Sponsors Link

10 Ciri ciri Awal Kanker Rahim

Sponsors Link

Rahim merupakan organ tubuh yang sangat penting bagi wanita. Fungsi rahim tersebut adalah untuk menerima sel telur yang dibuahi , kemudian akan berubah menjadi janin. Di dalam rahim tersebut itulah, sel telur akan dibuahi selama masa kehamilan. Oleh sebab itu, kesehatan rahim harus terjaga agar proses pembuahan berjalan dengan semestinya. Karena rahim bisa saja terkena berbagai macam penyakit yang berbahaya dan memastikan, sehingga diharuskan adanya pengangkatan pada rahim. Apabila rahim sudah diangkat, maka dapat dipastikan tidak akan terjadi pembuahan dan seorang wanita tidak dapat memiliki anak. (Baca juga: Tanda tanda Kanker Rahim – Penyebab Kanker Rahim)

Sponsors Link

Salah satu penyakit berbahaya yang dapat menyerang rahim yaitu kanker rahim atau biasa disebut juga kanker endometrium. Penyakit kanker rahim timbul karena adanya sel-sel yang menyerang kemudian membentuk dinding di dalam rahim. Selain itu, kanker ini dapat menyerang otot-otot yang ada di sekitar rahim. (Baca juga: Ciri-ciri Kanker Rahim)

Meskipun penyakit kanker rahim jarang terjadi, tetapi ada baiknya jika kita mengenal ciri-cirinya sejak awal. Salah satu ciri utamanya adalah terjadi pendarahan pada daerah kewanitaan atau vagina, tetapi tanda ini tidak cukup dijadikan sebagai diagnosa adanya penyakit kanker rahim dalam tubuh. Karena adanya pendarahan tersebut tidak hanya disebabkan oleh sel kanker. Berikut ini merupakan penjelasan lebih lanjut mengenai ciri ciri awal kanker rahim yang perlu kita ketahui :

(Baca juga : Cara Pengobatan Kanker Rahim – Makanan Pencegah Kanker Rahim )

  1. Terjadi pendarahan pada daerah kewanitaan

Adanya pendarahan pada daerah kewanitaan atau vagina merupakan ciri yang paling umum dialami oleh orang yang di diagnosa mengidap penyakit kanker rahim. Pendarahan yang terjadi pada penderita kanker rahim akan berbeda dengan kondisi pada saat menstruasi. Bagi penderita kanker rahim, pendarahan dapat terjadi di luar jadwal menstruasi. Selain itu, pendarahan tersebut akan muncul lebih sering, bahkan dapat terjadi beberapa kali dalam sebulan atau lebih. Oleh sebab itu, gejala ini cukup mudah untuk di deteksi. Jika memang tanda ini sedang dialami oleh Anda, segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter. Karena hal ini menandakan bahwa Anda terkena penyakit kanker rahim. (Baca juga: Gejala Kanker Ovarium)

  1. Merasakan nyeri di panggul

Ciri selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah timbulnya rasa nyeri di panggul. Rasa nyeri yang dialami juga akan berbeda dengan kondisi pada saat menstruasi. Bagi penderita penyakit kanker rahim, rasa nyeri ini akan berlangsung selama berjam-jam dan dapat terjadi kapan saja di luar jadwal menstruasi. Selain itu, rasa nyeri pada panggul dapat dirasakan pada saat buang air kecil. Jika hal ini terjadi pada Anda, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan pada rahim Anda. Karena bisa dipastikan Anda terkena penyakit kanker rahim. (Baca juga: Makanan Pemicu Kanker Serviks ).

Sponsors Link

  1. Terasa sakit pada saat buang air kecil

Seperti yang telah diterangkan pada poin sebelumnya, penderita penyakit kanker rahim akan merasakan sakit pada saat ia buang air kecil. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena jika dibiarkan gejala yang timbul akan semakin parah. Rasa sakit tersebut disebabkan karena sel kanker sudah mulai menyerang kandung kemih. Kita perlu mewaspadai kondisi ini sebagai ciri ciri awal kanker rahim, apalagi jika kondisi tersebut terus terjadi dan berlangsung cukup lama. (Baca juga: Penyebab Kanker Kandung Kemih)

  1. Mengeluarkan cairan berlebih dari organ kewanitaan

Keluarnya cairan dari organ kewanitaan atau yang biasa disebut dengan keputihan merupakan suatu kondisi yang sangat umu dialami oleh wanita. Namun lain halnya jika cairan keluar terlalu berlebihan dan menimbulkan aroma yang tidak sedap, serta mengandung lendir. Kondisi ini tidak bisa diabaikan begitu saja karena hal tersebut merupakan ciri-ciri dari adanya penyakit kanker rahim. Lakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan gejala tersebut.

  1. Sering merasa sakit pada saat melakukan hubungan badan dengan pasangan

Jika Anda sering merasakan sakit pada saat melakukan hubungan badan dengan pasangan dan bahkan terjadi pendarahaan pada organ kewanitaan, maka perlu diwaspadai bahwa hal ini merupakan ciri – ciri dari adanya penyakit kanker rahim. Pendarahan yang terjadi dikarenakan timbul iritasi pada rahim. Lakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui gejala yang terjadi akibat adanya penyakit kanker rahim. (Baca juga: Manfaat Ace Maxs untuk Kanker Serviks )

  1. Terjadi penurunan pada sistem kekebalan tubuh

Ciri-ciri awal lainnya yang dialami akibat adanya penyakit kanker rahim adalah menurunnya sistem kekebalan tubuh. Hal disebabkan karena tubuh orang yang terkena penyakit kanker rahim terinfeksi suatu virus yang juga menjadi penyebab terjadinya kanker rahim. Jika virus tersebut terus menerus berada dalam tubuh, maka daya tahan tubuh menjadi lemah. Hal ini mengakibatkan tubuh seseorang sangat mudah terserang berbagai macam penyakit. Ciri ini cukup sulit dideteksi karena kebanyakan orang tidak menyadari bahwa dirinya terinfeksi suatu virus. Akan tetapi, tanda ini dapat diketahui ketika tubuh seseorang menjadi mudah lelah meskipun tidak melakukan pekerjaan yang berat. (Baca juga: Manfaat Daun Afrika Untuk Kanker ).

ads
  1. Siklus menstruasi menjadi tidak teratur

Ciri-ciri awal adanya penyakit kanker rahim yang selanjutnya adalah tidak teraturnya siklus menstruasi. Gejala ini secara umum sering dialami oleh seorang wanita, meskipun tidak di diagnosa mengidap penyakit kanker rahim. Tetapi jika masalah tersebut sering sekali terjadi, maka bisa jadi hal tersebut merupakan pertanda adanya penyakit kanker rahim pada tubuh. Pada dasarnya, siklus menstruasi yang tidak teratur disebabkan karena adanya gangguan keseimbangan hormonal, kelainan organik, ataupun tidak berfungsinya rahim tanpa alasan yang jelas. Untuk memastikan bahwa hal tersebut merupakan ciri – ciri dari adanya penyakit kanker rahim, diperlukan pemeriksaan darah secara berkala. (Baca juga: Penyebab Kanker Ovarium)

  1. Timbul rasa nyeri pada kaki

Rasa nyeri pada kaki memang timbul pada penderita kanker rahim stadium 1 atau stadium awal. Kondisi ini disebabkan karena rahim mengalami pembengkakan, sehingga mengakibatkan terhambatnya aliran darah pada kaki. Tanda ini dapat terlihat apabila kaki seorang penderita kanker rahim ikut membengkak dan terasa sakit.

  1. Buang air kecil menjadi tidak teratur

Ciri – ciri awal dari adanya kanker rahim dapat diketahui dari kebiasaan dalam buang air kecil. Jika seseorang merasakan perubahan yang tidak biasa pada saat buang air kecil, seperti adanya darah yang muncul pada saat buang air kecil, maka harus segera dilakukan pemeriksaan oleh dokter. Karena kondisi tersebut bisa saja timbul karena adanya kanker rahim pada tubuh.

  1. Sering mengalami sakit punggung

Sakit pada punggung ini sangat wajar dirasakan oleh setiap orang dan dapat timbul oleh berbagai penyebab. Akan tetapi, jika kondisi ini sering dialami dan diikuti dengan gejala kanker rahim lainnya, maka Anda harus segera melakukan pemeriksaan oleh dokter. Hal tersebut dilakukan untuk mendeteksi adanya penyakit kanker rahim pada tubuh.

Ciri-ciri tersebut di atas dapat dialami oleh wanita dalam kondisi yang berbeda – beda. Selain itu, gejala yang dirasakan akan berbeda pula. Sebagai upaya untuk pencegahan kanker rahim sejak dini, tidak ada salahnya jika kita melakukan suatu pemeriksaan atau diagnosa. Tindakan tersebut sebaiknya harus dikonsultasikan terlebih dahulu oleh dokter ahli. Ada beberapa diagnosa secara umum yang dapat dilakukan untuk mendeteksi adanya penyakit kanker rahim, yaitu sebagai berikut. (Baca juga: Penyebab Kanker Anal).

  • Tes USG Transvaginal. Metode ini digunakan untuk memeriksa adanya perubahan pada ketebalan dinding rahim yang bisa saja disebabkan karena adanya sel-sel kanker pada rahim.
  • Tes Biopsi. Metode ini diimplementasikan dengan cara mengambil sampel dari sel – sel yang ada di dinding rahim kemudian memeriksanya di labolaturium. Pemeriksaan tersebut dilakukan dengan menggunakan mikroskop. (Baca juga: Biopsi Kanker)

Selain itu, kita perlu mengetahui tahapan keberadaan sel kanker yang ada pada rahim. Karena setiap tahapan mengalami ciri – ciri yang berbeda. Tahapan pertumbukan sel kanker rahim dijelaskan sebagai berikut.

  • Stadium 1. Tahap ini biasa disebut juga stadium awal. Pada stadium awal, sel kanker masih dapat dikendalikan dan bahkan dihilangkan. Karena pada tahap ini, sel kanker masih berada pada rahim saja.
  • Stadium 2. Pada tahap ini, sel kanker sudah mulai menyebar ke organ lainnya yang berada di sekitar rahim, seperti leher rahim.
  • Stadium 3. Pada tahap ini, sel kanker sudah mulai menyebar tidak hanya ke organ yang ada di sekitar rahim. Tetapi, sel kanker sudah menyebar ke organ di luar rahim, seperti jaringan di sekitar panggul atau noda limfa.
  • Stadium 4. Tahap ini biasa disebut juga stadium akhir. Pada stadium akhir, sel kanker sudah menyerbar ke area yang lebih luas lagi di luar area rahim, seperti paru – paru, usus, hati, dan lain sebagainya. Jika tidak segera ditangani, maka akan menyebabkan kematian.

Itulah pemaparan mengenai ciri-ciri awal kanker rahim serta cara mendeteksinya melalui tahapan pertumbuhan kanker. Jika memang Anda di diagnosa terkena penyakit kanker rahim, maka segera lakukan pencegahan dan pengobatan untuk mencegah kanker rahim semakin parah. Semoga bermanfaat. (Baca juga: Manfaat Petai Untuk Kanker ).

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 26th, October 2016 / 07:55 Oleh :
Kategori : Kanker Rahim