Sponsors Link

8 Bahaya Kanker Rahim bagi Wanita

Sponsors Link

Kanker rahim adalah kanker yang mengancam nyawa para wanita. Dampak dari kanker berbahaya ini tidak hanya pada disfungsi rahim, tetapi juga pada jiwa penderitanya. Sebagian besar menilai bahwa kanker rahim sama dengan kanker serviks atau kanker mulut rahim. Sejatinya, tidak! Keduanya jelas berbeda berdasarkan lokasi sel kanker yang berkembang pada area rahimnya. Jadi, pengertian yang jelas tentang kedua jenis kanker tersebut harus diketahui secara umum karena baik kanker rahim maupun kanker mulut rahim memiliki risiko mematikan yang sama. (baca juga: Efek Kanker Rahim, Perbedaan Kanker Tiroid dan Hipertiroid)

Sponsors Link

Kanker rahim adalah jenis kanker yang letak penyebaran sel kankernya berada di bagian lapisan rahim. Kanker rahim dikenal juga dengan sebutan kanker uterus. Berbeda halnya dengan kanker serviks atau kanker mulut rahim yang perkembangannya fokus pada bagian mulut rahim wanita. Keduanya memiliki tingkat bahaya yang sama yang perlu ditangani secara cepat dan tepat untuk menolong jiwa penderitanya. Oleh sebab itu, saat ini tengah berkembang berbagai cara untuk mengurangi risiko penyebaran kedua jenis kanker tersebut dalam masyarakat.

Baca Juga:

Kanker rahim diketahui lebih dominan diderita oleh mereka (wanita) yang sudah memasuki masa menopause atau sudah berusia lanjut (50 tahun keatas). Akan tetapi, beberapa faktor risiko yang lain juga tidak menutup kemungkinan menyebabkan kanker rahim diderita mereka yang diluar kedua faktor tersebut. Beberapa faktor risiko lain yang bisa menyebabkan kanker rahim diantaranya adalah:

  • Wanita yang menstruasi kali pertama kurang dari 12 tahun
  • Wanita belum pernah melahirkan dan menyusui
  • Penderita diabetes, obesitas, dan hipertensi
  • Wanita yang terlambat menopause

Artikel Terkait: Pengobatan Alternatif Kanker Hati Stadium 4, Gejala Kanker Serviks Stadium 1

Ciri tersebut merupakan mereka (wanita) yang berisiko mengalami penyakit kanker rahim. Penyakit kanker rahim perlu ditangani secara cepat. Diagnosa yang tepat dan deteksi dari diri sendiri adalah langkah awal yang perlu diterapkan. Sebab, jika tidak bahaya yang lebih parah akan membayangi penderita kanker rahim yang belum mendapatkan penanganan yang sesuai. Berikut ini adalah bahaya lain yang bisa disebabkan sel kanker pada bagian rahim tersebut.

Baca Juga:

1.Infeksi Kandung Kemih

Penderita kanker rahim sering mengeluhkan munculnya rasa nyeri disekitar saluran kemih. Ya, hal tersebut adalah akibat dari tumor yang berkembang dalam rahim. Penderita kanker rahim stadium awal akan selalu merasa sakit saat buang air kecil, dan kondisi tersebut bisa menjadi tanda awal yang perlu diwaspadai sebagai ciri adanya kanker dalam tubuhnya.

2. Radang Panggul

Rasa sakit atau nyeri yang berada disekitar panggul akan dirasakan penderita kanker rahim. Rasa sakit tersebut disebabkan tekanan dari rahim yang mengenai sel saraf sekitar panggul. Kondisi ini sebenarnya bisa diartikan sebagai kondisi abnormal yang seharusnya dideteksi oleh penderita karena nyeri panggul dapat diartikan “terjadinya sesuatu” pada organ disekitarnya.

Artikel Lainnya: Ciri-Ciri Kanker Nasofaring, Tanda Awal Kanker Usus Besar

Sponsors Link

3. Gangguan Sistem Imun

Pendeteksian yang tidak bisa dilakukan dengan cepat menyebabkan sel kanker rahim semakin leluasa berkembang. Masa perkembangan sel kanker ini perlahan tapi pasti akan mengikis kemampuan sistem imun untuk mempertahankan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit. Kanker rahim biasanya baru disadari saat mereka sudah menyebar dan menginfeksi tubuh penderita. Oleh sebab itu, pendeteksian dini sangat penting bagi anda yang sudah menyadari perubahan yang terjadi baik dari fisik atau psikologis.

4. Pendarahan Hebat

Penderita kanker rahim yang sudah berada pada stadium lanjut seringkali mengalami pendarahan. Pendarahan yang terjadi bisa lebih dai biasanya dari hari ke hari. Pendarahan tersebut terjadi diluar siklus menstruasi normal yang mengakibatkan tubuh kekurangan sel darah merah dan mudah mengalami kelelahan. (baca juga: Tanda Awal Kanker Mulut, Ciri ciri Kanker Serviks Stadium Awal)

5. Berat Badan Turun

Secara umum, penderita kanker apapun jenisnya sudah pasti mengalami pengurangan berat badan secara signifikan. Penderita kanker rahim pun demikian adanya. Perkembangan sel kanker yang sudah menekan area perut mengakibatkan timbulnya rasa nyeri serta enggan untuk mengonsumsi makanan. Terlebih lagi, beberapa diantaranya mengalami mual dan muntah sebagai akibat dari penggunaan obat kemoterapi.

Artikel Terkait:

ads

6. Disfungsi Seksual

Organ rahim berhubungan erat dengan bagian vital yaitu sekitar area vagina. Meskipun letaknya berada di bagian bawah setelah perut, sel kanker yang sudah berkembang di lapisan rahim ini ternyata berbahaya bagi kelangsungan aktifitas seksual penderita kanker. Kondisi yang lebih mengkhawatirkan adalah tidak berfungsinya organ seksual wanita untuk menerima rangsangan seksual dari pasangannya.

7. Erosi Tulang Belakang

Erosi tulang belakang, lebih tepatnya pada tulang punggung sangat terasa menyiksa bagi penderita kanker rahim. Kondisi tulang belakang yang nyeri luar biasa tidak mampu menopang tubuh pasien kanker secara utuh, sehingga terkadang pasien sering mengalami ketidakseimbangan. Bahaya yang timbul dari kondisi tersebut adalah bisa jadi pasien sering mengalami jatuh secara tiba-tiba, dan membutuhkan pengawasan penuh saat dirawat.

Artikel Lainnya: Tanda-tanda Leukemia, Pengobatan Kanker Kandung Kemih

8. Anemia

Anemia atau nama lain dari kondisi kurang darah adalah dampak yang bisa dialami oleh mereka yang terkena penyakit kanker rahim. Berbagai kondisi yang memicu anemia diantaranya adalah pendarahan hebat serta berkurangnya asupan nutrisi berupa Zinc yang dibutuhkan dalam proses produksi sel darah. Selain kedua faktor tersebut, erosi tulang belakang juga menjadi penyebab kekurangan darah pada pasien kanker rahim, karena sumsum tulang enggan berfungsi dengan normal.

Baca Juga:

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa kanker rahim yang menyerang organ reproduksi tersebut, menimbulkan dampak yang tidak kecil. Selain tidak mampunya penderita memiliki keturunan (akibat pengangkatan rahim), risiko kematian juga bisa mengancam jiwanya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui ciri lain dari adanya tumor yang berkembang dalam rahim.

Gejala kanker rahim yang perlu untuk diwaspadai antara lain adalah sebagai berikut:

  • Munculnya benjolan di perut bagian bawah
  • Siklus menstruasi yang tidak normal
  • Bercak atau keputihan pada vagina yang abnormal (berbau, berwarna)
  • Nyeri disekitar area perut kebawah
  • Sakit saat berhubungan intim
  • Mudah lelah

Artikel Terkait: Kemoterapi Kanker, Gejala Kanker Kulit Pada Anak

Beberapa ciri tersebut dapat menjadi indikasi awal adanya hal yang tidak beres pada tubuh kita. Oleh karenanya, selain mencegah dengan pola hidup yang sehat, penting bagi anda untuk mendeteksi dini adanya keabnormalan pada sistem metabolisme tubuh tersebut. Dengan demikian, penyakit yang berhasil dideteksi akan bisa ditangani dengan lekas.

Demikian artikel informatif tentang bahaya kanker rahim yang wajib diwaspadai. Semoga bermanfaat untuk referensi anda!

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 16th, May 2017 / 01:54 Oleh :
Kategori : Kanker Rahim