Sponsors Link
     Sponsors Link

12 Makanan Pencegah Kanker Rahim

ads

Kanker rahim masih menjadi hal paling menakutkan bagi semua wanita di dunia. Kanker ini akan tumbuh dalam rahim kemudian menyebar ke organ disekitarnya. Ada beberapa alasan mengapa wanita bisa terkena kanker rahim, namun kasus yang paling sering ditemukan adalah hormon yang tidak seimbang dalam tubuh dan juga infeksi penyebab kanker rahim. Para peneliti mengungkapkan bahwa sebenarnya konsumsi berbagai jenis makanan bisa mencegah pertumbuhan sel kanker pada rahim. Konsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan, flavonoid, asam folat, dan karotenoid dipercaya bisa mencegah kanker rahim.

Hubungan makanan dengan kanker rahim memang sangat kuat. Makanan menjadi nutrisi untuk tubuh, tapi selain itu makanan bisa mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Beberapa jenis makanan mengandung enzim khusus yang bisa menyerang sel kanker dan mendukung sistem hormon reproduksi yang seimbang. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa mencegah kanker rahim :

1. Wortel

Wortel bisa mencegah kanker rahim karena mengandung begitu banyaknya zat warna alami seperti beta karoten dan zat karotenoid. Kedua jenis zat ini bisa aktif melawan pertumbuhan kanker karena bisa menyerap semua jenis karsinogen atau zat penyebab kanker dalam tubuh. Konsumsi wortel yang paling disarankan adalah dengan mengkonsumsi secara langsung atau dimasukkan dalam sayuran.

2. Kacang-kacangan

Kacang bisa menjadi makanan yang cukup aman untuk tubuh dan bisa digunakan sebagai makanan camilan sehari-hari. Tapi ternyata kacang juga sangat baik untuk mencegah kanker rahim. Selain itu, kacang juga mengandung nutrisi lain yang penting untuk mendukung sistem pencernaan dalam tubuh seperti serat, protein yang tinggi dan bisa mencegah kerusakan sel.

Sejumlah makanan sehari-hari pencegah kanker ini bisa mengatasi kerusakan sel sering menjadi penyebab kanker yang paling umum. Kacang juga mengandung zat fitokimia yang bisa melindungi kerja dan sistem dari sel-sel sehat dalam tubuh.

3. Selada

Selada air atau selada hijau biasanya digunakan untuk mempercantik sajian makanan. Tapi ternyata selada juga sangat penting untuk melindungi tubuh dari kanker rahim. Perempuan bisa mengkonsumsi selada segar untuk mencegah kanker rahim. Selada mengandung beberapa zat yang bisa melawan pertumbuhan kanker seperti flavonoid. Selain itu, flavonoid juga bisa menjadi makanan untuk diet karena tidak mengandung kalori tinggi.

sponsored links

4. Teh Hijau

Teh hijau menjadi ramuan minuman wajib bagi wanita Asia Timur. Tapi ternyata teh hijau yang terkenal dengan aroma dan rasa pahit yang kuat mengandung antioksidan tinggi yang bisa mencegah kanker rahim. Bahkan khasiat antioksidan pada teh hijau bisa mengendalikan pertumbuhan sel kanker atau sel tubuh yang rusak hingga berkali-kali lipat. Jadi Anda bisa mulai mengkonsumsi teh hijau mulai sekarang. (Baca juga manfaat teh hijau sebagai makanan pencegah kanker serviks dan cara mencegah kanker lambung)

5. Jeruk Bali

Apakah Anda pernah makan jeruk Bali? Ya, ini adalah sebutan untuk jeruk yang memiliki ukuran besar dan bulir daging yang cukup besar. Jeruk Bali juga mengandung antioksidan baik sebagai makanan pencegah kanker rahim. Selain itu, beberapa senyawa nitrogen yang ditemukan pada daging buah juga bisa menurunkan resiko beberapa jenis kanker lain seperti kanker usus besar. Konsumsi jeruk bali segar lebih baik dibandingkan jus jeruk olahan yang mengandung zat makanan tambahan.

6. Roti Gandum

Kebiasaan kita untuk mengkonsumsi roti gandum memang masih sangat rendah. Tapi ternyata roti gandum memiliki khasiat yang sangat besar untuk mencegah kanker rahim. Roti gandum menjadi alternatif pengganti nasi yang bisa menjadi sumber karbohidrat untuk tubuh. Selain itu, roti gandum juga mengandung nutrisi lain yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, meningkatkan sistem metabolisme dan meningkatkan fungsi syaraf dalam tubuh. Roti gandum juga kaya dengan kandungan vitamin B6 yang bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat.

7. Semua Kelompok Buah Berri

Semua jenis kelompok buah berri juga berperan untuk mencegah pertumbuhan kanker rahim. Beberapa jenis buah yang termasuk dalam kelompok buah ini adalah stroberi, raspberi, blueberi, dan cranberry. Semua buah ini mengandung antioksidan khusus yang dikenal dengan nama pterostilbene. Zat ini bisa mencegah kanker secara alami dalam tubuh. Bahkan potensi buah berry untuk mencegah kanker telah melewati pengujian secara ilmiah di laboratorium.

8. Ubi Jalar

Ubi jalar memiliki cita rasa manis yang bisa memberikan efek mengenyangkan. Ubi jalar yang memiliki warna orange dan ungu sangat baik untuk mencegah kanker rahim. Kedua jenis ubi ini mengandung azat betakaroten yang berperan sebagai antioksidan paling kuat untuk tubuh. Konsumsi ubi jalar yang sudah direbus sangat disarankan untuk mencegah kanker, tapi hindari mengkonsumsi ubi goreng karena minyak bisa merusak zat alami dalam ubi. Selain itu, ubi jalar juga mengandung beberapa nutrisi lain seperti asam folat, serat, dan vitamin C.

9. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung zat omega 3 dan vitamin D yang cukup tinggi. Menurut sebuah penelitian ternyata vitamin D bisa menghalangi pembentukan sel kanker di bagian rahim, kanker payudara dan usus besar. Vitamin D bisa mencegah pembentukan kanker rahim karena bisa mencegah tumor, kanker sel kanker menerima makanan yang disalurkan dari pembuluh darah. Selain itu, ikan salmon juga mengandung nutrisi lain yang sangat penting untuk tubuh seperti lemak sehat, protein, serat, seng dan beberapa jenis mineral lain.

(Baca juga : cara mencegah kanker kulit dan cara mencegah kanker prostat dengan ikan salmon)

10. Kunyit

Kunyit mengandung sebuah zat yang bisa menyebabkan warna kuning alami. kunyit mengandung kurkumin yang bisa berfungsi sebagai bahan anti inflamasi. Selain itu, kurkumin bergerak aktif dalam tubuh sebagai pencegah penyebaran zar radikal bebas dan menyeimbangkan sistem saraf dalam tubuh. Pemakaian tanaman obat kanker ini bisa dilakukan dengan memakainya sebagai bumbu masak. Namun di daerah Jawa Tengah, kunyit lebih sering digunakan sebagai bahan untuk membuat jamu atau minuman khas untuk membersihkan rahim.

11. Delima

Delima mungkin jenis buah yang kurang terkenal karena hanya muncul pada musim tertentu saja. Delima bisa menjadi makanan pencegah anker rahim karena mengandung zat asam elagik, yang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker. Bahkan buah delima secara aktif bisa mencegah penyebaran sel kanker yang sudah masuk ke jaringan tubuh. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat dari buah delima adalah dengan mencampurkan delima ke dalam jus buah seperti jus buah yang termasuk dalam buah berry.

12. Semua Jenis Sayur Persilangan

Semua jenis sayur persilangan sangat baik untuk mencegah kanker rahim. Beberapa jenis sayur yang termasuk dalam golongan ini adalah seperti sayur kubis, kembang kol, dan brokoli. Sayuran ini adalah sumber terbaik dari senyawa yang bisa mencegah kanker seperti glukosinates yang bisa mencegah proses metabolisme dari senyawa radikal bebas seperti karsinogen dari makanan atau udara. Bahkan semua jenis sayuran ini sangat baik untuk mengeluarkan semua racun dalam tubuh secara alami.

Sponsors Link

Tips Mencegah Kanker Rahim

Semua wanita memiliki resiko terkena kanker rahim meskipun memiliki sistem metabolisme yang berbeda-beda. Bahkan potensi seorang wanita terkena kanker rahim sudah bisa diketahui sejak dini, dengan melakukan tes darah dan analisa terhadap senyawa yang terkandung dalam darah. Konsumsi berbagai jenis buah dan sayuran dipercaya bisa mencegah serangan kanker rahim. Tapi beberapa cara juga bisa dilakukan untuk mencegah kanker rahim, seperti :

Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dalam jumlah yang tinggi. Berbagai jenis makanan yang sulit dicerna dalam saluran pencernaan juga meningkatkan resiko kanker rahim. Sementara makanan yang mengandung serat tinggi bisa mendorong pengeluaran gula dalam tubuh dan bisa mencegah penumpukan lemak dalam tubuh.

Hindari mengkonsumsi makanan tinggi protein dalam waktu yang sering. Makanan yang mengandung protein tinggi bisa meningkatkan pembentukan zat pankreatin yaitu zat yang didapatkan dari protein dan campuran enzim dalam tubuh.

Konsumsi sayuran yang mengandung senyawa indole 3 carbinol bisa mencegah kanker rahim seperti sayuran persilangan. Mereka bergerak aktif dalam tubuh karena menyerang semua zat karsinogen dalam tubuh.

Hindari semua jenis makanan yang mengandung nitrat. Nitrat biasanya banyak digunakan untuk merubah penampilan makanan agar menjadi lebih menarik. Nitrat yang masuk ke dalam tubuh bisa berubah menjadi nitrit kemudian akan berkembang menjadi nitrosiamin. Sementara nitrosiamin bisa meningkatkan resiko kanker terutama kanker rahim.

Hindari semua jenis makanan yang terkena aflaktosin. Aflaktosin adalah racun yang disebarkan oleh jamur Asspergillus flavus yang bisa meningkatkan resiko kanker rahim. Beberapa jenis kacang bisa terkena kontaminasi aflaktosin terutama kacang beku atau makanan beku.

Cukupi kebutuhan Vitamin C dan E untuk tubuh. Kekurangan vitamin C dan E bisa meningkatkan resiko kanker rahim. Semua jenis zat antioksidan bisa dilawan dengan kedua jenis vitamin ini. Tapi lebih disarankan mendapatkan vitamin E dan C dari makanan alami dan bukan suplemen.

Kurangi makanan yang banyak mengandung lemak, karena makanan yang mengandung lemak bisa meningkatkan resiko kanker. Lemak bisa berubah menjadi asam arakidonat yang secara alami sudah terkandung dalam daging lemak pada hewan. Asam inilah yang bisa berubah menjadi zat karsinogen dalam tubuh.

Batasi alkohol dan rokok atau lebih baik untuk tidak mengkonsumsi rokok dan alkohol. Rokok dan alkohol bisa meningkatkan resiko kanker rahim karena merusak sistem metabolisme dalam tubuh serta menjadi zat karsinogen penyebab kanker.

Jadi langkah untuk mencegah kanker rahim memang bisa dilakukan dari mengatur nutrisi untuk tubuh. Namun untuk mendapatkan manfaat dari makanan ini sebaiknya dipilih dari bahan-bahan yang organik dan tidak terpapar dengan pestisida. Mulai sekarang kaum wanita bisa memilih makanan yang sehat untuk rahim.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 01st, October 2015 / 05:12 Oleh :
Kategori : Kanker Rahim