dilakukan oleh dokter untuk mengetahui adanya penyakit kanker tulang adalah sebagai berikut:

1. Tes darah

Dengan melakukan tes darah maka dokter akan bisa mengetahui ada atau tidaknya penyakit kanker tulang melalui perubahan dalam darah. Manfaat lain dari tes darah ini adalah untuk memastikan bahwa pasien tidak menderita penyakit atau kondisi lain. (Baca juga: Gejala Kanker Lambung Stadium Awal )

2. Sinar- X

Jenis tes lain yang akan dilakukan oleh dokter untuk mnegetahui apakah ada penyakit kanker darah di dalam tubuh adalah dengan melakukan sinar- X. Melalui tes Sinar- X maka akan dapat diketahui apakah ada kerusakan tulang yang dialami oleh seseorang yang disebabkan oleh kanker atau penyebab lainnya. Selain kerusakan tulang, dengan terapi sinar X-ray ini juga akan bisa mengetahui adanya petumbuhan tulang yang tidak wajar.  (Baca Juga: Operasi Kanker Serviks)

3. Biopsi

Tes selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mendeteksi terjadinya kanker tulang adalah dengan tes Biopsi. Biopsi, selain bisa mendeteksi adanya kanker tulang juga bisa melihat seberapa parah penyakit tersebut bila penyakit kanker tulang benar- benar ada. (Baca Juga: Biopsi Kanker )

4. CT scan

CT scan dapat dilakukan untuk mengetahui apakah kanker tulang yang ada di dalam tubuh sudah menyebar ataukah tidak. (Baca Juga: Gejala dan Ciri Ciri Kanker Otak)

5. MRI scan

Melalui tes MRI scan ini dapat diketahui tingkat keparahan penyebaran kanker yang ada di dalam tubuh seseorang. (Baca juga: Cara Diagnosis Kanker Otak)

Itulah serangkaian tes yang bsa dilakukan oleh dokter untuk mengetahui adanya kanker tulang serta mengetahui keadaan kanker tulang yang ada di dalam tubuh manusia. Beberapa hal yang berhubungan dengan kanker tulang sudah dibahas dalam artikel ini. (Baca Juga: Bahaya Radiasi HP Menyebabkan Kanker Otak , Penyebab Kanker Kulit)

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 05th, December 2016 / 08:32 Oleh :
Kategori : Kanker Tulang