Sponsors Link

10 Gejala Kanker Pita Suara Paling Berbahaya dan Perawatannya

Sponsors Link

Kanker pita suara biasanya adalah sel kanker yang timbul di bagian laring di mana ini memang kerap dianggap sama dengan kanker tenggorokan. Tumor tumbuh ada yang di sebelah tenggorokan dan ada juga yang di bagian laring beberapa saja. Anda juga perlu tahu bahwa umumnya ada 3 jenis laring, yakni subglottic, glotis dan supraglottic.

Sponsors Link

Ada berbagai gejala kanker pita suara yang memang wajib untuk Anda tahu dan dalami agar kondisi ini dapat Anda cegah atau atasi secara dini.

(Baca juga: penyebab kanker pita suara)

  1. Suara Serak

Gejala satu ini adalah yang paling awal dan bahkan paling umum. Saking umumnya, Anda mungkin akan mengira bahwa gejala ini merupakan gejala batuk atau bahkan gejala kanker tenggorokan. Suara yang serak memang bukanlah hal yang tidak wajar karena ada beberapa orang diciptakan dengan suara serak. Bahkan ketika seseorang mengalami batuk atau radang tenggorokan, suaranya bakal terdengar lebih serak dari biasa dan normalnya.

Suara serak yang tak kunjung sembuh, apalagi setelah 3 minggu lebih, perlu Anda curigai sebagai suatu keadaan yang parah. Segera ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis dari ahlinya di mana perawatan dapat diawali dengan laringoskopi THT. Ini karena memang tumor sekecil apapun tetap akan memicu getaran pada pita suara sehingga suara serak abnormal pun terjadi.

(Baca juga: daftar makanan sehari-hari pencegah kanker)

  1. Suara Menghilang

Terkadang pada sejumlah kasus, setelah suara menjadi serak, akhirnya pun bisa menghilang. Gejala kanker pita suara dapat meliputi hal tersebut dan apabila suara mulai hilang lebih dari 3 minggu, ini menjadi masalah besar. Untuk memastikan apakah benar suara hilang karena kanker pita suara atau ada sebab lain, periksakan sesegera mungkin ke dokter.

(Baca juga: penyebab kanker tenggorokan)

  1. Terasa Ada Ganjalan saat Menelan

Seperti keadaan Anda yang sedang sakit tenggorokan atau batuk, adanya ganjalan ketika menelan juga bisa diartikan sebagai penanda dari adanya kanker pita suara. Bila terasa ada sesuatu yang mengganjal di dalam tenggorokan atau seperti ada benda asing di sana, apalagi dalam jangka waktu lama, Anda perlu memeriksakannya. Bisa jadi itu bukan hanya ganjalan biasa sebagai tanda radang tenggorokan, melainkan eksistensi dari sebuah tumor.

Sponsors Link

  1. Tenggorokan Sakit

Selain ada sensasi benda asing di dalam tenggorokan, penderita kanker pita suara akan merasakan adanya rasa sakit di tenggorokan. Sama seperti gejala batuk maupun radang tenggorokan, tentunya tanda ini pun dianggap sebagai gejala yang belum terlalu spesifik. Namun ketika rasa sakitnya berlebihan dan bisa sampai berminggu-minggu, ini harus menjadi perhatian dan kewaspadaan Anda. Bila sudah pada tahap ini, ada baiknya penderita mulai mempertimbangkan untuk melakukan deteksi dini penyakit melalui prosedur laringoskopi.

(Baca juga: gejala kanker umum)

  1. Batuk Konstan

Batuk-batuk bisa jadi adalah tanda bahwa Anda akan mengalami flu, tapi hal ini juga dapat menjadi pertanda kondisi lain. Batuk yang terjadi secara konstan dan lama sembuhnya, bisa-bisa adalah sebuah ciri dari adanya kanker pita suara yang menyerang tubuh Anda.

  1. Dahak Berdarah

Ketidaknormalan pada neovaskular dapat dipicu oleh tumor dan ini wajib menjadi perhatian penderita yang mengalami batuk disertai dengan lendir berdarah. Gejala seperti ini biasanya bakal nampak khususnya bagi yang sudah menuju stadium lanjut atau akhir. Maka ketika sudah ada yang tak beres di mana dahak mengeluarkan darah, saat itu juga Anda perlu mendapatkan bantuan medis.

(Baca juga: manfaat beras hitam untuk kanker)

  1. Kesulitan Bernapas

Tak hanya pada kanker tenggorokan, kanker pita suara pun juga menyebabkan adanya kondisi kesulitan bernapas pada penderitanya. Awalnya ini tentunya adalah karena tumor makin membesar dan serius di mana pernapasan pun akan menjadi terpengaruh. Sulitnya bernapas dipicu oleh sekeresi saluran panas yang terpengaruh juga sehingga memang pada tahap ini diharapkan penderita juga langsung memeriksakan diri.

(Baca juga: manfaat konsumsi ginseng untuk kanker)

  1. Sel Kanker Tiba pada Kelenjar Getah Bening

Penyebaran akan terjadi di mana sel kanker akan melewati peredaran darah dan menyerang serta menyebar di kelenjar getah bening. Ini adalah gejala yang menunjukkan bahwa kanker pita suara sudah mencapai stadium lanjut atau akhir. Apabila tak segera mendapatkan penanganan, penyebaran sel kanker dapat terjadi hingga ke organ-organ lain yang bisa lebih jauh.

(Baca juga: efek kemoterapi kanker getah bening)

Sponsors Link

  1. Penurunan Berat Badan

Turunnya berat badan adalah gejala yang termasuk umum karena rata-rata pada kanker umum, tubuh penderitanya memang berpotensi untuk mengalami penurunan bobot. Sulitnya menelan dan juga bernapas akan memicu rasa malas makan atau penurunan nafsu makan.

  1. Benjolan di Leher

Seperti halnya kanker payudara, salah satu tanda dari kanker pita suara adalah timbulnya benjolan pada leher. Ini ada hubungannya dengan sel kanker yang sudah sampai di bagian kelenjar getah bening yang paling dekat. Maka ketika sudah ada tanda demikian, Anda wajib untuk langsung memeriksakan kondisi tubuh supaya penanganan bisa dilakukan dari awal.

(Baca juga: jenis kanker paling mematikan di dunia)

Perawatan Kanker Pita Suara

Seperti kanker-kanker pada umumnya, jenis kanker pita suara pun perlu mendapatkan perawatan khusus. Setelah melalui sejumlah prosedur diagnosa, pada stadium berapa kanker berada akan dapat terdeteksi. Penyebarannya pun akan dapat diketahui oleh dokter untuk menentukan perawatan atau pengobatan macam apa yang terbaik bagi si pasien.

  • Radioterapi – Perawatan atau pengobatan dengan metode ini biasanya bakal dokter lakukan ketika kanker masih kecul dan belum terjadi penyebaran. Penggunaan sinar energi tinggi radiasi yang fokusnya pada jaringan kanker adalah yang diutamakan pada prosedur pengobatan ini. Tujuan dari metode ini adalah untuk membunuh sel-sel kanker atau membuat perkembangannya berhenti supaya tak menjadi lebih banyak.
  • Operasi – Pembedahan atau metode pengangkatan tumor atau kanker adalah yang dipilih ketika kanker sudah membesar. Gejala kanker pun dapat diredakan dengan operasi apabila stadiumnya sudah berada pada tingkat lanjut. Biasanya operasi inilah yang bakal dilakukan oleh dokter agar gejala tak semakin serius dan menuju pada stadium akhir.
  • Kemoterapi Kanker – Obat-obatan anti kanker adalah yang akan diberikan oleh dokter ke pasien supaya sel-sel kanker dapat dibasmi. Tujuan dari perawatan kemoterapi adalah untuk menghentikan perkembangan sel-sel kanker dan mencegahnya untuk tidak tambah menyebar. Memang pada dasarnya agak mirip dengan radioterapi dan biasanya dokter mengombinasikan keduanya yang dianggap sebagai alternatif operasi paling baik. Nama dari kombinasi tersebut adalah kemoradioterapi.

(Baca juga: daftar tanaman obat kanker – manfaat akupuntur untuk kanker)

Itulah gejala kanker pita suara berikut sedikit info mengenai perawatan yang bisa didapat ketika sudah diketahui pada stadium berapa kanker tersebut. Sebelum gejala semakin parah, alangkah bijaknya bila Anda langsung periksakan supaya penanganan terbaik masih bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran sel kanker.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 19th, August 2016 / 16:13 Oleh :
Kategori : Kanker Pita Suara