Sponsors Link

5 Tanda Kanker Pita Suara

ads

Kanker pita suara atau bisa disebut juga dengan kanker laring merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh sel – sel kanker yang menyerang pita suara. Pita suara ini terletak dibagian depan tenggorokan. Kanker ini sangat berbahaya bagi pengidapnya, karena dapat memberikan dampak negatif dan mengganggu fungsi utama tenggorokan sebagai bagian dari sistem saluran pencernaan dan pernapasan. (Baca juga: Penyebab Kanker Tenggorokan).

Penyakit kanker ini dimulai pada saat sel normal tidak dapat terkontrol dengan baik sehingga sel tersebut tumbuh dan menyerang organ tubuh disekitarnya. Jika tidak segera ditangani, sel kanker tersebut akan menyerang ke organ tubuh lainnya, seperti kelenjar getah bening yang berdekatan dengan leher luar. Kanker ini dapat menyerang siapa saja dari segala jenis usia, terutama pada perokok di usia muda. (Baca juga: Penyebab Kanker Pita Suara)

Kita perlu mengetahui berbagai tanda dari kanker pita suara ini. Tanda – tanda tersebut harus diketahui sejak dini agar dapat segera dilakukan penanganan jika tanda tersebut sudah mulai dirasakan. Berikut ini merupakan pemaparan dari tanda – tanda kanker pita suara atau kanker laring. (Baca juga: Gejala Kanker Pita Suara)

  1. Tenggorokan sering merasa sakit
    Sakit tenggorokan merupakan tanda umum yang dirasakan oleh penderita kanker pita suara. Tanda tersebut menimbulkan berbagai dampak, seperti terasa sakit pada saat menelan dan suara menjadi serak. Jika tanda ini terus menerus dirasakan, maka harus segera melakukan pemeriksaan pada dokter khusus yang menangani penyakit yang ada dalam tenggorokan. (Baca Juga: Gejala Kanker Nasofaring)
  2. Dahak mengeluarkan darah dan terjadi gangguan pernapasan
    Orang yang mengidap penyakit kanker pita suara akan mengeluarkan darah pada dahaknya. Hal ini disebabkan karena adanya pendarahan yang diakibatkan oleh kanker pita suara. Selain itu, sistem pernapasan akan terganggu. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa tenggorokan merupakan salah satu organ dalam sistem pernapasan manusia. Jika salah satu bagian dari organ tersebut mengalami kerusakan, maka sistem pernapasan akan terganggu, dan pengidapnya akan mengalami kesulitan bernapas. (Baca Juga: Gejala Kanker Paru-paru dan Cara Pencegahannya)
  3. Rasa sakit yang menjalar ke daerah telinga
    Jika kanker pita suara sudah semakin parah, maka sakit yang dirasakan akan menjalar ke daerah telinga. Hal ini disebabkan karena sel kanker pita suara sudah semakin tumbuh dan mulai menyebar ke daerah lain yang berada di dekatnya. Segera lakukan pemeriksaan pada dokter khusus jika tanda atau gejala tersebut sangat sering terjadi dan sulit untuk disembuhkan. (Baca juga: Penyebab Kanker Getah Bening Pada Anak)
    Sponsors Link

  4. Terjadi perubahan suara
    Seperti pada poin sebelumnya, tanda ini terjadi karena adanya gangguan pada tenggorokan. Pada saat seseorang mengidap penyakit kanker pita suara, hal pertama yang dirasakan yaitu timbulnya rasa sakit pada tenggorokan. Kemudian, suara akan menjadi serak selama beberapa minggu dan tiba – tiba suara menjadi berubah dan hilang. Kehilangan suara ini menyebabkan penderita kanker pita suara mengalami kesulitan berbicara. Jika tanda ini sudah dialami dan sulit disembuhkan, maka kemungkinan besar orang tersebut mengidap kanker pita suara. Manfaat Madu Untuk Penderita Kanker )
  5. Berat badan menurun drastis
    Tanda ini umum terjadi pada setiap penyakit terutama pada penyakit kanker pita suara. Hal ini berkaitan dengan kondisi tenggorokan sebagai salah satu organ dalam sistem pencernaan tidak dapat berfungsi dengan baik. Sehingga penderita menjadi sulit menelan makanan dan menyebabkan berat badannya menurun drastis. (Baca Juga: Gejala Kanker Hati , Ciri Ciri Kanker Tulang Wajib Diketahui)

Jika tanda – tanda tersebut di atas sudah mulai dirasakan dan bahkan semakin parah, maka segera lakukan pemeriksaan secara rutin pada dokter ahli. Sebenarnya belum diketahui secara pasti penyebab dari penyakit kanker pita suara ini. Tetapi kasus ini secara umum penyebab utamanya adalah rokok dan asap rokok. Berikut ini adalah pemaparan dari penyebab kanker pita suara secara umum. (Baca juga:Penyebab Kanker Lidah).

  • Terlalu sering mengkonsumsi minuman beralkohol. Kebiasaan ini merupakan salah satu penyebab utama dari timbulnya kanker pita suara. Orang yang memiliki kebiasaan buruk mengkonsumsi berbagai minuman yang mengandung alkohol secara berlebihan, akan berdampak buruk bagi kesehatannya terutama bagi tenggorokannya. Oleh sebab itu, segera hilangkan kebiasaan tersebut dan memulai untuk menerapkan kebiasaan baru yang lebih sehat agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan yang dapat merusak kesehatan tubuh. (Baca Juga: Penyebab Kanker Mulut)
  • Merokok. Merokok merupakan penyebab utama dari adanya penyakit kanker ini. Karena di dalam rokok tersebut terdapat zat – zat adiktif yang dapat merusak kondisi organ – organ yang ada dalam tubuh sehingga menimbulkan berbagai penyakit berbahaya dan mematikan. Oleh sebab itu, segera hindari kebiasaan buruk tersebut, karena pada dasarnya rokok memang sangat membahayakan. Asap rokok pun sama berbahayanya, jika sering menghirup asap rokok baik disengaja ataupun tidak disengaja akan mengganggu fungsi organ tubuh dan menyebabkan kanker pita suara. Jadi, sangat dianjurkan untuk tidak merokok disembarang tempat dan alangkah lebih baiknya jika kebiasaan tersebut dihindari dan bahkan dihilangkan. (Baca juga: Pengaruh Rokok Terhadap Kanker Serviks)
Sponsors Link

Jika kanker pita suara sudah menyerang dan semakin parah, maka tidak ada cara lain dengan melakukan penanganan atau pengobatan. Pengobatan yang dapat dilakukan berupa pengobatan secara medis. Pengobatan tersebut dilakukan berdasarkan kebutuhan dan tergantung pada kondisi atau posisi kanker. Jika kondisi kanker berada di stadium awal, maka pengobatan cukup dilakukan dengan cara operasi atau pembedahan. Tetapi jika kanker berada di stadium tingkat lanjut, maka pengobatan yang dapat dilakukan salah satunya dengan pengobatan kemoterapi. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai berbagai pengobatan yang dapat dilakukan untuk menangani kanker pita suara. (Baca juga: Gejala Awal Kanker Mata , Pengobatan Kanker Prostat)

  • Operasi. Operasi atau pembedahan yang dapat dilakukan untuk menangani kanker pita suara adalah pengangkatan seluruh bagian pita suara. Operasi ini dilakukan untuk penderita yang mengalami kehilangan suara. Suara yang baru dapat dihasilkan dari berbagai cara, seperti: Eshopageal Speech, dimana penderita kanker diajari untuk membawa udara ke dalam kerongkongannya pada saat bernapas. Kemudian udara tersebut dihembuskan untuk menghasilkan suara. Kedua, yaitu dengan cara Fistula Trakeoesofageal, ini merupakan katup satu arah yang dimasukkan di antara kerongkongan dan trakea. Cara kerja katup ini yaitu untuk mendorong udara masuk ke kerongkongan ketika pengidap kanker pita suara bernapas, kemudian akan menghasilkan suara. Cara ketiga, yaitu dengan Electrolaring, yang merupakan suatu alat bantu yang dipasang di leher untuk menghasilkan suara. (Baca Juga: Tahapan Operasi Kanker Otak , Operasi Kanker Serviks)
  • Kemoterapi. Kemoterapi merupakan jenis pengobatan yang paling banyak digunakan untuk menangani segala jenis penyakit kanker, termasuk kanker pita suara. Metode pengobatan ini dinilai ampuh untuk menyembuhkan penyakit kanker. Pengobatan ini dilakukan dengan cara mengkombinasikan obat – obatan pembunuh kanker yang disuntikan ke pembuluh darah. (Baca Juga: Efek Kemoterapi Kanker Kelenjar Getah Bening)

Itulah pemaparan mengenai tanda kanker pita suara berikut dengan penyebab dan cara pengobatan yang dapat dilakukan. Untuk pengobatan sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter ahli untuk memastikan bahwa pengobatan tersebut memang tepat untuk dilakukan. Selain itu, hindari berbagai macam kebiasaan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol. Semoga bermanfaat. (Baca juga: Manfaat Alpukat Untuk Kanker)

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 18th, October 2016 / 01:00 Oleh :
Kategori : Kanker Pita Suara