Sponsors Link

8 Gejala Kanker Rahim Paling Utama

ads

kanker-rahimKanker rahim juga bisa disebut dengan kanker serviks. Kanker rahim merupakan kanker yang berasal dari virus HPV onkogenik dan kanker ini menyerang pada leher rahim. Umumnya gejala yang dirasakan tidak terlihat namun akan semakin dirasakan pada saat sudah standium lanjut. Kanker rahim dapat mempengaruhi kemampuan dalam reproduksi pada wanita. Tumor ganas akan tumbuh pada endometrium yaitu lapisan yang paling dalam pada rahim, tempat dimana ovum berada yang telah dibuahi.

Untuk mencegah kanker rahim sebaiknya wanita melakukan pemeriksaan pada panggul dan pap smear secara rutin guna melihat tanda-tanda apakah terjadi keganjalan pertumbuhan yang tidak normal pada rahim. Umumnya gejala awal kanker rahim adalah pendarahan rahim yang tidak normal. Seperti siklus menstruasi yang tidak normal dan nyeri perut yang dirasakan di daerah sekitar panggul.

1. Pendarahan yang abnormal

Menopause adalah pendarahan pada vagina atau bercak yang abnormal. Ini merupakan gejala awal pada kanker rahim. Pendarahan diawal gejala disertai dengan cairan encer yang dapat memberatkan dari waktu ke waktu. Umumnya wanita yang positif di divonis mengidap kanker rahim telah melewati masa menopause sehingga terjadi pendarahan yang tidak biasa pada vagina.((cancer.org, Sign and Symptoms of Uterine, diakses pada 16 Desember 2014))

Pendarahan ini dapat terjadi setelah manepause, pendarahan diluar siklus mens, dan pendarahan tidak biasa selama siklus menstruasi.

2. Keputihan

Sedikitnya wanita yang divonis mengidap kanker rahim akan mengalami keputihan dengan bau yang tak sedap. Pada sarkoma uteri terdapat darah yang tak terlihat, sarkoma uteri sendiri adalah pertumbuhan sel kanker yang terdapat dalam otot rahim.

Keputihan terdapat 2 katagori:

  • Keputihan yang bersifat normal: keputihan jenis ini merupakan keputihan pada masa subur pada pertengahan waktu masa menstruasi. Dengen ciri-ciri seperti lendir berwarna bening, tidak berbau, bersifat encer dan tidak menimbulkan rasa gatal.
  • Keputihan yang bersifat tidak normal: keputihan jenis ini adalah keputihan yang diakibatkan karena penyakit. Keputihan ini di sebabkan adanya jamur, bakteri dan karena adanya penyakit kelamin. ((webmd.com, Common Symptoms of Uterine Cancer, diakses pada 16 Desember 2014))
Sponsors Link

3. Nyeri pada panggul

Nyeri ini dirasakan didaerah tubuh paling bawah di antara bawah perut dan tulang pinggul. Jika kenker sudah menyebar ke area ini, maka nyeri tersebut bisa terjadi diseratai dengan sulit berkemih dan berangsur pada pembesaran ginjal. Kanker rahim juga dapat menyebar ke organ tubuh lainnya seperti vagina, kandung kemih, rektum, endometrium dan ovarium.

4. Berat badan menurun

Sebanyak 40% penderita kanker akan mengalami penurunan berat badan secara drastis. Faktor penyebab turunnya berat badan ini dikarenakan tubuh menjadi lemah, kehilangan energi, dan ketidakmampuan melakukan tugas sehari-hari. Kehilangan nafsu makan bisa terjadi akibat dari efek samping pengobatan yang dijalani termasuk perubahan sistem pada kekebalan tubuh atau metabolisme.((cancer.netUterine Cancer Cause Weight Loss, diakses pada 17 Desember 2014))

5. Tidak seimbangnya hormon

Penyebab yang paling umum pada kanker rahim adalah tidak seimbangnya antara hormon esterogen dengan hormon progesteron dalam tubuh. Ketidakseimbangnya hormon ini dikarenakan lapisan pada rahim sedikit lebih tebal dari biasanya. Hormon esterogen dan progesteron adalah hormon paling utama dalam siklus kehamilan. Hormon ini bertugas mempertahankan siklus menstruasi yang normal dan kehamilan. Jika antara kedua hormon ini tidak seimbang maka akan terjadi penumpukan lapisan pada rahim, jika terus menerus terjadi seperti itu akan ada kemungkinan sel kanker akan mulai tubuh pada leher rahim.

Sponsors Link

6. Nyeri pada saat berhubungan intim

Dispareunia adalah nyeri pada saat berhubungan intim. Nyeri ini bisa terjadi pada saat penetrasi di awal bahkan bisa dirasakan ketika hubungan intim telah selesai. Penyebab terjadinya dispareunia karena adanya pertumbuhan endometriosis atau endometrium di luar rahim, infeksi pada vagina, kurangknya hormon estrogen yang menjadikan vagina menjadi kering.

7. Pembengkakan pada kaki

Cara kerja virus HPV salah satunya adalah menyebabkan kaki jadi membesar. Pembengkakan terjadi karena virus HPV yang terus berkembang ke seluruh bagian tubuh sehingga menyebabkan aliran darah menjadi tersumbat

8. Kelelahan

Sering merasa lelah juga menjadi salah satu gejala kanker rahim. Karena penyebaran virus, daya tahan tubuh menjadi lemah dan kurang bertenaga, dengan ditambah menjalani aktivitas yang berat rasa lelah akan sering dirasakan. Oleh karena itu porsi waktu untuk beristirahat menjadi waktu yang paling penting untuk merelakskan diri.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Saturday 20th, December 2014 / 01:58 Oleh :
Kategori : Kanker Rahim