Sponsors Link

8 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kanker Serviks

Sponsors Link

Kanker serviks merupakan salah satu dari sekian jenis kanker yang paling mematikan. Hal ini dikarenakan gejala kanker serviks yang jarang dirasakan, sehingga ketika diketahui adalah pada saat kanker serviks sudah memasuki stadium kanker serviks yang cukup tinggi. Penanganan yang terlambat dapat membahayakan penderitanya, itulah fakta dari penyakit kanker. Berbagai macam upaya dilakukan untuk mengobati penyakit ini. Salah satunya adalah memanfaatkan obat dari lingkungan sekitar, yaitu daun sirsak. Tanaman sirsak, merupakan sebuah tanaman yang memiliki manfaat baik buah, batang, hingga daunnya. Namun pada artikel kali ini, kita akan mengkhususkan pembahasan mengenai manfaat daun sirsak.

Sponsors Link

Daun sirsak sudah cukup terkenal dengan manfaatnya untuk mengobati kanker serviks. Selain itu, sirsak juga termasuk dalam buah yang baik untuk kanker darah. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A, vitamin B, dan senyawa protein serta mineral kalsium yang cukup tinggi. Daun sirsak mampu membunuh 10.000 sel kanker lebih banyak dibandingkan dengan pengobatan melalui kemoterapi kanker. Beberapa penelitian yang dilakukan dengan menggunakan tikus, terbukti bahwa air rebusan daun sirsak dapat bekerja dengan cukup efektif. Banyak orang yang telah berusaha untuk mencari metode pengobatan kanker yang efektif, memadukan berbagai macam metode pengobatan melalui konsumsi buah, tanaman obat, akupuntur, kemoterapi, mengkonsumsi obat dari dokter, bahkan hingga melakukan operasi untuk pengangkatan sel kanker.

Kandungan dalam daun sirsak

Secara garis besar, daun sirsak kaya akan senyawa antioksidan yang telah melalui proses metabolisme yang dilakukan oleh tanaman sirsak itu sendiri. Kandugan tersebut adalah:

  1. Kandungan lactones

Kandungan lactones terdiri atas vitamin A, B, C, dan E.Vitamin tersebut memiliki peranan penting bagi tubuh kita. Vitamin A, selain bermanfaat untuk ketajaman mata dalam melihat, juga memiliki peran untuk melindungi tubuh dari senyawa radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh. Vitamin B memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya kanker kulit, kanker otak. Memberikan nutrisi tambahan bagi organ tubuh agar berfungsi secara optimal dan memiliki daya tahan tersendiri dalam menghadapi serangan dari zat-zat berbahaya di luar tubuh. Vitamin C, berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan juga menyehatkan kulit. Sedangkan manfaat vitamin E adalah untuk membantu pengobatan penyakit kanker.

  1. Kandungan isoquinoline

Kandungan isoquinoline termasuk dalam kandungan alkaloid di dalam obat herbal. Senyawa alkaloid merupakan senyawa yang dimiliki oleh tanaman sebagai hasil metabolisme dengan nitrogen. Kebanyakan dari senyawa ini adalah bersifat sebagai racun. Hal ini sebagai bentuk perlindungan dari hewan herbivora. Maka dari itulah, dengan pengolahan yang tepat dan disesuaikan dengan kebutuhan tubuh, senyawa dalam kandungan ini mampu memberantas sel kanker secara alami dan efektif.

Sponsors Link

  1. Kandungan lipid

Kandungan lipid merupakan senyawa lemak nabati yang mana dalam daun sirsak ini berfungsi untuk membantu penyerapan vitamin. Selain itu, senyawa lipid juga melakukan kerjasama dengan senyawa antioksidan dalam melakukan regenerasi sel tubuh yang telah rusak.

Manfaat daun sirsak untuk kanker serviks

Pada dasarnya, daun sirsak dapat digunakan untuk mencegah sekaligus menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti sesak napas, batuk, hipertensi, rematik, dan kanker. Penyakit kanker yang dapat disembuhkan dengan kosumsi daun sirsak tidak hanya kanker serviks saja, namun juga efektif untuk menyambuhkan berbagai jenis kanker lainnya. Adapun jenis kanker tersebut adalah kanker usus besar, kanker prostat, kanker payudara, kanker rahim, kanker hati, kanker paru-paru, kanker pankreas, dan sebagainya. Bagi penderita kanker serviks dengan mengkonsumsi daun sirsak akan merasakan beberaepa manfaat berikut ini:

  1. Mencegah terjadinya penyakit kanker serviks

Senyawa antioksidan yang tinggi pada daun sirsak ini dapat mencegah berbagai macam senyawa radikal bebas yang dapat memicu terjadinya kanker serviks. Mengkonsumsi secara rutin sesuai dosis sangat dianjurkan untuk pencegahan kanker serviks.

  1. Membantu proses pengobatan

Pada proses pengobatan, ekstrak daun sirsak mampu membunuh sel kanker tanpa harus merusak sel disekitarnya, malah semakin memperkuat sel sehat dan membantu regenerasi sel. Hal ini tentu saja berbeda dengan penggunaan metode kemoterapi.

  1. Mengurangi rasa nyeri di area sekitar tempat berkembangnya sel kanker

Senyawa pada daun sirsak mampu meredakan rasa nyeri. Sesuai dengan kandungan vitamin E yang memiliki manfaat mampu meredakan rasa nyeri dan membantu proses terjadinya metabolisme di dalam tubuh.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh penderita

Senyawa antioksidan selain untuk melawan sel kanker dan senyawa radikal bebas, juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Bagi tubuh penderita kanker serviks yang sangat lemah sangat mudah terserang penyakit susulan. Oleh karena itu dengan konsumsi ekstrak daun sirsak maka dapat meningkatkan ketahanan tubuh penderita.

Sponsors Link

  1. Menurunkan stress

Senyawa di dalam daun sirsak dapat memberikan stimulus kepada sistem saraf di tubuh sehingga dapat meredakan ketegangan.

  1. Membantu regenerasi sel yang telah rusak

Pada penderita kanker serviks, terutama yang menjalani kemoterapi pasti akan mengalami kerusakan sel. Kerusakan sel tersebut dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, yaitu oleh sel kanker itu sendiri, waktu regenerasi sel, dan efek dari pancaran sinar radiasi pengobatan kemoterapi kanker. Dengan mengkonsumsi ekstrak daun sirsak, dapat memberikan nutrisi pada sel-sel terkait sehingga dapat melakukan regenerasi sel lebih cepat.

  1. Mengurangi efek kemoterapi kanker

Kendala besar dalam pengobatan kanker adalah efek yang tidak menyenangkan dari kemoterapi. Banyak penderita kanker yang keberatan menjalani kemoterapi dikarenakan efek samping yang ditimbulkan. Oleh karena itulah dibutuhkan usaha lain yang dapat mengurangi efek samping dari kemoterapi tersebut. Metode lain yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan metode akupuntur.

Baca artikel: 6 Manfaat Akupuntur Untuk Pengobatan Kanker

  1. Melindungi tubuh dari serangan lanjutan infeksi virus, bakteri, jamur, dan hal lainnya yang dapat merugikan tubuh

Penyebab kanker serviks ada bermacam-macam, mulai dari gaya hidup yang tidak sehat, senyawa berbahaya, dan sebagainya. Salah satu gejala kanker serviks adalah munculnya keputihan. Keputihan pada kanker serviks dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari virus, bakteri, jamur, dan parasit. Kondisi inilah yang harus diperhatikan agar dapat segera memperoleh penanganan tepat, dan penderita dapat segera terselamatkan.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 30th, April 2016 / 14:35 Oleh :
Kategori : Kanker Serviks