Sponsors Link

5 Penyebab Kanker Payudara pada Laki laki yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di Indonesia, bahkan di dunia. Kanker bisa menyerang bayak sekali bagian tubuh manusia, bahkan hampir semua. Salah satu bagian tubuh yang dapat diserang kanker adalah payudara. Sel kanker yang menyerang di daerah payudara dinamakan kanker payudara.

Sponsors Link

Kanker payudara ternyata tidak hanya menyerang wanita saja, namun juga bisa menyerang pria. Bahkan, kanker payudara yang meyerang pria disebut- sebur sebagai penyakit yang lebih membahayakan daripada kanker payudara yang terjadi pada wanita. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai kanker payudara yang menyerang pria.

Baca Juga:

Kanker Payudara pada Pria

Kanker payudara umumnya menyerang para kaum wanita. Namun tahukah Anda bahwa ternyata kanker payudara ini bisa juga menyerang pria? Hal ini karena pria dan wanita juga sama- sama memiliki payudara, meski secara kasat mata ada perbedaan antara payudara pria dan payudara wanita mengenai ukuran maupun bentuk. (Baca juga: Ciri-ciri Kanker Payudara Pada Pria , Gejala Awal Kanker Payudara)

Kanker payudara yang menyerang pria dan kanker payudara yang menyerang wanita memiliki perbedaan. Letak  perbedaannya adalah kecepatan penyebaran kanker tersebut. Kanker payudara yang menyerang pria mempunyai potensi menyebar jauh lebih cepat daripada kanker payudara pada wanita. Hal ini karena pria memiliki lapisan jaringan pada payudara yang lebih sedikit daripada wanita. Maka dari itu, pria yang terjangkit kanker payudara memiliki resiko kematian yang lebih besar daripada wanita yang terjangkit kanker payudara ini. (Baca juga: Kanker Payudara Stadium 4 , Apakah Kanker Payudara Menular atau Tidak ?)

Selain karena struktur jaringan yang  berbeda antara payudara pria dan wanita, hal lain yang menyebabkan kanker payudara pada pria lebih berpotensi menyebabkan kematian adalah ditemukannya kanker payudara pada pria ini dalam stadium akhir. Maksudnya, biasanya dokter menemukan kanker payudara terjadi pada pria setelah memasuki stadium akhir. Hal ini karena pria biasanya tidak merasakan gejala- gejala datangnya kanker payudara. Pria tidak mengetahui banyak mengenai kanker payudara, sehingga tingkat kepekaannya pun kurang bila dibandingkan dengan wanita. Oleh karena itu penyakit ini diketahui setelah pada stadium akhir. (Baca juga: Ciri Benjolan Kanker Payudara dan Cara Pemeriksaannya )

Penyebab Kanker Payudara pada Laki laki

Kanker payudara baik pada pria maupun pada wanita memiliki penyebab khusus. pada dasarnya jenis kanker payudara pada pria dan wanita ini merupakan jenis kanker yang sama, sehingga hal- hal yang meyebabkanpun cenderung sama. (Baca juga: Penyebab Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai , Bahaya Radiasi HP Menyebabkan Kanker Otak)

Dalam dunia medis sendiri masih belum banyak yang memberikan keterangan mengenai penyebab secara pasti dari kanker payudara yang menyerang pria ini. Hal ini terjadi mengingat sangat sedikitnya kasus kanker payudara yang terjadi pada pria. Meskipun demikian, ada penyebab yang lebih umum kanker payudara ini menyerang pria, yakni karena keturunan, kebiasaan mengonsumsi alkohol, dan juga karena obesitas.

Sponsors Link

  1. Keturunan

Faktor keturunan memang seakan menjadi faktor yang paling sulit dihindari dari penyebaran penyakit tertentu. ketiga gen orang tua yang memiliki penyakit tertentu menurun kepada anaknya, maka anak tersebut mempunyai resiko yang tinggi dalam mewarisi penyakit orang tuanya. (Baca juga: Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini , Manfaat Tomat Untuk Kanker Payudara)

Seperti halnya kanker payudara yang menyerang pria ini. Salah satu penyebab dari timbulnya kanker payudara pada pria adalah karena faktor keturunan. Gen yang menuruni kanker payudara pada pria ini adalah jenis gen BRCA2. Maka dari itu ketika orang tua menurunkan gen tersebut dan orang tua ada yang mempunyai penyakit kanker payudara, maka anaknya pun juga berpotensi tinggi terkena kanker tersebut.

  1. Terlalu berlebihan dalam mengonsumsi alkohol

Alkohol memang banyak dikonsumsi oleh manusia. Manusia yang mengonsumsi alkohol ini lebih banyak dilakukan oleh kaum pria daripada kaum wanita.

Mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebihan ini dapat menyebabkan datangnya penyakit kanker payudara menghampiri pria. Hal ini karena memang alkohol ini mempunyai sifat merusak organ- organ yang ada di dalam tubuh. Maka dari itu bagi pria yang mempunyai kebiasaan mengonsumsi alkohol mempunyai resiko yang lebih tinggi terkena kanker payudara daripada pria yang tidak mengonsumsi  alkohol sama sekali. (Baca Juga: Gejala Awal Kanker Lidah , Gejala Kanker Tenggorokan)

  1. Obesitas

Semua orang sudah mengetahui bahwasannya obesitas merupakan satu kondisi tubuh yang tidak baik. Selain membuat pemandangan yang tidak enak dilihat, obesitas juga merupakan pintu gerbang bagi berbagai penyakit yang dapat menyerang manusia. Salah satu penyakit yang dapat ditimbulkan dari obesitas adalah kanker payudara.

Kanker payudara yang menyerang pria salah satu penyebabnya adalah karena pria tersebut mengalami obesiatas. Maka dari itu seorang pria yang mengalami obesitas ini akan berpotensi terkena kanker payudara lebih besar daripada pria yang mempunyai berat badan yang normal. (Baca Juga: Manfaat Singkong Untuk Penderita Kanker , Makanan Pemicu Kanker Payudara)

  1. Merokok

Merokok memang salah satu aktivitas menyenangkan yang sekaligus dapat membunuh manusia secara perlahan- lahan. Mengapa demikian? Hal ini karena merokok merupakan satu aktivitas yang mendatangkan banyak tamu, yakni penyakit. Sudah bukan menjadi rahasia bahwa merokok mampu mendatangkan banyak sekali penyakit. Hal ini sudah diumumkan di berbagai media sosial, baik cetak maupun elektronok. Bahkan di bungkus rokok sendri sudah dituliskan bahwasannya merokok dapat menyebabkan datangnya berbagai gangguan kesehatan. (Baca Juga: Pengaruh Rokok Terhadap Kanker Serviks , Penyebab Kanker Batang Otak)

Salah satu penyakit yang dapat ditimbulkan karena rokok adalah kanker. Semua macam kanker dapat ditimbulkan oleh rokok ini. salah satunya adalah kanker payudara yang terjadi poada pria. Hal ini karena bahan yang ada dan digunakan untuk menyusun rokok merupakan bahan- bahan yang mengandung zat yang bersifat korosif atau merusak. Sehingga kanker payudara dapat dengan mudah menyerang pria. (Baca Juga: Penyebab Leukimia Pada AnakLeukimia pada Anak)

  1. Memiliki sindrom Klinefelter

Salah satu penyabab pria mengalami kanker payudara adalah karena memiliki sindrom linefelter. Sindrom klinefelter merupakan sebuah kelainan genetik dimana terdapat kromosom yang berjumlah ekstra dalam tubuh pria. Hal inilah yang dapat memicu terjadinya kanker payudara pada pria.

Itulah beberapa hal yang menyebabakan timbulnya kanker payudara oleh pria. Untuk dapat menghindari terjadinya kanker payudara tersebut, maka dari diri kita sendiri harus mulai meninggalkan kebiasaan- kebiassan buruk, apalagi yang dapat menyebabakan gangguan kesehatan. (Baca Juga: Ciri Ciri Kanker Prostat pada Pria , Penyebab Kanker Prostat Pada Pria)

Gejala Kanker Payudara pada Pria

Kanker payudara yang terjadi pada pria sebenarnya bisa dilihat dari beberapa gejala. Gejala yang menunjukkan andanya kanker payudara pada pria antara lain sebagai berikut:

  1. Terdapat benjolan di bagian payudara
  2. Putting payudara berdarah
  3. Berat badan turun
  4. Nafsu makan menurun atau menghilang
  5. Terdapat gangguan fungsi tubuh
  6. Seringkali meraskan lelah dan juga lemah
  7. Terdapat perubahan pada struktur payudara

(Baca Juga: Gejala Kanker Usus Besar , Cara Mencegah Kanker Otak)

Sponsors Link

Pencegahan Kanker Payudara pada Pria

Sebelum seorang pria benar- benar mendapati kanker payudara ada pada dirinya, maka sebaiknya dilakukan berbagai cara untuk pencegahan kanker tersebut. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kanker payudara adalah bebagai berikut:

  1. Menurunkan kadar lemak dalam tubuh
  2. Menghindari mengonsumsi daging dalam jumlah yang berlebihan
  3. Olahraga yang teratur
  4. Mengonsumsi buah dan sayur dalam jumlah cukup
  5. Sebisa mungkin mengindari pengonsumsian alkohol
  6. Hindari stress

(Baca Juga: Makanan yang Dapat Menyebabkan Kanker , Jenis Makanan Pemicu Kanker Serviks)

Pengobatan Kanker Payudara pada Pria

Pengobatan terhadap kanker payudara ini biasanya dilakukan dengan cara mengoperasi seluruh bagian payudara. Operasi ini disebut dengan mestektomi total, yakni operasi pengangkatan payudara dan juga melakukan biopsi terhadap kelenjar getah bening. Setelah melakukan operasi, biasnya dilakukan kemoterpi untuk mencegar sel kanker tumbuh di bagian tubuh yang lainnya.

Baca Juga:

Selain pengobatan dengan cara operasi, pengobatan dengan cara alami pun juga dapat dilakukan. Beberapa tanaman mampu memberikan khasiat dalam mengatasi kanker. Beberapa tanaman tersebut adalah kunyit, tapak dara, dan daun dewa.

Itulah beberapa informasi mengenenai kanker payudara yang terjadi pada pria. Semoga bermanfaat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 15th, December 2016 / 04:43 Oleh :
Kategori : Kanker Payudara