Sponsors Link

10 Manfaat Tomat Untuk Kanker Payudara pada Wanita

ads

Tomat merupakan buah yang sudah dikenal oleh banyak orang. Ada banyak orang yang menyukai tomat, dan tentu saja ada orang yang tidak menyukai tomat. Namun di balik pro dan kontra mengenai buah tomat, setelah diselidiki lebih jauh ternyata buah tomat memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh manusia terutama tomat merah, yaitu untuk mencegah penyakit kanker. Selain itu, tomat merupakan buah yang masuk ke dalam makanan sehari-hari pencegah kanker. Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab kanker payudara, yaitu gen, umur, dan jenis kelamin. Selain itu kehidupan manusia yang serba praktis saat ini membuat tubuh kesulitan melakukan filter masukan dari luar tubuh. Banyak zat-zat berbahaya yang dapat membahayakan tubuh. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah banyak mengkonsumsi makanan pencegah kanker. Tomat pada kanker payudara memberikan manfaat sebagai berikut:

  1. Melindungi tubuh dari senyawa radikal bebas yang menyebabkan munculnya sel kanker.
  2. Membantu regenerasi sel tubuh yang rusak sehingga tubuh tetap berada dalam kondisi seimbang
  3. Menjaga kesimbangan hormon yang ada pada tubuh.
  4. Memperlancar metabolisme tubuh sehingga memperkecil kemungkinan sel kanker berkembang.
  5. Mencegah terjadinya perubahan gen akibat dari sel-sel yang mengalami mutasi. Di era kehidupan saat ini, tidak menutup kemungkinan terjadinya perubahan gen dikarenkan banyaknya zat kimia berbahaya yang bertebaran.
  6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga fungsi tubuh secara responsif memberantas hal asing yang berdampak buruk bagi tubuh.

Tomat tidak hanya memberikan manfaat serupa untuk mencegah kanker payudara saja, namun juga mencegah penyakit kanker lainnya, seperti kanker paru-paru, kanker pankreas, kanker usus besar, kanker rahim, kanker serviks, dan kanker prostat.  Manfaat tomat yang sedemikian besar tersebut tentu saja tidak lepas dari kandungan yang ada di dalamnya. Berikut ini merupakan kandungan yang ada di dalam tomat: 

  1. Likopen

Likopen merupakan senyawa pigmen makanan yang memberikan warna kuning dan merah pada tomat. Pada tomat, likopen berfungsi untuk menyerap cahaya yang akan digunakan untuk melakukan fotosintesis. Oleh karena itulah, likopen pada tomat termasuk kandungan alami yang dihasilkan oleh tanaman tomat itu sendiri melalui proses sintesis. Likopen ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan memiliki sifat lebih kuat dibandingkan vitamin E dan A. Dengan mengkonsumsi tomat secara teratur, maka akan menurunkan resiko terkena kanker sebesar 45% baik bagi pria maupun wanita.

Sponsors Link

  1. Adiponektin

Memiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan antara gula dan lemak dalam tubuh. Oleh karena itu mengapa tomat tidak hanya berfungsi untuk mencegah kanker payudara saja namun juga mencegah penyakit lain seperti diabetes, darah tinggi, dan jantung koroner.

  1. Vitamin

Tomat memiliki kanduangan yang kaya akan vitamin, yaitu vitamin C, B, B1, B2, B6, A, E, D, dan K. Kandungan vitamin tersebut adalah termasuk dalam senyawa antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Kandungan vitamin yang ada di dalam tomat melakukan kolaborasi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan zat-zat berbahaya yang dapat menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah manfaat vitamin E untuk kanker adalah dapat mencegah sekaligus mengobatinya.

  1. Mineral

Mineral yang terkandung di dalam tomat antara lain adalah kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, dan seng. Mineral pada tomat ini memiliki manfaat yang tidak kalah dengan kandungan vitaminnya. Selain sebagai antioksidan juga membantu tubuh untuk melakukan metabolisme secara maksimal, sehingga masing-masing organ yang ada di dalam tubuh memperoleh suplai nutrisi yang mencukupi dan dapat berfungsi secara optimal. 

Altrnatif Olahan Tomat untuk Kanker

Berdasarkan hasil penelitian dari para ahli menunjukkan bahwa kandungan yang ada di dalam tomat tidak mudah hancur saat dilakukan olahan tertentu. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam mengkonsumsinya. Anda dapat mengkonsumsi secara langsung atau mengolah tomat dengan sayuran tertentu, atau mengolah sebagai minuman jus tomat. Meskipun demikian Anda tetap harus mencuci buah tomat sebelum dikonsumsi. Hal ini dikarenakan pertanian saat ini sangat jarang yang menghasilkan buah dan sayuran tanpa bantuan zat kimia baik itu untuk memberantas hama maupun pupuk. Berikut ini merupakan beberapa alternatif olahan tomat yang dapat Anda kreasikan untuk mengkonsumsi tomat:

Sponsors Link

  • Jus Tomat

Sediakan tomat 2-3 buah. Potong menjadi beberapa bagian agar mudah dimasukkan ke dalam blender, tambahkan sedikit gula atau madu, kemudian tambahkan sedikit es batu dan air. Masukkan seluruh bahan tersebut secara bersama-sama ke dalam blender, haluskan hingga halus. Dan tuangkan ke dalam gelas. Anda boleh langsung meminum atau memisahkan sari tomat dengan ampasnya terlebih dahulu. Jus tomat siap dikonsumsi.

  • Sayur Cah Tomat dan Tahu

Pada olahan kali ini merupakan kombinasi antara tomat dengan tahu. Namun Anda dapat menambahkan kacang tanah atau kecambah sehingga semakin memberikan manfaat dari masakan ini. Siapkan bawang putih sebanyak 4 siung, kemudian 1 siung bawang merah, kecap manis, gula, garam, cabai sesuai selera, dan potongan sayur yang ingin Anda kombinasikan serta tahu dan tomat. Berikut langkah pengolahannya:

  • Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, berikan sedikit minyak goreng
  • Tambahkan cabai, tumis lagi sebentar, lalu tambahkan air secukupnya
  • Masukkan bahan2 yang telah Anda siapkan
  • Tambahkan kecap manis, gula, dan garam sesuai selera
  • Rebus hingga terlihat matang, namun jangan terlalu lama.
  • Cah tahu dan tomat siap dihidangkan

Makanan sehat dan penuh manfaat siap Anda santap bersama keluarga.

  • Kombinasi Sup dengan Tomat

Semua orang tentu mengenal masakan sup. Masakan yang kaya akan aneka sayur di dalamnya mulai dari buncis, wortel, kentang, dan seledri. Tidak jarang banyak orang yang menambahkan macaroni dan potongan daging ayam atau sosis di dalamnya. Namun tahukah Anda bahwa tomat juga bisa dikombinasikan? Ya, tomat dapat dikombinasikan dalam sup, selain sebagai penyedap rasa, tomat juga sebagai pelengkap gizi dan nutrisi bagi tubuh Anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 23rd, April 2016 / 22:03 Oleh :
Kategori : Kanker Payudara