Sponsors Link

8 Akibat Kanker Rahim pada Wanita

Sponsors Link

Kanker rahim adalah penyakit ganas yang terjadi pada rahim. Kanker rahim memiliki efek dan dampak pada kehidupan pasien dan masyarakat. Kualitas hidupnya akan berkurang akibat penyakit ini. Sebagai seorang masyarakat, manusia memiliki dua fungsi yaitu fungsi sosial dan fungsi ekonomi. Fungsi sosial berupa interaksi sosial antara diri sendiri dan orang lain atau dengan masyarakat sekitar. Sedangkan, contoh fungsi ekonomi adalah mencari nafkah. Kedua fungsi ini terganggu karena berbagai gejala yang timbul dari penyakit kanker dan gejala yang timbul sebagai bagian dari pengobatan kanker leher rahim itu sendiri. Berikut adalah beberapa dampak kanker leher rahim yang perlu anda antisipasi.

Sponsors Link

Baca juga:

Dampak Ekonomi

Terapi kanker dapat membutuhkan biaya yang mahal, walaupun anda memiliki asuransi kesehatan, biaya pengobatan dapat melebihi tanggungan asuransi. Biaya ini mungkin akan terus tetap ada dalam jangka waktu tertentu walaupun anda sudah termasuk sebagai survivor kanker. Berikut adalah beberapa kondisi sebagai dampak finansial kanker serviks yang dapat anda ketahui :

  1. Anda harus bersiap dengan biaya terapi kanker yang tidak ditanggung oleh asuransi anda dan pengeluran lain yang anda keluarkan sendiri yang dapat menjadi tagihan setelah terapi kanker selesai.
  2. Bagi anda yang memiliki asuransi kesehatan karena anda adalah seorang pekerja disebuah perusahaan tertentu, mungkin akan dapat mengalami pemutusan hubungan kerja karena kondisi kesehatan anda, sehingga anda tidak dapat mendapatkan keuntungan berupa asuransi kesehatan, disabilitas dan asuransi kehidupan yang disediakan oleh pemberi kerja.
  3. Setelahnya, mungkin akan sulit untuk anda dalam mencari pekerjaan yang memberikan asuransi kesehatan.
  4. Beberapa perusahaan asuransi mungkin tidak akan membiayai terapi kanker yang mereka pertimbangkan sebagai bagian dari sebuah penelitian atau percobaan klinis suatu obat kanker
  5. anda yang mendapat pengobatan diluar kota tempat tinggal anda sebaiknya mempersiapkan biaya tambahan untuk transportasi, tempat tinggal dan biaya hidup di kota tempat melakukan terapi kanker

(Baca Juga:  Manfaat Daun Sirsak Untuk Kanker Serviks , Manfaat Ace Maxs untuk Pengobatan Kanker Serviks)

Berbagai kondisi dan dampak finansial diatas mungkin sudah anda ketahui dan mungkin akan membuat anda berpikir bagaimana mengatasinya. Berikut beberapa hal yang dapat anda pertimbangkan untuk membantu masalah ekonomi pada penderita kanker serviks :

  • Lembaga peduli kanker rahim

Terdapat beberapa lembaga yang peduli terhadap kanker rahim yang dapat anda hubungi untuk konsultasi mengenai masalah anda dan mungkin dapat membantu kondisi keuangan anda dalam menghadapi penyakit kanker serviks. (Baca juga: yayaysan peduli kanker Indonesia ,  Pil KB Menyebabkan Kanker Serviks)

  • Asuransi Kesehatan Nasional

Anda dapat memanfaatkan asuransi kesehatan nasional, di Indonesia asuransi tersebut adalah JKN atau BPJS. JKN atau BPJS adalah asuransi nasional yang bertujuan untuk memberikan biaya kesehatan bagi seluruh penduduk Indonseia. Lembaga ini adalah pihak ketiga antara rakyat dan pemerintah dan baru didirikan pada tahun 2014. Karena baru didirikan masih banyak hal dan sistem yang belum dapat memuaskan rakyat. Namun, untuk penderita kanker, BPJS memberikan tanggungan untuk sejumlah obat kemoterapi dan radiasi di rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS dan rumah sakit pemerintah.

Proses klaimnya pun tidak susah, anda cukup mendaftar BPJS secara mandiri dan membayar iuran sebelum tanggal 10 atau anda yang kurang mampu dapat mendaftarkan diri dengan meminta surat keterangan tidak mampu terlebih dahulu pada dinas sosial dan kelurahan. Semua biaya ditanggung BPJS jadi bagi anda yang walaupun tidak sakit anda dapat memanfaatkan BPJS  dengan mendaftar sebagai anggotanya. Anda mendapat jaminan biaya kesehatan sekaligus beramal untuk saudara kita yang lain di Indonesia.  (Baca Juga: Manfaat Nanas Untuk Penderita Kanker , Manfaat Chia Seed Untuk Kanker)

Sponsors Link

Dampak Sosial

Hampir semua survivor kanker dapat menghadapi masalah psikologi dan emosional yang dapat muncul setelah beberapa tahun setelah terapi. Namun, anda tidak berjuang sendiri karena terdapat beberapa kelompok masyarakat pemerhati penyakit kanker yang ada untuk membantuk mengatasi masalah ini. Langkah pertama adalah anda harus menerima bahwa akan ada beberapa perubahan psikososial setelah anda terdiagnosis kanker leher rahim dan harus mencari keberanian untuk mendapatkan pertolongan. Beberapa masalah psikososial yang paling sering dialami survivor kanker serviks adalah berikut ini

1. Ketakutan akan kambuh

Banyak survivor memiliki rasa khawatir bahwa kanker mereka dapat kembali pada suatu hari. Hal ini merupakan hal yang wajar dan seiring dengan berjalannya waktu anda dapat mengenali perubahan tubuh anda yang normal dan yang serius dan perlu dilaporkan ke dokter anda. (Baca juga: Gejala Kanker Mulut , Cara Deteksi Dini Kanker Serviks)

2. Kesedihan

Kesedihan merupakan reaksi natural dari sebuah kehilangan atau kerugian. Kehilangan atau kerugian yang dirasakan dapat berasal dari kerugian akibat kesehatan yang menurun karena gejala kanker serviks, penurunan gairah seksual, fertilitas atau mandul dan ketergantungan fisik terhadap orang lain. (Baca juga: Manfaat Air Kelapa Untuk KankerKopi Bagi Penderita Kanker – Perbedaan Kanker dan Tumor)

3. Depresi

Sekitar 70% dari pengalaman survivor kanker dapat mengalami depresi dan segera mencari pertolongan terapi secepatnya. Depresi ini dapat terjadi sebagai tahap akhir dari proses penerimaan kabar buruk. Berdasarkan teori Kubler Ross, depresi adalah salah satu tahap dari proses menerima kenyataan buruk yang disingkat DABDA. Tahapan depresi :

  • Denial (Penyangkalan) – Anda mungkin akan merasa bahwa anda baik-baik saja dan tidak mungkin hal itu terjadi pada diri anda
  • Anger (Marah) – Anda mulai berpikir mengapa hal ini terjadi pada diri anda dan merasa tidak adil dan harus ada yang dipersalahkan. (Baca juga : Cara Mengobati Kanker Rahim – Cara Pengobatan Kanker Rahim – Manfaat Bekam Untuk Kanker)
  • Bargaining (Menawar) – Pada fase ini anda akan berusaha untuk melakukan sesuatu untuk menghambat atu menunda kematian biasanya akan terjadi suatu janji pertukaran gaya hidup agar memperoleh hidup yang lebih panjang.
  • Depresi – Pada tahap deperesi, biasanya pasien tidak ingin di besuk dan hanya ingin menangis dan berduka. Proses ini akan memberikan kesempatan pada penderita untuk siap meninggalkan keluarga yang ia cintai atau ia sayangi. (Baca juga: Operasi Kanker Payudara – Tahapan Operasi Kanker Otak – Operasi Kanker Serviks)
  • Acceptance (Penerimaan) – Pada tahap ini, seseorang dapat merasakan kondisi dimana semuanya baik- baik saja dan dapat menerima kenyataan buruk tersebut. Bahkan, seseorang akan siap untuk melawan penyakit tersebut. (Baca juga: perbedaan kanker rahim dan kanker leher rahim)
Sponsors Link

Kesempatan Untuk Hamil

Awal gejala kanker rahim adalah tidak bergejala sehingga seseorang akan merasa baik- baik saja dan merasa dirinya sehat. Kemungkinan hamil di saat anda menderita kanker rahim yang belum terdiagnosis bisa terjadi. Mungkin saja kanker rahim akan ditemukan pada penderita yang sedang melakukan ANC atau pemeriksaan kehamilan. Perawatan ibu hamil dengan kanker rahim akan berbeda, ibu ini termasuk kehamilan risiko tinggi yang harus berada dalam pengawasan dokter spesialis kandungan karena pertumbuhan janin dapat terganggu karena kanker rahim serta keadaan ibu juga akan terganggu karena terlambat mendapatkan pengobatan berupa kemoterapi dan radioterapi. Kondisi ini kurang lebih seperti penyakit kanker payudara pada ibu yang menyusui. Salah satu pengobatan kanker rahim adalah dengan operasi pengangkatan rahim, jika rahim telah diangkat tentu anda tidak dapat hamil lagi. (Baca juga: pengobatan kanker rahim , cara pengobatan kanker rahim)

Itulah beberapa info mengenai efek kanker rahim terhadap kehidupan anda. Efek ini tidak hanya pada kanker rahim saja namun juga pada kanker leher rahim dan kanker lainnya. Pengobatan kanker rahim itu sendiri sudah cukup menguras tenaga waktu dan uang anda sehingga perlu dilakukan pencegahan berupa:

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 15th, May 2017 / 08:36 Oleh :
Kategori : Kanker Rahim