Sponsors Link

20 Tanda Kanker Payudara Stadium Awal Patut Diwaspadai

Sponsors Link

Kanker Payudara  merupakan momok bagi sebagian besar wanita di dunia. Dari beberapa survei yang dilakukan hampir seluruh dunia, kasus kematian yang disebabkan oleh penyakit ini sangat besar sekaligus menempati urutan kedua dalam jenis kanker pembunuh khususnya bagi wanita. Penyakit kanker payudara disebabkan karena pertumbuhan sel kanker yang menyerang jaringan payudara dan sekitarnya. Kanker ini banyak diderita oleh wanita, namun tidak menutup kemungkinan juga diderita pria dengan kadar hormon tertentu. Jadi, sangat penting bagi wanita maupun pria untuk mengurangi risiko terkena penyakit ini dengan menerapkan pola hidup sehat sejak sekarang. (baca juga: Manfaat Air Lemon Untuk Kanker, Perbedaan Kanker Tiroid dan Gondok)

Sponsors Link

Penyakit kanker payudara ini memiliki empat tahap stadium yang sama seperti kanker pada umumnya. Keberhasilan pengobatan kanker payudara juga bergantung pada kondisi saat kanker terdeteksi atau tahapan stadiumnya. Dengan kata lain, semakin awal kanker terdiagnosa maka semakin tinggi harapan kesembuhan bagi penderitanya. Pemeriksaan kanker payudara dapat dilakukan dengan bantuan tenaga medis atau melakukannya sendiri di rumah. Pemeriksaan payudara secara pribadi dikenal dengan sebutan SADARI (Periksa Payudara Sendiri). Cara pemeriksaan tersebut dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut:

Artikel Lainnya: Gejala Awal Kanker Tenggorokan, Manfaat Tomat untuk Kanker

  • Angkat salah satu tangan ke atas kepala
  • Sentuhlah bagian payudara sambil menekannya secara perlahan dengan menggunakan bagian permukaan jari tangan yang rata
  • Periksa apakah ada benjolan yang tidak wajar serta rasa nyeri saat benjolan ditekan
  • Menekan puting dengan perlahan dan lembut lalu perhatikan keluar atau tidaknya cairan dari puting
  • Periksa lagi bagian sekitar ketiak ‘
  • Lakukan hal yang sama pada satu bagian payudara yang lain

Dengan melakukan pemeriksaan sendiri diharapkan wanita atau pria dapat tanggap dengan cepat untuk segera memeriksakan diri apabila ditemukan adanya kelainan pada payudara mereka. Hal ini akan berakibat positif bagi harapan hidup jika benar terindikasi kanker payudara pada tubuhnya. Berikut ini adalah beberapa gejala kanker payudara pada stadium awal yang wajib untuk diwaspadai.

1. Perubahan Ukuran Payudara

Beberapa penderita kanker payudara stadium awal merasakan adanya perubahan ukuran pada payudara mereka. Bentuk payudara juga berangsur berubah karena adanya pembengkakan yang terjadi pada jaringan didalamnya yang diakibatkan sel-sel kanker yang sedang berkembang biak tanpa terkontrol. (baca juga: Radioterapi Kanker Payudara, Manfaat Bekam Untuk Kanker)

2. Benjolan

Benjolan pada payudara, sekitar payudara atau bagian yang dekat dengan ketiak merupakan perubahan lain yang dapat dikenali dari awal. Benjolan dapat diamati dengan cara diraba, dan sedikit dilakukan penekanan untuk memastikan nyeri atau tidaknya benjolan tersebut. Biasanya benjolan akan terasa sedikit nyeri dan hal ini menjadi tanda awal penyakit kanker payudara stadium 1. Benjolan dapat semakin nyeri dan membesar jika tidak segera ditangani. Jaringan payudara yang semakin meluas karena perkembangan sel kanker dapat menimbulkan benjolan semakin menyebar di area ketiak dan sekitarnya.

Sponsors Link

3. Kerutan di Payudara

Selain terdapat perubahan ukuran serta benjolan disekitar area payudara, hal lain yang dapat diamati sebagai tanda awal kanker payudara stadium 1 adalah munculnya kerutan di sekitar payudara. Kerutan ini dapat semakin meluas yang menandakan jika sel kanker juga telah menyebar perlahan.

Baca Juga:

4. Perubahan Warna Kulit

Kanker payudara juga menyebabkan terjadinya perubahan warna pada kulit disekitar payudara. Perubahan ini muncul karena kulit sudah terinfeksi sel kanker didalamnya sehingga jaringan kulit pun turut merasakan dampak berupa perubahan warna dan terkadang mengelupas jika dibiarkan cukup lama. Perubahan warna kulit yang seringkali terjadi adalah berubah menjadi warna merah yang hampir mirip dengan alergi dan iritasi kulit. Jadi, anda harus lebih berhati-hati saat menemukan hal demikian karena dapat menjadi pertanda awal kanker payudara.

Artikel Terkait: Gejala Kanker Payudara Stadium 4, Tanda Tanda Kanker Tenggorokan

5. Cairan Puting

Bagi wanita yang sedang menyusui mungkin wajar apabila dari puting susunya mengeluarkan cairan. Namun, kondisi ini dapat berbeda jika dialami wanita yang belum menyusui. Beberapa penderita kanker payudara menemukan adanya cairan yang keluar dari puting susu secara tidak normal. Keluarnya cairan tersebut disertai dengan rasa nyeri serta bau yang sedikit amis. Kondisi ini menandakan bahwa sel kanker sudah tumbuh di sekitar area payudara. Cairan yang dikeluarkan mirip seperti susu namun sedikit lebih kental dan keruh.

Baca Juga:

Sponsors Link

6. Rasa Nyeri

Pada sebagian besar penyakit kanker termasuk kanker payudara, penderita akan mengalami rasa nyeri yang luar biasa pada payudaranya. Rasa nyeri tersebut akan semakin hebat jika penedrita sedang berada di wilayah dengan udara dingin. Rasa nyeri diakibatkan oleh sel kanker yang tengah berkembang biak untuk mempercepat penyebaran menuju jaringan lainnya disekitar payudara. (baca juga: Pengobatan Kanker Pankreas Stadium 4, Gejala Kanker Tenggorokan Akibat Merokok

7. Demam dan Menggigil

Suhu badan penderita yang sudah mengalami berbagai gejala yang disebutkan sebelumnya akan berangsur meningkat. Demam disebabkan sel kanker yang tumbuh di jaringan payudara sudah tumbuh dan penderita sulit bertahan dengan rasa sakit tersebut atau dengan kata lain system imunitas penderita sedang dalam kondisi tidak stabil dan cenderung menurun.

Beberapa gejala tersebut merupakan gejala awal yang paling dominan dialami oleh penderita kanker payudara pada stadium awal. Risiko penyakit kanker payudara dapat dihindari apabila senantiasa menjaga pola hidup sehat. Tips berikut ini dapat diterapkan untuk mencegah penyakit kanker payudara hinggap dalam tubuh kita:

Artikel Terkait: Gejala Kanker Getah Bening Stadium 1 , Fotodinamik Terapi

  • Berolah raga teratur, istirahat cukup
  • Mengurangi makanan berpengawet, berhenti merokok
  • Minum air putih secukupnya
  • Menghindari paparan radiasi atau sejenisnya
  • Rutin melakukan SADARI setiap dua bulan sekali untuk memastikan kesehatan payudara
  • Segera tanggap apabila ditemukan adanya kelainan pada payudara

Mencegah lebih baik daripada mengobati, pepatah tersebut menegaskan bahwa sebaiknya pencegahan dilakukan sejak dini karena akan bermanfaat kedepannya. Pencegahan dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup, pola makan, dan pola pikir yang sehat.

Baca Juga:

Demikian artikel informatif mengenai tanda kanker payudara stadium awal, semoga bermanfaat!

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 04th, April 2017 / 18:54 Oleh :
Kategori : Kanker Payudara