Sponsors Link

7 Tanda Awal Kanker Gusi yang Wajib Diketahui

ads

Dimata masyarakat awam, penyakit kanker menduduki peringkat pertama untuk penyakit yang paling ditakuti dan proses penyembuhannya dikenal sulit serta mahal. Apapun jenis kanker dan apapun organ tubuh yang diserang oleh kanker, masyarakat tetap paham bahwa penyakit ini memang menyeramkan. Begitu banyak organ-organ, bagian, bahkan kelenjar yang terdapat di dalam tubuh seorang manusia. Semuanya memiliki potensi untuk terserang penyakit berbahaya ini jika kita tidak menjaganya dengan baik. Tak terkecuali gusi. Salah satu bagian tubuh yang terletak di dalam mulut ini pun berpotensi terserang penyakit kanker. Sehingga mulai sekarang Anda tidak boleh lagi meremehkan kesehatan mulut dan juga gusi. (Baca juga : Kanker Mulut , Penyebab Kanker Lidah)

Gusi atau yang dalam istilah anatominya dikenal dengan gingiva adalah bagian mukosa (lapisan jaringan) di dalam rongga mulut yang mengelilingi gigi dan menutupi lingir alveolar. Seperti yang telah kita ketahui bahwa gusi terletak di bawah gigi. Posisi gusi yang seperti ini sekaligus menggambarkan bahwa gusi merupakan bagian dari pendukung gigi dan membentuk hubungan dengan gigi. Gusi menjadi tempat bagi tumbuhnya gigi. Tidak hanya gigi yang memiliki fungsi terutama untuk mencacah makanan, gusi pun memiliki fungsinya sendiri yaitu untuk melindungi jaringan di bawah pelekatan gigi terhadap pengaruh rongga mulut. (Baca juga : Gejala Leukemia Stadium 2 , Tanda Awal Kanker Otak)

Banyak yang tak menduga bahwa gusi pun dapat terserang penyakit berbahaya sekelas kanker. Walaupun kejadian kanker gusi memang tak sebanyak kejadian kanker lainnya, namun kanker gusi tetaplah harus diwaspadai dan tidak boleh diremehkan, karena bisa jadi kanker gusi dapat membawa seseorang pada kematian. Kanker gusi termasuk dalam jenis kanker rongga mulut. Kanker gusi ini biasanya dapat terjadi karena adanya rangsangan di gusi yang seringkali diabaikan, seperti luka pada jaringan di rongga mulut, karang gusi, ataupun gusi yang meradang. Kondisi-kondisi yang demikian jika dibiarkan akan menyebabkan radang yang serius pada gusi dan memicu tumbuhnya sel kanker. Seperti penyakit kanker lainnya, kanker gusi tidak terjadi secara tiba-tiba, melainkan terdapat beberapa kondisi yang mengarah ke kanker gusi. Beberapa kondisi berikut ini dapat menjadi tanda awal kanker gusi yang umum terjadi: (Baca juga : Bahaya Kanker Kulit , Penyebab Kanker Lidah)

  1. Gusi Sering Berdarah

Gusi berdarah adalah suatu kondisi yang pasti pernah dialami oleh sebagian orang. Gusi yang sering berdarah sebenarnya dapat terjadi karena berbagai hal misalnya:

  • Kesalahan saat menggosok gigi yaitu menggosoknya terlalu keras atau mendorong sikat gigi melewati batas garis gusi sehingga gusi menjadi berdarah.
  • Kurang menjaga kebersihan gigi.
  • Memiliki kebiasaan mencongkel sisa makanan menggunakan tusuk gigi, sehingga gusi berpotensi terkena tusukan dan berdarah.
Sponsors Link

Gusi yang berdarah akan berwarna kemerahan (lebih merah dari kondisi biasanya), dapat juga menjadi bengkak, dan ketika dalam keadaan rileks pun gusi dapat tetap mengeluarkan darah. Kondisi yang demikian sebaiknya jangan dibiarkan karena berpotensi menumpuk kuman dan bakteri pada kantung gusi. Jika kuman dan bakteri sudah menumpuk maka bahaya kanker gusi pun dapat mengintai. (Baca juga : Cara Mencegah Kanker Lidah , Gejala Awal Kanker Mulut)

  1. Luka Di Gusi Yang Tak Kunjung Sembuh

Adanya luka di gusi yang tak kunjung sembuh bisa jadi merupakan kondisi selanjutnya jika kondisi pada point pertama terus dibiarkan. Gusi berdarah yang tidak diobati akan membiarkan kondisi gusi menjadi tetap terbuka sehingga kuman dan bakteri dapat masuk dengan mudahnya. Jika sudah demikian, luka di gusi akan memerlukan waktu yang lebih lama untuk sembuh. Tak menutup kemungkinan lama kelamaan gusi akan menjadi bengkak dan terdapat pertumbuhan yang tidak semestinya pada gusi. Apabila kondisi luka di gusi tidak kunjung sembuh dalam waktu satu bulan maka Anda perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut. (Baca juga : Makanan Penyebab Kanker Mulut , Cara Mencegah Kanker Mulut)

  1. Kesulitan Mengunyah Makanan

Selain luka pada gusi, sulit mengunyah juga merupakan gejala umum yang biasanya terjadi pada kasus kanker gusi. Beberapa penderita kanker gusi mengeluhkan rasa sulit mereka dalam mengunyah makanan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh gusi yang tak lagi dapat berfungsi dengan baik terutama untuk menopang gigi yang berfungsi sebagai pencacah makanan. (Baca juga : Penyebab Kanker Mulut , Ciri-ciri Kanker Mulut)

  1. Gusi Meradang Hingga Bengkak

Kondisi gusi yang meradang sebenarnya dapat bermula dari adanya luka pada gusi dan luka ini dibiarkan dalam jangka waktu yang lama. Luka pada gusi yang dibiarkan lama kelamaan akan meradang dan membengkak. Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya bahwa gusi merupakan tempat dari tumbuhnya gigi. Apabila kondisi gusi yang meradang ini kembali dibiarkan maka gusi tidak lagi dapat menopang gigi. Akibatnya gigi akan goyah bahkan hingga tanggal (lepas) dengan sendirinya. Selain itu kondisi gusi yang membengkak terlalu lama pun akan dapat membuat pipi menjadi bengkak pula. Waspadai jika hal ini telah terjadi karena tandanya kanker sedang menggerogoti gusi Anda. (Baca juga : Kanker Nasofaring , Makanan Penyebab Kanker Nasofaring)

  1. Kesulitan Berbicara

Selain sulitnya mengunyah makanan, beberapa penderita kanker gusi stadium awal juga mengeluhkan kesulitannya untuk berbicara. Hal ini dapat disebabkan karena kondisi gusi yang meradang sehingga ketika berbicara gusi terasa sakit. (Baca juga : Gejala Kanker Nasofaring , Gejala Kanker Pita Suara)

Sponsors Link

  1. Mengalami Suara Serak Yang Berkepanjangan

Sebenarnya kemunculan kanker gusi juga dapat dipicu oleh kanker lainnya yaitu kanker gigi dan kanker mulut, karena semua kanker ini sebenarnya menyerang jaringan di dalam mulut. Oleh karena itu, penderita kanker gusi juga tak jarang yang ikut merasakan gejala mirip seperti kanker mulut, yaitu suara serak yang berkepanjangan. (Baca juga : Ciri-ciri Kanker Tenggorokan , Gejala Kanker Tonsil)

  1. Rasa Nyeri Pada Gusi

Nyeri yang terasa pada gusi juga dapat menjadi pertanda adanya sel kanker di dalam gusi. Rasa nyeri ini dapat disebabkan karena gusi yang terus menerus mengalami pendarahan ataupun gusi yang telah membengkak. Jika rasa nyeri pada gusi tak kunjung hilang sebaiknya segera konsultasikan ke dokter karena bisa jadi rasa nyeri ini akibat dari sel-sel kanker yang sedang merusak gusi Anda. (Baca juga : Penyebab Kanker Tenggorokan , Pengobatan Kanker Paru-paru Secara Alami)

Itulah beberapa gejala awal adanya kanker gusi pada seseorang. Jika Anda tidak ingin terserang penyakit berbahaya ini, rajinlah menjaga kesehatan rongga mulut Anda, tak terkecuali kesehatan gusi. Hindari pula kebiasaan buruk seperti konsumsi alkohol, tembakau, atau rokok, karena dengan mengkonsumsi ketiganya dalam frekuensi yang sering maka Anda telah meningkatkan risiko diri Anda untuk terkena penyakit kanker gusi. Selain itu, kanker gusi juga dapat terjadi akibat faktor keturunan, dimana mereka yang memiliki gen kanker gusi sebenarnya sudah mempunyai onkogen dalam dirinya. Onkogen adalah gen yang berpotensi menyebabkan kanker. Apabila Anda memiliki keluarga yang pernah mengalami kanker gusi sebaiknya lebih waspada dan hindari kebiasaan buruk tersebut (konsumsi alkohol, tembakau, dan rokok). Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. (Baca Juga: Manfaat Nanas Untuk Penderita Kanker , Tanda Kanker Pita Suara)

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Thursday 24th, November 2016 / 08:06 Oleh :
Kategori : Kanker Rongga Mulut