Sponsors Link
     Sponsors Link

7 Gejala Awal Kanker Testis dan Pemeriksaannya

ads

Kanker testis merupakan sebuah jenis kanker yang terjadi pada pria dengan rentang usia antara 15 hingga 49 tahun. Memang jenis kanker ini tak begitu sepopuler kanker paru-paru atau kanker prostat, namun tetap saja sel-sel yang tumbuh secara tak wajar di bagian testis sangat berbahaya. Testis sendiri adalah organ berbentuk oval dan merupakan organ seks pada pria yang ada pada kantong kemaluan atau skrotum.

Pria tentu membutuhkan organ testis ini untuk bekerja dengan baik demi kelancaran sistem reproduksi sebab sperma serta hormon testosteron keduanya dihasilkan oleh organ ini. Tak salah lagi bahwa fungsi seksual seorang pria ditentukan oleh sperma dan hormon testosteron tersebut sehingga testis memainkan peran yang begitu penting.

Sama seperti jenis kanker umum lainnya, tentu sebelum terdeteksi adanya tumor, selalu ada gejala-gejala awal yang timbul dan dirasakan oleh penderita. Lalu, gejala awal kanker testis apa saja yang dapat diwaspadai sehingga bisa ditangani sedari dini sebelum menyebar lebih serius?

(Baca juga: penyebab kanker prostat pada pria)

  1. Timbul Benjolan

Mirip dengan kondisi kanker lainnya, seperti kanker payudara misalnya,  ada timbul benjolan pada bagian tertentu tubuh yang menandakan adanya tumor yang tumbuh. Benjolan ini biasanya bakal muncul di salah satu testis sehingga memang dibutuhkan kejelian ketika merasakan perbedaan pada anggota tubuh. Gejala awal ini memang umum dan biasanya timbul karena sudah muncul jaringan sel abnormal.

(Baca juga: manfaat apel untuk kanker)

  1. Pembengkakan pada Testis

Pembesaran atau pembengkakan yang terjadi pada salah satu testis juga masih termasuk di dalam gejala awal kanker testis. Gejala ini cukup terbilang umum dan biasanya akan timbul tanpa disertai rasa sakit. Namun pada beberapa kasus, penderita dapat juga merasakan nyeri saat bengkak tersebut timbul.

(Baca juga: manfaat buah nanas untuk mencegah kanker)

  1. Pegal pada Testis dan Skrotum

Penderita juga kemungkinan besar akan merasakan ada yang tidak beres dan tidak nyaman pada bagian skrotum dan testisnya. Salah satu gejala awalnya adalah timbul rasa pegal di kedua area tersebut. Terkadang penderita mengabaikannya karena rasa pegal tersebut tak bertahan lama sehingga tak menimbulkan kecurigaan.

Rasa pegal tersebut bersifat sementara, namun meski hanya timbul sebentar dan hilang, beberapa waktu kemudian akan muncul kembali. Inilah gejala yang datang dan pergi sehingga membuat penderitanya merasa tak perlu memeriksakan diri karena menganggap rasa pegal tersebut bisa pergi sendiri. Sebaiknya sekalinya rasa pegal ini muncul, memeriksakannya ke dokter adalah keputusan paling baik untuk dilakukan.

(Baca juga: manfaat bayam untuk kanker)

Sponsors Link

  1. Cepat Lelah

Tubuh yang terasa lemah dan cepat lelah tidaklah selalu merujuk pada kondisi kanker karena cepat lelah juga dapat menunjukkan bahwa tubuh sedang tidak fit. Daya tahan tubuh yang rendah dapat menjadi penyebabnya, tapi ketika tubuh merasa lelah tanpa ada alasan yang jelas, Anda patut curiga. Kelelahan yang disertai dengan berbagai gejala yang sudah disebutkan sebelumnya dapat mengartikan adanya kanker pada testis Anda.

(Baca juga: manfaat alpukat untuk kanker)

  1. Tubuh Terasa Tak Sehat

Selain merasa lelah, tubuh bakal terasa tak sehat dan tak nyaman bagi Anda. Mungkin rasa tak enak badan ini bakal dikaitkan dengan kondisi masuk angin tanpa sedikit pun rasa curiga akan adanya sel kanker yang mulai tumbuh. Namun ketika tubuh merasa lelah dan serasa tak enak, belum lagi timbul benjolan atau pembengkakan pada testis serta rasa pegal yang datang dan pergi, Anda sebaiknya segera ke dokter. Pemeriksaan fisik lanjutan adalah hal yang dianjurkan karena memberikan jawaban detil akan masalah kesehatan ini.

(Baca juga: penyebab kanker prostat)

  1. Testis Terasa Sakit

Tak hanya terasa pegal, bagian testis juga akan merasakan ketidaknyamanan akibat rasa sakit yang tajam muncul secara tiba-tiba. Bagian skrotum pun ikut merasa sakit dan tak nyaman. Namun rasa sakit ini sama seperti rasa pegal tadi, kadang muncul dan kadang menghilang, begitu seterusnya. Oleh karena itu, menempuh jalur pemeriksaan medis akan memberikan keterangan lengkap mengenai hal ini.

(Baca juga: cara mencegah kanker prostat secara alami)

  1. Skrotum Lebih Berat

Gejala awal lainnya yang perlu Anda waspadai adalah lebih beratnya skrotum. Bila rasanya lebih berat dari normalnya, dan hal ini tak kunjung kembali wajar, Anda sebaiknya datang ke dokter. Tentu memeriksakan diri akan jauh lebih membantu, khususnya jika muncul juga gejala lainnya. Keadaan yang tak berubah selama lebih dari 2 minggu memang harus dicurigai.

(Baca juga: ciri-ciri kanker prostat)

Pemeriksaan Testis secara Langsung

Kabar baiknya, jenis kanker ini justru pendeteksiannya dapat dilakukan oleh pria yang berusia masih muda sekalipun. Bahkan laki-laki remaja yang usianya sudah masuk 15 tahunan juga sudah bisa mencoba mengetahui apakah organ testisnya ada masalah atau tidak. Tak perlu harus ke dokter untuk pemeriksaan awal karena Anda bisa mengeceknya sendiri tanpa harus membutuhkan waktu lama.

Hanya sekitar 10 menit saja waktu yang Anda butuhkan untuk mendeteksi ada tidaknya kanker testis pada tubuh Anda. Cara pemeriksaan ini dapat dianggap sebagai metode pemeriksaan secara langsung.

Sponsors Link

  • Memeriksa di Depan Cermin – Sehabis mandi dalam keadaan tubuh telanjang, berdirilah tepat di depan cermin. Alangkah lebih baik kalau Anda berdiri pada sebuah cermin berdiri yang panjang di mana seluruh tubuh dapat terlihat. Kemudian dalam pemeriksaan awal ini, angkatlah salah satu kaki Anda agar dapat lebih jelas mata Anda dalam menangkap skrotum. Periksalah apakah ada benjolan maupun pembengkakan di bagian kulit skrotumnya karena terkadang adanya benjolan pun tak selalu disertai rasa nyeri.
  • Memeriksa dengan Tangan – Lanjutkan pemeriksaan secara lebih teliti dan seksama dengan memakai jari-jari tangan Anda. Tujuan dari pemeriksaan seperti ini adalah untuk mengetahui apakah di bagian skrotum terdapat benjolan. Periksalah hingga ke bagian bawah karena terkadang mata pun lolos dalam menangkap adanya benjolan, maka jalan lainnya adalah dengan merasakannya sendiri, yaitu merabanya. Pada umumnya, kanker testis dapat terdeteksi dengan adanya benjolan sebesar kacang yang kalau Anda tekan bisa tidak terasa sakit, tapi kadang juga sakit.
  • Memeriksa Kedua Testis – Pemeriksaan selanjutnya adalah dengan memastikan kedua testis dan periksalah bagian tersebut secara jeli. Jika salah satunya agak lebih besar memang ini adalah keadaan normal. Masih wajar dan tak ada masalah ketika Anda menemukan bahwa posisi salah satu testis lebih rendah dari yang lain dan lebih besar juga.
  • Memeriksa setelah Mandi Air Hangat – Apabila berencana untuk memeriksa skortum, pastikan bahwa Anda memeriksanya tepat setelah selesai mandi air hangat. Kondisi skrotum bakal lebih santai sehabis mandi air hangat, jadi untuk menemukan ketidakberesan berupa pembengkakan dan benjolan pun menjadi lebih gampang. Pemeriksaan seperti ini hendaknya dilakukan sebulan sekali secara teratur.

(Baca juga: cara mencegah kanker prostat – manfaat brokoli untuk kanker)

Segera konsultasikan ke dokter bila ada yang tak wajar dan jika Anda merasakan beberapa gejala yang sudah disebutkan di atas. Menemukan gejala awal kanker testis dan mendiagnosanya akan membantu Anda menanganinya sebelum menjadi lebih parah dan mematikan.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 03rd, August 2016 / 17:14 Oleh :
Kategori : Kanker Testis