Sponsors Link
     Sponsors Link

5 Cara Mencegah Kanker Tiroid

ads

Kanker tiroid adalah kanker yang menyerang pada bagian kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid adalah sebuah kelenjar yang berbentuk seperti kupu-kupu dan terletak di bagian pangkal leher atau dibagian bawah jakun untuk laki-laki. Kanker tiroid adalah termasuk dalam jenis kanker yang bisa disembuhkan dengan tindakan perawatan yang tepat. Semua orang memiliki tiroid yang berfungsi untuk mengatur suhu tubuh, kondisi berat badan, tekanan darah dan juga denyut jantung. Jadi peran kelenjar tiroid sangat penting untuk tubuh dan kesehatan tubuh. Gangguan pada kelenjar tiroid akan menyebabkan masalah kesehatan yang komplek.

Proses Tumbuh Kanker Tiroid

Hingga saat ini penyebab kanker tiroid paling utama memang belum ditemukan dan masih terus diteliti. Namun proses awal terbentuknya kanker tiroid adalah ketika ada beberapa jumlah sel yang ada di kelenjar tiroid mengalami mutasi genetik. Perubahan ini kemudian akan mendorong sel untuk lebih cepat tumbuh dan berkembang biak melebihi sel yang normal. Ketika ada banyak produksi sel yang terus hidup dan berkembang maka sel tidak bisa mati dalam waktu yang lebih cepat. Kemudian pertumbuhan sel yang tidak bisa diatasi ini akan menjadi sel yang abnormal pada bagian tiroid yang akan menjadi awal dari tumor penyebab kanker. Sel yang tidak normal ini bisa hanya di bagian kelenjar tiroid namun juga bisa menyebar ke semua bagian tubuh.

Orang yang memiliki resiko tinggi terkena kanker tiroid memang harus melakukan beberapa upaya. Orang yang memiliki garis keturunan dengan penyakit kanker tiroid, maka bisa memiliki resiko yang tinggi terkena gangguan kanker tiroid. Pengangkatan tiroid bisa dilakukan untuk mencegah sebelum kanker muncul namun harus dengan pertimbangan yang sangat luas termasuk kondisi kesehatan.

Pengangkatan tiroid bukan satu-satunya langkan pencegahan, namun semua orang bisa mencegah agar tidak terkena kanker tiroid dengan beberapa cara dibawah ini :

1. Menghindari Radiasi

Semua orang yang memiliki resiko tinggi terkena kanker tiroid harus menghindari semua jenis paparan radiasi seperti pemeriksaan dengan CT Scan, X ray, dan beberapa jenis tes medis lain. Pemeriksaan dengan radiasi hanya bisa dilakukan dengan dosis yang sangat rendah. Hal ini seperti yang banyak diketahui pada radiasi HP menyebabkan kanker otak.

Sponsors Link

2. Pemeriksaan Tes Darah

Pemeriksaan tes darah bisa dilakukan untuk semua orang yang memiliki riwayat kanker tiroid dalam keluarga. Pemeriksaan dilakukan secara berkala sebagai upaya untuk mengetahui gejala dan deteksi dini sehingga perawatan bisa dilakukan secepatnya. Jika terbukti menderita kanker tiroid maka bisa dilakukan pengangkatan tiroid dan konsumsi hormone tiroid sepanjang hidup.

Tes darah ini juga perlu dilakukan pada orang-orang yang beresiko mengalami :

3. Hindari Rokok

Merokok hanya akan meningkatkan resiko kanker tiroid. Bagaimanapun rokok mengandung nikotin yang bisa menjadi karsinogen atau zat pembangun kanker dalam tubuh. Rokok juga bisa menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius untuk tenggorokan seperti beberapa jenis kanker paling mematikan di dunia. Jadi hindari rokok untuk orang yang memiliki resiko tinggi kanker tiroid maupun untuk orang yang sehat.

4. Istirahat Teratur

Tubuh harus mendapatkan istirahat yang teratur sesuai dengan kebutuhan. Ketika tubuh terlalu banyak bekerja maka bisa menimbulkan beberapa gangguan untuk sistem kerja kelenjar tiroid. Istirahat teratur tidak harus tidur tapi bisa juga bersantai, menikmati udara yang segar atau berkumpul bersama keluarga, bisa menjadi langkah cara mencegah kanker tiroid yang paling mudah dilakukan.

5. Pola Makan Sehat dan Bergizi

Untuk menghindari terkena kanker tiroid maka bisa memulai dari mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung yodium dalam jumlah yang kecil. Bagi penderita kanker tiroid bisa mengikuti beberapa aturan dibawah ini:

a. Makanan yang harus dihindari :

  • Menghindari semua jenis makanan yang mengandung yodium tinggi
  • Hindari semua jenis susu, keju, produk olahan susu, es krim, mentega dan yogurt.
  • Hindari makanan yang dipanggang, dibakar atau memakai bahan pengawet
  • Berbagai jenis makanan dari laut termasuk rumput laut
  • Berbagai jenis makanan olahan kedelai dan kacang-kacangan
  • Kuning telur

b. Makanan yang diperbolehkan adalah makanan segar seperti sayur, buah dan daging yang dimasak dengan kandungan garam yang rendah atau garam khusus dengan yodium rendah.

Gejala Kanker Tiroid

Pada awalnya kanker tiroid tidak menimbulkan gejala khusus sehingga sulit untuk dikenali. Bahkan banyak kasus yang ditemukan ketika sudah menjadi kanker,karena deteksi dini yang sulit untuk dilakukan. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika seseorang merasa beberapa gejala kanker tiroid khusus dibawah ini:

Sponsors Link

  • Merasakan ada benjolan yang tumbuh di sekitar bagian dalam kulit leher, pemeriksaan teratur bisa menjadi deteksi dini paling murah.
  • Suara yang normal menjadi serak dan berat meskipun tidak dalam kondisi lelah atau sehabis mengeluarkan suara keras (baca juga : kanker paru-paru yang bisa menyebabkan perubahan suara)
  • Akan terasa sangat sakit saat menelan makanan dan minuman
  • Rasa nyeri yang berkepanjangan di bagian leher
  • Terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening di bagian leher (baca juga : kanker kelenjar getah bening)

Jenis Kanker Tiroid

Tindakan perawatan untuk menangani kanker tiroid harus dilakukan sesuai dengan jenis kanker yang terjadi. Perawatan yang tepat akan memberikan kesempatan sembuh dan pulih yang lebih besar dibandingkan jenis perawatan yang tidak tepat. Berikut ini adalah beberapa jenis kanker tiroid yang dikenal dalam medis :


Kanker Tiroid Papiler

Ini adalah salah satu jenis kanker tioid yang banyak menyerang umum di dunia. Pertumbuhan kanker tiroid papiler diawali dengan pertumbuhan sel folikel yang berfungsi untuk memproduksi hormon tiroid. Kemudian pertumbuhan akan menjadi sel yang abnormal dan menjadi tumor. Ini termasuk jenis kanker yang bisa muncul pada berbagai tingkatan usia. Tapi orang yang berusia antara 30 hingga 50 tahun memiliki resiko yang lebih besar.


Kanker Tiroid Folikuler

Jenis kanker tiroid ini juga hampir sama dengan jenis kanker tiroid papiler karena tumbuh dari perkembangan sel folikel. Hanya saja ini jenis kanker yang bisa menyerang dengan lebih cepat dan sering menyebabkan resiko kematian. Kanker ini juga banyak terjadi pada orang tua atau orang yang berusia lebih dari 50 tahun. Tapi ini bukan jenis kanker yang umum sehingga kemunculannya memang sangat jarang terjadi.


Kanker Tiroid Meduler

Ini adalah jenis kanker tiroid meduler adalah jenis kanker yang terjadi ketika ada salah satu sel yang berada di bagian kelenjar tiroid memproduksi hormon kalsitonin. Tingkat hormon kalsitonin yang tinggi dalam tubuh menjadi deteksi untuk jenis kanker ini. Biasanya kanker ini tidak muncul sendiri sehingga lebih banyak dipengaruhi oleh riwayat dalam keluarga.


Kanker Tiroid Anaplastik

Ini adalah jenis kanker tiroid yang hanya terjadi pada orang lanjut usia. Kanker ini bisa menyerang dalam waktu yang sangat cepat dan termasuk sebagai salah satu jenis kanker langka di dunia. Hingga saat ini belum ditemukan penyebab pasti dari munculnya kanker tiroid anaplastik.


Kanker Limfoma Tiroid

Kanker limfoma tiroid adalah jenis kanker yang langka dan biasanya diawali dengan munculnya pertumbuhan sel yang menyerang sistem kekebalan. Pertumbuhan kanker ini sangat cepat dan bisa menyerang pada orang dewasa maupun orang tua.


Proses penyembuhan kanker tiroid memang akan lebih mudah dilakukan bila terdeteksi sejak dini. Selain itu juga tergantung dari usia, kegiatan, tingkat kesehatan umum dan berbagai masalah kesehatan yang pernah terjadi. Namun kanker tiroid jenis umum juga bisa disembuhkan dengan operasi pengangkatan tiroid dan konsumsi hormon tiroid.Terlebih dari semua usaha itu maka mencegah kanker tiroid lebih penting untuk dilakukan oleh semua orang.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 25th, September 2015 / 03:41 Oleh :
Kategori : Kanker Tiroid