Sponsors Link

8 Penyebab Tumor Jinak Payudara Paling Berbahaya

Sponsors Link

Payudara adalah aset wanita yang paling berharga setelah area kewanitaannya. Karena itu sangat penting untuk selalu melakukan perawatan dan pemeriksaan rutin agar payudara selalu dalam keadaan sehat dan jauh dari  bibit penyakit. Payudara sangat rawan terkena kanker dan juga tumor, baik jinak maupun ganas. Resiko tersebut dapat terjadi pada wanita dengan rentang usia antara 15-50 tahun. Tumor belum tentu termasuk kanker, misalnya saja seperti tumor jinak payudara. Tumor ini tidak berbahaya namun kita tetap perlu waspada dan segera meminta perawatan yang tepat kepada dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. (Baca juga: Pengobatan Kanker Usus)

Sponsors Link

Tumor jinak payudara biasanya ditandai dengan gejala rasa nyeri di sekitar payudara dan ketiak, terdapat benjolan pada payudara, terkadang disertai demam, nafsu makan berkurang sehingga berat badan turun drastis, dan memberikan perubahan bentuk pada payudara. Jika Anda merasakan ada sesuatu yang membuat area payudara menjadi tidak nyaman, sebaiknya segera periksakan diri ke rumah sakit agar dapat dipastikan apakah tumor pada payudara tersebut termasuk jinak atau ganas. (Baca juga: Penyebab Tumor Jinak Menjadi Ganas)

Tumor jinak payudara biasanya dapat sembuh dengan melakukan operasi pengangkatan tumor. Tetapi dalam kasus yang belum parah tumor dapat disembuhkan hanya dengan meminum obat-obatan. Tumor pada payudara berbentuk benjolan yang dilapisi kulit halus dan berisi lemak atau cairan. Tumor ini tidak akan menyebar ke bagian tubuh yang lain, namun dapat memberikan rasa sakit dan tidak nyaman bagi penderitanya. Tumor jinak payudara dapat timbul disebabkan oleh berbagai faktor sebagai berikut. (Baca juga: Pengobatan Kanker Tulang Belakang)

1. Faktor Genetik

Faktor genetik atau keturunan merupakan salah satu penyebab seorang wanita terserang tumor payudara. Jika ada anggota keluarga atau orang tua yang pernah memiliki riwayat tumor atau kanker payudara, maka resiko tersebut juga akan diturunkan kepada anaknya. Gen yang dibawanya dapat menjadi pemicu seseorang mengalami penyakit yang sama. Karena itu wanita yang memiliki keluarga dengan riwayat penyakit tersebut harus lebih waspada dan lebih rutin dalam memeriksa payudara secara mandiri di rumah.

2. Perubahan Hormon

Tumor jinak payudara sangat dipengaruhi oleh kadar hormon estrogen dalam tubuh. Semakin tinggi kadar hormon tersebut maka semakin besar pula resiko seorang wanita mengalami tumor payudara. Kondisi ini lebih banyak dialami oleh wanita yang masih aktif menstruasi, dimana produksi hormon masih dalam kondisi optimal. Sebaiknya hindari makanan dan jenis daging yang disuntik hormon dalam pertumbuhannya untuk menghindari terbentuknya tumor pada payudara. (Baca juga: 6 Cara Diagnosis kanker Otak)

3. Faktor Usia

Memang tumor payudara dapat menyerang siapapun, namun biasanya wanita pada usia produktif memiliki resiko lebih besar untuk mengalami tumor jinak payudara. Karena wanita dengan usia produktif masih aktif dalam menghasilkan berbagai hormon sehingga dapat merangsang pembentukan tumor pada payudara.

Sponsors Link

4. Makanan Yang Mengandung Bahan Kimia

Penyebab utama banyaknya wanita yang mengalami tumor payudara adalah makanan yang mengandung bahan kimia seperti pengawet, pewarna sintetis, penyedap rasa dan pemanis buatan. Semua bahan tersebut akan merangsang produksi hormon yang tidak terkendali dan mengakibatkan pembelahan sel yang terlalu cepat sehingga terbentuk tumor. Sekarang ini hampir semua makanan yang dijual baik dalam bentuk kemasan atau tidak mengandung bahan kimia tersebut. Karena itu Anda harus membatasi mengkonsumsinya agar tubuh lebih sehat. (Baca juga: Manfaat Daun Sirsak Untuk Kanker Otak)

5. Pengaruh Hormonal Akibat Pil KB

Hormon memang memiliki peranan yang cukup penting dalam berbagai aktivitas organ dalam tubuh. Namun jika kadar hormon tersebut berlebih akibat beberapa faktor, maka akan berdampak tidak baik bagi tubuh. Terutama tumor payudara yang dapat muncul akibat berlebihnya kadar hormon estrogen dalam tubuh. Perubahan hormon dapat dipicu oleh pikiran yang stres maupun makanan yang dibeli di luar. Peningkatan kadar hormon juga dapat terjadi akibat penggunaan pil KB atau jenis obat-obatan tertentu.

ads

6. Rokok dan Alkohol

Rokok dan alkohol mengandung senyawa racun yang dapat membahayakan kesehatan tubuh, termasuk menjadi pemicu terbentuknya tumor pada payudara. Selain merusak organ jantung dan paru-paru, kedua benda tersebut juga dapat memicu munculnya berbagai jenis penyakit kanker lainnya. Karena itu, mulailah untuk melakukan pola hidup sehat dan menghindari alkohol dan rokok agar tubuh tetap sehat. (Baca juga: Penyebab Retinoblastoma)

7. Kegemukan

Mungkin banyak yang tidak menyadari, namun kegemukan atau obesitas dapat menjadi salah satu penyebab munculnya tumor payudara. Tumpukan lemak dalam tubuh dapat menghambat proses metabolisme, menghambat laju aliran darah hinggam menekan sejumlah organ penting dalam tubuh. Akibatnya dapat terbentuk tumor yang berupa cairan atau daging pada payudara.

8. Cidera Payudara

Saat payudara mengalami cidera, bisa saja terbentuk benjolan yang padat, bulat dan terkadang tidak menimbulkan nyeri. Meski jarang terasa sakit, kita tidak boleh sepele payudara mengalami cidera. Jika memang benjolan yang terbentuk hanya bersifat jinak, dokter terkadang hanya memberikan obat untuk menghilangkan rasa sakitnya. Benjolan dalam kondisi tersebut biasanya tidak memerlukan tindakan khusus dan dapat sembuh dengan sendirinya.

Tindakan Pencegahan

Meski tumor payudara kebanyakan jinak dan mudah disembuhkan, bukan berarti kita boleh menyepelekannya. Terlambat penanganan akan memperlama waktu penyembuhan. Namun dari pada kita melakukan pengobatan dengan biaya yang mahal, maka sebaiknya kita melakukan tindakan pencegahan agar jangan sampai terdapat tumor pada payudara. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terkena tumor jinak payudara. (Baca juga: Ciri-ciri Awal Kanker Otak)

  • Menghindari rokok dan alkohol. Dengan melakukan ini Anda tidak hanya terhindar dari penyakit tumor payudara namun juga bisa selamat dari penyakit lainnya.
  • Menghindari penggunaan BH yang ketat. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelancaran sistem peredaran darah sehingga payudara tetap sehat.
  • Perbanyak konsumsi makanan yang bergizi. Makanan yang kaya gizi yang sangat diperlukan tubuh dapat kita peroleh kebutuhannya dengan banyak mengkonsumsinya. Selain itu makanan pencegah kanker cukup banyak dan Anda tinggal mencarinya untuk dikonsumsi.
  • Olahraga. Melakukan olahraga secara rutin dapat menjaga kebugaran tubuh hingga dapat menghilangkan penat. Dengan berolahraga tubuh tidak mudah sakit dan kita pun dapat melakukan berbagai aktivitas dengan baik. (Baca juga: Gejala Awal Kanker Bibir)

Nah, itulah penyebab munculnya tumor jinak pada payudara. Jika Anda merasakan salah satu saja gejala di atas sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan Anda. Jika memang ditemukan adanya tumor  maka kemungkinan besarnya operasi akan berjalan untuk mengangkat tumor tersebut. (Baca juga: Radiasi HP Menyebabkan Kanker Otak)

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 30th, June 2017 / 02:35 Oleh :
Kategori : Kanker Payudara