Sponsors Link
     Sponsors Link

Operasi Kanker Serviks : Dampak, Biaya, dan Efeknya

ads

Kanker Serviks dinyatakan sebagai penyakit pembunuh kedua bagi wanita setelah kanker payudara. Kanker Serviks disebabkan oleh virus HPV (Human Papiloma Virus) yang terdapat di vagina. Umumnya gejala kanker Serviks disebabkan karena masalah kebersihan vagina, seperti penggunaan “underwear” selama 1 hari. Padahal idealnya underwear harus diganti 2 kali sehari untuk menghindari perkembangan bakteri dalam underwear tersebut.

operasi kanker serviksMasalah lain yang menyebabkan terjadinya kanker serviks adalah soal seks. Wanita perlu mengetahui riwayat pasangan sebelum melakukan hubungan intim. Dari penuturan penderita kanker Serviks di televisi yang merupakan publik figur juga menjelaskan penyebab kanker serviks yang dideritanya akibat bakteri yang dibawa oleh pasangannya sendiri. Tidak ada salahnya mengenal lebih dekat pasangan sebelum memutuskan melakukan seks, karena resiko lebih besar siap menanti Anda di kemudian hari.

Penyebab kanker Serviks adalah riwayat perokok yang dilakoni selama bertahun-tahun, jadi sebaiknya mempertimbangkan lebih dulu sebelum batang rokok ini merusak hidup Anda. Dikutip dari vemale.com, wanita yang merokok dan yang sering menghirup asap rokok memiliki kemungkinan terkena kanker serviks 3 kali lebih besar daripada wanita yang tidak pernah bersentuhan dengan rokok. Zat Karsinogen pada rokok ini menyebabkan aktivitas HPV pada serviks meningkat.

Untuk melakukan tindakan pencegahan deteksi dini kanker serviks, hingga operasi kanker serviks, pasien dapat melakukan beberapa proses seperti berikut ini:

  1. Surgery/Operasi

Operasi kanker serviks dapat dilakukan dengan mempertimbangkan posisi dan penyebaran kanker serviks juga hilangnya kesempatan memiliki anak.

  1. Radiation Therapy

Terapi radiasi menggunakan sinar X-Rays dengan level tinggi pada vagina untuk membunuh sel kanker. Pemakaian X-ray ini dikombinasikan dengan melakukan operasi.

  1. Chemoradiation

Kemoradiasi adalah kombinasi antara kemoterapi dan radiasi. Keduanya dilakukan baik sebelum operasi maupun paska operasi.Kombinasi ini bertujuan untuk mengendalikan pendarahan dan rasa nyeri.

  1. Chemotherapy

Kemoterapi menggunakan obat untuk membunuh sel kanker, Satu jenis obat ini biasanya disebut cisplatin. Namun efek samping dari kemoterapi ini lebih besar karena menyebabkan perubahan fisik pada seluruh bagian tubuh, seperti rambut rontok. Kemoterapi berfungsi membunuh perkembangan sel kurang baik, namun dalam prosesnya sel baik yang tumbuh juga ikut dirusak oleh kemoterapi, sehingga kemoterapi dianggap sangat menyiksa pasien.

Sponsors Link

Efek yang ditimbulkan paska operasi kanker Serviks

Histerektomi adalah proses pengangkatan rahim wanita umunya dilakukan pada operasi pertama kanker serviks. Operasi selanjutnya adalah Histerektomi radikal, operasi ini mengangkat leher rahim, rahim, nodus limfa, ovarium dan tuba falopi. Efek samping yang dialami setelah melakukan operasi kanker Serviks adalah:

  1. Pendarahan
  2. Infeksi
  3. Cidera pada ureter
  4. Penggumpalan darah

Pada dampak lanjutan dan jangka panjang, efek samping operasi kanker Serviks menyebabkan:

  1. Tidak mampu menahan air kecil
  2. Vagina menjadi lebih kering sehingga menyulitkan melakukan hubungan seks
  3. Pembengkakan pada lengan dan kaki akibat limfedema.
  4. Mempersempit vagina sehingga berhubungan menjadi terasa sakit.
  5. Kuli tseperti terbakar di daerah panggul.
  6. Kemandulan.
  7. Merusakovarium, berakibat pada menopause dini.

Biaya Operasi Kanker Serviks

Biaya operasi untuk kanker Serviks bervariasi, tergantung jenis operasi yang dilakukan dan rumah sakit yang dirujuk. Pada laman rumah website Rumah Sakit Dharmais, pasien diberi kemudahan mengakses data biaya operasi hingga pasca operasi, total biaya yang dikeluarkan pasien bisa mencapai ratusan juta.

Berikut rincian biaya operasi kanker Serviks:

  • Operasi level 1 :19.800.000
  • Operasi level 2 :30.000.000
  • Operasi level 3 :32.200.000
  • Operasi level 4 :35.500.000
  • Operasi level 5 :37.800.000
  • Operasi level 6 :42.800.000

Sedangkan untuk biaya kemoterapi rinciannya sebagai berikut:

  • Taxan : 8.700.000
  • Non Taxan :16.700.000
  • Terapi :26.800.000
  • Kombinasi :41.200.000

Dana yang besar untuk melakukan satu kali operasi kanker Serviks termasuk sangat mahal, apalagi pasien yang memiliki kesulitan finansial tentu akan sulit melakukan rangkaian operasi tersebut. Lebih baik jika setiap orang memiliki asuransi kesehatan untuk menyiapkan tabungan kesehatan untuk ancaman berbagai macam penyakit. Sekalipun seorang wanita tidak memiliki riwayat seks bebas, namun bahaya kanker Serviks bisa terjadi dimana saja, misalnya untuk seseorang yang menghirup asap rekok/perokok pasif.

Kapan melakukan operasi kanker Serviks?

Setelah pasien melakukan diagnosis, akan diperoleh informasi jenis kanker Serviks dan bentuk penanganan yang paling sesuai. Untuk mencegah penyebaran sel kanker di jaringan serviks maka pasien dapat melakukan operasi sedini mungkin. Tahapan operasi kanker Serviks tergantung tingkat stadium yang diderita pasien.

Apabila diagnosis dilakukan sejak dini yakni sebelum sel kanker menyebar maka operasi hanya dilakukan sekali pada bagian yang ditumbuhi tumor. Tapi apabila sel kanker telah menyebar ke organ tubuh yang lain akan membutuhkan penanganan yang lebih besar hingga paska operasi, yaitu kemoterapi untuk mencegah tumbuhnya sel kanker kembali muncul.

Pengobatan setelah operasi kanker Serviks sangat dibutuhkan untuk mendeteksi risiko kanker kembali. Pemeriksaan dapat dilakukan setiap empat bulan sekali selama dua tahun pertama, lalu tiap enam bulan untuk tahun ke tiga.

Sponsors Link

Cara Mencegah Kanker Serviks

  1. Tes Papsmear

Kanker Serviks dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat terutama soal kehati-hatian melakukan hubungan seks. Risiko terkena kanker Serviks lebih besar pada wanita yang melakukan seks bebas dan berganti-ganti pasangan. Untuk penanganan medis, pencegahan kanker Serviks dapat dilakukan dengan melakukan tes papsmear secara bertahap kemudian memberi vaksin HPV.

  1. Hindari gonta ganti pasangan

Memilih pasangan yang bersih juga penting untuk melindungi Anda dari risiko kanker Serviks. Tidak hanya riwayat pasangan yang perlu Anda perhatikan, namun kesehatan seksual Anda juga sebaiknya dijaga dengan mengindari seks bebas dan hubungan seks usia remaja.

  1. Jaga kebersihan Miss V

Kebersihan Miss V adalah bentuk perlindungan pertama dalam tubuh wanita. Sebaiknya tidak menggunakan “underwear” yang sama dalam sehari. Membersihkan area vagina dengan mengganti “underwear” setiap 2 kali-3 kali sehari, usahakan membersihkan sendiri pakaian dalam Anda. Lalu menyetrika pakaian dalam tersebut, panas juga dapat mematikan kuman pada pakaian dalam.

  1. Tolong jangan merokok

Sangat penting bagi wanita untuk memikirkan sekali lagi dampak dan bahaya rokok. Jika Anda wanita karir yang memiliki kesibukan cukup padat dan dapat memacu stres pada diri Anda, maka rokok bukan solusi mengatasi stres tersebut. Lakukan olahraga lari di treadmil setiap hari sebelum berangkat kerja. Kegiatan lari di treadmil selama 30 menit akan memberi Anda peluang bebas dari kanker Serviks. Tidur yang cukup dan konsumsi makanan sehat untuk menyeimbangkan fungsi kerja tubuh Anda setiap hari.

Sayangi diri dan hidup Anda dengan menghargai diri dengan tidak melakukan seks bebas dan merokok. Serviks dapat dicegah dan disembuhkan selama Anda menyadari bahayanya dan peluangnya menggerogoti tubuh Anda. Salam sehat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 16th, February 2015 / 13:27 Oleh :
Kategori : Kanker Serviks