Sponsors Link

6 Tanda Kanker Payudara Mulai Sembuh

Sponsors Link

Bagi wanita, divonis menderita ciri ciri kanker payudara bagai mimpi buruk yang merenggut habis semua harapan. Bagaimana tidak, jenis kanker ganas satu ini menyerang bagian tubuh yang menjadi simbol mahkota dan kebanggaan wanita. Mirisnya, banyak wanita yang tidak sadar bahwa mereka mengidap kanker payudara sampai kanker tersebut ditemukan sudah dalam stadium lanjut yang mengancam nyawa. Hal ini disebabkan karena kurangnya faktor kesadaran menjaga kesehatan dan melakukan pemeriksaan medical check up secara rutin setiap tahun.

Sponsors Link

Kanker payudara yang masih berada di stadium awal memang belum terlalu terasa kehadirannya. Biasanya, kanker payudara stadium awal ditandai dengan rasa nyeri yang sesekali muncul di bagian payudara. Bila diperiksa dengan teliti, ada benjolan kecil yang mulai tumbuh dan bertekstur agak keras. Namun banyak wanita yang kurang memahami akan tanda-tanda penyebab kanker payudara ini sehingga mereka cenderung menganggapnya hanya sebagai rasa sakit biasa yang akan segera sembuh. Padahal, bila terdeteksi sejak dini dan pengobatan segera dilakukan, kanker payudara adalah jenis kanker yang tingkat kesembuhannya paling menjanjikan.

Faktor Penyebab Kanker Payudara

Setiap wanita dapat beresiko terkena kanker payudara dengan berbagai faktor. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab kanker payudara yang harus diketahui para wanita agar lebih waspada dan segera melakukan check up rutin pada payudaranya:

  • Riwayat Keluarga; Kanker payudara bersifat herediter atau diturunkan. Bila ada kerabat dekat atau bahkan orang tua Anda yang mengidap kanker payudara, Anda pasti punya resiko besar untuk terkena kanker payudara juga.
  • Usia Senja: Bertambahnya usia dan menurunya imunitas tubuh menyumbang perananlebih  besar bagi wanita lanjut usia untuk terkena kanker payudara dibanding wanita usia muda.
  • Menstruasi Dini: Remaja putri yang mendapat menstruasi pertamanya di usia kurang dari 12 tahun, cenderung memiliki resiko lebih besar untuk terkena kanker payudara.
  • Obesitas: Berat badan yang berlebih akan membuat tubuh memproduksi hormon estrogen lebih banyak. Jumlah hormon estrogen yang berlebihan inilah yang memicu terjadinya kanker payudara.
  • Implan Payudara: Banyak wanita melakukan implan payudara agar payudara tampak lebih berisi dan kencang. Namun sesungguhnya tindakan ini mengandung resiko sangat tinggi untuk memicu munculnya kanker payudara akibat cairan implan yang disuntikkan/ditanamkan ke payudara.
  • Konsumsi Alkohol: Salah satu bahaya alkohol yang paling mengerikan adalah menyebabkan sel-sel kanker tumbuh dengan subur, termasuk kanker payudara.
  • Hamil dan Menyusui di atas Usia 30 Tahun: Wanita yang hamil dan menyusui pertama kali di atas usia 30 tahun memiliki resiko terkena kanker payudara lebih besar dibanding wanita yang melakukan hal tersebut di bawah usia 30 tahun.

Beberapa poin di atas adalah hal-hal umum yang ditemukan paling sering memicu terjadinya kanker payudara. Setelah Anda mengetahuinya, langkah selanjutnya adalah Anda harus lebih memperhatikan dan menjaga kesehatan payudara Anda agar bila ditemukan gejala-gejala kanker payudara dapat segera dilakukan pengobatan.

Sponsors Link

Pengobatan Kanker Payudara

Seperti disebutkan di awal, kanker payudara adalah jenis kanker ganas yang tingkat kesembuhannya paling menjanjikan, dengan catatan gejala kanker diketahui sejak dini dan stadium kanker masih berada di level awal. Kanker payudara terbagi menjadi stadium 1 hingga 4 dengan prosentase dan harapan kesembuhan yang berbeda-beda. Berdasarkan penelitian yang telah dikembangkan oleh dunia kedokteran, kanker payudara stadium 1A-2B yang  masih memiliki harapan kesembuhan yang cukup tinggi yaitu sekitar 40%-50%. Sebaliknya, bila kanker telah memasuki stadium 3B keatas, harapan untuk pulih total menjadi semakin kecil. Oleh sebab itu, sangat penting bagi wanita untuk rutin memeriksa kesehatan payudaranya agar gejala kanker payudara dapat diketahui dan diminimalisir sejak dini.

Pengobatan kanker payudara dapat dilakukan dengan sejumlah metode pengobatan. Diantaranya adaalah melalui terapi lokal berupa pengangkatan sel-sel kanker melalui radiasi penyinaran, kemoterapi, terapi hormonal dan yang paling menjanjikan kesembuhan adalah operasi pengangkatan payudara.

Tanda Kanker Payudara Mulai Sembuh

Setelah menjalani serangkaian pengobatan, tentu harapan akan kesembuhan kanker payudara semakin besar. Lantas bagaimana kita mengetahui tanda kanker payudara mulai sembuh? Berikut beberapa ciri-ciri yang dapat mengindikasikan bahwa Anda sudah terbebas dari kanker payudara.

1.Tidak ditemukan benjolan di area payudara dan kulit di sekitar payudara berwarna sama dengan area lain semisal di perut dan punggung.

Saat seseorang terkena kanker payudara, gejala awal yang paling mudah dan pasti ditemukan adalah adanya benjolan yang ukurannya bervariasi sekitar 2-5 cm di area sekitar payudara. Setelah dilakukan pengobatan dengan teknik penyinaran, kemoterapi atau operasi, benjolan yang telah diangkat ini akan hilang dan akar-akar sel nya pun telah mati.

2. Payudara kembali ke bentuk asalnya.

Payudara yang terkena kanker payudara akan mengalami perubahan bentuk akibat tumbuhnya sel kanker di salah satu atau kedua payudara. Bila kanker payudara mulai sembuh, bentuk payudara pun akan otomatis kembali ke ukuran asal meski ada kemungkinan elastisitasnya berkurang.

3. Tidak Keluar Cairan Selain ASI (Air Susu Ibu)

Payudara yang terinfeksi sel kanker akan mengeluarkan cairan berwarna bening, hijau, atau kekuningan yang menandakan sel-sel payudara terkena infeksi. Saat kanker payudara mulai sembuh, cairan yang keluar dari payudara hanyalah ASI bagi wanita yang sedang menyusui anaknya.

Sponsors Link

4. Rasa Nyeri Menghilang

Sel-sel kanker yang menyerang kelenjar limfatik di area dada dan bawah ketiak dekat payudara menyebabkan rasa nyeri yang tak tertahankan. Bila seorang wanita telah dinyatakan sembuh dari kanker payudara, rasa nyeri itu akan hilang dan tidak terasa lagi sama sekali.

5. Ruam dan Gatal di Sekitar Puting Susu Menghilang

Penderita kanker payudara pada stadium awal biasanya akan menemukan puting payudaranya muncul ruam kemerahan dan terasa gatal. Ruam dan rasa gatal ini muncul disebabkan oleh infeksi dari penyebaran sel-sel kanker dalam payudara. Bila telah sembuh, ruam dan gatal di area puting ini akan menghilang dengan sendirinya.

6. Berat Badan Naik dengan Stabil

Penderita kanker payudara akan kehilangan berat badannya secara drastis akibat efek obat-obatan yang dikonsumsi dan efek samping dari terapi penyinaran, kemoterapi atau tindakan operasi. Bila kanker payudara telah sembuh dan tubuh telah kembali pulih, berat badan pun akan berangsur naik dengan stabil.

Demikian tanda kanker payudara mulai sembuh dan ciri-ciri yang dapat Anda perhatikan lebih lanjut. Guna mendapatkan kepastian yang lebih valid, periksakanlah ke dokter Anda agar dilakukan pemeriksaan lanjutan bahwa sel-sel kanker telah benar-benar lenyap dari payudara Anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 30th, September 2016 / 07:05 Oleh :
Kategori : Kanker Payudara