Sponsors Link
     Sponsors Link

12 Pengobatan Kanker Prostat Secara Alami dan Medis

ads

Kanker prostat merupakan sebuah kondisi di mana ada sel abnormal yang tumbuh dan berkembang di bagian prostat. Sperma pada pria akan dilindungi dan disuburkan oleh cairan yang dihasilkan oleh prostat, maka tentu ketika prostat terkena kanker, kinerjanya pun dipastikan menurun. Cairan yang dikeluarkan prostat bakal melaju ke uretra saat terjadi ejakulasi dan alirannya akan keluar bersama sperma.

Kanker prostat sendiri ada yang bersifat agresif dengan penyebaran yang super cepat, tapi ada juga kanker prostat yang perkembangannya cukup lambat dan bahkan tak ada penyebaran. Penyebab kanker prostat sendiri terbilang cukup beragam dan ada kaitannya dengan riwayat kesehatan yang dimiliki keluarga serta pola hidup.

Untuk pengobatan kanker prostat, ada cara alami serta medis yang dapat dipertimbangkan sesuai dengan kondisi dari stadium kanker itu sendiri. Faktor lainnya yang menentukan metode pengobatan untuk pasien adalah kondisi kesehatan penderita itu sendiri. Tak ketinggalan, perlu juga melihat seberapa luas kanker telah menyebar ke organ-organ tubuh lainnya serta ukuran kanker di dalam tubuh.

(Baca juga: penyebab kanker prostat pada pria)

1. Prostatektomi Radikal

Bila ciri-ciri kanker prostat pada pria mulai kelihatan dan dirasakan, prosedur diagnosa akan membantu dalam menentukan solusi pengobatan. Prostatektomi radikal ini adalah sebuah jalur operasi di mana kelenjar prostat memang perlu diangkat, bahkan sekaligus jaringan yang berada di sekitar. Jalur pengobatan ini bisa diambil bila kanker belum menyebar.

Hanya memang perlu diketahui bahwa tak seluruh sel kanker dapat diangkat secara total dan potensi kembalinya muncul sel kanker setelah operasi pun tetap ada. Untuk potensi komplikasi pun cukup besar setelah pengobatan ini, seperti tak lagi dapat ejakulasi, terjadi disfungsi ereksi, serta inkontinensia urin di mana buang air kecil menjadi sulit terkendali.

2. Trans-Urethral Resection atau TURP

Pengobatan dengan metode TURP ini merupakan sebuah proses yang bakal memotong bagian dari kelenjar prostat pasien. Agar rasa sakitnya tak terasa selama berjalannya operasi, pasien akan diberikan anestesi umum. Operasi ini dilakukan untuk membuat gejala gangguan buang air kecil menjadi lebih ringan.

Proses operasi ini biasanya dilakukan dokter dengan memasukkan kawat besi yang di ujungnya ada bagian melingkar ke dalam uretra yang menuju prostat. Dokter pun memanfaatkan arus listrik demi dapat memanaskan bagian melingkar tersebut. Dari proses tersebut, kanker prostat pun akhirnya dapat dipotong.

(Baca juga: gejala kanker umum dan berdasarkan jenisnya)

3. Terapi Radiasi

Radioterapi adalah istilah lain dari metode pengobatan satu ini dan energi radiasilah yang bakal dimanfaatkan oleh dokter supaya sel-sel kanker dapat dibunuh sebelum menyebar ke organ lain. Prosedur pengobatan ini dapat dilakukan sesudah melakukan operasi supaya sel-sel kanker yang kiranya belum terangkat atau ketinggalan bisa dibasmi seluruhnya.

Terapi radiasi ini juga sangat berguna dalam membuat gejala rasa sakit menjadi ringan dan kanker pun perkembangannya bakal lebih lambat pada kanker stadium lanjut. Namun para pasien harus tahu apa saja yang bisa menjadi efek samping dari radioterapi ini, seperti misalnya kehilangan kemampuan ereksi, radang kandung kemih, ketidaknyamanan di rektum dan anus, kelelahan, kerontokan rambut kemaluan, inkontinensi urin, serta gangguan buang air besar.

4. Terapi Hormon

Metode pengobatan klinis ini pada umumnya dikombinasikan bersama radioterapi, tapi justru terapi ini dilakukan lebih dulu dari radioterapi. Tujuan pengobatan ini adalah untuk menyukseskan pengobatan dan menurunkan potensi sel-sel kanker untuk kembali menginvasi tubuh pasien. Bahkan kanker prostat stadium akhir juga bisa diperlambat penyebarannya dengan terapi ini.

Namun tetap ada beberapa efek samping seperti pengobatan kanker umum lainnya, yakni seperti halnya berkeringat terus-menerus. Dada pun dapat mengalami pembengkakan setelah pengobatan ini, diikuti juga dengan penambahan berat badan. Disfungsi ereksi serta hilangnya gairah seksual perlu juga untuk diwaspadai.

(Baca juga: jenis kanker paling mematikan di dunia)

5. Tablet Steroid

Pengobatan melalui pemberian tablet steroid ini tujuan utamanya adalah sebagai alternatif apabila terapi hormon kurang efektif. Kemungkinan terapi hormon tak berhasil cukup besar, apalagi kalau sifat kanker terlau resistan terhadap hormon. Tablet ini adalah solusi yang dokter pakai supaya tumor pada tubuh pasien dapat disusutkan dan pertumbuhannya juga bisa diperlambat.

6. Akar Alang-alang

Setelah membahas cara mengobati kanker prostat secara medis, tentu ada cara-cara alami yang bisa Anda coba di rumah. Obat tradisional yang dapat dibuat adalah dengan menggunakan akar alang-alang. Untuk mengobati kanker prostat, Anda bisa merebus akar alang-alang yang disediakan secukupnya dan telah dibersihkan.

Air ramuan akar alang-alang ini dapat dikonsumsi secara teratur setelah dididihkan dan disaring untuk kesembuhan total secara alami. Tanpa efek samping berbahaya, obat ini bakal secara efektif membantu proses pemulihan kondisi kanker Anda selain dari pengobatan yang diberikan dokter.

(Baca juga: manfaat sambiloto untuk kanker)

7. Daun Sambiloto

Daun ini tampaknya sudah cukup terkenal akan keampuhannya dalam mengatasi berbagai macam penyakit. Tumbuhan ini boleh dianggap liar, tapi khasiatnya begitu banyak dan diketahui memiliki kandungan-kandungan baik. Flavonoid dan laktone rupanya ada di dalam daun sambiloto apabila menggunakan bagian cabang dan daunnya untuk pengobatan.

Sama seperti bahan sebelumnya, Anda hanya perlu merebus daun sambiloto yang sudah disediakan secukupnya. Setelah dibersihkan, rebuslah, lalu setelah mendidih, angkatlah. Sebelum air ramuan diminum, pastikan Anda menyaringnya lebih dulu. Penggunaan atau konsumsi secara rutin atau setiap hari, terutama sehari 2 kali akan memberikan manfaat besar. Anda akan dapat merasakan tubuh menjadi lebih baik tanpa memberikan efek samping seperti yang dihasilkan pengobatan medis.

8. Tomat

Mungkin kita tahu akan manfaat tomat untuk kanker payudara yang begitu tinggi, namun tak sebatas itu khasiat yang diberikan oleh tomat. Nyatanya, tomat dapat dijadikan obat tradisional penangkal kanker prostat pada pria. Tomat dengan berbagai kandungan mineralnya, serta asam folat, vitamin K, vitamin C, dan vitamin A memang baik untuk kesehatan tubuh.

Karotenoid, likopen, betakaroten, alpha, dan lutein ada di dalam tomat juga, jadi konsumsilah setiap hari untuk mengobati kanker prostat Anda. Baik itu dikonsumsi secara langsung dengan memakannya atau membuat jus dari tomat, Anda bisa menyesuaikan dengan selera personal. Yang jelas, sebelum dikonsumsi hendaknya buah tomat dibersihkan lebih dulu supaya jauh dari kuman.

(Baca juga: daftar makanan sehari-hari pencegah kanker)

9. Brokoli

Jenis sayur ini memang kebanyakan tidak disukai oleh anak-anak, namun sayur ini memiliki khasiat besar dalam penyembuhan kanker prostat secara alami. Manfaat brokoli untuk kanker pun sudah banyak diketahui orang, tapi yang perlu diperhatikan juga adalah tak sekadar mencegah, brokoli mampu mengobati.

Untuk proses pengobatan menggunakan bahan alami ini, Anda dapat membersihkannya dan kemudian mengolahnya dengan cara merebusnya. Atau masaklah dengan cara disayur seperti biasanya. Tapi tak ada salahnya juga untuk menggunakan brokoli dengan cara dijus untuk diminum setiap hari. Pengolahan brokoli dapat dilakukan sesuai selera saja dan Anda akan merasakan nikmat sekaligus manfaatnya.

10. Semangka

sponsored links
Buah segar yang dagingnya berwarna merah ini bukan hanya masuk dalam kategori makanan pencegah kanker payudara. Semangka pun juga diketahui dapat menjadi obat kanker prostat. Tak hanya kandungan vitamin C yang begitu tinggi di dalam buah ini, tapi juga ada vitamin B6, B1, hingga vitamin A serta berbagai jenis mineral.

Karena di dalam semangka ada kandungan antioksidan serta flavonoid, inilah yang menjadi alasan mengapa semangka dipercaya betul untuk menurunkan risiko kanker. Kanker pankreas, kanker paru-paru, kanker serviks, kanker endometrial, kanker payudara, serta kanker usus besar adalah jenis-jenis kanker yang mampu disembuhkan oleh semangka selain dari kanker prostat.

Cara penggunaan sebagai obat pun terbilang mudah karena Anda hanya tinggal mengonsumsinya seperti biasa. Atau bila ingin merasakan kesegarannya secara lebih maksimal, dibuat jus adalah ide yang lebih baik daripada dimakan langsung. Mengonsumsi buah ini setiap hari dalam masa penyembuhan kanker prostat bakal sangat menolong untuk mengurangi bahaya kanker.

(Baca juga: makanan penyebab kanker)

11. Rumput Lidah Ular

Sepintas nama dari tanaman ini memang agaknya kurang familiar, namun jangan remehkan khasiatnya. Rumput lidah ular adalah sebuah obat tradisional yang bisa diandalkan dalam menyembuhkan kanker prostat tanpa efek samping berbahaya. Sama halnya dengan cara meramu sambiloto dan akar alang-alang, Anda hanya perlu merebus bahan satu ini.

Rebuslah rumput lidah ular secukupnya hingga mendidih, tapi jangan lupa untuk membersihkannya secara sempurna sebelum direbus. Setelah mendidih, angkat dan saringlah lebih dulu. Meminumnya secara teratur dan rutin akan membantu Anda dalam menyembuhkan kanker dan menurunkan risikonya untuk kembali berkembang di dalam tubuh.

12. Ikan

Mengonsumsi ikan tak hanya baik dalam meningkatkan kesehatan otak, karena omega-3 di dalam ikan mampu mengurangi potensi kanker prostat menjadi lebih buruk. Ikan sarden, ikan tuna serta ikan salmon adalah 3 jenis ikan utama yang memang paling dianjurkan untuk dikonsumsi karena penyebaran sel kanker bakal mampu diperlambat olehnya. Imbangi pengobatan ini dengan mengonsumsi makanan rendah lemak agar hasilnya lebih optimal.

(Baca juga: manfaat glucogen untuk kanker)

Itulah serangkaian cara pengobatan kanker prostat secara medis dan tradisional. Pilihan tentu ada di tangan Anda, apakah ingin memilih pengobatan medis atau alami tanpa efek samping. Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, mulai dari pola makan, kualitas tidur, pengelolaan stres, olahraga, serta jadwal check up rutin ke dokter akan menurunkan risiko kanker dalam jumlah besar.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 04th, August 2016 / 17:44 Oleh :
Kategori : Kanker Prostat