Sponsors Link

6 Pengaruh Rokok Terhadap Kanker Serviks Paling Berbahaya

Sponsors Link

Saat ini merokok hampir telah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian besar orang, baik itu pria maupun wanita. Tidak jarang ditemui seorang wanita merokok ketika sedang berada di cafe maupun tempat umum lainnya. Rokok sudah dikenal kaya akan kandungan zat berbahaya yang dapat menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit kronis, seperti kanker hati, kanker paru-paru, kanker serviks, kanker payudara, dan dapat menyebabkan gangguan kehamilan dan janin. Oleh karena itu, wanita hamil dan menyusui dilarang untuk merokok.

Sponsors Link

Dalam merokok, terbagi menjadi 2 buah kategori, yaitu perokok pasif dan perokok aktif. Perokok pasif adalah orang sekitar yang berada di sekitaran orang yang merokok dan mau tidak mau menjadi korban asap rokok, dan menghirup asap rokok tersebut. Sedangkan perokok aktif adalah perokok yang secara aktif menghisap nikotin dari sebatang hingga beberapa batang rokok. Banyak orang yang telah mengetahui bahwa rokok merupakan zat berbahaya. Namun demikian banyak juga orang yang sangat menggemari merokok meskipun tahu bahwa merokok dapat membahayakan kesehatan dirinya. Berikut ini merupakan macam-macam kandungan berbahaya yang terdapat di dalam rokok, yaitu:

  1. Nikotin

Nikotin merupakan zat utama yang paling terkanl di dalam rokok. Nikotin sering disebut-sebut karena efeknya yang berbahaya dapat menyebabkan penyakit kanker.

  1. Tar

Tar merupakan bagian rokok yang memberikan rasa. Namun dikarenakan pembakaran membuat perubahan senyawa di dalam tar menjadi lebih berbahaya dan menyebabkan penyakit impotensi, bronkitis, kanker, dan penyakit lainnya.

  1. Arsenik

Arsenik merupakan senyawa yang menyerupai logam. Arsenik ini dapat memberikan dampak kepada tubuh membuat sel-sel sulit melakukan regenerasi. Penyebaran di dalam tubuh dilakukan melalui darah.

  1. Benzene

Benzene merupakan kandungan dalam rokok yang dapat menyebabkan penyakit kanker darah.

  1. Amonia

Melihat dari namanya, amonia merupakan bahan yang baisa digunakan untuk pupuk. Namun akan berbeda manfaatnya ketika dicampurkan dengan rokok, akan menyebabkan seseorang yang menghisap rokok menjadi ketagihan.

Sponsors Link

  1. Karbon monksida

Karbon monoksida memiliki senyawa CO. Hasil pembakaran sebatang rokok dapat menghasilkan zat beracun yang dapat menyebabkan kanker paru-paru dan juga jantung koroner. Selain itu karbon monoksida yang masuk ke dalam tubuh dapat mengganggu fungsi darah untuk mengikat oksigen dan mendistribusikan ke seluruh tubuh.

Dan masih banyak kandungan zat berbahaya lainnya yang dimiliki oleh sebatang rokok. Jika Anda tetap merokok meskipun telah mengetahui kerugian dari merokok, maka Anda harus berkomitmen untuk secara sewaktu-waktu mengalami masalah kesehatan. Hal ini dikarenakan setiap hisapan pada sebatang rokok akan ada ratusan sel hidup yang mengalami kerusakan, sehingga lama kelamaan tubuh akan mengalami penurunan kesehatan.

Berbagai penelitian terkait dengan pengaruh rokok terhadap kanker serviks. Rata-rata banyak wanita yang terinfeksi dikarenakan asap dari perokok aktif yang ada di sekitarnya. Pada saat itulah jika Anda bukan merupakan seorang perokok pasif, Anda dapat menggunakan smoking area agar bebas merokok. Pastikan meskipun Anda seorang perokok aktif, jangan ganggu kebebasan orang yang tidak merokok hanya karena asap yang Anda timbulkan.

Proses terjadinya kanker serviks karena rokok

Ketika merokok, setiap hisapan akan banyak sel dan jaringan dalam yang terbakar sehingga mengalami kerusakan. Pemakaian dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada jaringan tertentu. Sel tubuh memiliki sifat yang rentan rusak saat dihadapkan dengan benda asing. Berbeda dengan virus yang bisa menjadi inang. Saat sel-sel pada leher rahim mulai mengalami pengikisan sel, dan tubuh mulai memperlihatkan gejala kanker serviks, maka langkah tepat yang harus dilakukan adalah melakukan pemeriksaan kepada dokter dengan segera.

Baca artikel terkait:

Berikut ini bahaya rokok bagi kanker serviks :

  1. Banyaknya kandungan berbahaya pemicu munculnya gejala kanker serviks

Rokok memiliki kandungan seperti nikotin, tar, arsenik, dan lain sebagainya, yang mana jika terjadi pembakaran rokok, maka gas setiap udara yang terhirup dapat merusak sel sehat di dalam tubuh. Akibatnya adalah ketika tubuh ingin melakukan regenerasi sel, tubuh harus bekerja ekstra keras bahkan terkadang ada nutrisi yang tidak tersuplai.

Sponsors Link

  1. Merupakan penyebab kanker serviks ke tiga setelah virus HPV

Banyak orang yang telah mengetahui bahwa kanker serviks disebabkan oleh virus HPV. Namun ternyata merokok pun juga merupauan penyebab kanker serviks yang tidak kalah berbahaya.

  1. Menambah sel-sel rusak dan membuat sel darah putih bekerja secara ekstra

Sel rusak yang terjadi akibat kandungan di dalam rokok, sudah tidak dapat dihindarkan. Jika Anda merupakan seorang perokok baik itu aktif maupun pasif, ada baiknya Anda mengimbangi dengan mengkonsumsi makanan pencegah kanker serviks.

  1. Menurunkan daya tahan tubuh dikarenakan semakin banyak penyakit yang menyertai penyakit utama

Daya tahan tubuh mulai menurun dikarenakan sel-sel tubuh yang kesulitan untuk melakukan regenerasi, dikarenakan hal tersebut, maka seringkali terjadi pasien yang mengalami kanker serviks, kanker getah bening, kanker paru-paru, akan akan mengalam penyakit lainnya seperti mudah terserang flu.

  1. Semakin memperburuk kondisi efek kemoterapi kanker

Kemoterapi kanker memiliki efek samping tersendiri, yaitu mual, pusing, muntah, dan gejala lainnya.

  1. Mempercepat penyebaran sel kanker

Rokok memiliki kandungan yang senyawa dengan logam. Jika kandungan di dalam rokok ini tersebar di dalam tubuh, maka tubuh akan memasuki fase hilang keseimbangan sehingga kurang bisa berfungsi secara optimal. Oleh karena itulah, sebisa mungkin penderita kanker tidak menyentuh rokok terlalu sering.

Pada dasarnya wanita yang merokok memiliki kemungkinan untuk terkena penyakit kanker serviks 2x lebih besar dibandingkan dengan wanita yang tidak merokok. Apabila Anda merupakan seorang perokok, ada baiknya Anda mulai mengubah pola hidup saat ini. Meningkatkan kesadaran akan kerugian yang ditimbulkan dari merokok serta melakukan pemeriksaan rutin untuk memastikan Anda hidup dengan kondisi tubuh yang sehat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 25th, April 2016 / 16:27 Oleh :
Kategori : Kanker Serviks