Sponsors Link
     Sponsors Link

7 Ciri Ciri Kanker Prostat pada Pria

ads

kanker-prostat

Prostart adalah dimana kelenjar eksokrin yang ada pada sistem reproduksi laki-laki yang berada dibawah kantung kemih. Kanker perostat merupakan kanker yang tumbuh dan berkembang pada prostat yang sangat berbahaya dan mengancam nyawa. Kanker prostat terjadi pada saat sel prostat lebih banyak memproduksi dari biasanya prostat normal yang dapat menyebabkan pembengkakkan disekitar alat reproduksi laki-laki.

Kanker prostat memiliki perkembangan yang cukup cepat tetapi pergerakan dengan pergerakan yang perlahan, kebanyakan yang menderita penyakit ini pria yang sudah berusia diatas 50 tahun. Akan tetapi memungkinkan pria yang lebih muda bisa terkena penyaakit kanker prostat.

Penyebab Kanker Prostat

Tidak banyak yang tau mengenai penyebab dari kanker prostat. dokterpun berasumsi bahwa kanker prostat ada karena beberapa sel dari prostat tidak dapat bekerja dengan normal. Karena sel-sel prostat tersebut tidak berjalan normal maka terjadilah penumbuhan sel baru yang lebih cepat dari biasanya dan ketika sel yang lama telah mati sel baru yang terbentuk tidak akan mati. Dari sini, sel yang telah mati lambat  laun akan menjadi sebuah tumor pada prostat dan kemungkinan akan menyebar di area sekitar prostat ((nytimes.comProstate, Enlarged In-Depth Report, diakses 05 November 2014))

Untuk memahami bagaimana ciri ciri kanker prostat, merupakan hal-hal yang dialami oleh beberapa orang penderita kanker prostat. Perlu diperhatikan jika ada sebuah keganjalan dalam tubuh yang tidak biasanya di alami ((cancer.orgWhat is prostate cancer?, diakses pada 5 November 2014)).

kencing-batu1. Nyeri pada saat berkemih

Eretra  adalah tabung penampung urin dari kantung kemih, namun apabila terjadi sesuatu yang menghambat keluarnya urin tentunya akan sangat tidak nyaman ini dikarenakan adanya masalah akibat tumor yang tumbuh pada prostat dan menekan saluran kemih.  Ini terjadi karena prostat membesar yang kemudian menghimpit saluran kemih sehingga saat ingin mengeluarkan urin terasa nyeri. akan tetapi nyeri yang dirasakan bisa merupakan infeksi prostat yang disebut dengan prostatitis.

2. Berdarah saat berkemih

Berdarah saat kemih keluar adalah hal yang biasa tejadi pada penderita kanker prostat namun jarang terjadi. Terkadang gejala ini terjadi akibat infeksi yang terjadi pada saluran kemih. jika saat berkemih adanya darah terkadang disebabkan karena infeksinya saluran kemih yang kemudian berkembangnya bakteri dalam kandung kemih.

Sponsors Link

3. Sulit berkemih

kandung-kemih

Kejadian ini biasanya menyebabkan prostat membengkak sehingga untuk berkemih sangat sulit. Kelenjar prosoat akan membesar dan lain dari normalnya, pembesaran prostat ini disebut sebagai Benign Postatic Hyperplasia (BPH) dalam kelenjar prostat ini biasanya memproduksi cairan seperti cairan semen. BPH adalah pembesaran prostat yang biasa di alami pria yang sudah lanjut usia dengan range usia sekitar 50-60 tahun bahkan mencapai usia 80 tahun.

Gejala berkemih dapat disebabkan karena obstruksi yang terjaadi di saluran kemih. Jika sudah mencapai tingkat obstruksi maka hal ini harus segera ditangani oleh dokter. Gejala untuk berkemih tersebut meliputi:

  • Pancaran urin yang mengecil dan lemah
  • Kandung kemih tidak sepenuhnya kosong
  • Terasa nyeri saat berkemih

4. Darah Pada Cairan Sperma

Terjadi keluarnya darah pada sperma tidaklah banyak, namun perlu diwaspadai ini disebut juga sebagai hematospermia. hematospermia terjadi karena penis terluka atau terkena benturan keras. Penyebab dari hematospermia bisa terjadi karena infeksi pada kelenjar prostat (prostatitis).

Gejala dari prostatitis:

  • Bisa di awali dari demam yang tinggi hingga mengigil
  • Seringkali merasa ingin membuang air kecil dalam waktu yang dekat
  • Merasa sakit pada saat buang  air kecil
  • Terasa nyeri disekitar dubur.

5. Sulit Buang Air Besar (BAB)

Karena kelenjar prostat yang terletak tepat di bawah kandung kemih, jika terkena tumor maka sistem penceraanpun juga akan terganggu. Tidak bisa buang air besar dikarenakan saluran pada pencernaan tidak bekerja seperti seharusnya. Jika ini terjadi terus menerus maka kelenjar prostat akan mengalami pembengkakkan yang semakin membesar karena tidak bekerja secara optimal.

Sponsors Link

retensi-urine6.  Urin Menetes

Seperti mengompol gejala ini disebut dengan inkontinesia urin, semakin lama urin akan semakin mengecil. Terutama yang sudah berusia lebih dari 40 tahun pada saat mengelluarkan urin akan merasa nyeri dan urin seperti tidak seluruhnya keluar namun merasa ingin mengeluarkan urin akan tetapi tidak keluar.

Salah satu penyebab urin selalu menetes seperti mengompol adalah pembesaran prostat jinak atau dikenal dengan istilah medis adalah overactive bladder (OAB). OAB ini adalah berkemih atau paksaan ingin berkemih. Hal ini terjadi apabila penyakit yang diderita telah lanjut sehingga dapat menyebabkan sumbatan pada prostat. Kondisi ini juga sering tidak disadari oleh penderitanya, karena menganggap hal tersebut biasa terjadi.

7. Nyeri Pada punggung bawah, dan panggul paha

nyeri-panggul-paha

Prostat yang terjadi pada alat vital menyebabkan juga nyeri di daerah sekitar yaitu paha atas, pinggul, dan  panggul. Beberapa penderita sulit mendeskripsikan letak bagian nyeri yang dirasakan. Nyeri yang di  rasakan terkadang muncul secara tiba-tiba dan rasa sakitnya berulang dengan sakit yang luar biasa.

  •  Prostatitis akut; Ini disebabkan karena kelenjar prostat terjadi peradangan dan mengakibatkan tumbuhnya  bakteri E coli.
  • Seminal vesiculitis; Penyebab vesiculitis adalah nyeri perut pada bagian bawah hingga nyeri punggung. Ini juga bisa dikatakan peradangan degenrasi dari seminal vesiculitis yang ada pada pria.
ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 20th, November 2014 / 02:28 Oleh :
Kategori : Kanker Prostat