Sponsors Link
     Sponsors Link

8 Faktor Penyebab Kanker Serviks Paling Utama

ads

Penyebab kanker serviks dapat berasal dari eksternal dan internal tubuh kita, pola hidup, kebiasaan, sampai faktor pernikahan dapat menjadi faktor yang memainkan peranan penting terhadap kanker serviks. Saya sendiri beberapa waktu lalu telah berkonsultasi pada dokter kandungan untuk mengkonfirmasi mengenai penyebab detilnya. Dengan informasi tersebut dan di bantu dengan referensi dari berbagai situs kesehatan dunia, saya mencoba merincikannya melalui artikel ini.

Faktor penyebab kanker serviks paling utama ada 8, jadi anda harus waspada pada 8 isu di bawah ini agar terhindar dari jenis kanker mematikan ini.

  1. Infeksi Virus HPV
  2. Banyaknya pasangan seksual
  3. Merokok
  4. Rendahnya sistem imun
  5. Hubungan seks usia dini
  6. Penggunaan pil KB
  7. Riwayat keluarga
  8. Pengetahuan tentang kanker serviks
  9. Usia dini memiliki anak

1. Human Papillomavirus (HPV)

Penyebab kanker serviksPenyebab kanker serviks paling utama infeksi dari virus HPV. HPV merupakan virus yang menjadi penyebab utama terjadinya kanker serviks yang mematikan di dunia, tercatat lebih dari 99 % kasus kanker serviks terjadi setelah terinfeksi virus HPV / Human Papillomavirus((NHSCervical cancer – Causes, diakses 22 Oktober 2014)). HPV sebenarnya adalah kumpulan dari berbagai virus, bukan virus tunggal setidaknya jenisnya terdiri dari lebih 100 jenis virus. Hanya ada beberapa yang dapat menyebabkan kanker serviks ((Healthline, Jennifer Monti, MD, MPH, Cervical Cancer Causes, 10 Juli 2014. di akses 20 Oktober 2014)) :

  • HPV 16
  • HPV 18
  • HPV 31
  • HPV 33
  • HPV 45

Jika di tarik lagi, penyebab kanker serviks yang paling umum terjadi adalah virus HPV 16 dan HPV 18, setidaknya ditemukan di 2/3 kasus kanker serviks. Virus HPV tipe lainnya mungkin dapat menyebabkan infeksi pada kulit kelamin seperti tumbuhnya kutil, namun ini tidak berbahaya bagi manusia. Nah virus ini adalah penyebab utama kanker serviks, lalu apa faktor lainnya yang dapat menyebabkan resiko terkena kanker serviks lebih tinggi?

Cara Pencegahan : 

Sebagai virus penyebab utama Kanker Serviks, HPV selayaknya kita cegah penyebarannya. Virus HPV dapat menyebar melalui kontak fisik melalui sentuhan kulit ke kulit. Salah satu penyebarannya adalah melalui hubungan seksual. Selain virus HPV tentu ada berbagai faktor penyebab kanker serviks lain yang menentukan, faktor ini akan kita bahas secara mendetil.

  • Setia pada pasangan
  • Tidak berganti-ganti pasangan
  • Menggunakan alat pelindung ketika berhubungan
  • Hindari penggunaan jarum suntik bekas

2. Banyaknya Pasangan Seks

Penyebab kanker serviks kedua adalah banyaknya pasangan yang memungkinkan anda terinfeksi risiko tertular HPV. Punya banyak pasangan seks akan menjadi salah satu penyebab utama terkena kanker serviks, infeksi virus HPV akan semakin tinggi menyasar diri anda. Setia pada pasangan / istri dan mendekatkan diri dengan agama dan Tuhan sedikit banyak akan membantu anda mengurangi risiko tersebut.

Cara Pencegahan: 

  • Hindari gonta ganti pasangan
  • Gunakan pengaman saat berhubungan
  • Setia pada pasangan
sponsored links

3. Kebiasaan Merokok

penyebab kanker serviks

Wanita perokok dua kali lipat lebih rentan terkena kanker serviks dibandingkan dengan non perokok, zat yang terdapat pada rokok merupakan pemicu utama kanker, terutama kanker paru paru.

Apa kaitan merokok dengan kanker serviks, riset telah menunjukkan bahwa zat tembakau terdapat pada lendir leher rahim perempuan yang merokok (perokok aktif).

Periset juga percaya bahwa zat ini dapat membantu meningkatkan kerusakan sel DNA yang terdapat dalam leher rahim wanita sehingga dapat menyebabkan faktor tinggi terkena kanker serviks.

Cara Pencegahan :

  • Ayo berhenti merokok, banyak jenis kanker yang disebabkan oleh rokok lohhh…

4. Sistem Imun / Kekebalan Tubuh Yang Rendah

Ketika seorang wanita terkena infeksi dari virus HPV, maka ia tidak akan secara otomatis terkena kanker serviks ketika ia memiliki sistem imun yang kuat. Namun sebaliknya, sistem imun yang lemah akan memudahkan wanita terkena virus HPV.

Cara Pencegahan : 

  • Olahraga secara teratur
  • Konsumsi banyak buah dan sayuran (banyak antioksidan dan sehat kita)
  • Hindari makanan berbahan kimia
  • Perbanyak konsumsi vitamin (dari susu atau makanan alami)
  • Hindari infeksi luka (segera obati yah)

5. Hubungan Seksual Usia Dini

Ada yang bilang bahwa penyebab kanker serviks adalah menikah usia dini, pemahaman tersebut mungkin harus lebih dispesifikasikan menjadi hubungan seksual usia dini. Jika anda pernah melakukan hubungan seksual pada usia yang masih muda (di bawah 17 tahun) dimana sel belum bertumbuh dengan sempurna, maka anda memiliki resiko 2x lebih besar terserang kanker serviks((Cancer Org, What are the risk factors for cervical cancer?. diakses 23 Oktober 2014 )).

Pencegahan :

  • Jaga diri / anak / kerabat anda dari pergaulan bebas
  • Pendidikan seks usia dini sangat penting

6. Penggunaan Pil KB

penyebab kanker serviks

Penggunaan jangka panjang pil KB akan berdampak pada kesehatan anda, dari berbagai riset menunjukkan bahwa konsumsi pil KB lebih dari 5 tahun dapat menyebabkan resiko tinggi terkena kanker serviks((Cancer Org, What are the risk factors for cervical cancer?. diakses 23 Oktober 2014 )). Dari riset yang dilakukan, risiko akan turun sendirinya setelah konsumsi pil KB dihentikan.

Untuk menekan risiko ini, pastikan bahwa anda berkonsultasi dengan dokter kandungan agar menjelaskan pil yang tidak berbahaya bagi rahim anda. Penggunaan pil KB dalam jangka panjang akan berdampak pada beberapa faktor seperti kesehatan tubuh terutama pada leher rahim. Sebaiknya dicari alternatif yang lebih baik selain penggunaan pil KB agar terhindar jangka panjang dari kanker serviks.

Cara Pencegahan :

  • Hari gini masih pakai pil KB, ayo donk teknik lain, banyak koq (konsultasikan ke dokter kandungan anda). Cara ‘alami’ mungkin harus dipertimbangkan.
  • Jika terpaksa, konsultasikan jenis pil yang aman.

7. Banyaknya Anak dan Kapan Pertama Memiliki Anak

penyebab kanker serviks

Riset unik mengenai pengaruh banyaknya anak dan pertama kali anda memiliki anak adalah dua faktor yang berpengaruh terhadap risiko terkena kanker serviks. Penelitian lain menunjukkan bahwa perempuan yang memiliki anak memiliki risiko lebih tinggi terkena serviks.

Perempuan yang memiliki 7 anak atau lebih memiliki faktor risiko lebih tinggi terkena kanker serviks di bandingkan dengan yang jumlahnya di bawah 7. Apakah hubungan dari banyak dengan kanker serviks ? walaupun belum ada bukti empiris nyata, namun peneliti yakin dari responden riset yang mereka lakukan. Hal ini mungkin karena adanya sistem imun yang berpengaruh serta leher rahim yang rentan terkena infeksi dari banyaknya jumlah anak.

Sponsors Link

Namun faktor paling penting dari penelitian ini adalah kapan anda memiliki anak pertama? jika anda memiliki anak pertama pada usia yang sangat dini, tentu anda telah berhubungan pada usia dini, yang menyebabkan anda lebih tinggi faktor risiko terkena kanker serviks.

Cara Pencegahan :

  • Yang jelas jangan hamil di usia dini
  • Jangan punya anak banyak – banyak.

8. Riwayat Keluarga

Riwayat keluarga juga menentukan tingginya potensi terkena kanker serviks, ibu, dan saudara perempuan termasuk dalam kategori tersebut. Setidaknya risiko meningkat 2x lipat di bandingkan dengan yang tidak memiliki riwayat keluarga. Mengapa bisa ? hal ini dikarenakan biasanya dalam riwayat keluarga terdapat sistem imun yang sama, daya tahan tubuh serta faktor terinfeksi yang sama.

Walaupun banyak jenis kanker yang tidak berkorelasi langsung dengan kanker, namun ada beberapa yang sangat berhubungan. Hal yang mempengaruhi adalah sistem imun tubuh dan sel yang di bawa oleh faktor keturunan tersebut.

Cara Pencegahan :

  • Pastikan anda melakukan test secara rutin (pap smears)
  • Mulai lah menjalani gaya hidup sehat dan keluarga yang sehat

9. Kemiskinan & Pengetahuan Mengenai Kanker Serviks

Mengapa kemiskinan menjadi salah satu faktor penyebab resiko terkena kanker serviks? setidaknya penelitian yang dilakukan di Inggris menyebutkan bahwa 1% dari berbagai kasus kanker ini disebabkan oleh ketidakmampuan dalam melakukan tes pap smear, yang menyebabkan lambat ditangani sehingga telah berdampak serius. Selain itu pengetahuan mengenai prosedur pencegahan kanker serviks serta cara deteksi dini mengenai seluk beluknya menjadi penyebab tersendiri banyaknya kematian akibat baru diketahui setelah mencapai stadium lanjut.

Pencegahan :

  • Test screening kanker serviks seperti pap smear sangat penting.
  • Cara pengetahuan mengenai kanker serviks di referensi kredibel.

Penyebab kanker serviks yang paling utama adalah infeksi HPV,jadi anda harus mengupayakan menghindari virus ini sebisa mungkin. Untuk menghindari terlampat penanganan, ada baiknya anda melakukan tes pap smear secara rutin untuk mengetahui sel di leher rahim anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 20th, October 2014 / 05:50 Oleh :
Kategori : Kanker Serviks