Sponsors Link
     Sponsors Link

11 Penyebab Kanker Pita Suara (No.1 & 2 Mematikan)

ads

Penyebab kanker pita suara paling umum adalah kebiasaan merokok yang tidak dapat anda hentikan, selain itu juga terdapat berbagai penyebab yang harus diperhatikan. Kanker pita suara atau kanker laring adalah keganasan pada pita suara, kotak suara atau bagian dari tenggorokan. Kanker ini biasanya menyerang perokok aktif. Pertumbuhan kanker ini pun terhitung cepat. Ditambah dengan wanita yang merokok dan menkonsumsi minuman beralkohol membuat perbandingan penderita kanker pita suara antara pria dan wanita menjadi hampir sama.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan tumbuhnya kanker pita suara di tenggorokan atau pita suara kita tidak lain disebabkan oleh diri kita sendiri yang tidak mau merawat tubuh kita baik dalam maupun luar. Dan berikut faktor-faktor penyebabnya

1. Kebiasaan Merokok

Penyebab kanker pita suara yang paling umum adalah kebiasaan merokok yang benar-benar menjadi pemicu utama jenis kanker ini. Ini adalah hal utama dan menjadi penyakit masyarakat khususnya di Indonesia, merokok sangat merugikan bagi kesehatan tubuh kita, namun tingkat kesadaran masyarakat terhadap bahaya merokok masih kurang dikarenakan banyak yang terpengaruh pergaulan dan hanya ingin terlihat gentle man. Padahal di bungkus rokok itu sendiri sudah dituliskan tentang bahaya merokok, namun tingkat konsumsi rokok di Indonesia terus meningkat tiap tahunnya.

2. Minum Minuman Alkohol

Selain merusak saraf dan mengurangi tingkat kesadaran pikiran, alkohol juga merupakan penyebab kanker pita suara. Alkohol memang tidak baik untuk dikonsumsi, selain merugikan diri sendiri alkohol juga merugikan orang lain yang merasa terganggu dengan orang yang menkonsumsi alkohol tersebut.

Berdasarkan riset, peminum berat memiliki risiko 3 kali risiko terkena kanker pita suara ( laring ). Tidak hanya untuk peminum berat, peminum pemula yang meminum hanya 2 gelas sehari juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker laring, terutama jika dikombinasikan dengan merokok.

Rumus :

Merokok + Minum Alkohol = Risiko Tinggi Kanker Pita Suara

 3. Makanan Berbahan Kimia

Makanan juga salah satu penyebab tumbuhnya kanker pita suara, terutama makanan yang banyak mengandung bahan kimia seperti zat pewarna, makanan yang diasamkan dan banyak lagi yang lainnya. Selain itu makanan yang mengandung bahan kimia juga dapat menyebabkan kanker lambung. Sayangnya makanan yang berbahaya ini bisa beredar luas di pasaran. Makanan berbahan kimia merupakan penyebab kanker yang harus diperhatikan sedini mungkin.

Sponsors Link

 4. Infeksi Virus HPV & Epstien Barr

Virus juga merupakan faktor kanker laring, virus HPV selain menjadi penyebab kanker serviks paling utama juga dapat menyebabkan kanker pita suara. Selain HPV, Virus yang juga menyebabkan kanker laring adalah virus Epstein barr. Di Benua Afrika yang menyebabkan menyebabkan Limfoma Burkitt, sedangkan di Negara China virus ini menyebabkan kanker saluran pernapasan.

5. Riwayat Keluarga

Riwayat keluarga merupakan salah satu penyebab kanker pita suara yang tidak boleh diabaikan. Setidaknya jika anggota keluarga langsung yang terkena kanker pita suara seperti ayah, adik, dan kakak maka risiko anda terkena kanker pita suara menjadi 2x lipat.

6. Kurangnya Vitamin dan Gizi

Bagi anda yang merokok + peminum maka ada baiknya mengkonsumsi makanan yang penuh gizi dan vitamin agar tidak terkena kanker laring. Hal ini dikarenakan, kurangnya vitamin dan gizi akan meningkatkan risiko terkena kanker pita suara.

7. Ras dan Jenis Kelamin

Penelitian telah menemukan studi bahwa ras afrika lebih banyak terkena jenis kanker pita suara di bandingkan dengan orang barat. Sedangkan untuk jenis kelamin, pria lebih banyak terkena di bandingkan dengan wanita.

8. Usia

Penyebab kanker pita suara yang cukup penting adalah faktor usia yang notabanenya tidak bisa di hindari. Tipe kanker laring biasanya menyerang pada usia 50 tahun ke atas.

9. Rendahnya Sistem Imun Tubuh

Seseorang yang memiliki sistem imun yang rendah sangat rentan terkena berbagai penyakit termasuk adalah beberapa jenis kanker, termasuk salah satunya adalah kanker pita suara.

10. Paparan Zat Beracun dan Kimia

Zat beracun dan kimia sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh, banyak jenis kanker yang disebabkan oleh zat ini. Contoh adalah debu, serbuk kayu, asbes, dan bau cat. Zat tersebut dapat membuat pita suara lebih mudah terkena iritasi yang dapat menyebabkan kelain sel pada pita suara dan menjadi kanker. Zat kimia yang dihasilkan pengasapan dari batu bara, kayu ataupun zat dari cat tembok yang terpapar pada manusia dapat meningkatkan resiko orang tersebut mengalami kanker pita suara. Paparan zat kimia berbahaya yang terjadi terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama tentu akan lebih berbahaya lagi yang tidak hanya akan menyebabkan kanker pita suara melainkan kanker atau penyakit lainnya.

11. Melakukan Diet Ketat

Ya, diet ketat yang dilakukan dapat membuat seseorang kekurangan mineral dan vitamin. Dan inilah hal yang harus diwaspadai karena kekurangan mineral dan vitamin dapat menyebabkan anda terserang kanker pita suara atau kanker laring. Faktor penyebab kanker pita suara yang satu ini juga meliputi mereka yang suka mengkonsumsi daging yang sudah diolah dengan minyak atau bumbu buatan lainnya. Pada kasus seperti ini, resiko kanker pita suara juga akan cenderung tinggi.
kanker pita suaraUntuk itu alangkah baiknya kita memperhatikan kesehatan kita terutama kesehatan tenggorokan kita dengan menghindari faktor – faktor yang menyebabkan kanker pita suara itu. Dengan melakukan pencegahan seperti menghindari rokok dan tidak menkonsunmsi minuman keras kita sudah bisa terjauh dari kanker pita suara dan bisa menyelamatkan tubuh kita dari penyakit berbahaya lainnya

Selain itu kita juga harus memperhatikan makan yang setiap hari kita konsumsi, ada baiknya kita mengurangi makan atau jajan diluar untuk mengurangi resiko memakan makanan yang mengandung banyak zat – zat kimia yang berbahaya bagi tubuh kita.

Selain menghindari penyebab kanker pita suara, kita juga harus mengetahui gejala – gejala kanker pita suara agar kita dapat mengantisipasi kanker tersebut sebelum menyebar dan semakin ganas.

Sponsors Link

Gejala Kanker Pita Suara

Gejala – gejala kanker pita suara adalah:

  1. Suara serak. Mungkin beberapa dari kita menganggap suara serak sebagai gejala penyakit tenggorokan biasa, namun perlu kita ketahui suara serak yang berkepanjangan dan tak kunjung sembuh merupakan salah satu gejala kanker pita suara.
  2. Nyeri syaraf. Pada saat kanker laring mencapai batas tertentu maka dapat menyebabkan nyeri pada syaraf tertentu.
  3. Dahak yang berdarah. Kanker pita suara biasanya membuat penderita batuk sambil mengeluarkan lender berdarah.

Dari beberapa gejala tadi kita dapat melihat penyakit ini sangat mengerikan dan bahkan dapat menyebabkan kita tidak bisa lagi berbicara seperti biasanya. Saat mulai gejala awal sebaiknya kita langsung memeriksakannya ke Dokter THT atau pusat pelayanan kesehatan terdekat guna menghindari kemungkinan – kemungkinan yang tidak kita inginkan.

Pengobatan

Apabila kita didiagnosis mengidap kanker pita suara dokter akan melakukan pengobatan yang sesuai dengan tingkatan dari sel kanker yang kita alami. Penentuan ini sangat berpengaruh terhadap jenis pengobatan yang cocok untuk kita jalankan. Namun kondisi sel pada tenggorokan dan kondisi tubuh anda juga akan berpengaruh pada penentuan pengobatan yang akan kita jalani.

Pengobatan bisa dilakukan dengan terapi radiasi yaitu menggunakan sinar dengan energi tinggi (sinar X) yang diarahkan ke sel kanker tersebut sehingga sel kanker bisa mati karena efek dari sinar X. namun metode terapi sinar X ini hanya dapat dilakukan apabila sel kanker pada tenggorokan kita tergolong masih kecil, apabila sel kanker sudah besar akan dilakukan kombinasi antara pengobatan ini dengan kemoterapi ataupun operasi.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 09th, February 2015 / 14:47 Oleh :
Kategori : Kanker Pita Suara