Sponsors Link

10 Ciri ciri Kanker Tenggorokan yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Tenggorokan merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting karena termasuk ke dalam sistem pencernaan dan sistem pernapasan pada manusia. Apabila organ ini mengalami kerusakan, maka tidak dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. Salah satu penyakit yang dapat menyerang tenggorokan adalah kanker tenggorokan. (Baca juga: Penyebab Kanker Tenggorokan)

Sponsors Link

Kanker tenggorokan merupakan suatu penyakit dimana adanya sel kanker yang tumbuh dan berkembang secara tidak terkendali di daerah tenggorokan. Kanker ini dapat menyerang siapa saja dan apabila tidak segera ditangani akan menyebar ke organ tubuh yang lainnya. (baca juga: Gejala Kanker Tonsil)

Berdasarkan lokasi yang diserangnya, kanker tenggorokan digolongkan menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut :

  • Kanker nasofaring, adalah kanker yang menyerang tenggorokan bagian atas, tepatnya di belakang hidung. (Baca juga: Gejala Kanker Nasofaring)
  • Kanker orofaring, adalah kanker yang menyerang tenggorokan bagian tengah, tepatnya di belakang lidah. (Baca juga: Penyebab Kanker Lidah)
  • Kanker hipofaring, adalah kanker yang menyerang tenggorokan pada bagian bawah.
  • Kanker laring, adalah kanker yang menyerang pita suara. (Baca juga: Tanda Kanker Pita Suara )

Sama seperti penyakit kanker lainnya, penyakit kanker tenggorokan memiliki ciri – ciri atau gejala khusus. Ciri – ciri yang dirasakan cukup sulit diidentifikasi dan dibedakan dengan gejala sakit tenggorokan biasa. Oleh sebab itu, kita perlu mengetahui ciri – ciri apa saja yang mengindikasikan adanya penyakit kanker tenggorokan.  (Baca juga: Gejala Kanker Pita Suara)

Berikut ini adalah pemaparannya dari ciri-ciri kanker tenggorokan secara umum :

  1. Merasa kesulitan ketika menelan

Ciri ciri kanker tenggorokan yang pertama yaitu kesulitan menelan, terutama pada saat menelan makanan. Hal ini sangat mengganggu dan menyebabkan berkurangnya nafsu makan. Meskipun ciri – ciri ini tidak selalu mengindikasikan adanya penyakit kanker tenggorokan, tetapi kita perlu mewaspadainya dan lakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan adanya penyakit kanker. (Baca Juga: Gejala Kanker Ginjal)

  1. Terjadi perubahan pada suara

Orang yang terkena kanker tenggorokan akan mengalami perubahan pada suaranya. Perubahan suara memang wajar adanya apalagi jika berada dalam masa pertumbuhan. Tetapi kita pun perlu waspada jika perubahan tersebut terjadi secara tidak wajar. Bisa saja hal tersebut merupakan tanda dari adanya penyakit kanker tenggorokan. (Baca Juga: Gejala Awal Kanker Mulut)

  1. Mengalami batuk kronis

Ciri – ciri ini cukup berbahaya dan sangat patut diwaspadai. Apalagi jika batuk tersebut mengeluarkan darah. Orang yang memiliki kondisi tenggorokan yang normal, apabila batuk dapat dengan mudah disembuhkan. Lain halnya, dengan orang yang mengidap penyakit kanker tenggorokan, apabila batuk sulit untuk disembuhkan dan cenderung menjadi batuk kronis. (Baca Juga: Ciri-Ciri Kanker Hati yang Sangat Mematikan , Gejala Kanker Paru-paru dan Cara Pencegahannya)

  1. Terasa sakit pada tenggorokan

Sakit tenggorokan menjadi ciri – ciri yang paling jelas untuk mengetahui adanya penyakit kanker tenggorokan. Jika sakit tenggorakan tersebut tidak kunjung sembuh, kita perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut pada dokter ahli. Karena hal ini merupakan ciri – ciri dari adanya kanker tenggorokan.

ads
  1. Telinga merasa sakit dan berdengung

Ciri – ciri ini cukup sulit untuk diidentifikasi ada atau tidaknya kanker pada tenggorokan. Apabila telinga terus menerus merasa sakit dan selalu berdengung, perlu diwaspadai adanya penyakit kanker pada tenggorokan. (Baca Juga: Gejala Kanker Kulit)

  1. Benjolan pada tenggorokan yang tidak kunjung sembuh

Orang yang terkena kanker tenggorokan akan terdapat benjolan pada tenggorokannya. Jika benjolan tersebut tidak kunjung sembuh atau hilang, maka orang tersebut positif terkena penyakit kanker tenggorokan.

  1. Berat badan menjadi turun drastis

Ciri – ciri ini memang biasa terjadi pada orang yang mengidap penyakit apapun, termasuk salah satunya adalah penyakit kanker tenggorokan. Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, hal ini bisa jadi disebabkan oleh menurunnya nafsu makan karena kesulitan dalam menelan. Sehingga tubuh akan sulit menerima nutrisi yang terkandung dalam makanan. (Baca Juga: Gejala Kanker Rahim , Gejala Kanker Hati)

  1. Terjadi pembengkakan pada organ tubuh lain di sekitarnya

Orang yang mengidap penyakit kanker tenggorokan akan mengalami pembengkakan pada organ tubuh lain di sekitarnya, seperti mata, rahang, atau leher. Hal ini disebabkan karena sel – sel kanker mulai menyebar ke anggota tubuh di sekitarnya sehingga terjadi pembengkakan pada organ tersebut. (Baca Juga: Gejala Awal Kanker Tulang , Ciri Ciri Kanker Tulang Wajib Diketahui)

  1. Permukaan laring menjadi terasa lebih kasar

Hal ini akan dirasakan apabila ada sesuatu yang mengganjal pada permukaan tenggorokan yang terasa kasar. Untuk mengetahui ciri – ciri ini dengan jelas diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter. Ciri – ciri ini tentunya akan membuat kita merasa tidak nyaman dan apabila diabaikan begitu saja akan membahayakan kondisi kesehatan.

  1. Bunyi napas menjadi terdengar berbeda

Secara umum, ketika kita bernapas cenderung tidak terdengar suara bahwa kita sedang bernapas. Tetapi jika kita bernapas seperti biasa kemudian menimbulkan bunyi yang tidak biasanya muncul seperti melengking, perlu diwaspadai bahwa hal ini merupakan ciri – ciri dari penyakit kanker tenggorokan. (Baca Juga: Gejala Kanker Paru-paru Stadium 4 , Ciri Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening Sesuai Jenisnya)

Memang pada dasarnya kita akan mengalami kesulitan untuk mengidentifikasi  adanya kanker pada tenggorokan. Oleh sebab itu, kita perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan hal – hal tersebut. Setiap orang akan mengalami gejala yang berbeda dari penyakit ini, ada baiknya pula jika kita mengenali tahapan dari penyakit kanker tenggorokan. Sama seperti penyakit kanker lainnya, ada tahapan – tahapan dari pertumbuhan kanker tenggorokan tersebut. Berikut ini adalah pemaparannya. (Baca juga: Gejala Kanker Tiroid)

  • Stadium 1. Tahap ini biasa disebut dengan stadium awal. Pada stadium awal, tumor atau sel kanker yang ada dalam tenggorokan masih berada dalam ukuran kecil, yaitu sekitar 7 cm atau kurang. Daerah yang terserang hanya sebatas bagian tertentu yang ada dalam tenggorokan. (Baca Juga: Gejala Kanker Lambung Stadium Awal)
  • Stadium 2. Ukuran tumor pada tahap ini memang lebih besar. Akan tetapi, belum terjadi penyebaran pada daerah di luar tenggorokan.
  • Stadium 3. Pada tahap ini, sel kanker sudah mulai menyebar ke jaringan atau organ tubuh lainnya. Tetapi organ yang terserang masih berada di sekitar tenggorokan.(Baca Juga: Kanker Payudara Stadium 3  , Kanker Serviks Stadium 3)
  • Stadium 4. Tahap ini biasa disebut dengan stadium akhir. Pada tahap ini, sel kanker sudah menyebar ke organ tubuh lainnya yang berada di luar tenggorokan. Perlu penanganan yang serius ketika kanker tenggorokan sudah berada pada tahap ini. (Baca Juga: Kanker Usus Besar Stadium 4Kanker Serviks Stadium 4)

Penyakit kanker tenggorokan tidak akan terjadi apabila kita melakukan penanganan sejak dini. Penanganan tersebut dapat berupa pencegahan preventif yang dapat menghindarkan kita dari penyakit kanker tenggorokan. Salah satu cara atau tindakan yang dapat dilakukan adalah menjaga kesehatan tenggorokan dengan melakukan pola hidup yang sehat. Berikut ini merupakan tips yang cukup ampuh dan efektif untuk mencegah penyakit kanker tenggorokan. (Baca juga: Cara Mencegah Kanker Mulut Dengan 8 Cara ).

Sponsors Link

Tips Cara Mencegah Kanker Tenggorokan

  • Menjaga kebersihan tangan

Ketika kita akan memakan sesuatu, sebaiknya pastikan bahwa tangan kita berada dalam keadaan bersih. Mencuci tangan dapat dilakukan dengan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menghindari masuknya virus ke dalam tenggorokan melalui makanan yang sebelumnya disentuh oleh tangan. (Baca Juga: Penyebab Kanker Di Mata , Cara Mencegah Kanker Serviks)

  • Hindari kontak langsung dengan orang yang terkena infeksi saluran pernapasan

Virus atau bakteri merupakan organisme yang dapat menular pada siapa saja dan kapan saja. Oleh sebab itu, kita berhati – hati untuk tidak melakukan kontak langsung dengan orang yang mengalami infeksi saluran pernapasan. Apalagi jika daya tahan tubuh berada dalam kondisi yang lemah. Karena akan menyebabkan virus mudah menular.

  • Hindari rokok

Sangat jelas jika rokok merupakan suatu hal yang berbahaya bagi kesehatan, terutama bagi tenggorokan. Jika Anda merupakan seorang perokok, segera kurangi dan hindari kebiasaan tersebut karena dapat memicu terserang penyakit berbahaya seperti kanker tenggorokan. Sama halnya dengan orang yang menghirup asap rokok, dampaknya akan sama terasa meskipun orang tersebut tidak merokok. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat yang dapat merusak lapisan mukosa pada tenggorokan dan merusak fungsi utama dari tenggorokan itu sendiri. (Baca Juga: Pengaruh Rokok Terhadap Kanker Serviks)

  • Menggosok gigi secara teratur

Mulut dan gigi ternyata bisa menjadi sumber infeksi dan tumbuhnya bakteri tanpa kita sadari. Bakteri tersebut dapat menyerang organ tubuh lainnya seperti tenggorokan. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara menggosok gigi secara teratur dan rutin.

  • Menjaga daya tahan tubuh

Hal ini merupakan sesuatu yang paling penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Daya tahan tubuh dapat dijaga melalui olahraga yang teratur, mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bernutrisi, istirahat secukupnya, bila perlu mengkonsumsi vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Cara – cara tersebut dapat membantu dalam menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang oleh berbagai macam penyakit. (Baca Juga: Penyebab Leukimia Pada Anak)

Itulah pemaparan mengenai ciri – ciri dari penyakit kanker tenggorokan. Selalu dianjurkan untuk melakukan pencegahan sejak dini. Karena melakukan pencegahan lebih efektif dibandingkan dengan pengobatan. Semoga bermanfaat. (Baca juga: Makanan Penyebab Kanker Mulut)

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Sunday 23rd, October 2016 / 21:53 Oleh :
Kategori : Kanker Tenggorokan