Sponsors Link

6 Bahaya Kanker Prostat dan Pencegahannya

Sponsors Link

Kanker prostat adalah salah satu jenis kanker ganas yang umumnya terjadi pada pria.Prostat adalah suatu kelenjar yang berada tepat di bawah saluran kemih. Sebuah penelitian di Inggris menyimpulkan bahwa sejumlah 40.000 pria Inggris berusia di atas 50 tahun tercatat mengidap penyakit kanker prostat ini. Kanker ini memiliki karakteristik yang agak berbeda dibanding jenis sel kanker lain seperti kanker payudara atau kanker serviks. Sel-sel kanker penyebab kanker prostat dapat tidak aktif selama bertahun-tahun hingga usia manusia semakin menua dan sistem kekebalan tubuh makin menurun. Hal inilah yang menyebabkan banyak pria berusia lanjut atau di atas 50 tahun baru menemukan gejala kanker prostat ini disaat kondisinya sudah mencapai stadium lanjut.

Sponsors Link

Kanker prostat memang terbagi menjadi dua jenis, yaitu yang mampu menyebar dengan cepat dan bersifat agresif serta yang tumbuhnya secara perlahan dan tidak menyebar, Menurut WHO, kanker prostat adalah penyakit kanker paling umum yang terjadi pada pria. Hal ini karena memang kelenjar prostat yang berada di panggul pria dan berfungsi sebagai bagian dari sistem reproduksi yang aktif membantu mengeluarkan cairan untuk melindungi sperma. (Baca juga: Gejala Kanker Prostat , Pengobatan kanker prostat)

Bahaya kanker prostat harus diwaspadai sejak dini, bila tidak nyawa lah yang menjadi taruhannya. Pada sebagian pria, sel-sel kanker pemicu kanker prostat dapat tumbuh sangat lambat dan tidak menimbulkan keluhan masalah sama sekali. Namun sebagian yang lain kondisinya berbanding terbalik dimana sel-sel kanker tumbuh sangat cepat dan membutuhkan pengobatan medis yang tepat dengan segera. (Baca Juga: Makanan yang Dapat Menyebabkan Kanker)

Dunia kedokteran dewasa ini sudah sangat maju sehingga penelitian akan kasus penyakit kanker prostat makin berkembang. Dampaknya, gejala-gejala dan penyuluhan akan bahaya kanker prostat semakin baik diketahui untuk membantu para pria mendeteksi resiko dan gejala kanker prostat pada tubuhnya. Bahkan, saat ini telah ada alat bernama PSA atau Prostate Specific Antigen yang berfungsi untuk memindai pasien untuk membantu diagnosa penyakit kanker prostat pada stadium awal.(Baca juga: Ciri-ciri kanker prostat)

Kanker prostat tergolong jenis kanker yang ganas bila tidak ditangani dengan tepat pengobatannya dan tidak terdeteksi sejak awal gejala-gejalanya. Bahaya kanker prostat memang dapat mengincar setiap pria dan biasanya sederet kondisi di bawah ini akan dialami oleh penderita kanker prostat. Bahaya-bahaya kanker prostat dan komplikasi yang ditemukan pada penderita kanker prostat adalah sebagai berikut:

Bahaya Kanker Prostat

1. Rasa Nyeri dan Panas Saat Berkemih

Sel kanker yang tumbuh pada prostat akan menekan saluran kemih pada pria dan menghambat keluarnya urin, bahkan dapat menyebabkan peradangan yang menyebabkan sensasi nyeri dan panas saat berkemih. Rasa nyeri ini sangat tidak nyaman meski bisa juga disebabkan oleh infeksi pada prostat yang disebut prostatis.(Baca juga: Penyebab kanker prostat)

Sponsors Link

2. Kencing Berdarah

Penderita kanker prostat tidak semuanya mengalami kencing berdarah ini, namun umumnya ada beberapa penderita kanker prostat yang mengalaminya. Darah ini berasal dari infeksi yang bersumber dari saluran kemih akibat adanya sel kanker yang tumbuh pada prostat. (Baca Juga: Gejala Kanker Kandung Kemih)

3. Sperma Bercampur Darah

Meski kasusnya tidak banyak dan relatif jarang terjadi, namun kondisi ini wajib diwaspadai sebagai salah satu indikasi bahaya kanker prostat. Darah pada cairan sperma ini disebut dengan hematospermia. Hematospermia juga kerap terjadi pada kasus penis terkena benturan keras atau terluka.(Baca juga: Cara mencegah kanker prostat , Pengobatan Kanker Darah Secara Medis)

4. Disfungsi Seksual

Letak kelenjar prostat yang berada di rongga panggul memiliki fungsi penting dalam sistem reproduksi seksual pria. Sperma yang dihasilkan oleh pria dibantu oleh kelenjar prostat untuk diproduksi. Bila kelenjar prostat terganggu, pria dapat mengalami penurunan fungsi seksual seperti ejakulasi dini, ereksi dini, sulit penetrasi dan lain sebagainya. makin membengkaknya kelenjar prostat sehingga sistem reproduksi seksual tidak dapat berjalan secara optimal. (Baca Juga: Pembagian Stadium Kanker Serviks)

5. Rusaknya Kandung Kemih

Karena letak kelenjar prostat yang berada di rongga panggul, bila sel kanker tumbuh dan menyebabkan infeksi maka saluran kandung kemih di rongga yang sama juga akan terganggu. Hal ini ditandai dengan menurunnya fungsi kerja kandung kemih dan tidak terkontrolnya kencing pada penderita. Rasa sakit yang dialami penderita biasanya muncul secara tiba-tiba dan rasa sakitnya dapat menjadi luar biasa dengan frekuensi berulang-ulang. (Baca Juga: Penyebab Kanker Kandung Kemih , Pengobatan Kanker Kandung Kemih)

6.  Kompresi Tulang Belakang

Meski pada awalnya sel kanker menyerang kelenjar prostat, sel kanker dapat terus menyebar dengan cepat hingga menyerang tulang belakang (spinal). Tulang belakang yang terpapar kanker akan didera rasa nyeri dan melemahnya fungsi gerak tubuh bagian bawah. Area pinggul juga akan terasa sangat tidak nyaman disertai nyeri.(Baca juga: Penyebab kanker ovarium , Bahaya Kanker Tulang Belakang)

Pengobatan Kanker Prostat

Karena sifatnya yang ganas, kanker prostat sebaiknya tidak dibiarkan berlanjut hingga stadium akhir karena resikonya yang sangat tinggi. Makin awal terdiagnosa, semakin besar peluang penderita kanker prostat untuk sembuh. Pengobatan kanker prostat dapat dilakukan dengan cara penyinaran menggunakan radioterapi atau bila diperlukan tindakan operasi pengangkatan kelenjar prostat adalah langkah yang akan ditempuh. (Baca juga: Manfaat sambiloto untuk kanker)

Kondisinya lain bila sel kanker yang menyerang kanker prostat sudah menyebar hingga ke tulang. Bila sudah seperti ini, peluang untuk sembuh pun akan makin mengecil. Pengobatan yang dapat dilakukan adalah sebatas meredakan gejala dan sakit yang dirasakan serta memperpanjang usia penderita.

Cara-Cara Mencegah Kanker Prostat

Ada beberapa langkah dan kebiasaan baik yang patut diterapkan sejak dini bila Anda ingin terhindari dari bahaya kanker prostat. Berikut adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan:

1. Minum Air Putih dengan Rutin

Siapa yang bisa menyangkal khasiat air putih bagi tubuh? Air putih sangat berguna untuk kesehatan kelenjar prostat dan membantu kelancaran proses pembuangan kotoran dari tubuh. Sel-sel dan organ dalam tubuh pun ternutrisi dengan baik hingga resiko terpapar dari berbagai macam penyakit pun menjadi berkurang. Konsumsilah minimal 1,5 liter air putih dalam sehari. (Baca Juga: Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening di Leher , Ciri Ciri Kanker Payudara)

Sponsors Link

2. Perbanyak asupan buah dan sayuran

Sayuran dan buah khususnya yang berwarna terang dapat menurunkan resiko kanker prostat pada tubuh. Zat fruktosa dan lycopene yang banyak dikandung dalam buah dan sayuran seperti tomat dan semangka dapat menurunkan resiko kanker prostat. Sayuran dna buah yang sangat baik dikonsumsi untuk menghindari penyakit kanker prostat adalah brokoli, kubis, kol, melon, semangka dan beri.(Baca juga: Penyebab kanker prostat pada pria , makanan Pencegah Kanker Darah)

3. Konsumsi Makanan Kaya Zinc

Zinc yang terkandung pada makanan dapat membantu mengurangi peradangan dan pembesaran sel kankr pada kelenjar prostat. Ini karena kelenjar prostat memerlukan zink lebih banyak dari organ tubuh yang lain. Makanan yang banyak mengandung zinc adalah biji labu dan gandum. (Baca Juga: Makanan Pencegah Kanker Rahim , Bahaya Kanker Kulit)

4. Tidak Mengonsumsi Alkohol

Efek jahat alkohol dapat memperparah iritasi yang terjadi pada bagian kelenjar prostat, Selain itu, otot-otot tubuh juga perlahan mengalami penurunan fungsi sehingga sangat berpotensi menyebabkan resiko kanker prostat yang besar. (Baca Juga: Penyebab Kanker Mulut Paling Utama , Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1)

5. Rutin Berolahraga

Tidak terhitung banyaknya rekomendasi yang telah dipaparkan tentang manfaat dari olahraga. Berolahraga minimal 2 kali dalam seminggu selama masing-masing 30-60 menit dapat mengurangi resiko terkena kanker prostat dengan drastis. Tubuh yang sehat dan bugar akan menghalau penyakit jenis apapun untuk mampir ke tubuh.(Baca juga: gejala kanker prostat pada pria , Kanker Payudara Stadium 2)

Demikianlah beberapa tips dan penjelasan untuk mengetahui lebih lanjut tentang bahaya kanker prostat dan serba-serbi cara pencegahannya. Semoga bermanfaat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 23rd, November 2016 / 00:45 Oleh :
Kategori : Kanker Prostat