Sponsors Link
     Sponsors Link

8 Tanda Kanker Rahim Stadium Awal Paling Berbahaya

ads

Rahim adalah salah satu organ terpenting yang ada di dalam tubuh wanita. Rahim atau dalam istilah anatominya disebut juga dengan uterus merupakan organ reproduksi wanita yang letaknya di daerah panggul tepatnya diantara kandung kemih dan rektum. Di dalam organ reproduksi inilah sel telur yang telah dibuahi oleh sel sperma disimpan atau ditanam agar terjadi kehamilan. Kemudian proses pemberian nutrisi untuk janin selama kehamilan pun terjadi di dalam rahim ini. Rahim merupakan sumber utama dari hormon estrogen dan progesteron wanita. Rahim memiliki tiga buah lapisan, yaitu lapisan dalam (endometrium), lapisan tengah yang berotot (miometrium), dan lapisan luar (perimetrium). Selain itu rahim juga terdiri dari tiga bagian yaitu leher rahim, badan rahim, dan dua saluran telur. (Baca juga : Makanan Pencegah Kanker Rahim , Cara Pengobatan Kanker Rahim)

Mengingat begitu pentingnya fungsi organ rahim di dalam tubuh setiap wanita, maka menjaga kebersihannya adalah hal wajib yang harus dilakukan agar kesehatan organ reproduksi ini dapat selalu terjaga. Namun demikian, sekalipun seseorang merasa telah menjaga rahimnya dengan baik, berbagai faktor dapat mempengaruhi kesehatan rahim ini. Sebagai kaum wanita, perlu diketahui bahwa ada salah satu penyakit yang dapat mengancam kesehatan organ terpenting ini. Penyakit tersebut adalah kanker rahim. (Baca juga : Penyebab Kanker Rahim , Kanker Rahim)

Apa Itu Kanker Rahim ??

Istilah kanker rahim mungkin sudah tak asing lagi di telinga para kaum hawa. Kanker rahim adalah suatu penyakit yang ditandai dengan berkembangnya sel kanker atau tumor ganas di dalam badan rahim tepatnya pada lapisan dalam rahim atau endometrium. Kanker rahim tentunya berbeda dengan kanker serviks. Perbedaan ini terletak pada anatominya. Jika pada kanker rahim sel kankernya berada pada badan rahim, sedangkan pada kanker serviks sel kankernya terletak pada bagian leher rahim atau yang biasa disebut dengan istilah serviks.

Kanker rahim dan kanker serviks keduanya sama-sama berbahaya dan dapat mengancam jiwa penderitanya. Walaupun sejauh ini kasus kanker serviks yang lebih banyak ditemukan. Kanker serviks lebih disebabkan oleh suatu virus yaitu Human Pappiloma Virus (HPV). Sedangkan terjadinya kanker rahim tidak disebabkan oleh virus tersebut. Kemunculan kanker rahim memang dapat membahayakan penderitanya, oleh karena itu sebaiknya kita mengenali gejala-gejala awal adanya kanker ini agar penanganan pun dapat dilakukan lebih dini. Berikut ini adalah beberapa gejala awal dari kanker rahim: (Baca juga : Gejala Ciri-ciri Kanker Otak , Cara Mencegah Kanker Otak)

  1. Keputihan yang Abnormal

Keputihan adalah keluarnya cairan dari dalam vagina berupa lendir. Keputihan merupakan hal yang sebenarnya sangat wajar terjadi pada wanita. Pada keputihan yang normal cairan lendir yang keluar dari vagina tidak akan berwarna (bening), tidak berbau, tidak menimbulkan rasa gatal, dan keluarnya cairan keputihan pun tidak dalam jumlah yang berlebihan. Ketika seorang wanita mengalami keputihan yang ciri-cirinya tidak demikian maka dapat dikatakan keputihan tersebut termasuk keputihan yang tidak normal. Waspadailah jika Anda mengalaminya, terlebih ketika keputihan muncul disertai dengan rasa panas pada daerah vagina. (Baca juga : Gejala Leukemia Stadium 2 , Cara Deteksi Dini Kanker Serviks)

  1. Pendarahan Abnormal

Pendarahan yang terjadi secara abnormal juga merupakan salah satu tanda kanker rahim stadium awal. Suatu pendarahan dapat dikatakan abnormal jika frekuensi pendarahan lebih sering dari biasanya, yaitu dapat terjadi ketika seorang wanita tidak sedang dalam masa jadwal menstruasi, pendarahan diantara dua siklus menstruasi, pendarahan pada wanita yang telah melalui masa menopause, serta pendarahan yang terjadi sangat lama, berat, dan sering (kondisi ini biasanya dapat terjadi pada wanita usia diatas 40 tahun). Jika seorang wanita mengalami pendarahan yang seperti ini segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut karena bisa jadi kondisi demikian merupakan gejala awal dari kanker rahim. (Baca juga : Tanda Awal Kanker Otak , Cara Mengobati Kanker Serviks)

Sponsors Link

  1. Siklus Menstruasi yang Abnormal

Siklus menstruasi dapat menjadi suatu indikator kesehatan organ reproduksi. Jika sistem reproduksi berfungsi dengan baik maka seharusnya siklus menstruasi juga akan lancar. Normalnya siklus menstruasi wanita berkisar antara 21-35 hari. Tetapi karakteristik menstruasi setiap wanita tentulah akan berbeda. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi, beberapa diantaranya adalah berat badan (terlalu gemuk atau terlalu kurus), pola konsumsi, pola hidup, dan ketidakseimbangan hormon.

Untuk point yang terakhir, yaitu ketidakseimbangan hormon, sangatlah erat kaitannya dengan kejadian kanker rahim, karena salah satu faktor pencetus timbulnya penyakit berbahaya ini adalah hormon yang tidak seimbang. Oleh sebab itu, sebisa mungkin para wanita sebaiknya memperhatikan siklus menstruasi, bila perlu mencatatnya, karena hal ini sangat erat kaitannya dengan kesehatan organ reproduksi. (Baca juga : Gejala Kanker Pankreas , Penyebab Kanker Payudara)

  1. Nyeri Perut Bagian Bawah atau Kram Pada Panggul

Nyeri yang dirasakan pada perut bagian bawah atau panggul adalah kondisi yang umum terjadi pada wanita. Nyeri pada bagian tubuh ini memang erat kaitannya dengan organ reproduksi seperti rahim, ovarium, vagina, serviks, atau tuba falopi karena letak organ-organ ini tepat di bawah perut. Jika seorang wanita mengidap kanker rahim, maka sel kanker pada organ reproduksi ini akan meradang. Kondisi inilah yang akan menyebabkan rasa nyeri pada panggul. Namun, tidak semua wanita yang merasakan nyeri panggul ini mengidap kanker rahim. Perlu pemeriksaan penunjang lebih lanjut untuk mengetahuinya. (Baca juga : Bahaya Kanker Kulit , Ciri-ciri Kanker Payudara)

sponsored links
  1. Nyeri Saat Buang Air Kecil

Kaum wanita nampaknya harus mulai waspada jika ia merasa tidak nyaman saat buang air kecil, baik itu terasa nyeri ataupun susah saat ingin mengeluarkan air seni. Beberapa penderita kanker rahim akan merasakan kondisi ini. Nyeri saat buang air kecil dapat menandakan bahwa adanya mikroorganisme yang sedang menginfeksi organ reproduksi. Kondisi ini harus diwaspadai karena bisa jadi ini merupakan tanda adanya kanker rahim. (Baca juga : 8 Faktor Penyebab Kanker Serviks Paling Utama , Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini)

  1. Nyeri Saat Berhubungan Intim

Nyeri yang dirasakan saat berhubungan intim dapat disebabkan karena beberapa faktor, antara lain adalah terjadinya erosi atau lecet akibat berhubungan intim, radang pada panggul, serta adanya infeksi pada vagina baik oleh bakteri, jamur, ataupun parasit. Rasa nyeri yang timbul pada saat berhubungan intim paling sering dikaitkan dengan penyakit kanker rahim. Terlebih jika vagina sampai mengeluarkan darah. Waspadai jika gejala ini muncul. (Baca juga : Ciri-ciri Kanker Serviks , Stadium Kanker Payudara)

  1. Sakit Punggung

Selain nyeri saat buang air kecil dan saat berhubungan intim, sakit pada punggung juga dapat menjadi salah satu indikasi adanya kanker rahim. Walaupun kondisi ini sebenarnya wajar dialami oleh semua orang, tetapi sakit punggung yang terjadi diikuti oleh gejala kanker rahim lainnya dapat menjadi tanda bahwa penyakit berbahaya ini sedang mengintai seseorang. (Baca juga : Cara Mencegah Kanker Serviks)

  1. Penurunan Berat Badan

Penyakit apapun yang menyerang tubuh seseorang sebenarnya dapat mempengaruhi bobot tubuh penderitanya khususnya penurunan berat badan. Termasuk kanker rahim ini. Ketika kanker rahim menyerang, maka daya tahan tubuh seseorang akan menurun disebabkan karena infeksi yang berada di dalam organ reproduksi tersebut. Jika daya tahan tubuh menurun maka seseorang akan selalu merasa lemah dan lesu. Selain itu kanker rahim juga dapat mengurangi jumlah sel darah merah yang terdapat di dalam tubuh. Apabila jumlah sel darah merah berkurang, seseorang akan mengalami anemia yang menyebabkan ia menjadi tidak nafsu makan. Kondisi-kondisi tersebutlah yang pada akhirnya akan menyusutkan berat badan seorang penderita kanker rahim. (Baca juga : Pembagian Stadium Kanker Serviks)

Beberapa gejala tersebut adalah tanda-tanda kanker rahim pada stadium awal. Jika beberapa diantaranya dialami oleh Anda sebaiknya segeralah berkonsultasi ke dokter agar pemeriksaan lebih lanjut dapat dilakukan. Penemuan kanker rahim pada stadium yang masih awal sangat dapat membantu kesembuhan organ reproduksi Anda dari penyakit berbahaya ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 22nd, November 2016 / 05:21 Oleh :
Kategori : Kanker Rahim