Sponsors Link

30 Penyebab Kanker Tulang Berdasarkan Jenisnya

ads

penyebab-kanker-tulangKanker tulang adalah kanker ganas yang menghancurkan tulang normal.  Dimana kanker ganas ini di mulai dari jaringan tulang yang kanker tulang prrimer.  Kanker ini tumbuh dan menyebar ke tulang seperti payudara yang bisa mengakibatkan kanker payudara, paru-paru, prostat((cancer.gov ,Bone Cancer, di akses 08 Desember 2014)).

Kanker tulang tidak di sebabkan karena mutasi DNA, kanker tulang merupakan hasil dari mutasi hidup seseorang.  Mutasi ini disebabkan karena radiasi atau bahan kimia yang bisa menyebabkan kanker.  Para ilmuwan mencoba untuk mengetahui penyebab terjadinya kanker tulang dan mencoba mengetahui lebih lanjut penyebabnya.

Kanker tulang terbagi menjadi lima bagian yang di sesuaikan dengan jenis sel kanker mulai tumbuh, yaitu :

Kanker Tulang “Osteosarkoma”

Kanker ini menyebar pada sel-sel tulang dan banyak terjadi pada anak-anak dan dewasa.  Penyebab((bonecancerresearch.org.uk ,Causes of osteosarcoma, di akses 08 Desember 2014)) :

  1. Radiaoterapi.  Pengobatan ini dapat merusak DNA sel-sel tulang dan menjadikan sel-sel menjadi kanker tulang.
  2. Kelainan tulang.  Tulang yang memiliki kelainan seperti penyakit paget bone, dimana penyakit ini bisa menyebabkan kanker tulang.
  3. Genetik predisposisi: kelainan gen bisa di sebabkan karena keturunan dari orangtua, yang kemungkinan besar bisa berkembang menjadi kanker.
  4. Umur.  Kanker jenis osteosarkoma lebih sering terserang pada anak-anak usia 10 tahun dan orang dewasa pada usia 24 tahun.  Dan pada umur 24 ini lah perkembangan dan pertumbuhan kanker sangat cepat sekali.
  5. Tinggi badan.  Tinggi badan bisa sangat rentan terjadinya kanker tulang, karena pertumbuhan tulang yang cepat dapat dengan mudah menyebabkan kanker tulang.
  6. Jenis kelamin.  Di bandingkan dengan perempuan, laki-laki lebih beresiko terkena lebih tinggi kanker tulang.  Ini di karenakan laki-laki badannya kebih tinggi di bandingkan dengan perempuan.
  7. Li-fraumeni sindrom. Sindrom ini merupakan merupakan salah satu penyebab resiko terbesar terkenanya kanker tulang, karena di sebabkan oleh kerusakan yang di wariskan oleh gen yang merupakan salah satu gen pencegah kanker.
  8. Rothmund thomson sindrom.  Sindrom ini merupakan salah satu sindrom yang banyak mempengaruhi pertumbuhan yang sangat lambat, ruam kulit, dan pembentukan tulang yang tertunda, dan tulang yang tidak normal.
  9. Lingkungan.  Paparan sinar radiasi pengion dari pengobatan radioterapi.  Selain itu, paparan dari fluoride dan pestisida, dan perawatan obat kemoterapi.
Sponsors Link

Kanker Tulang “Chondrosarcoma”

Kanker tulang Chondrosarcoma di awali pada jaringan tulang rawan.  Kanker jenis Chondrosarcoma ini sering terkena pada bagian panggul, yang terletak pada antara tulang pinggul, kaiki bagian atas, dan bahu.  Penyebab :

  1. Pria lebih beresiko terkena kanker tulang di bandingkan dengan perempuan.
  2. Menyerang pada umur diatas 40 tahun.
  3. Riwayat penyakit tulang yang berupa kelainan tulang seperti paget (penyakit yang membuat tulang terasa sakit ) dan ollier (tulang yang membengkak) yang beresiko sangat besar dan penyakit ini sangat langkah.
  4. Keturunan sejak lahir, dimana gen orangtua turun ke anak.  Ini sangat beresiko sekali terkena kanker tulang.
  5. Terkena radiasi dan kemoterapi.
  6. Kelainan tulang karena keturunan, dimana kondisi ini memiliki resiko yang sangat tinggi.
  7. Patah tulang karena kecelakaan yang akhirnya membengkak.  Hal ini sangat besar sekali resikonya.
  8. Memiliki riwayat penyakit tulang seperti paget tulang.
  9. Fakor genetik, dimana gen ini di wariskan oleh orang tua yang di sebut dengan sindrom li fraumeni.  Kanker payudara hampir 5 kali beresiko tinggi dalam faktor genetik di bandingkan dengan kanker tulang.
  10. Memiliki riwayat maffuci sindrom.

Kanker Tulang “Sarcoma Ewing”

Sarcoma ewing adalah tumor yang sangat agrresif.  Kanker jenis ini sering terjadi pada anak-anak berusia anara 4-15 tahun, dan sering terjadi pada anak laki-laki di bandingkan perempuan.  Kanker sarcoma ewing terjadi pada bagian tengah tulang panjang, lengan, dan kaki dan menyebar ke paru-paru serta jaringan lainnya.  Penyebab :

  1. Lebih sering terjadi pada anak laki-laki daripada perempuan.
  2. Terjangkit pada anak usia 4-15 tahun.
  3. Perubahan kromosom setelah kelahiran.
  4. Lebih beresiko terhadap anak-anak kulit putih di bandingkan dengan kulit hitam.

Kanker Tulang “Fibrosarcoma”

Fibrosarcoma adalah kanker tulang ganas yang bernama mesenchymal, yang berada pada jaringan ikat fibrosa.  Kanker fibrosarcoma sering terjangkit pada pria yang berusia 30 sampai 40 tahun.  Kanker ini  menyerang pada bagian tulang panjang, atau flat seperti femur, tibia, dan rahang bawah.  Penyebab dari jenis kanker tulang ini belum dapat di ketahui.  Tetapi ada beberapa faktor penyebab, yaitu :

Sponsors Link

  1. Paparan radiasi.  Yang menyebabkan perubahan gen karena hilangnya alel, poin, mutasi, dan perpindahan kromosom.
  2. Tulang patah karena kecelakaan.
  3. Penyakit paget, dimana penyakit ini akan merasakan tulang terasa sakit.
  4. Operasi patah tulang.
  5. Beresiko terserang di usia 30-50 tahun.
  6. Anak laki-laki lebih rentan terkena kanker tulang.
  7. Perubahan genetik dalam mutasi gen.
  8. Perbuahan jumalah DNA.
  9. Perubahan susunan kromosom.

Kanker Tulang “Chordoma”

Chordoma adalah jenis kanker yang sangat jarang sekali terjangkit pada manusia. Kanker ini biasanya membentuk tulang belakang bagi bayi yang baru lahir. Dan biasanya dapat berkembang dan terbentuk menjadi chordoma. Penyebab dari jenis kanker ini belum bisa di pastikan. Tapi jenis kanker ini  dapat terkena pada manusia usia 40-60 tahun, dan sering terjadi pada pria di bandingkan wanita((macmillan.org.uk ,Chordoma , di akses 09 Desember 2014)).

Penyebab Kanker Tulang Secara Umum

Tulang merupakan sel-sel hidup yang di sebut dengan osteosit, osteoklas, dan osteoblas. Dimana, tulang ini di bantu oleh kalsium yang membuat tulang menjadi kuat dan kaku. Jika terjadi sesuatu dalam DNA sel tulang akan mengakibatkan kanker tulang. Sel-sel tersebut terus tumbuh, bermutasi dan menyerang ke seluruh area tubuh((macmillan.org.uk ,The bones, di akses 09 Desember 2014)).

Penyebab terjadinya kanker tulang ini di karenakan oleh mutasi DNA cacat, dimana kanker tersebut dapat mengaktifkan onkogen dan menonaktifkan kanker dengan mutasi gen yang di wariskan oleh kedua orangtua. Hal ini lah yang menyebabkan meningkatnya resiko kanker tulang dan mengakibatkan gejala kanker tulang menjadi lebih serius.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 09th, December 2014 / 07:51 Oleh :
Kategori : Kanker Tulang