Sponsors Link

9 Gejala Kanker Tenggorokan yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Seperti penyakit- penyakit pada umumnya, penyakit kanker tenggokoran juga memiliki gejala- gejala tertentu. Secara umum, gejala kanker tenggorokan ini ditandai dengan adanya rasa sakit yang terasa di bagian tenggorokan. Namun, gejala kanker tenggorokan ini bisa bermacam- macam dan setiap orang dengan orang yang lainnya bisa berbeda- beda. Artikel akan membahas lebih detail mengenai gejala- gejala yang ditimbulkan dari kanker tenggorokan ini. beberapa gejala yang timbul dan menandakan adanya kanker tenggorokan adalah sebagai berikut:

Sponsors Link

1. Sakit pada tenggorokan

Gejala yang paling umum dan pasti dirasakan oleh penderita kanker tenggorokan adalah timbulnya rasa sakit pada bagian tenggorokan. Hal ini pastilah terjadi karena sel kanker tersebut telah menggerogoti bagian tenggorokan manusia sehingga manusia akan merasakan sakit pada bagian tenggorokannya. Kanker tenggorokan merupakan penyakit yang menyerang atau berpusat di tenggorokan dan juga di sekitarnya, sehingga bagian yang paling terasa sakit pastilah di tenggorokan itu sendiri. (Baca Juga: Ciri ciri Kanker Tenggorokan , Penyebab Kanker Tenggorokan)

2. Kesulitan menelan makanan

Gejala pertama yang muncul dari adanya kanket tenggorokan adalah adanya kesulutan untuk menelan makanan. Hal ini merupakan sesuatu yang pasti dan sangat wajar terjadi, mengingat tenggorokan sendiri merupakan satu- satunya jalan yang dilewati makanan yang masuk dari mulut dan menuju ke lambung. Jika makanan masuk dari mulut, maka tidak ada jalan lain kecuali melewati jalan tenggorokan tersebut. Bahkan jika kanker ini sudah sedikit parah, tidak hanya makanan saja yang sulit ditelan, namun juga minuman yang bersifat cair pun akan sulit ditelan. Sekilas gejala ini sangat mirip dengan penyakit radang tenggorokan yang sering dialami ketika akan flu dan juga mirip dengan amandel yang membengkak. Namun apabila sakit tenggorokan ini terasa berkepanjangan, akan lebih baik apabila kita segera membawanya ke dokter agar segera mendapatkan penanganan khusus. Selain itu kita juga mengetahui apa sebenarnya penyebab yang menimbulkan penyakit tersebut terjadi. (Baca Juga: Gejala Kanker Tonsil ,  Tanda Awal Kanker Mulut)

3. Terjadinya perubahan pada suara

Gejala kedua dari adanya kanker tenggorokan adalah suara kita yang berubah. Suara kita datang melalui tenggorokan. Dengan kata lain, tenggorokan dianggap sebagai jalan keluarnya suara. Saat tenggorokan merasa tidak enak, atau terdapat gangguan, kita akan mendapati suara yang keluar dari dalam mulut kitab akan berubah. Begitupun ketika tenggorokan kita terkena penyakit kanker, maka suara kita juga akan mengalami perubahan. Perubahan suara ini kedatanggannya dengan berbagai macam cara, ada yang datangnya dengan tiba- tiba atau pada saat itu juga, dan ada pula suara yang berubahnya secara berangsur- angsur atau sedikit demi sedikit. Saat kanker mulai menyerang tenggorokan kita, maka terjadilah perubahan pada suara kita dalam waktu yang cukup lama (maksudnya bukan perubahan sementara saja). Terlebih ketika kanker ini tumbuh di sekitar pita suara di dalam tenggorokan kita. Saat seseorang mengalami hal seperti, maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter agar dapat diketahui penyebabnya secara pasti. (Baca Juga: Tanda Kanker Pita Suara , Gejala Kanker Pita Suara)

ads

4. Terjadi batuk kronis

Gejala selanjutnyabdari kanker tenggorokan adalah seseorang mengalamo batuk yang kronis. Bagiamanapun juga salah satu akibat yang ditimbulkan dari adanya gangguan tenggorokan adalah terjadinya batuk. Ketika tenggorokan mengalami sakit, biasanya batuk inilah yang pertama kali yang kita alami selain rasa sakit di tenggorokan itu sendiri. Batuk yang terjadi karena adanya gangguan di tenggorokan biasanya adalah batuk- batuk biasa yang mungkin masih dikatakan ringan. Namun, ketika seseorang mengalamo batuk yang kronis, biasanya ada hal lain yang menyebabkan timbulnya batuk ini sehingga menjadi batuk kronis. Salah satu hal yang menimbulkan batuk kronis ini adalah penyakit kanker tenggorokan ini. Jika seseorang mengalami jenis batuk yang terbilang kronis, sebaiknya sesegera mungkin memeriksakan diri ke dokter agar diketahui penyebabnya secara pasti. (Baca Juga: Tanda tanda Kanker Paru paru , Gejala Kanker Paru paru Stadium 1 )

Penyakit kanker tenggorokan ini pada dasarnya adalah tumor yang ada di tenggorokan, serta tumbuh dan berkembang di sana. Tumor sendri seringkali berbentuk benjolan atau tonjolan yang tumbuh di suatu bagian tertentu di dalam tubuh. Sehingga adanya benjolan atau tonjolan yang ada di sekitar tenggorokan ini merupakan suatu gejala dari adanya penyakit kanker tenggorokan. Namun, tidak semua benjolan yang ada di sekitar tenggorokan merupakan gejala dari penyakit kanker tenggorokan. Mengingat ada banyak sekali gagguan yang berbentuk benjolan yang ada di bagian tubuh tertentu. Sebuah benjolan diindikasikan sebagai gejala dari kanker tenggorokan ini ketika benjolan tersebut berada lama di sekitar tenggorokan dan tidak kunjung sembuh. Ketika seseorang mendapati benjolan yang tidak kunjung sembuh ini maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter agar segera diketahui penyebab dari benjolan tersebut secara pasti. (Baca Juga: Ciri Benjolan Kanker Payudara Tanda Awal Kanker Gusi)

5. Telinga sering terasa sakit dan berdengung

Gejala selanjutnya yang menandakan adanya kanker tenggorokan adalah seringkali telinga mengalami rasa sakit yang disertai dengan dengungan. Hal ini sekilas mirip atau bahkan sama dengan sakit telinga yang biasa dialami oleh orang- orang. Namun ketika seseorang mendapati sakit telinga yang berkepanjangan dan tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera membawa diri ke dokter agar diketahui apa penyebabnya. Bisa jadi sakit kepala yang berkepanjangan ini merupakan sautau gejala dari kanker tenggorokan. Gejala kanker tenggorokan bisa ditandai dengan adanya sakit di bagian telinga karena kedua organ ini saling berhubungan sehingga ketika yang satu sakit, maka yang satunya juga turut merasakan gangguan.(Baca Juga: Gejala Leukemia Stadium 2  , Gejala Awal Kanker Lambung )

6. Terjadi pembengkakan pada mata, rahang, tenggorokan, ataupun leher

Kanker tenggorokan merupakan jenis penyakit kronis yang berbahaya. Kanker ini merupakan suatu jenis penyakit yang berat. Ketika kanker menyerang tubuh maka bisa saja tidak hanya menyerang pada satu bagian dimana sel kanker tersebut muncul dan berkembang. Namun juga bisa berkembang di bagian- bagian tubuh yang lain. Salah satunya adalah peyakit kanker tenggorokan ini. Ketika penyakit kanker tenggorokan mulai menyerang tubuh, gejala yang dapat kita derita diantarany terjadi pembengkakan di bagian- bagian tubuh tertentu. Tidak hanya di tenggorokan saja, namun pembengkakan ini juga terjadi di bagian mata, rahang, maupun leher. Sebenarnya adanya pembengkakakan- pembengkakan di bagian- bagian tubuh ini juga bisa menjadi penyebab suatu penyakit lain  (tidak hanya kanker tenggorokan saja). Namun, ketika kita merasakan beberapa gejala di atas adan disertai dengan bengkakan- bengkakan di daerah tersebut, maka sebaiknya kita segera memeriksakan diri ke dokter agar diketahui secara pasti apa penyebabnya. (Baca Juga: Tanda-Tanda Kanker Mata , Gejala Awal Kanker Mata)

7. Terjadinya penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas

Seperti halnya penyakit kanker lainnya, kanker tenggorokan ini juga ditandai salah satunya adalah penderita mengalami penurunan badan. Kanker merupakan suatu penyakit dalam yang menggerogoti organ dalam tubuh manusia. Berat badan yang turun ini bisa saja berangsur- angsur namun turun terus, ataupun secara drastis. Dan terjadinya penurunan berat badan ini tanpa disebabkan adanya sesuatu yang jelas. Sehingga ketika seseorang dengan tiba- tiba mengalami penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. (Baca Juga: Kanker Payudara Stadium 4 , Ciri ciri Awal Penderita Kanker Otak)

8. Permukaan laring terasa kasar

Gejala kanker tenggorokan juga dapat dilihat dari permukaan laring yang terasa lebih kasar daripada biasanya. Jika seseorang mengalami atau merasakan bagian permukaan tenggorokan terasa kasar dan ada sesuatu yang terasa mengganjal  di tenggorokan maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar segera mendapatkan kejelasan. Memang biasanya hal yang seperti ini dianggap terlalu sepele bagi banyak orang karena merupakan gangguan yang seringkali terjadi pada tenggorokan. Padahal dari hal yang sepele nantinya akan tumbuh menjadi hal yang serius apabila tidak segera mendapatkan penanganan. (Baca Juga: Manfaat Madu Untuk Penderita Kanker , Gejala Kanker Tiroid)

9. Bunyi napas yang berbeda dari biasanya

Ketika napas Anda mempunyai bunyi yang berbeda daripada biasnya maka Anda perlu waspada. Biasanya orang yang sedang bernafas maka tidak akan terlalu terdengar suaranya. Namun apabila seseorang dan mengeluarkan bunyi khas yang melengking ketika bernafas, maka harus diwaspadai. Hal ini karena bunyi yang demikian ini merupakan salah satu pertanda atau gejala dari kanker tenggorokan. (Baca Juga: Gejala Kanker Adrenal , Gejala Kanker Paru-paru Stadium 4 )

Itulah beberapa gejala yang menandai datangnya kanker tenggorokan. Beberapa gejala tersebut dapat terjadi beberapa saja ataupun semuanya. Apabila seseorang mengalami gejala- gejala tersebut maka sebaiknya segera diperiksakan ke dokter untuk mengetahui secara pasti apa yang terjadi di dalam dirinya. Selain itu, bila sudah mendapatkan pengarahan dari dokter, maka kita akan mengetahui sebaiknya langkah apa yang akan kita lakukan.

Penyebab Kanker Tenggorokan

Kanker tenggorokan ini dapat menyerang manusia karena disebabkan oleh beberapa hal. Semua manusia mempunyai resiko terkena kanker tenggorokan ini, oleh karena itu sebaiknya kita mewaspadai mengenai hal apa saja yang dapat menyebabkan terjadinya kanker tenggorokan. Apabila kita mengetahui sebab- sebab terjadinya kanker tenggorokan ini, pastilah kita bisa menjauhi beberapa hal tersebut dan menjauhkan diri dari resiko terkena kanker tenggorokan tersebut. (Baca Juga: Manfaat Lemon Untuk Kanker  , Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening Di Leher )

Penyebab dari kanker tenggorokan pada umumnya adalah karena adanya kebiasaan merokok oleh seseorang. Namun ada pula hal- hal lainnya yang menyebabkan seseorang terjangkit kanker  tenggorokan selain kebiasaan merokok. Beberapa hal yang menyebabkan seseorang dapat terjangkit kanker tenggorokan ini antara lain

1. Terlalu sering mengonsumsi tembakau

Seseorang yang terlalu sering mengonsumsi tembakau beresiko mengidap kanker tenggorokan yang lebih besar daripa orang- orang tang tidak mengonsumsi tembakau. Tembakau dalam bentuk apapun itu (baik dalam bentuk rokok maupun tembakau yang dikunyah) akan sama- sama meningkatkan seseorang beresiko terkena kanker tenggorokan. Hal ini karena ada suatu kandungan dari tembakau yang dapat membuat tenggorokan menjadi sakit dan kemudian akan meningkatkan seseorang terkena resiko kanker tenggorokan. (Baca Juga: Pengaruh Rokok Terhadap Kanker Serviks  , Gejala Kanker Pankreas)

Sponsors Link

2. Terlalu banyak mengonsumsi minuman keras atau minuman yang beralkohol

Salah satu penyebab seseorang terjangkit kanker tenggorokan adalah karena terlalu sering atau terlalu banyak mengonsumsi alkohol pada minuman keras. Kita semua mengetahui bahwa minuman yang mengandung alkohol (minuman keras) ini mempunyai sifat dasar panas. Hal ini akan dapat membuat tubuh seseorang menjadi rusak, terutama pada organ dalamnya. Tidak terkecuali dengan kanker tenggorokan ini. minuman keras beralkohol yang terlalu sering melewati tenggorokan manusia, lama- kelamaan akan dapat merusak tenggorokan manusia sehingga akan menimbulkan suatu gangguan atau penyakit tertentu. salah satu penyakit yang dapat ditimbulkan akibat ini adalah penyaki kanker tenggorokan ini. (Baca Juga: Penyebab Kanker Hati Pada Bayi ,  Gejala Kanker Hati)

3. Kurangnya mengonsumsi buah dan sayur

Buah dan sayuran merupakan sumber nutrisi dan gizi bagi manusia. Apabila kita banyak mengonsumsi buah dan juga sayuran ini maka tubuh kita akan menjadi sehat. Sebaliknya, apabila kita kurang mengonsumsi buah dan juga sayuran, maka nutrisi yang didapatkan oleh tubuh kita juga akan semakin berkurang, sehingga daya tahan tubuh menjadi lemah dan ita akan mudah terkena penyakit. Salah satu penyakit yang dapat ditimbulkan dari kurangnya makan buah dan juga sayur ini adalah penyakit kanker tenggorokan. Maka dari itu, biasakanlah untuk mengonsumsi buah dan juga sayur dalam jumlah yang cukup. (Baca Juga: Manfaat Buah Nanas Untuk KankerManfaat Daun Kelor Untuk Kanker)

4. Terlalu sering berada di sekitar bahan- bahan industri tertentu

Salah satu bahan industri penyebab terjadinya kanker tenggorokan adalah sejenis asber atau serat sintesis. Bahan- bahan tersebut dapat memicu terjadinya kanker pada organ laring yang ada di tenggorokan manusia. (Baca Juga: Gejala Kanker Batang Otak , Gejala Kanker Paru-paru)

5. Virus HPV

Virus HPV (Human Papiloma Virus) merupakan suatu virus yang dapat menular melalui hubungan seksual. Keberadaan virus ini dapat memunculkan kaner yang berada di sekitar amandel atau bagian belakang lindah.

6. Kebocoran lambung

Kebocoran lambung yang kronis akan menyebabkan asam yang berada di lambung menjalar ke tenggorokan dan akan meningkatkan resiko terkena kanker tenggorokan ini.

Baca Juga:

Itulah beberapa hal yang dapat memicu terjadinya kanker tenggorokan. Nah, sekarang kita sudang mengetahui apa saja penyebabnya, maka kita bisa lebih menjauhkan diri dari hal- hal yang menyebabkan kanker tenggorokan tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 01st, December 2016 / 01:20 Oleh :
Kategori : Kanker Tenggorokan