Sponsors Link

5 Gejala Awal Kanker Tulang Paling Berbahaya

ads

Kanker tulang merupakan suatu penyakit dimana sel sel kanker menyerang jaringan normal tulang. Kanker ini biasanya menyerang tulang yang ada di kaki dan lengan. Kanker tulang dapat menyerang siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Bagi anak-anak, penyakit ini akan menghambat proses pertumbuhan.

Sampai saat ini belum diketahui secara jelas penyebab dari penyakit kanker tulang. Para ahli mengatakan bahwa penyakit ini disebabkan oleh adanya kesalahan dalam sel DNA. Sel DNA tersebut tumbuh dan berkembang secara tidak terkendali. Kemudian sel tersebut menyerang tulang yang ada disekitarnya, sehingga menyebabkan penyakit kanker tulang. (Baca juga: Penyebab Kanker Tulang )

Penyakit kanker tulang sangat berbahaya karena dapat menyerang siapa saja dari setiap usia. Gejala awal yang dirasakan memang sulit untuk dikenali. Karena orang akan cenderung keliru membedakan antara gejala kanker tulang dengan nyeri persendian. Meskipun penyakit ini sangat jarang dialami, tetapi ada baiknya jika kita mengenali sejak dini dari gejala awal kanker tulang tersebut. Berikut ini merupakan pemaparannya. (Baca juga: Gejala Kanker Tulang )

  1. Sering merasakan nyeri pada persendian

Orang yang mengidap kanker tulang, cenderung lebih sering merasakan nyeri pada tulang atau persendiaannya. Nyeri tulang yang dirasakan akan berlangsung lama dan sulit untuk dihilangkan. Bagi orang awam, nyeri yang dirasakan diasumsikan sebagai nyeri yang disebabkan karena keseleo. Pada dasarnya, nyeri yang dirasakan karena adanya kanker tulang dan keseleo memang sulit untuk dibedakan. Keseleo akan mudah diobati dan nyeri yang dirasakan akan cepat menghilang. Lain halnya dengan kanker tulang yang sulit untuk disembuhkan. Jika nyeri tulang tersebut sangat sering dirasakan, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan untuk mendiagnosa adanya penyakit kanker tulang. (Baca Juga : Ciri Ciri Kanker Tulang)

  1. Terjadi pembengkakan di daerah sekitar tulang

Pembengkakan ini disebabkan karena sel kanker sudah semakin berkembang dan menyebar ke organ tubuh lainnya. Biasanya, pembengkakan terjadi di daerah sekitar tulang serta berwarna kemerahan. Dampak dari pembengkakan ini yaitu pada persendiaan yang akan sulit untuk digerakkan dan melemahkan fungsi tulang.

  1. Anggota tubuh menjadi sulit bergerak

Gejala awal lainnya yang dapat dikenali dari adanya penyakit kanker tulang adalah kesulitan dalam menggerakkan anggota tubuh. Hal ini disebabkan karena sel – sel kanker sudah mulai menyerang anggota tubuh disekitarnya dan melemahkan fungsi dari tulang itu sendiri. Jika kanker sudah menyerang anggota tubuh lain, dampaknya akan sangat berbahaya. Bahkan dapat menekan saraf sehingga menyebabkan mati rasa pada tulang. (Baca juga: Bahaya Kanker Tulang Belakang)

sponsored links

  1. Terjadi patah tulang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kanker tulang dapat menyebabkan tulang yang terkena kanker menjadi lemah dan tidak dapat berfungsi dengan baik. Jika penyakit ini sudah mulai parah, maka pengidapnya akan mudah sekali jatuh. Kemudian tulangnya akan mudah cidera dan patah, meskipun jatuh biasa atau cidera kecil.

  1. Gejala umum lainnya yang dirasakan

Orang yang mengidap kanker tulang biasanya akan mudah mengalami kelelahan meskipun melakukan aktivitas yang ringan. Hal ini disebabkan karena daya tahan tubuh sudah semakin melemah yang disebabkan oleh sel kanker yang terus menyerang organ tubuh lainnya. Selain itu, orang penderita kanker tulang akan mengalami demam yang cukup lama dan sulit untuk disembuhkan. Kemudian pada malam hari menjadi sering mengeluarkan keringat berlebih, serta berat badan menjadi turun tanpa sebab yang jelas. (Baca juga: Tanda Kanker Tulang ).

Seperti penyakit kanker lainnya, kanker tulang memiliki beberapa tahapan perkembangan atau stadium. Setiap tahapan akan mengalami gejala yang berbeda. Tahapan – tahapan tersebut dapat terlihat jika gejala yang dirasakan sudah semakin parah. Ada empat tahapan yang menentukan tingkat keparahan dari penyakit kanker tulang. Tahapan perkembangan kanker tulang tersebut adalah sebagai berikut. (Baca juga: Penyebab Kanker Tulang).

  • Stadium 1. Pada tahapan ini, penyakit kanker tulang masih ringan. Karena pada stadium 1 sel kanker masih berada pada satu bagian tulang saja dan belum menyebar ke organ tubuh lainnya. Jika pengidap kanker tulang masih berada pada tahap ini, maka penyakit kanker tulang bisa disembuhkan apabila segera ditangani. Gejala yang dirasakan masih ringan, namun harus tetap melakukan perawatan dan pengobatan secara intensif agar kanker tidak semakin parah dan tidak menyebar ke anggota tubuh lainnya. (Baca juga: Gejala Kanker Paru paru Stadium 1 , Gejala Awal Kanker Otak)
  • Stadium 2. Tahapan ini hampir sama dengan stadium satu. Dimana sel kanker baru menyerang satu bagian tulang saja dan belum mulai menyebar. Akan tetapi, pada tahap ini sel – sel kanker sudah terlihat agresif. Hal tersebut menunjukkan bahwa sel kanker akan segera menyebar ke anggota tubuh lainnya. Oleh sebab itu, segera lakukan penanganan lebih lanjut agar kanker tidak menyebar. (Baca juga: Kanker Tulang dan Pengobatannya Secara Umum ).
  • Stadium 3. Stadium 3 adalah suatu tahapan dimana kanker sudah mulai menyebar ke lebih dari satu daerah tulang. Pada tahap ini, kanker tulang akan cenderung sulit untuk diobati, karena kanker sudah menyerang pada tulang lainnya. (Baca Juga: Kanker Payudara Stadium 3 , Kanker Serviks Stadium 3)
  • Stadium 4. Pada tahap ini, kanker menyerang tidak hanya pada tulang di daerah sekitarnya yang terkena kanker. Akan tetapi, sel – sel kanker tersebut sudah mulai menyerang ke organ tubuh bagian dalam lainnya. Segera lakukan penanganan yang memungkinkan dapat menghentikan pertumbuhan kanker tulang yang semakin parah. (Baca Juga: Gejala Kanker Paru-paru Stadium 4 , Kanker Usus Besar Stadium 4)

Tahapan – tahapan dari kankter tulang tersebut pada dasarnya bisa ditangani sejak dini, terutama jika kanker tulang masih berada pada stadium awal. Untuk mengetahui secara akurat mengenai tingkatan dari kanker tulang yang sedang dialami, dapat dilakukan pemeriksaan atau diagnosis. Diagnosis ini akan membantu dokter dalam melakukan pengobatan terhadap pasien yang mengidap penyakit kanker tulang. Pemeriksaan atau diagnosis dilakukan melalui beberapa jenis tes yang berbeda. Jenis – jenis tes tersebut adalah sebagai berikut. (Baca juga: Gejala Kanker Lambung Stadium Awal )

  • Tes darah

Tes darah merupakan metode yang dilakukan untuk mengetahui adanya penyakit kanker tulang melalui perubahan yang terjadi di dalam darah. Adapun kegunaan lain dari metode ini adalah untuk memastikan bahwa pasien bukan menderita penyakit lain.

  • Biopsi

Biopsi merupakan metode diagnosis yang dilakukan dengan cara pengambilan sampel dari tulang yang terindikasi penyakit kanker tulang. Kemudian sampel tersebut diteliti lebih lanjut oleh dokter di laboratorium. Kegunaan dari tes ini yaitu untuk mengetahui keberadaan kanker tulang pada tubuh pasien. Selain itu, metode ini dapat mengetahui tingkatan dari keparahan penyakit kanker tulang yang dialami oleh pasien. Metode biopsi diyakini sebagai metode yang paling akurat untuk mendiagnosis penyakit kanker tulang. (Baca Juga: Biopsi Kanker )

  • Pemindaian dengan sinar X

Metode ini adalah metode diagnosis yang dilakukan dengan cara pemindaian melalui sinar x-ray. Tes ini dapat mengetahui adanya kerusakan pada tulang yang dialami oleh pasien yang mengidap penyakit kanker tulang. Selain itu, kegunaan tes ini dapat mengetahui adanya pertumbuhan tulang yang tidak wajar akibat penyakit kanker tulang. (Baca Juga: Operasi Kanker Serviks)

  • Pemindaian tulang

Pemindaian tulang merupakan metode yang dilakukan dengan cara menyuntikkan sejumlah bahan yang mengandung radioaktif ke dalam pembuluh darah. Kemudian bahan radioaktif tersebut nantinya akan diserap oleh tulang. Tingkat penyerapan dapat diketahui apabila tulang tersebut bermasalah. Tulang yang bermasalah atau tidak normal akan lebih cepat dalam melakukan penyerapan daripada tulang yang tidak bermasalah atau normal. Metode ini dinilai lebih akurat dan lebih rinci dalam mendapatkan informasi mengenai tulang dibandingkan dengan pemeriksaan yang dilakukan melalui sinar X. (Baca Juga: Bahaya Radiasi HP Menyebabkan Kanker Otak , Penyebab Kanker Kulit)

Sponsors Link

  • MRI Scan

MRI Scan merupakan metode atau tes yang dilakukan dengan cara pemindaian melalui gelombang radio dan medan magnetik. Tes ini dapat mengetahui tingkat keparahan dari penyebaran kanker yang ada di dalam tulang. Metode hasil dari MRI Scan ini adalah berupa gambar digital yang nantinya akan dipelajari oleh dokter. Kualitas gambar yang dihasilkan memiliki resolusi yang tinggi, sehingga membantu dokter dalam melakukan diagnosa. Selain itu, gambar yang dihasilkan dari MRI Scan ini terlihat lebih rinci dan jelas. (Baca juga: Cara Diagnosis Kanker Otak)

  • CT Scan

Metode ini berguna untuk mengetahui adanya penyebaran kanker tulang pada organ tubuh lain yang ada disekitarnya. CT Scan merupakan metode yang dilakukan dengan menggunakan rangkaian sinar X dan bantuan komputer. Hasil yang didapatkan berupa gambar bagian tubuh dalam bentuk tiga dimensi. Gambar ini dapat membantu dokter dalam melakukan diagnosis terhadap pasien, karena gambar yang dihasilkan lebih terlihat rinci. (Baca Juga: Gejala dan Ciri Ciri Kanker Otak)

Itulah pemaparan mengenai gejala awal kanker tulang. Gejala yang dirasakan akan berbeda sesuai dengan tingkat keparahan kanker. Agar dapat mendeteksi adanya penyakit ini secara lebih akurat, dapat dilakukan berbagai metode pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter. Semoga bermanfaat. (Baca juga: Ciri Kanker Usus 12 jari)

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 18th, October 2016 / 01:24 Oleh :
Kategori : Kanker Tulang