Sponsors Link

4 Jenis Makanan Pemicu Kanker Serviks

ads

Kanker serviksyaitu merupakan salah satu penyakit yang menyerang organ reproduksi pada wanita. Penyakit yang memiliki nama lain Kanker Leher Rahim ini menurut suatu data dari seluruh penduduk indonesia yang menderita penyakit kanker, yang menderita penyakit kanker serviks adalah sepertiganya. Menurut data dari WHO, setiap tahunnya wanita yang meninggal akibat penyakit kanker serviks ini tercatat berjumlah ribuan. Kanker Serviks termasuk kedalam jenis kanker yang menempati urutan paling atas penyebab kematian pada wanita di dunia.

Maka tak heran apabila penyakit kanker serviks ini menjadi suatu momok yang menakutkan bagi kaum hawa.

Penyebab Kanker Serviks

Penyebab kanker serviks diantaranya adalah :

  • Infeksi Virus HPV
  • Banyaknya pasangan seksual
  • Merokok
  • Rendahnya sistem imun
  • Hubungan seks usia dini
  • Penggunaan pil KB
  • Riwayat keluarga
  • Pengetahuan tentang kanker serviks
  • Usia dini memiliki anak

Setelah mengetahui berbagai macam penyebab dari kanker serviks, maka tidak ada salahnya pula untuk menjaga pola makan kita agar terhindar dari kanker serviks.

Macam-Macam Makanan Pemicu Kanker Serviks

Menurut beberapa penelitian didapatkan bahwa terdapat keterkaitan antara makanan yang seseorang konsumsi dengan penyakit kanker. Beberapa dari jenis makanan tersebut secara langsung maupun tidak langsung telah menjadi pemicu (trigger) terjadinya penyakit kanker.

Hal tersebut dikuatkan oleh Dr Grace Judio Kahl, seorang ahli kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Beliau yang mengungkapkan bahwasannya terdapat banyak sekali hal-hal yang bisa memicu timbulnya kanker, dan salah satunya yaitu berasal dari makanan yang tidak sehat.

Berikut ini adalah macam-macam makanan yang dapat memicu terjadinya kanker

1. Makanan Berlemak

Makanan yang mengandung banyak lemak termasuk salah satu jenis makanan yang memicu terjadinya kanker serviks. Wanita yang sering makan makanan yang banyak mengandung lemak mempunyai resiko terkena kanker serviks pada wanita lebih besar dibandingkan dengan yang jarang makan makanan yang mengandung lemak. Hal ini dikarenakan di dalam makanan berlemak, lemaknya ini mampu memproduksi suatu hormon yang disebut dengan hormon estrogen. Apabila seorang wanita seringkali mengkonsumsi makanan berlemak, maka lemaknya ini akan memproduksi hormon estrogen kemudian pada rahim seorang wanita yang sering kali mendapatkan hormon estrogen dalam jumlah berlebih maka akan memicu pertumbuhan sel kanker.

Kandungan lemak pada suatu jenis makanan banyak ditemukan pada jenis makanan yang digoreng seperti gorengan, keripik, dan juga berbagai jenis gorengan yang lain. Jenis makanan yang digoreng ini akan menjadi sangat menakutkan sebagai pemicu kanker serviks apabila digorengnya menggunakan minyak jelantah (minyak bekas). Dengan seringkali mengkonsumsi makan yang berlemak juga akan dapat membuat badan kita menjadi gemuk yang mana akan menyebabkan kita menjadi kesulitan dalam melakukan kegiatan olah raga. Keadaan inilah yang juga akan menyebabkan sel kanker berubah semakin besar.

Oleh karenanya, sebaiknya anda termasuk kita semua harus banyak-banyak mengkonsumsi makanan yang berserat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan yang mana sangat berguna untuk mencegah terjadinya kanker serviks.

Sponsors Link

2. Makanan dan Minuman Beralkohol

Pada dasarnya mengkonsumsi makanan dan minuman beralkohol secara berlebihan jelas sangat tidak dianjurkan untuk kita jika kita menginginkan tubuh yang sehat dan terjaga dari berbagai macam penyakit. Kenapa makanan maupun minuman beralkohol dapat memicu terjadinya kanker serviks, hal ini dikarenakan kandungan alkohol yang terdapat pada suatu makanan atupun minuman membuat sel kanker menempel pada dinding rahim yang mengakibatkan terjadinya kanker serviks.

Makanan yang mengandung alkohol contohnya adalah seperti tape, cake yang mengandung alkohol (diolah menggunakan campuran rhum, tape, wine, dan lain-lain), dan lain-lain. Sedangkan minuman yang mengandung alkohol contohnya adalah seperti minuman keras, rhum, wine, arak, dan lain-lain.

Oleh karenanya bagi anda kaum wanita ataupun pria sebaiknya kurangilah jika perlu berhentilah dalam mengkonsumsi makanan maupun minum yang mengandung alkohol. Karena bagaimanapun juga alkohol tersebut tidak baik untuk tubuh.

3. Makanan dengan Bahan Campuran Kimia

Di zaman yang serba maju teknologinya seperti saat ini, rasanya akan sangat sulit sekali menemukan makanan yang terbebas dari campuran bahan-bahan kimia. Makanan dan miniman yang beredar dan dijual bebas di pasaran saat ini paling tidak sedikitnya sudah mengandung suatu jenis zat kimia seperti bahan pengawet, pewarna buatan, dan juga pemanis buatan. Oleh karenanya anda harus menghindari makanan dengan bumbu penyedap, makanan instan, makanan kaleng, dan juga daging dalam makanan siap saji karena jenis-jenis makanan tersebut dapat memicu terjadinya kanker seviks.

Mengapa ? 

Karena pada makanan yang mengandung berbagai macam bahan-bahan kimia dapat menimbulkan terjadinya penyakit, termasuk juga dapat memicu terjadinya kanker serviks.

Lantas bagaimana cara menghindarinya ?

Agar terhindar dari makanan yang mengandung banyak zat-zat kimia, anda sebaiknya memasak sendiri makanan yang ingin anda makan. Dengan memasak sendiri, minimal anda mengetahui segala proses yang terjadi dan bahan-bahan yang digunakan dalam makanan tersebut. Dengan begitu, anda dapat melakukan yang terbaik bagi anda maupun keluarga anda agar terhindar dari kanker ini.

Sponsors Link

4. Makanan yang Diolah dengan Dibakar atau Dipanggang

Siapa yang tidak suka dengan makanan yang diolah dengan cara dibakar atau dipanggang?

Hampir semua orang menyukainya, apalagi ini adalah beberapa hari setelah hari raya Idul Adha banyak orang mengolah daging dengan cara dibakar atau dipanggang untuk dibuat sate, steak ataupun juga kambing guling. Namun ternyata bahwa makanan yang diolah dengan cara dibakar atau dipanggang dapat menjadi pemicu timbulnya kanker serviks. Penyebabnya adalah karena pada arang yang digunakan untuk membakar atau memanggangan bahan makanan, mengandung karbon. Yang mana karbon digolongkan sebagai zat karsinogenik atau zat pemicu terjadinya kanker.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, dr. Djoko Agus Purwanto, Apt mengungkapkan bahwa “Dalam kandungan daging terdapat berbagai macam zat yang berguna bagi tubuh salah satunya protein. Tapi jika daging tersebut dibakar, muncul dua jenis senyawa penyebab kanker yang terbentuk selama proses pembakaran makanan. Sebab, senyawa dari protein tersebut terbentuk setelah bertemu dengan atom karbon dari arang, Dua senyawa itu adalah Hidrokarbon Polisiklik Aromatik (PAH) dan Amino Heterosiklik (HCA)”

Itulah tadi jenis-jenis makanan perlu Anda hindari untuk mencegah timbulnya kanker serviks. Namun, anda juga jangan terpaku pada jenis makanan saja, usahakan agar anda tetap rajin berolahraga, tidak merokok, memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur, perbanyak mengkonsumsi air putih, menjaga kebersihan organ intim, dan juga tidak melakukan free sex. 

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 23rd, September 2016 / 05:17 Oleh :
Kategori : Kanker Serviks